Jelang Idul Adha, Beli Hewan Kurban Pakai Kartu Kredit Boleh Gak Ya?

Sudah punya niat kurban di Hari Raya Idul Adha tahun ini, tapi tabungan belum cukup? Gak usah khawatir, niat baik kamu bisa terwujud cuma berbekal kartu kredit. Pembayarannya bisa dicicil sesuai tenor atau jangka waktu yang ditetapkan.

Loh, pakai kartu kredit kan sama saja berutang? Pinjam uang bank? Memang boleh ya kurban dengan utang atau kartu kredit?

Cermati.com akan mengulas artikel tentang kurban menggunakan kartu kredit atau berutang, seperti dirangkum dari berbagai sumber.

Baca Juga: Qurban Online dan Hukumnya Secara Agama

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Hukum Beli Hewan Kurban Pakai Utang atau Kartu Kredit

kurban
Hukum beli hewan kurban pakai kartu kredit

Pengertian Idul Adha adalah hewan tertentu yang disembelih dengan niat ibadah dan ketaatan kepada Allah SWT. Kurban merupakan sunah bagi mereka yang mampu. Sejarahnya berasal dari kisah kesabaran dan ketakwaan Nabi Ibrahim a.s dan Nabi Ismail a.s dalam melaksanakan perintah Allah.

  • Hukum ibadah kurban adalah sunnah muakkad atau sunnah yang dikuatkan. Ini berdasarkan pengukuhan Imam Malik dan Imam Al-Syafi’i. Nabi Muhammad SAWtidak pernah meninggalkan ibadah kurban hingga beliau wafat.
  • Sementara Imam Abu Hanifah berpendapat, hukum kurban wajib bagi orang mampu dan tidak dalam keadaan safar (bepergian).

Perintah kurban termaktub dalam:

  • Al-Qur’an Surat Al-Kautsar Ayat 2 yang artinya: Maka laksanakanlah sholat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah (sebagai ibadah untuk mendekatkan diri kepada Allah).
  • Hadist riwayat Imam Ahmad dan Ibnu Majah dari Abu Hurairah, Nabi Muhammad SAW bersabda, “Barangsiapa mendapatkan kelapangan tetapi tidak berkurban, maka janganlah dia mendekati tempat sholat kami.”

Maksudnya adalah setiap orang yang memiliki kemampuan (harta) untuk berkurban, tapi tidak dilaksanakan, maka ia dilarang mendekati tempat sholat Rasulullah dan majelis (kebaikan) lain.

Lalu bagaimana kalau berkurban dengan utang? Apakah diperbolehkan?

Berdasarkan cerita Imam Sufyan ats-Tsauri, ulama salaf Abu Hatim dulu pernah berutang membeli unta untuk disembelih. Alasan beliau karena ingin menjalankan firman Allah yang artinya,”Kalian akan mendapatkan kebaikan dari sembelihanmu.”(Tafsir Ibn Katsir, 5/426).

Berkurban dengan berutang itu boleh, begitu pendapat para ulama. Pasalnya tak ada dalil yang secara tegas melarang seseorang berkurban dengan cara utang. Asal orang yang berutang itu memiliki penghasilan dan sanggup melunasi utangnya. Bila tidak punya penghasilan, bahkan sudah memiliki banyak cicilan utang, sebaiknya lunasi dulu utang-utangnya sebelum berkurban.

Begitupula dengan berkurban pakai kartu kredit. Hukumnya diperbolehkan selama pembayaran tidak kena bunga. Nah kartu kredit yang bebas bunga alias riba adalah kartu kredit syariah. Jadi kalau mau kurban menggunakan kartu kredit yang sesuai dengan prinsip syariah, ya kartu kredit syariah.

Untuk program berkurban dengan kartu kredit, biasanya cicilan harus dilunasi sebelum Hari Raya Idul Adha. Artinya nasabah punya kewajiban untuk segera melunasi utang sebelum hewan kurban disembelih di waktu setelah shalat ied hingga akhir hari tasyriq. Tapi kembali lagi pada kebijakan masing-masing bank.

Baca Juga: Ingin Beli Hewan Qurban Online? Cek Dulu Harga dan Tempatnya

Program Kurban dengan Kartu Kredit

Kartu Kredit
Kartu kredit syariah

Umat Muslim akan merayakan Hari Raya Idul Adha pada Sabtu, 11 Agustus 2019. Masih ada kesempatan buat kamu yang ingin berkurban. Salah satunya menggunakan kartu kredit, program kurban dengan cicilan 0% dari beberapa perbankan syariah.

BNI Syariah

q6fyvif7zf1wii0rujlw.webp (360×225)
Kartu kredit BNI Syariah

Bank BNI Syariah menawarkan cicilan kurban 0% untuk dua jenis tenor, yakni 12 bulan dan 3 bulan. Tentunya memanfaatkan kartu kredit iB Hasanah Card dari BNI Syariah.

1. Kurban cicilan 0% dari QUIS Daarul Quran

kurban
Program kurban cicilan 0% selama 12 bulan via bnisyariah.co.id

  • Dapatkan harga 1 ekor kambing seharga Rp 2.600.000
  • Cicilan Rp 216.700 per bulan
  • Dapatkan harga 1 ekor sapi seharga Rp 18.200.000
  • Cicilan Rp 1.517.000 per bulan
  • Cicilan 0% selama 12 bulan
  • Menggunakan kartu kredit iB Hasanah Card
  • Berlaku 1 Maret-2 Agustus 2019
  • Untuk pemesanan, dapat menghubungi BNI Call Center 1500046 dan Telesales.

2. Cicilan 0% dari Rumah Zakat

kurban
Program kurban cicilan 0% selama 3 bulan via bnisyariah.co.id

  • Dapatkan harga 1 ekor kambing seharga Rp 2.475.000
  • Harga 1 ekor sapi ritel (patungan 1 sapi untuk 7 orang) seharga Rp 2.675.000
  • Harga 1 ekor sapi Rp 17.250.000
  • Cicilan 0% selama 3 bulan
  • Menggunakan kartu kredit BNI iB Hasanah Card (Classic, Gold, dan Platinum)
  • Berlaku 1 Maret-2 Agustus 2019
  • Untuk pemesanan, dapat menghubungi BNI Call Center 1500046 dan Telesales
  • Pekurban akan dapat hak kurbannya dalam bentuk kornet kalengan 90 hari setelah pemotongan hewan kurban.

CIMB Niaga Syariah

View this post on Instagram

A post shared by CIMB Niaga Syariah (@cimbniagasyariah) on

  • Program cashback Rp 200.000 untuk pembelian kambing dan sapi ritel, sedangkan untuk sapi utuh dapat cashback Rp 300.000
  • Harga sapi utuh Rp 17.250.000 per ekor, sapi ritel Rp 2.675.000, dan kambing Rp 2.475.000 per ekor.
  • Program cashback berlaku untuk transaksi kartu kredit CIMB Niaga Syariah Gold dan Platinum. Syaratnya melakukan pembayaran secara penuh
  • Berlaku sampai dengan 11 Agustus 2019
  • Pendaftaran melalui CIMB Niaga 14041 atau Call Center Rumah Zakat 0804 100 1000.

Berlomba-lomba Dalam Kebaikan

Bila kamu sudah punya niat berkurban, jangan ditunda karena banyak kebaikan di dalamnya. Saat ini, akses untuk berkurban sangat mudah dan beragam, baik offline maupun online. Termasuk memanfaatkan fasilitas kartu kredit syariah.

Jika belum punya kartu kredit syariah, kamu dapat mengajukannya melalui marketplace produk keuangan, Cermati.com agar lebih mudah dan cepat. Kalau tidak ingin berutang, kamu bisa membuka tabungan kurban yang ditawarkan perbankan. Jadikan berkurban sebagai sarana mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Baca Juga: 4 Kartu Kredit Syariah Terbaik Buat Kamu yang Bergaji di Bawah Rp 5 Juta