Kariermu Bakal Cepat Melejit Jika Lakukan 8 Hal Ini di Tempat Kerja. Yuk Dicoba!

Bagi yang sudah bekerja, pasti sering merasa kalau perjalanan karier seperti jalan di tempat alias tidak ada perubahan maju. Hal ini bisa disebabkan karena banyak hal. Bisa jadi karena kurang kreatif, inovatif, atau tidak mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja dan sebagainya. 

Namun, apapun penyebabnya sudah saatnya untuk berbenah diri dan berubah agar karier di perusahaan semakin cemerlang dari hari ke hari. Tapi, bagaimana caranya? Daripada bingung dan tak kunjung menemukan jawaban, coba terapkan beberapa hal berikut ini di tempat kerja yang telah dirangkum Cermati.com dari berbagai sumber agar karier cepat melejit. 

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Hal yang Bikin Karer Melejit

1. Disiplin Kerja yang Tinggi

disiplin
Disiplin kerja yang tinggi

Pimpinan di perusahaan manapun pasti senang kalau melihat karyawannya disiplin, baik dalam hal datang ke kantor, mengerjakan tugas atau projek dan sebagainya. Jika selama ini kamu termasuk karyawan yang suka ngaret atau telat dalam hal apapun, sebaiknya ubah kebiasaan ini secepat mungkin demi perkembangan karier di perusahaan. 

Tunjukkan setiap perubahannya lewat apapun yang dikerjakan di perusahaan, sehingga pimpinan bisa melihat perubahan tersebut secara kasat mata. Apabila perubahan dirasa cocok, pimpinan pasti akan merasa senang terhadap kinerjamu. 

2. Kerja Keras, Cerdas dan Kreatif

Terhambatnya perjalanan karier bisa jadi karena pimpinan tidak melihat etos kerja yang tinggi dalam dirimu. Jadi wajar kalau kamu selalu kalah saing dalam urusan promosi karyawan. Mulai dari sekarang, bangunlah etos kerja yang lebih tinggi daripada karyawan yang ada di perusahaan. Imbangi etos kerja dengan kecerdasan dan kreativitas yang tinggi dalam melaksanakan semua tugas kantor demi mendapatkan hasil kerja yang maksimal.

Jangan mau menjadi karyawan yang biasa-biasa saja. Sebab yang ‘biasa’ sudah terlalu banyak jumlahnya. Sedangkan yang ‘luar biasa’ masih sangat sedikit. Yang ‘luar biasa’ jugalah yang dapat dilihat atasan perusahaan. 

3. Bangun Komunikasi yang Baik

komunikasi
Bangun komunikasi yang baik

Kemampuan berkomunikasi dengan baik sangat dibutuhkan dalam bekerja, terutama di dalam sebuah tim. Kemampuan ini akan membuatmu semakin dihargai dan diperhitungkan di perusahaan, sehingga karyawan lain tidak akan memandang sebelah mata atau secara remeh dan enteng.  

Pastikan komunikasi yang dibangun berjalan harmonis untuk meningkatkan kerja sama dalam tim kerja. Hindari kata-kata atau penggunaan bahasa yang menyakitkan hati dan menimbulkan kesenjangan posisi di tempat kerja. Sebab, hal ini dapat membuatmu tidak betah bekerja di perusahaan. 

Baca Juga: Mitos Tentang Karier yang Tidak Boleh Anda Percayai

4. Ikuti Pelatihan Kerja

Jika dibandingkan dengan karyawan lain, kemampuan dan pengalaman kerja yang kamu miliki mungkin masih kurang. Untuk meningkatkannya, sebaiknya ikuti pelatihan yang diadakan oleh perusahaan atau lembaga profesional lain. Mengikuti pelatihan akan membuat kemampuan dan keterampilan berpikir semakin terasah, sehingga keberadaanmu di perusahaan semakin dipertimbangkan oleh pimpinan.

Ada banyak pelatihan yang bisa diikuti, seperti public speaking, membangun relasi atau network, mengembangkan software, dan lain sebagainya. Ikuti pelatihan yang dirasa paling cocok dan paling dibutuhkan untuk perkembangan karier di perusahaan.

5. Manfaatkan Setiap Peluang

meeting
Manfaatkan setiap peluang

Peluang untuk dipromosikan oleh pimpinan terbuka untuk semua karyawan. Jika ingin karier cepat melejit, maka manfaatkan setiap peluang sebaik mungkin. Gunakan cara-cara yang profesional, seperti menambah prestasi, meningkatkan kontribusi kerja, dan berani mengemukakan pendapat saat meeting berlangsung.

Butuh waktu, tenaga, dan kesabaran ekstra untuk bisa mengejar suatu peluang. Tapi, percayalah kalau upaya dan usaha yang dilakukan tidak akan pernah sia-sia. Pimpinan pasti akan melihat jerih payahmu cepat atau lambat nanti. 

6. Tingkatkan Profesionalitas

Profesionalitas kerja bisa dinilai dari sikap dan tingkah laku saat bekerja di perusahaan. Sepintar, sebijak, dan secerdas apapun tapi kalau tidak profesional, maka semua kemampuan yang dimiliki akan terkesan sia-sia. Perkembangan karier pun dapat dipastikan stuck kalau tetap mempertahankan sikap egois, tidak sopan, dan suka bergosip saat bekerja.

Jangan hanya tahu menyuruh dan menuntut agar karyawan lain bekerja secara profesional kalau kamu saja tidak bisa bekerja secara profesional. Semuanya harus dimulai dari diri sendiri terlebih dahulu. Setelah itu, lingkungan kerja pun akan mengikutinya secara perlahan.

Baca Juga: Jangan Salah Langkah, Begini Tips Meningkatkan Karir di 2019 Berdasarkan Jenjang Usia

 

7. Kurangi Prasangka Buruk

negatif - positif
Kurangi pikiran negatif menjadi positif

Hari gini masih saja berprasangka buruk terhadap sesama rekan kerja? Sebaiknya jangan. Prasangka buruk hanya akan membuatmu capek, depresi, dan stres sendiri hanya karena hal-hal yang belum bisa dipastikan kebenarannya. Prasangka buruk juga dapat menyebabkan hilangnya kerja sama tim atau rekan kerja. Dalam jangka panjang, sikap ini juga akan mempengaruhi perkembangan kariermu. 

Akan lebih baik, bila kamu melatih diri untuk berpikir positif dalam setiap kesempatan. Pikiran positif akan memunculkan kesenangan dan ketenangan yang maksimal selama bekerja. Sebab, tidak ada satu pun hal yang perlu dikhawatirkan di tempat kerja.

8. Tetaplah Belajar

Kemampuan dan kecerdasan yang dimiliki saat ini hanya bisa terasah kalau kamu meluangkan waktu untuk terus belajar. Belajar di sini tidak hanya mengikuti seminar atau pelatihan kerja saja, tetapi juga belajar dari kesalahan yang pernah diperbuat di masa lampau.

Karyawan yang lain juga akan melakukan hal yang sama demi perkembangan kariernya. Jadi, jangan mau kalah saing. Segera lakukan selagi punya waktu dan jangan menunda-nunda.

Usaha Akan Membuahkan Hasil yang Manis

Jika merasa masih banyak kekurangan, baik dari sikap, perbuatan, dan cara berpikir, cobalah untuk segera memperbaiki kekurangan ini. Lakukan cara-cara di atas untuk mendapatkan perubahan yang lebih optimal. Proses mengubah diri memang menguras waktu dan tenaga yang tidak sedikit. Tapi percayalah, proses ini akan membuahkan hasil yang maksimal kalau mau melakukannya dengan sungguh-sungguh. Intinya, tetap upayakan yang terbaik untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Tetaplah untuk semangat dalam bekerja agar karier bisa cepat berkembang dan maju dengan cepat.

Baca Juga: Susah-Susah Gampang, Begini Cara Membangun Karier Dari Nol