Karang Gigi Menurunkan Kepercayaan Diri? Yuk, Basmi Sampai Tuntas!

Masalah gigi dan mulut sering kali dianggap sebagai hal yang kurang begitu penting bagi beberapa orang. Salah satu hal yang sering diabaikan adalah karang gigi. 

Adanya karang gigi umumnya disebabkan oleh kotoran sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi dalam waktu yang relatif lama, kemudian mengalami pengerasan. Padahal, karang gigi menyebabkan gigi tidak sedap dilihat, dan dapat menurunkan kepercayaan diri. 

Gigi yang memiliki karang cenderung terlihat tidak bersih, dan berwarna kekuningan juga biasanya dapat menyebabkan bau mulut. 

Tidak hanya mengganggu kepercayaan diri, adanya karang gigi tentunya akan menyebabkan gigi tidak sehat, salah satunya dapat menyebabkan gigi mudah berlubang dan keropos. Kamu tentunya tak mau kan kepercayaan diri harus terjun bebas hanya karena karang gigi? Maka dari itu, yuk simak bagaimana cara menghilangkan karang gigi :

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Baking Soda 

Baking Soda

Siapa bilang baking soda hanya bisa digunakan sebagai bahan makanan? Kamu bisa menghilangkan karang gigi yang membandel dengan menggunakan baking soda juga. Caranya sangat mudah, cukup campur baking soda dengan pasta gigi kemudian gunakan untuk menggosok gigi. Kamu harus tahan dengan sensasi asin yang disebabkan oleh baking soda ketika menggunakannya. 

Karena penggunaan baking soda tergolong cara alami untuk menghilangkan karang gigi, maka kamu harus sabar dan telaten dalam melakukannya karena hasilnya tidaklah instan. Lakukan secara rutin seminggu sekali untuk menghasilkan gigi yang sehat dan bersih. Mudah bukan?

2. Air Perasan Jeruk Lemon

Air perasan lemon

Siapa yang tidak tahu lemon? Buah kecil yang memiliki sejuta manfaat, salah satunya yaitu menghilangkan karang gigi yang membandel. Jika kamu bertanya-tanya  apa benar air lemon bisa menghilangkan karang gigi? Jawabannya adalah bisa. Ini karena lemon mengandung vitamin C yang tinggi yang mampu menghancurkan plak. 

Caranya mudah, kamu hanya perlu menyiapkan air lemon dan sikat gigi. Celupkan sikat gigi ke dalam air lemon secara merata dan perlahan, dan biarkan selama kurang lebih satu menit. Jika kamu menggunakan air lemon untuk menghilangkan karang gigi, kamu harus bisa menahan sensasi asam yang dihasilkan oleh air lemon.

Lakukan secara rutin selama satu kali seminggu untuk menghasilkan gigi yang sehat. Jangan terlalu sering menggunakan air lemon untuk menghilangkan karang gigi, karena kandungan asam yang tinggi bisa membuat gigi keropos jika dikonsumsi secara berlebih.

Baca Juga: Kista Gigi, Ketahui Penyebab dan Cara Mengobatinya

3. Konsumsi Stroberi

Strawberry

Buah merah kecil ini hampir memiliki kesamaan dengan air lemon untuk menghilangkan karang gigi. Kandungan vitamin C yang tinggi sangat bagus untuk menghilangkan karang gigi. Mengkonsumsi buah stroberi secara berkala akan membantu mengurangi karang gigi yang membandel. 

4. Cengkeh

Cengkeh

Siapa yang tidak tahu fungsi cengkeh untuk menghilangkan bau mulut? Ternyata selain untuk mengatasi bau mulut, cengkeh juga bisa digunakan untuk menghilangkan karang gigi. 

Caranya mudah, cengkeh cukup ditumbuk sampai halus dan campur dengan sedikit air hingga membentuk pasta. Kemudian oles dan gosok dengan halus pada gigi yang berkarang. 

Selain dengan cara tersebut, juga bisa dilakukan dengan cara mengunyah cengkeh untuk membersihkan karang gigi. Tapi, kamu harus sabar dengan hasilnya yang tidak instan karena menggunakan bahan alami. 

5. Wijen

Biji Wijen

Selain sebagai bahan makanan dan kue, ternyata wijen juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan karang gigi juga. Caranya hampir sama ketika menggunakan cengkeh. Kamu bisa menghaluskan biji wijen kemudian dioleskan pada gigi yang berkarang. Atau juga bisa langsung dikunyah hingga halus, kemudian digosok pada karang gigi.

Baca Juga: 7 Obat Paling Ampuh Untuk Mengobati Sakit Gigi 

6. Scalling 

Scalling

Jika cara-cara sebelumnya menggunakan bahan-bahan alami, maka lain halnya dengan metode scalling. Scalling hanya bisa dilakukan oleh dentist dengan menggunakan scaller. 

Karena telah menggunakan teknologi yang dapat dikatakan canggih, proses penghilangan karang gigi dengan scaller bisa menjangkau sela gigi yang sulit dijangkau dengan sikat gigi. Selain itu, dengan metode scalling juga bisa menghilangkan karang gigi yang menahun. 

Sama halnya dengan proses pembersihan karang dengan menggunakan bahan alami, metode scalling pun harus dilakukan secara teratur sesuai prosedur yang telah ditentukan oleh dokter gigi. Bisa enam bulan sekali, atau tiga bulan sekali. 

7. Flossing

flossing

Mungkin kamu pernah melihat adegan secara langsung ataupun di film saat seseorang membersihkan sela-sela gigi menggunakan benang. Nah, itulah yang disebut dengan metode flossing. 

Banyak orang yang tidak mengetahui manfaat flossing. Dengan melakukan flossing, sisa-sisa makanan yang tidak terangkat oleh sikat gigi, akan teratasi dengan flossing. Benang yang digunakan untuk flossing juga merupakan benang khusus, bukan sembarang benang. 

Gigimu, Awal Percaya Dirimu

Dengan gigi yang selalu sehat tentu akan menambah rasa percaya dirimu. Terutama ketika berbicara dengan orang lain. Kamu tentunya tidak ingin kan ketika berbincang dengan orang lain harus merasa tidak nyaman karena karang gigi yang mengintip manja. Yuk, mulai jaga kebersihan dan kesehatan gigi. 

Baca Juga: Pahami Sistem Klaim Asuransi Kesehatan Berikut untuk Memudahkan Klaim Asuransi