Jangan Salah Langkah, Begini Tips Meningkatkan Karir di 2019 Berdasarkan Jenjang Usia

Bila di tahun 2018 Anda belum berhasil dalam meningkatkan karier, jangan berkecil hati. Selama masih diberi kesempatan, manfaatkanlah dengan semaksimal mungkin. Jadikanlah peningkatan karier sebagai salah satu target yang perlu dicapai kembali di tahun 2019 ini.

Mengingat setiap jenjang usia mulai dari 20an, 30an, dan 40an memiliki target karier yang tidak selalu sama, cara meningkatkannya pun juga berbeda. Agar tidak salah dalam mengambil langkah, simak tips meningkatkan karier di 2019 berdasarkan jenjang usia berikut ini!

Usia 20an

Selain masih menyelesaikan masa kuliahnya, sebagian besar orang di usia 20an juga sudah ada yang bekerja. Namun, secara umumnya di usia ini seseorang masih bersifat tidak stabil. Terkadang suka mendengar omongan orang lain yang belum tentu baik, berpindah-pindah tempat kerja, mencoba banyak profesi dan sebagainya.

Hal ini memang terlihat sangat wajar, karena masih dalam proses pencarian jati diri. Tapi bila dipertahankan secara terus menerus tidak akan membuat karier berjalan dengan baik. Untuk itu, segeralah meninggalkan kebiasaan lama yang terlihat buruk dan mulai susun rencana meningkatkan karier dengan baik.

Bagi Anda yang berusia 20an saatnya simak empat tips meningkatkan karier berikut ini yang mungkin bisa langsung dipraktikan.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Temukan Bakat yang Terpendam

Tidak semua manusia mengenali bakat atau keahlian dengan cepat. Ada yang sejak kecil sudah mengetahui bakatnya, ada pula orang yang masih mencari bakatnya di usia 20-an. Padahal tak sulit rasanya menemukan bakat yang terpendam bila seseorang peka terhadap kegiatan yang biasa dilakukan atau lingkungan sekitar. Sebab, bakat ini tidak jauh-jauh dari kebiasaan atau adanya pengaruh dari keluarga, teman, dan organisasi.

Misalnya saja, sejak kecil suka mencoret-coret buku gambar, mewarnai dan sebagainya, maka bisa dipastikan Anda memiliki bakat melukis. Contoh lainnya, Anda berada di tengah-tengah keluarga yang bekerja di dunia pertelevisian, surat kabar atau media online, secara tidak sadar hal ini akan membuat Anda terbiasa hingga lihai menggunakan kamera, menulis naskah dan masih banyak lagi.

2. Jalin Jaringan yang Luas

jaringan
Menjalin jaringan yang luas

Jangan pernah memiliki pikirian kalau ikut organisasi, seminar dan kegiatan lainnya hanya membuang-buang waktu. Jusrtu semakin seringnya mengikuti ragam kegiatan tersebut bisa sekaligus menjalin jaringan yang lebih luas. Dengan begitu, banyak ilmu-ilmu yang diterima sehingga bisa menjadi bahan pembelajaran untuk meningkatkan karier Anda.  

3. Temukan Sosok yang Menginspirasi

Memiliki idola yang dikagumi, biasanya akan berpengaruh positif terhadap diri sendiri. Dengan melihat kerja keras dan kesuksesan yang diraihnya, tentu akan membuat seseorang ingin sukses juga seperti idolanya tersebut. Hal ini akan mendorong semangat memperlajari kerja kerasnya, pengalaman hidupnya, hingga ilmu-ilmu yang diberikan. Ingat ya, sosok ini tidak mesti orang terhebat di dunia, tapi bisa juga ditemukan di tengah-tengah keluarga seperti orang tua atau saudara.

4. Tekun di Setiap Prosesnya

kerja
Tekun di setiap prosesnya

Menghadapi perjalanan karier yang panjang janganlah merasa bosan atau cepat mengambil keputusan seperti kerja di perusahaan tersebut tidak baik untuk masa depan, padahal Anda belum lama saja gabung bekerja. Cobalah sabar dalam menekuni setiap prosesnya sambil banyak belajar, sehingga ilmu pengetahuan dan keahlian yang didapat semakin bertambah.

Baca Juga: Ingin Sukses? Yuk, Baca Kumpulan Quote Sukses dari Pengusaha Sukses

Usia 30an

Menginjak usia 30an menjadi masa-masa yang rumit dijalankan bagi kebanyakan orang karena ada dua hal yang harus difokuskan, yaitu antara keluarga dan karier. Jangan bingung, selain harus mengutamakan keluarga, lakukan tips berikut ini untuk mengingkatkan karier Anda.

1. Wujudkan Rencana yang Disusun

rencana
Wujudkan rencana yang disusun

Rencana sudah disusun dengan rapi dan baik, tapi belum ada satupun tindakan untuk mewujudkannya? Tidak ada kata terlambat untuk memulainya. Cobalah cek kembali pada rencana tersebut dan mulai dari hal yang paling sederhana kemudian lanjut ke rencana berikutnya. Bila dilakukan dengan sungguh-sungguh, pastinya rencana tersebut mudah tercapai.

2. Raih Pendidikan Tinggi

Dengan memiliki pendidikan tinggi tentunya akan mendukung perjalanan karier. Semakin tinggi pendidikan seseorang, maka akan semakin meningkat pula jenjang kariernya. Sekarang ini banyak orang, walau sudah di usia 30an dan sudah memiliki keluarga, dirinya tetap melanjutkan kuliahnya ke tingkat selanjutnya demi karier sukses di masa depan.

3. Selalu Percaya Diri

karir
Selalu percaya diri

Pada umumnya, semua orang percaya kalau lancar atau tidaknya suatu perjalanan karier itu tergantung dari percaya sama diri sendiri. Sebesar apapun peluang yang ada dihadapan Anda, jika tidak percaya diri maka kesempatan itu akan hilang begitu saja. Beda halnya dengan orang yang memiliki kepercayaan diri yang tinggi. Walau banyak kandidat yang bisa mendapatkan peluang tersebut, tapi bila yakin dan percaya diri maka kemungkinan besar Anda yang akan mendapatkan peluang itu. Mulailah hilangkan keraguan-keraguan yang menghalangi perjalanan karier Anda.

4. Ciptakan Peluang Besar

Selalu menunjukan kinerja yang baik kepada atasan merupakan salah satu peluang meningkatkan karier ke tingkat selanjutnya. Bila ini adalah hal yang Anda inginkan, maka ciptakanlah peluang besar tersebut dengan bekerja semaksimal mungkin di setiap tugas-tugas yang diberikan. Dengan begitu, atasan bisa saja mengangkat posisi atau menaikan gaji Anda.

Baca Juga: Boleh Percaya atau Tidak, Cek Ramalan Zodiak Karir dan Keuangan di Tahun 2019

Usia 40an

Anggapan bahwa orang yang berusia 40an, maka sudah sukses adalah tidak selamanya benar. Buktinya di lingkungan sekitar saja masih ada yang berusaha mewujudkan impian kariernya. Simak tips berikut ini untuk membantu meningkatkan karier Anda.

1. Buat Kembali Perencanaan

Rencana ini memang sangat perlu dibuat di setiap jenjang usia. Perencanaan ini akan memudahkan seseorang untuk mengetahui hal apa saja yang sudah dicapainya dan yang belum dicapai, termasuk dalam berkarier. Coba lihat kembali catatan rencana yang telah dibuat ketika usia 30an, apakah ada yang belum dicapainya? Jika iya, jadikanlah rencana kembali yang harus dicapai di usia 40an.

2. Perbaiki Diri Sendiri

Belum meraih kesuksesan karier di usia 40an, bukan berarti tidak mampu mewujudkannya. Mungkin selama ini ada kesalahan yang dilakukan dalam prosesnya tnapa Anda sadari. Mungkin saja, kinerja selama ini kurang baik, ada keahlian yang belum dikembangkan dan sebagainya. Segera koreksi diri sendiri dan mulailah memperbaikinya. Teruslah belajar dalam segala hal untuk mendapatkan kualitas diri yang lebih baik lagi.

Terus Berusaha di Setiap Jenjang Usia

Setiap jenjang usia memiliki rencana pencapaian jenjang karier yang berbeda hingga pada akhirnya bisa menggapai masa depan karier yang cemerlang. Hal ini memang membutuhkan waktu yang tidak sebentar, belum lagi akan banyak ujian setiap prosesnya. Namun, bila Anda terus berusaha melakukan yang terbaik pada susunan rencana, impian tersebut akan mudah tercapai.

Baca Juga: 7 Pekerjaan ini Akan Digantikan Robot, Pertahankan Karir dengan Kembangkan Skill ini!