Kaya Serat dan Baik untuk Kesehatan, Ini Dia Jenis-jenis Gandum dan Manfaatnya!

Saat akhir bulan, acap kali persediaan makanan di dapur menipis. Alhasil, Anda pun memilih untuk membeli makanan jadi, mulai dari warteg hingga fast food. Sekali dua kali, tidak masalah. Namun, jika terlalu sering dikonsumsi tentu saja akan berdampak negatif terhadap tubuh dan membuat saldo Anda cepat menipis.

Nah, alih-alih  Anda justru malah terganggu kesehatannya di masa depan, mengapa tidak mencoba untuk menkonsumsi makanan-makanan sehat semisal sayur atau gandum. Gandum? Ya, bahan makanan satu ini sudah dikenal akan manfaatnya bagi kesehatan tubuh, dan menariknya, gandum bisa diolah menjadi makanan yang secara rasa tidak kalah lezatnya dengan makanan-makanan lainnya.

Biaya yang harus Anda keluarkan pun untuk membeli gandum pastinya lebih murah. Selain itu, gandum tergolong bahan makanan yang tahan lama bahkan bisa bertahan dalam jangka waktu 1 tahun. Lebih hemat, bukan? Lalu, apa saja makanan yang bisa dihasilkan dari gandum? Simak informasinya berikut ini sebagaimana dilansir dari Mint Life.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Brown Rice

  Brown Rice

Makanan dari gandum yang pertama ialah Brown Rice. Dibandingkan dengan nasi biasa, beras gandum ini jauh lebih sehat karena di dalamnya terkandung sejumlah zat yang bermanfaat bagi kesehatan seperti mineral dan juga kaya akan serat. Anda bisa menggunakan brown rice/nasi merah ini untuk menggantikan beras biasa. Brown rice ini bisa dipadukan dengan berbagai menu lauk seperti sup, burrito, dan lain-lain.

Baca Juga: Susah BAB? Konsumsi 8 Makanan Ini Agar Pencernaan Lebih Lancar

2. Barley

  Barley

Selanjutnya adalah barley. Sebagai salah satu dari jenis gandum, barley ini mengandung protein dan serat yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Terutama untuk yang sedang menurunkan berat badan, barley ini sangat cocok untuk dikonsumsi oleh karena kandungan asam amino yang dimilikinya mampu mencegah gula menjadi lemak. Anda bisa membuat berbagai macam menu masakan dari Barley ini semisal kentang rebus atau sup.

3. Farro

farro  

Farro ini memiliki bentuk yang menyerupai beras padi. Kandungannya sama seperti barley yakni protein dan serat. Namun, dibandingkan dengan keduanya, farro diklaim memiliki manfaat kesehatan yang jauh lebih banyak. Anda bisa mengkombinasikan farro ini dengan menu masakan sehari-hari.

4. Oats

  oats

Oats ini juga salah satu jenis gandum yang baik untuk kesehatan. Anda bisa mengkonsumsi oats untuk sarapan atau bisa juga sebagai pengganti makan malam. Produk makanan yang berbahan dasar oats pun sudah sangat mudah untuk kita temui, baik di warung maupun supermarket. Oats akan lebih nikmat jika dijadikan sebagai salah satu komposisi kue pie, dan desert-desert lainnya.

Baca Juga: Wajib Dicoba, 9 Makanan Murah Ini Ampuh Bikin Kulit Putih Berseri

5. Millet

  Millet

Millet atau yang dalam bahasa India disebut sebagai ragi merupakan salah satu jenis gandum lainnya. Di India sendiri, Millet ini termasuk ke dalam salah satu bahan makanan pokok. Walaupun orang India masih lebih memilih gandum dan beras sebagai pilihan utama, nyatanya millet ini diklaim jauh lebih menyehatkan dibandingkan dengan gandum dan beras. P

roses memasaknya yang lebih sulit dan lama mungkin menjadi salah satu sebab mengapa millet kurang begitu diminati di India. Namun, tidak ada salahnya jika ingin mencoba mengkonsumsi millet ini.

6. Soba

  Soba

Berbentuk biji-bijian, soba merupakan bahan makanan serba guna bebas gula dan merupakan bahan utama dalam pembuatan mie tradisional Jepang Soba Noodles. Cocok sekali untuk yang sedang menjalani diet. Cara memasak soba ini juga tergolong mudah dan bisa divariasikan ke dalam sejumlah menu masakan, seperti bubur. Kandungan vitamin yang juga tak kalah banyaknya tentu saja menjadikan soba ini bisa Anda jadikan makanan pendamping agar asupan gizi menjadi seimbang.

7. Couscous

  Couscous

Makanan ini menjadi makanan pokok di Negara-negara seperti Aljazair, Tunisia, dan Maroko. Couscous terbuat dari air dan tepung, menjadikannya cocok untuk dijadikan makanan pengganti nasi. Proses memasak couscous ini juga terbilang mudah dan cepat. Anda bisa membuat sejumlah menu masakan dari bahan ini seperti tofu goreng dan sup. Selain itu, Anda juga mengkombinasikan couscous dengan bahan makanan lainnya yakni daging dan sayuran.

Konsumsi Gandum: Tubuh Sehat, Kantong Aman

Sebagaimana yang telah disebutkan di awal, mengkonsumsi gandum selain lebih menyehatkan, juga tentu saja lebih hemat. Anda pun tidak perlu khawatir ketika akhir bulan tiba dan uang sudah menipis. Jadi, jangan lupa masukkan gandum dan sejenisnya ke dalam daftar belanjaan bulanan.

Baca Juga: 7 Menu Masakan Indonesia dengan Harga Murah Namun Sehat