Kartu Kredit Mahasiswa, Apa Syarat dan Manfaatnya?

Beragam keuntungan dan fitur menarik yang terdapat di dalam kartu kredit tentu akan membuat banyak orang tertarik dan memiliki keinginan untuk bisa mendapatkan alat pembayaran berbentuk plastik tipis tersebut. Bank penerbit kartu kredit begitu gencar memberikan berbagai penawaran melalui kartu kredit  yang bisa membuat orang tergoda dan ingin memilikinya.

Namun, di luar semua penawaran tersebut, mendapatkan sebuah kartu kredit tidaklah semudah yang kita bayangkan. Meski tidak sesulit dulu lagi, namun tetap saja bank memiliki berbagai persyaratan ketat dalam menyeleksi nasabah yang akan diberikan fasilitas kartu kredit. Hal ini tentu sangat masuk akal, mengingat kartu kredit adalah salah satu produk perbankan yang mengandung risiko tinggi dan berpotensi besar menimbulkan kerugian bagi pihak bank. Jadi wajar saja jika bank sangat berhati-hati dalam memilih dan melakukan seleksi bagi pengguna kartu kredit mereka.

Kartu Kredit Bagi Mahasiswa

Banyaknya penawaran menarik yang diberikan oleh kartu kredit, seringkali menjadi alasan utama mengapa seseorang berniat untuk mengajukan aplikasi kartu kredit ke bank. Beragam keuntungan dan kemudahan bisa didapatkan dengan menggunakan kartu kredit, maka sudah pasti banyak orang yang akan mencoba peruntungan dengan mengajukan permohonan ke beberapa bank sekaligus. Namun, apakah hal ini efektif?

Dalam memproses aplikasi permohonan kartu kredit, tentu saja bank akan menerapkan sejumlah kebijakan standar untuk hal tersebut. Salah satu hal utama yang wajib untuk dipenuhi adalah di mana aplikan harus memiliki pekerjaan dan juga penghasilan tetap setiap bulannya. Lalu, bagaimana dengan orang yang masih berstatus mahasiswa dan belum bekerja?

Hal ini sering menjadi sebuah pertanyaan ketika seorang mahasiswa mengajukan permohonan kartu kredit ke bank. Meskipun seorang mahasiswa seringkali telah memiliki pekerjaan sambilan dan mendapatkan sejumlah penghasilan dari sana, namun hal tersebut tentu tidak bisa dijadikan sebagai acuan dalam aplikasi kartu kredit. Hal tersebut tetap menjadi penghambat, karena aplikasi kartu kredit harus dilengkapi dengan data pekerjaan yang lengkap, meliputi: kantor atau perusahaan yang jelas, status kepegawaian tetap dengan lama kerja minimal 1 tahun, penghasilan tetap atau gaji setiap bulannya memenuhi standar bank (minimal Rp3 juta per bulan). Semua kriteria tersebut tentu jarang sekali atau bahkan tidak akan dimiliki seorang mahasiswa, dan hal inilah yang menjadi penghalang utama kenapa seorang mahasiswa sulit untuk memiliki kartu kredit.

Bank tentu melihat hal ini sebagai sebuah risiko yang besar, di mana seseorang yang tidak memiliki sejumlah penghasilan tetap, akan sangat berisiko besar mengalami kesulitan dalam melakukan pembayaran terhadap tagihan kartu kredit yang dimilikinya. Dalam hal ini bank tidak mau mengambil risiko tersebut, karena hal itu berpotensi untuk mengganggu kinerja bisnis yang mereka jalankan. Namun di lain sisi, bank tetap memberikan kemudahan dalam mengakses kartu kredit bagi mereka yang berstatus mahasiswa.

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan mahasiswa untuk mendapatkan fasilitas kartu kredit dari bank:  

1. Fasilitas Kartu Tambahan

Fasilitas Kartu Tambahan

Fasilitas Kartu Tambahan via wikimedia.org

 

Bagi Anda yang masih berstatus sebagai mahasiswa, namun memiliki keinginan untuk mendapatkan sebuah kartu kredit dengan segera, maka Anda bisa mengajukan permohonan sebuah kartu tambahan. Hal ini akan mungkin terjadi jika orang tua atau saudara Anda telah memiliki kartu kredit sebelumnya, maka dengan mudah Anda bisa minta izin dan mengajukan permohonan kartu tambahan atas nama Anda.

Namun jika ternyata orang tua atau saudara Anda  juga belum memiliki fasilitas kartu kredit, maka mulailah membujuk mereka untuk mengajukannya bersama-sama dengan Anda. Pengajuan sekaligus (kartu utama + kartu tambahan) seperti ini akan lebih mudah disetujui, namun pastikan aplikan kartu utama benar-benar memenuhi semua persyaratan dan kriteria yang diminta oleh bank.

2. Ajukan Ketika ada Promo

Ajukan Ketika Ada Promo

Ajukan Ketika Ada Promo via clean4good.com

 

Bank sering mengadakan sejumlah promo di mall atau supermarket, dan Anda bisa memanfaatkan momen ini untuk mengajukan permohonan kartu kredit. Terutama bank yang memiliki program-program khusus, seperti diskon belanja dan penawaran lainnya di tempat tersebut. Biasanya mereka akan menerapkan sejumlah persyaratan yang mudah, yakni hanya memberikan fotocopy KTP dan mengisi formulir aplikasi saja.

Akan sangat baik jika Anda  mengajukan permohonan kartu kredit pada bank yang memang Anda  gunakan. Dengan begitu pihak bank akan dengan mudah melakukan pengecekan dan melihat perputaran dan saldo tabungan yang Anda miliki di bank tersebut. Pastikan Anda memiliki perputaran dana tabungan serta saldo yang cukup di dalam rekening tabungan Anda, sehingga bank akan lebih percaya dan mau memberikan fasilitas kartu kredit mereka kepada Anda.

Baca Juga: Membayar Tagihan Kartu Kredit, Apa Saja yang Mesti Diperhatikan?

3. Gunakan Fasilitas MGM

Gunakan Fasilitas MGM

Member Get Member via aspet.org

 

Anda juga bisa menggunakan fasilitas Member Get Member (MGM) yang dimiliki keluarga atau teman Anda, di mana mereka memang telah menggunakan kartu kredit sebelumnya. Program MGM merupakan sebuah bentuk reward yang diberikan oleh pihak bank kepada nasabahnya yang dianggap memiliki sejarah penggunaan kartu kredit yang baik, di mana bank akan meminta nasabah tersebut untuk mereferensikan seseorang yang dianggap layak sebagai nasabah baru bagi fasilitas kartu kredit bank tersebut.

Program MGM memiliki tingkat approval yang sangat tinggi, hal ini karena bank memberikan program tersebut sebagai bentuk kepercayaan kepada nasabahnya. Ini tentu patut dicoba, barangkali Anda beruntung dan bisa segera memiliki sebuah kartu kredit.

4. Lakukan Lock Deposito

Lakukan Lock Deposit

Lakukan Lock Deposit via foolcdn.com

 

Sistem jaminan, begitu kira-kira yang akan Anda lakukan untuk mendapatkan fasilitas kartu kredit dengan cara ini. Sejumlah dana Anda akan dikunci oleh pihak bank dan dijadikan sebagai jaminan atas penerbitan kartu kredit Anda, di mana dana tersebut tentu tidak akan bisa dicairkan selama Anda menggunakan fasilitas kartu kredit tersebut.

Beberapa bank telah menerapkan sistem ini di layanan mereka, jadi Anda bisa memilih dan menggunakan salah satu di antaranya. Persentase dana yang dikunci biasanya akan lebih besar daripada limit kredit yang diberikan oleh pihak bank kepada Anda, berkisar antara 120% dari limit kredit Anda.

Baca Juga: 5 Keuntungan Memiliki Kartu Kredit Retail

Manfaat Kartu Kredit Bagi Mahasiswa

Saat kita berbicara mengenai sebuah fasilitas, maka sudah sepatutnya kita akan mempertimbangkan berbagai manfaat yang ada dalam fasilitas tersebut, hal ini juga berlaku bagi kartu kredit. Anda tentu tidak akan bersusah payah untuk mengajukan permohonan kartu kredit ke bank, jika Anda tidak akan mendapatkan berbagai manfaat berguna di dalamnya, bukan?

Sebagian orang bisa memanfaatkan kartu kredit untuk mendapatkan sejumlah keuntungan di dalamnya, namun ada banyak orang lainnya yang hanya menggunakan kartu kredit sebagai alat pembayaran standar selayaknya kartu ATM saja ketika berbelanja dan mengabaikan banyak keuntungan yang sebenarnya bisa diperoleh dari kartu kredit tersebut. Hal ini tentu sangat disayangkan, mengingat besarnya keuntungan yang bisa didapatkan dari penggunaan kartu kredit dengan tepat, karena itu pahami dengan jelas apa saja manfaat dari kartu kredit yang Anda miliki.

Berbeda jenis kartu kredit, maka akan berbeda juga manfaat dan keuntungan lebih yang ditawarkan olehnya. Namun pada dasarnya kartu kredit memiliki beragam program dan penawaran menarik yang standar dan bisa digunakan, antara lain:

  • Fitur buy 1 get 1 free pada saat akan menonton bioskop. Ini akan sangat menyenangkan dan menguntungkan bagi Anda yang senang menikmati film-film terbaru di bioskop bersama teman atau keluarga.
  • Diskon menarik di toko buku, tentu ini cocok bagi Anda yang masih berstatus mahasiswa.
  • Penawaran menarik dari berbagai tempat wisata dan juga arena olah raga serta pusat kebugaran.
  • Diskon khusus di berbagai restoran dan kafe, program ini bisa menghemat pengeluaran bulanan Anda .
  • Penawaran menarik pada saat membeli tiket pesawat dan juga ketika menggunakan jasa travel agent tertentu.

Gunakan dengan tepat

Sebagai seorang mahasiswa, Anda tentu belum memiliki penghasilan atau gaji tetap setiap bulannya, karena itu selalu pertimbangkan setiap penggunaan kartu kredit yang Anda lakukan. Jangan sampai Anda mengalami kesulitan membayar sejumlah tagihan yang timbul akibat tidak adanya kontrol pemakaian yang baik. Selalu ingat bahwa setiap transaksi yang Anda lakukan dengan menggunakan kartu kredit adalah utang, dan lakukan pembayaran tagihan tepat waktu agar Anda.

Baca Juga: Mengenal Kartu Kredit, Serta Hak dan Tanggung Jawab Pemiliknya