Kata-kata Inspirasi Sukses Para Pria yang Mendunia

Telah banyak orang-orang yang mampu meraih kesuksesannya dan menjadi contoh di segala penjuru dunia. Bahkan, karyanya mampu mengubah dunia, bermanfaat bagi seluruh umat seantero jagad raya ini.

Mereka juga mencoba menularkan semangat meraih mimpi kepada semua orang di dunia ini dengan kata-kata yang menginspirasi. Diharapkan, ada banyak generasi-generasi mendatang yang tak segan-segan dan pantang menyerah untuk mempunyai mimpi dan mewujudkannya.

Siapakah dia? Tentu bukan hanya satu, dua, atau tiga tokoh daja yang kesuksesannya ini telah mendunia. Namun kali ini, mengulas kata-kata yang menginspirasi dari empat pria yang kesuksesannya mendunia, yakni Warren Buffett, Mark Zuckerberg, Matt Mullenweg, dan Jan Koum.

Berikut kata-kata inspirasi dari keempat pria sukses tersebut:

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

1. “Dalam Dunia Bisnis, Kaca Spion Selalu Lebih Jelas Daripada Kaca Depan”

Warren Buffett
Warren Buffett

Kata-kata inspirasi dari Warren Buffett ini mencoba mengingatkan bahwa masa lalu bisa menjadi tolok ukur bagi masa depan. Masa depan kita selalu dipenuhi berbagai hal yang tidak pasti.

Untuk bisa mengendarai mobil dalam keadaan pandangan ke depan yang dipenuhi kabut, kita harus berhati-hati supaya tidak terjadi celaka pada diri kita. Begitu pula dalam kehidupan ini.

Kita harus berhati-hati dalam hidup, termasuk menentukan pilihan hidup supaya tidak terjadi pada pilihan yang salah dan mencelakakan kita sendiri.

2. “Seseorang Duduk di Bayangan Hari ini Karena Seseorang Menanam Pohon Pada Jangka Waktu yang Lama Sebelumnya”

Pohon Teduh
Pohon yang teduh ditanam sejak lama

Warren Buffett mencoba menyampaikan bahwa kebaikan yang kita lakukan mungkin tak terasa saat itu juga bagi orang lain. Terkadang, mereka menganggapnya sebagai sebuah hal sepele yang sudah biasa mereka terima setiap harinya.

Tetapi, tetaplah berlaku baik bagi semua orang karena terkadang kebaikan yang sudah biasa itu menjadi hal yang luar biasa bagi orang lain. Ketika Anda bisa memberikan sesuatu yang luar biasa bagi orang lain, bukankah hal itu merupakan hal yang luar biasa bagi Anda juga?

Baca Juga: Rahasia Nyata Dibalik Cara Hidup Sukses di Usia Muda

3. “Risiko Terbesar Adalah Mengambil Risiko Apapun. Dalam Dunia yang Berubah dengan Cepat, Satu-satunya Strategi yang Dijamin Gagal Adalah Tidak Mengambil Risiko”

Mark Zuckerberg
Mark Zuckerberg

Kata-kata inspirasi dari pendiri Facebook, Mark Zuckerberg, ini mencoba menyampaikan bahwa ketakutan beberapa orang untuk menetapkan keputusan dan pilihan yang berisiko kerap kali membuat mereka untuk tidak mempunyai keputusan yang keluar dari diri sendiri.

Mungkin pilihan Anda akan memiliki risiko yang negatif nantinya karena kita tahu bahwa masa depan tidak bisa memberikan kepastian yang selalu baik. Namun ketika Anda mengetahui bahwa pilihan yang seharusnya Anda buat menghasilkan dampak yang baik, bukankah hal itu akan membuat Anda menyesal?

Penyesalan ini sendiri sudah menjadi sebuah risiko bagi Anda. Mencobalah sesuatu terlebih dahulu tanpa harus terlalu memikirkan risiko. Beberapa hal akan lebih baik dilakukan meski memiliki risiko dan gagal pada sesuatu yang pernah Anda coba lebih baik daripada tidak pernah mencoba sesuatu.

4. “Saya Memikirkan Peraturan Sederhana dari Sebuah Bisnis yaitu Jika Anda Melakukan Sesuatu yang Mudah Lebih Dulu, Maka Sebenarnya Anda Bisa Membuat Progres yang Begitu Banyak”

  Melakukan Hal Kecil
Melakukan hal kecil terlebih dulu itu juga berarti

Mark Zuckerberg mencoba menyampaikan bahwa terkadang kita mendapati diri kita berada pada situasi tidak menyenangkan dan menganggap kita mau tidak mau harus melewati fase tersebut untuk mencapai fase yang lebih baik.

Tapi tahukah Anda bahwa beberapa hal bisa diakali, sama seperti ketika Anda mengerjakan soal ujian. Pilihlah pekerjaan yang paling mudah Anda kerjakan, setidaknya Anda bekerja tidak hanya diam, terus berpikir, tapi tidak pernah bekerja untuk menyelesaikannya.

Dengan memilih hal yang paling bisa Anda kerjakan, Anda sudah mengerjakan setengah dari pekerjaan itu. Bukankah itu progres yang luar biasa?

5. “Saya Ingin Mengerjakan Sesuatu dan Mengerjakannya Secara Benar”

Jan Koum
Jan Koum

Jan Koum mencoba menyampaikan bahwa hal yang harus Anda lakukan untuk mendapatkan mimpi Anda adalah bekerja dan bekerja. Semua hal akan mustahil untuk didapatkan ketika Anda tidak mau mengerahkan tenaga Anda untuk bekerja dan mewujudkannya.

Jika Anda sudah memiliki mimpi yang Anda sangat ingin wujudkan, bekerjalah untuk mimpi itu dan lakukan dengan benar, tanpa membuang waktu, tanpa sedikitpun ragu. Ketika Anda sudah percaya dan bekerja dengan benar, tidak ada yang tidak mungkin dalam menggapai mimpi Anda.

Baca Juga: 10 Film Inspiratif yang Memberi Motivasi Bagi Entrepreneur

6. “Komunikasi Adalah Inti dari Masyarakat Kita. Itulah yang Membuat Kita Menjadi Manusia”

Komunikasi
Manusia itu saling berkomunikasi

Kalimat Jan Koum ini menyatakan bahwa kita hidup tidak sendiri. Banyak orang yang ada di sekitar kita dan mereka semua berbeda.

Meski lahir dalam keluarga yang sama, meski sama-sama perempuan atau laki-laki, meski memiliki suku dan klan yang sama, tidak berarti mereka semua sama.

Bagaimana kita bisa bertahan hidup dengan mereka tergantung dari usaha kita membangun hubungan baik dengan orang lain. Setiap orang memiliki latar belakang berbeda, cara berpikir berbeda, tujuan yang berbeda, dan berbagai hal yang berbeda.

Terkadang masalah muncul karena gesekan perbedaan dan terkadang kita menjadi dekat dengan orang karena pemikiran dan tujuan yang sejalan. Semua itu wajar. Dan kuncinya adalah membangun komunikasi.

7. “Jika Anda Ingin Menjadi Orang yang Baik Pada Suatu Hal, Anda Harus Benar-benar Bekerja Setiap Waktu. Anda Harus Bekerja Keras Pada Sesuatu yang Sulit. Jika Tidak, Anda Hanya Sedang Menginjak-injak Air”

Matt Mullenweg
Matt Mullenweg via bitnesia.com

Kalimat sederhana Matt Mullenweg ini mencoba mengungkapkan bahwa jika Anda menginginkan mimpi itu terwujud, Anda harus bekerja setiap waktu. Usahakan untuk mengerahkan segala kemampuan dan kemampuan Anda bila menginginkan mimpi Anda tercapai dalam bentuk yang baik.

Wujudkan Mimpi Tanpa Lelah Mencoba dan Terus Melakukannya

Kehidupan memang tak jauh dari rasa ingin mencapai tujuan dan keinginan serta mimpi-mimpi yang dipendam sejak lama. Tak jarang kita juga terbendung dalam pemikiran bahwa kehidupan harus memiliki tujuan, dan berhasil meraih mimpi-mimpi.

Tentu itu adalah motivasi yang harus dimiliki untuk menjalani hidup yang lebih baik. Tapi proses mencapai mimpi itu terkadang juga tidaklah mudah. Berbagai rintangan dan halangan terus saja menghadap. Tapi, janganlah menyerah, teruslah mencoba dan berusaha untuk mewujudkan mimpi Anda.

Baca Juga: Inspirasi 6 Cerita Pengusaha Sukses yang Telat Memulai Karirnya