Jenis Asuransi yang Penting untuk Dimiliki

Karena hidup, tak lepas dari yang namanya risiko. Maka, perlu mengantisipasi jika sesuatu hal yang tidak diinginkan itu terjadi, agar siap menghadapinya. Produk asuransi merupakan solusi proteksi diri terhadap berbagai risiko.

Perlu dipahami bahwa karakteristik asuransi adalah proteksi untuk risiko yang kita tidak bisa menghadapinya sendiri. Misal, biaya kesehatan dan putusnya penghasilan akibat kematian atau cacat tetap. Namun ada juga risiko yang masih bisa dihadapi dengan persiapan dana darurat, sehingga tidak cocok untuk diproteksi dengan asuransi.

Namun terkadang orang masih sering rancu dan bingung, produk asuransi mana yang cocok buat mereka. Beberapa kondisi, bahkan sering terbalik dalam memberikan proteksi. Misal, asuransi untuk rawat jalan diambil, namun asuransi untuk penyakit kritis yang butuh biaya mahal justru ditinggalkan.

Padahal, jika sakit dan harus rawat jalan, biaya yang diperlukan masih cukup untuk ditutup dengan dana tabungan darurat. Tentu hal ini berbeda bila mengalai penyakit kritis yang biaya pengobatannya bisa jadi seolah tak terbatas.

Agar Anda terhindar dari salah proteksi atau bingung memilih produk asuransi, berikut asuransi yang penting untuk dimiliki, antara lain:

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

1. Asuransi Kesehatan

Asuransi Kesehatan
Manfaatkan fasilitas asuransi kesehatan

Biaya kesehatan yang tidak bisa diprediksi dan seiring dengan gaya hidup yang serba praktis namun tidak sehat, membuat asuransi kesehatan penting untuk keluarga dan menjadi prioritas yang pertama. Produk asuransi kesehatan saat ini juga beragam, yang bisa disesuaikan dengan anggaran Anda.

Walaupun sudah mendapat perlindungan dari BPJS Kesehatan, namun seringkali kebutuhan akan protesi kesehatan dirasa masih kurang. Asuransi kesehatan keluarga adalah cara terbaik untuk menjaga kesehatan aggota keluarga bisa membutuhkan perawatan.

Asuransi kesehatan keluarga memberikan perlindungan bagi seluruh keluarga yang memungkinkan Anda bisa nyaman dan mudah dalam merencanakan keuangan keluarga. Mengapa mengambil asuransi keluarga itu penting?

Melindungi keluarga adalah prioritas bagi semua orang tua. Dan asuransi kesehatan swasta dapat memberikan ketenangan pikiran dengan layanan jaminan yang diberikannya.

Mengambil produk asuransi kesehatan keluarga tidak perlu yang mahal, tapi bisa memilih cakupan proteksi yang dibutuhkan. Beberapa rencana bisa dipilih, apakah hanya mencakup perawatan saat Anda berada di rumah sakit atau juga proteksi jalan.

Asuransi kesehatan merupakan bagian penting dari rencana kesehatan Anda. Proteksi ini akan berkontribusi terhadap kemudahan dalam merencanakan alokasi anggaran untuk biaya perawatan rutin keluarga Anda.

2. Asuransi Kecelakaan

Asuransi Kecelakaan
Lindungi diri dengan asuransi kecelakaan

Kecelakaa merupakan risiko yang paling besar konsekuensinya dari sisi finansial. Kecelakaan bisa saja terjadi saat kondisi kerja atau kecelakaan lalu lintas. Coba perhatikan kondisi kerja dan aktivitas harian Anda, apakah termasuk rawan risiko kecelakaan atau tidak.

Dikatakan rawan risiko manakala Anda bekerja pada posisi yang berhubungan dengan alat kerja berbahaya seperti mesin produksi atau aktivitas sehari-hari banyak di luar rangan dengan mobilitas tinggi.

Karena risiko di jalan maupun saat bekerja, tidak bisa diprediksi. Maka perlindungan menyeluruh terhadap risiko tersebut penting untuk dilakukan guna menghindarinya. Premi asuransi kecelakaan diri juga relatif murah, dengan premi ratusan ribu namun penggantian semua biaya termasuk penggantian rugi terhadap cacat tetap dan kematian bisa hingga Rp80 juta.

 

3. Asuransi Perjalanan

Asuransi Perjalanan
Proteksi perjalanan dengan asuransi

Jika Anda dan keluarga termasuk kelompok orang dengan mobilitas tinggi, sering keluar kota atau bahkan ke luar negeri, aka produk asuransi perjalanan menjadi prioritas utama.

Supaya liburan dan perjalaan dinas Anda tetap nyaman dan aman, sudah seharusnya Anda dan keluarga membeli asuransi perjalanan. Dalam beberapa tahun terakhir, asuransi perjalanan telah menjadi salah satu produk asuransi yang paling populer, karena harganya sangat murah.

Asuransi perjalanan bisa diambil per periode perjalanan atau langsung satu tahun. Jika frekuensi beppergian Anda relatif sering, misal keuar negeri 4-5 kali dalam setahun, ada baiknya ambil paket asuransi perjalanan tahunan. Sebaliknya, jika jarang melakukan perjalanan, sebaiknya ambil per periode perjalanan saja, karena ini akan menghemat premi asuransi perjalanan Anda.

Baca Juga: Asuransi Perjalanan: Manfaat dan Cara Memilihnya

4. Asuransi Mobil

Asuransi Mobil
Ilustrasi proteksi kendaraan bermotor

Mobil sudah menjadi kebutuhan hidup yang perlu diperhitungan di zaman sekarang. Terbukti dari maraknya pembangunan jalan tol, yang menunjukkan bahwa pertumbuhan kendaraan roda empat ini semakin pesat.

Manfaat utama dari asuransi mobil adalah ketenangan finansial yang didapat karena risiko kecelakaan atau pencurian dan sebagainya bisa saja terjadi. Manfaat spesifik yang bisa didapat dari asuransi mobil ini bervariasi, berdasarkan cakupan yang diperoleh.

Contoh yang umum terjadi termasuk di dalamnya perlindungan hukum gugatan pihak ketiga, dan segala macam risiko sekecil apapun terhadap mobil jika Anda mengambil produk asuransi jenis all risk (perlindungan menyeluruh).

Dengan memiliki asuransi mobil, bisa mempertahankan posisi harga jualnya yang mahal. Perawatan yang tepat pada mobil tentu juga akan membantu mempertahankan nilainya. Kehilangan aset berharga seperti mobil akibat tak punya asuransi adalah tindakan penghematan yang justru tidak bijak.

Baca Juga: 6 Tips Memilih Asuransi Kredit Mobil Terbaik

5. Asuransi Hari Tua

Pensiun
Siapkan masa pensiun Anda dengan baik

Jangan salah, asuransi hari tua ini juga patut diperhitungkan dan disiapkan dengan baik. Di usia yang tidak lagi produktif, satu-satunya yang bisa diandalkan adalah jaminan hari tua, agar tetap mandiri dan tidak merepotkan anggota keluarga yang lain.

Normalnya, memasuki usia pensiun adalah 55 tahun – 60 tahun. Setelah memasuki usia pensiun, yang dibutuhkan adalah menikmati hidup dengan dana yang sudah diperoleh selama bekerja. Namun sayangnya, tak sedikit orang justru terlambat atau tidak menyadari persiapan untuk masa pensiun dengan beberbagai alasan, diantaranya:

  • Selalu merasa gaji kurang dan tak cukup untuk persiapan masa pensiun

Gaji yang hanya cukup untuk kebutuhan sehari-hari seringkali dijadikan asalah tidak siap menyisihkan dana untuk pensiun. Mau tak mau, Anda memang harus melakukan penghematan khusus untuk kondisi ini.

Untuk mendapatkan keamanan finansial saat pensiun nantinya, mulailah melakukan penghematan dari sekarang. Buatlah tabungan terpisah untuk belanja bulanan dan dana darurat, serta untuk dana pensiun.

  • Boros alias besar pasak daripada tiang

Kunci persiapan pensiun yang lain adalah jangan boros. Bedakan antara kebutuhan dan keinginan. Anda dapat menyisihkan sekitar 10% dari penghasilan untuk kebutuhan tersebut atau menyesuaikan dengan kebutuhan lainnya.

Simpan uang di produk investasi yang relatif aman dan imbal hasil (bunga/return) yang menarik. Ada baiknya melakukan survei terlebih dahulu ke beberapa lembaga keuangan. Selain itu, Anda juga bisa meminta pendapat dari kerabat yang juga menggunakan tabungan sebagai dana pensiun.

  • Lupa waktu yang terus berjalan dan merasa masih muda

Waktu berjalan dengan cepat. Banyak orang tak sadar bahwa usia produktif mereka terus berkurang. Anda harus mulai peduli akan hal ini. Usia makain bertambah, ada peningkatan risiko penyakit yang mungkin bisa mengurangi atau bahkan menghentikan produktivitas Anda.

Tanpa risiko sakit sekali pun, usia menjelang pensiun sudah pasti produktivitasnya menurun. Jadi, mulai sekarang kontrol pengeluaran Anda, tambah pemasukan, kurangi utang yang tidak produktif, tambah tabungan, dan investasi dengan tujuan menyiapkan masa pensiun nanti.

  • Berpikir dana pensiun sudah ditanggung BPJS atau suransi dari tempat kerja

Gaya hidup setiap orang berbeda. Jangan hanya mengandalkan asuransi pensiun dari BPJS atau asuransi tempat kerja saja. Sebab, kita tentunya tidak pernah tahu sampai kapan bekerja di perusahaan tersebut.

Anda harus pintar melakukan diversifikasi investasi untuk masa pensiun nanti. Ingat, masa pensiun adalah masa kita menikmati kerja keras selama ini. Jadi harus disiapkan dengan baik.

  • Merasa masih sehat dan bugar

Kondisi kesehatan bisa saja berubah drastis bila ternyata kita lalai untuk menjaganya dengan baik. Jadi jangan pernah selalu merasa sehat dan baik-baik saja sehingga lupa mempersiapkan masa pensiun ini.

Jangan terlena saat usia masih muda dan tampak bugar serta sehat. Anda tetap harus mempersiapkan diri saat usia semakin bertambah, karena risiko kesehatan juga semakin besar. Megambil produk asuransi sebagai pendamping BPJS merupakan tindakan proteksi yang baik.

Siapkan Asuransi dan Rencanakan Keuangan untuk Hidup yang Lebih Baik

Salah satu pengetahuan penting dan mendasar dalam sebuah keluarga adalah membuat perencanaan keuangan yang baik. Tabungan, investasi, dan asuransi merupakan poin penting untuk dimasukkan dalam perencanaan keuangan jangka panjang.

Dalam sebuah keluarga, produk asuransi di atas setidaknya penting untuk diikuti, namun tentu saja disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. Menikmati hidup dengan baik dan menjalani hari tua tanpa kendala akan membuat semakin aman dan nyaman, bukan?

Baca Juga: Cara Memilih Produk Asuransi yang Tepat untuk Anda dan Keluarga