Jangan Terkecoh, Merek Waralaba Beken Made in RI Ini Sering Dikira Punya Asing

Waralaba atau franchise menjadi salah satu model bisnis yang dipilih banyak orang. Bagaimana tidak? Selagi punya modal cukup, Anda tak perlu repot menciptakan ide bisnis. Cukup menjalankannya saja dengan syarat dan ketentuan yang diberlakukan masing-masing pemilik franchise.

Di Indonesia, konsep bisnis waralaba memang terus berkembang pesat. Saat ini sedang ‘mewabah’ waralaba minuman es kopi susu kekinian. Merek waralaba lokal harus bersaing ketat dengan brand-brand luar negeri.

Pemilihan nama atau merek waralaba menjadi faktor penting dalam kesuksesan usaha. Sejumlah waralaba lokal berhasil menancapkan kejayaannya. Tidak hanya di negeri sendiri, tapi juga berkibar di mancanegara. Namanya sudah tersohor, bahkan ada yang mengira merek waralaba asli Indonesia yang sudah mendunia berasal dari luar negeri.

Merek waralaba apa saja yang banyak dianggap orang lain milik asing, padahal sejatinya berasal dari Tanah Air? Ini jawabannya.

Baca Juga: 6 Tahapan Mendaftarkan Merek Dagang di Ditjen HKI

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

1. J.Co Donuts & Coffee

View this post on Instagram

A post shared by J.CO Indonesia (@jcoindonesia) on

Pernah dong melipir ke gerai waralaba J.Co Donuts & Coffee, menikmati donat empuk dan kopi enaknya? Memang sih namanya agak kebarat-baratan. Tapi faktanya, J.Co Donuts & Coffee ini asli made in Indonesia. Pemiliknya Johnny Andrean sejak tahun 2006.

Seorang penata rambut terkenal di Tanah Air yang merambah bisnisnya ke dunia kuliner. J.Co kini sudah punya banyak cabang di berbagai kota di Indonesia dan Asia, seperti Malaysia, Filipina, China, dan Singapura.

2. California Fried Chicken (CFC)

View this post on Instagram

A post shared by California Fried Chicken (CFC) (@cfcindonesia_official) on

Menu ayam goreng krispi sekarang ini menjamur di restoran cepat saji di Indonesia. Salah satu pemain lama yang menerapkan konsep waralaba adalah California Fried Chicken (CFC). Merek dagang di bawah bendera PT Pioneerindo Gourmet International Tbk ini menjadi waralaba asli Indonesia. Jadi jangan terkecoh dengan namanya ya. 

Baca Juga: Catat Nih Jadwal Pesta Belanja Online dan Offline 2019, Sayang Kalau Dilewatkan

3. HokBen

View this post on Instagram

A post shared by HokBen (@hokben_id) on

Untuk Anda yang menyukai makanan Jepang, gerai yang satu ini sudah tidak asing lagi. Desain restoran, menu makanan ala bento, bahkan para staf yang melayani di restoran cepat saji ini semuanya hadir ala Negeri Sakura. Berbagai menu dan rasa yang ditawarkan Hoka-hoka Bento memang berbeda dari makanan lokal lainnya, namun bukan berarti waralaba ini berasal dari luar.

Hoka-hoka Bento (Hokben) menjadi satu dari sekian banyak waralaba terkenal asli dari Indonesia. Perusahaan ini sudah berdiri sejak tahun 1985 di bawah bendera perusahaan PT Eka Bogainti. Hokben masih konsisten pada menu cepat saji ala Jepang dan terus berkembang hingga ke berbagai wilayah di Tanah Air.

4. Excelso

View this post on Instagram

A post shared by Excelso Coffee (@excelsocoffee) on

Merek kedai kopi Excelso kerap dianggap buatan asing. Padahal sebenarnya diciptakan PT Santos Jaya Abadi. Saat ini berada di bawah bendera PT Excelso Multirasa. Pertama kali hadir pada September 1991, Excelso sudah memiliki 126 gerai yang tersebar di lebih dari 30 kota di Indonesia. Kesuksesan ini tidak terlepas dari konsep waralaba yang ditawarkan perusahaan untuk ekspansi.

Rintis Bisnis Waralaba Juga Perlu Modal Usaha

Konsep bisnis waralaba atau kemitraan memang jadi pilihan calon pengusaha yang gak mau repot memikirkan ide usaha, menciptakan produk barang atau jasa yang akan dijual. Waralaba biasanya menawarkan paket kemitraan dengan harga beragam. Mulai dari jutaan sampai miliaran rupiah, tergantung skala bisnisnya.

Jadi kalau mau merintis bisnis waralaba, Anda perlu menyiapkan modal usaha. Tabungan tidak cukup? Kan bisa pakai pinjaman. Jenis kredit yang bisa menjadi pilihan pengusaha adalah Kredit Tanpa Agunan (KTA) atau Kredit Multiguna (KMG). Pilih jenis pinjaman modal usaha yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda.

Baca Juga: 6 Bisnis Franchise Es Kopi Susu yang Lagi Hits, Modal Mulai dari Rp 5 Jutaan