‘Karyawan Fresh Graduate’ Juga Perlu Punya Kartu Kredit, Kenapa?

Setelah lulus kuliah dan langsung mendapatkan pekerjaan, kamu disebut sebagai ‘karyawan fresh graduate’. Ketika sudah mulai bekerja dan mendapatkan gaji, rasa senang sudah pasti menghampiri karena tidak perlu berpangku tangan kepada orang tua.

Setelah menerima gaji, itu artinya saatnya kamu mampu menjadi seorang yang mandiri finansial. Kamu harus mampu mengatur keuangan sendiri. Sebab, mengatur keuangan sendiri itu suatu keharusan.

Untuk mulai belajar mengatur keuangan, tidak ada salahnya jika kamu menggunakan kartu kredit. Kamu bisa memanfaatkan kartu kredit karena akan dengan mudah mengontrol keuangan, bahkan dengan kartu kredit, pengeluaran akan tercatat dengan jelas dan baik.

Berikut beberapa alasan yang bisa menjadi pertimbangan perlunya bagi karyawan fresh graduate ini memiliki kartu kredit:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Lebih Gampang Memantau dan Mengatur Pengeluaran

Mengatur Keuangan
Atur keuangan dengan baik agar tidak besar pasak daripada tiang

Maklum saja bila urusan mengatur keuangan ini masih menjadi hal yang canggung bagi seorang karyawan fresh graduate, karena memang bukan kegiatan yang biasa dilakukan.

Umumnya, karyawan fresh graduate ini masih lebih fokus pada gaya hidup yang cukup boros ketika beranjak ke dunia kerja. Selalu ingin mentraktir teman-teman atau hanya sekedar nongkrong di kafe.

Namun mandiri finansial adalah suatu keharusan ketika sudah memiliki penghasilan sendiri. Nah, dengan kartu kredit, sebenarnya kamu bisa memantau pengeluaran yang terkadang menjadi tidak terkendali karena riwayat pembelanjaan berlalu begitu saja.

Dengan kartu kredit, setiap transaksi yang telah dilakukan akan terekam atau tercetak pada lembar tagihan setiap bulannya. Jadi jika ada penggunaan berlebihan, sudah pasti akan ketahuan. Inilah yang akan membuat berpikir dua kali untuk berlaku sama seperti bulan sebelumnya di kemudian hari. Karena kamu akan mudah membuat pos-pos pengeluaran ke depannya.

2. Mudah Menyisihkan Uang untuk Menambah Tabungan

Cashback
Dengan cashback akan menambah isi tabungan

Transaksi kartu kredit ini bersifat non tunai (cashless). Sebab kartu kredit hanya digunakan untuk sejumlah transaksi tertentu tanpa ada biaya tambahan lainnya. Tentu apabila kamu membayar jumlah tagihan secara penuh alias tidak membayar minimum dan tidak ada tunggakan, sehingga kamu tidak dikenakan biaya transaksi dan denda.

Dengan demikian, transaksi kebutuhan bulanan bisa menggunakan kartu kredit tersebut dan kamu bisa menambah tabungan. Karena dengan kartu kredit, biasanya akan banyak ditemukan promo cashback (uang kembali), dan kamu bisa mengumpulkannya untuk menjadi tabungan pribadi. Menguntungkan, bukan?

Baca Juga: Cara Mengaktifkan Kembali Kartu Kredit yang Dinonaktifkan Bank

3. Banyak Menikmati Promo Termasuk Mendapatkan Harga Murah

Shoping
Jangan lewatkan kesempatan mendapatkan harga murah dengan kartu kredit

Bukan hal asing lagi bila banyak penerbit kartu kredit yang menawarkan berbagai macam promo melalui kerjasama dengan merchant (pedagang). Tidak sedikit, produk-produk maupun jasa yang ditawarkan dengan harga yang jauh lebih murah ketimbang pembelian tanpa kartu kredit alias tunai saja.

Jadi tidak heran bila kartu kredit sebenarnya tempat untuk memperoleh promo yang menarik. Tak tanggung-tanggung, promo yang kerap ditawarkan dari transaksi menggunakan kartu kredit pun nyaris ada sepanjang bulan dan setiap bulan, bahkan.

Promo yang ditawarkan dari transaksi menggunakan kartu kredit ini bermacam-macam, mulai dari diskon atau potongan harga hingga puluhan persen, maupun promo cashback untuk transaksi tertentu.

4. Mempermudah dan Menghemat Biaya Traveling

Traveling
Traveling hemat biaya sangat menyenangkan

Para fresh graduate era milennial tentunya tidak lepas dari kebiasaan yang namanya melakukan petualangan ke suatu tempat. Kegiatan traveling seolah tak bisa lepas dari agenda wajib yang dilakukan, entah itu sebulan sekali atau beberapa bulan sekali.

Tak tanggung-tanggung, perjalanan wisata yang dilakukan pun tak hanya terbatas dalam negeri, tapi juga luar negeri. Nah, bila sudah punya kartu kredit, maka kamu bisa mendapatkan banyak kemudahan.

Kemudahan yang ditawarkan dari kartu kredit untuk yang hobi traveling ini mulai dari membeli tiket pesawat secara online, memesan hotel ddi tempat tujuan, dan melakukan transaksi keuangan di negara tujuan. Jika promo kartu kredit seringkali cukup menarik, sehingga bisa menghemat biaya perjalanan.

5. Membangun Penilaian Riwayat Kredit yang Baik

Credit Score
Jaga credit score kamu dengan disiplin melakukan pembayaran tagihan kartu kredit

Perlu kamu ketahui, dalam penggunaan kartu kredit ada istilah penilaian riwayat kredit (credit score). Biasanya, apabila menggunakan kartu kredit di setiap bulannya, kita bisa membuat catatan kredit yang sesuai dengan pemakaian.

Semakin disiplin pembayaran tagihan kartu kredit, maka semakin baik pula skor kredit kamu. Skor kredit ini penting sebagai acuan bagi perbankan atau lembaga keuangan lain yang nantinya memberikan kredit apabila kamu mengajukan di masa yang akan datang.

Misal, dalam 5 tahun ke depan kamu berencana untuk membeli rumah secara kredit ke bank. Jika skor kredit kamu bagus, maka peluang diterimanya KPT oleh pihak bank akan terbuka lebar. Skor kredit juga tercatat di pemeriksaan Bank Indonesia (BI checking).

Baca Juga: Bisa Hapus Utang! Jangan Remehkan Pentingnya Asuransi Kartu Kredit

6. Pengajuan Kartu Kredit Sangat Mudah

Apply kartu kredit manual
Ilustrasi pengisian formulir pengajuan kartu kredit

Dulu, dikenal dengan aturan yang cukup ketat untuk bisa memiliki kartu kredit. Biasanya salah satu syarat utamanya adalah masa kerja yang sudah lama, baru bisa mengajukan kartu kredit.

Untuk fresh graduate dan baru saja bekerja di perusahaan, biasanya susah-susah gampang untuk mendapatkan kartu kredit. Pihak bank biasanya mensyaratkan minimal pengalaman kerja 1 tahun untuk mengajukan aplikasi kartu kredit.

Namun seiring dengan perkembangan zaman, pengajuan kartu kredit pun semakin mudah dan tak terbatas bagi pekerja yang sudah beberapa tahun. Bagi kamu yang kategorinya karyawan fresh graduate pun sudah bisa punya kartu kredit.

Sebab, sudah cukup banyak bank atau lembaga keuangan lainnya yang mengeluarkan produk kartu kredit khusus bagi para fresh graduate yang baru mulai bekerja. Jadi, berapa lama kamu bekerja bukan lagi alasan tak bisa punya kartu kredit dan menikmati berbagai kemudahan dan fasilitas yang ada, serta mengatur keuangan lebih baik lagi.

Miliki Kartu Kredit dengan Bijak dan Nikmati Keuntungannya

Beberapa poin di atas kamu bisa lakukan untuk menggunakan kartu kredit dan mendapatkan manfaatnya. Tapi, usahakan terus disiplin dalam menggunakannya. Jangan sampai kamu memakai kartu kredit melebihi jumlah limit yang tersedia.

Ini penting, guna menghindari tagihan yang membengkak dan menumpuk nantinya. Sebab, bukan hanya tagihan pokoknya saja yang harus kamu bayar, tapi juga biaya bunga atau pun denda apabila kamu membayar di bawah minimum. Pastikan menggunakan kartu kredit di bawah batas limit tersebut dan manfaatkan kartu kredit semaksimal mungkin, kamu akan diuntungkan!

Baca Juga: Kartu Cicilan: Pengertian dan Perbedaannya dengan Kartu Kredit Serta KTA