Kehabisan Tiket? Lakukan ini agar Tetap Bisa Mudik Lebaran

Mudik Lebaran seolah menjadi agenda wajib bagi hampir sebagian besar masyarakat Muslim di Tanah Air. Tak heran bila mencari tiket mudik Lebaran bisa dibilang susah-susah gampang, namun cenderung sulit bila tidak pada waktu yang tepat.

Semakin mendekati hari-H Lebaran, berbagai tiket moda transportasi umum antar kota antar provinsi pun makin sedikit, bahkan cenderung kehabisan. Kalau pun masih tersedia, jangan tanya berapa harganya. Tak tanggung-tanggung, harga tiket pun bisa melonjak hingga dua kali lipat bahkan lebih, terutama untuk tiket pesawat.

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

Kereta Api Masih jadi Favorit Pemudik

Kereta Api
Ilustrasi penumpang kereta api memadati peron stasiun

Ada banyak transportasi umum yang digunakan untuk mudik Lebaran, seperti bis, kereta api, pesawat, hingga kapal laut. Namun dari kesemua moda itu, kereta api relatif masih menjadi favorit bagi pemudik.

Selain simpel, kereta api juga dianggap pilihan yang tepat untuk mudik karena dinilai paling aman ketimbang transportasi lainnya, meski membutuhkan waktu yang cukup panjang atau lebih lama ketimbang pesawat.

Maka, bukan hal yang asing lagi bila tiket kereta api akan sangat langkah mendekati hari Lebaran. Wajar saja, transportasi yang satu ini sudah mulai dijual sejak 3 bulan sebelum tanggal keberangkatan.

Tak ayal, tiket kereta untuk mudik dari tanggal H-90 atau tiga bulan sebelum Hari Raya sudah ludes terjual. Jadi, jangan harap mudah menemukan tiket mudik dengan kereta api bila tidak mencari sejak jauh-jauh hari.

Kalau sudah begitu, mencari tiket mudik lebaran seolah terasa begitu berat dan sulit hingga nyaris putus asa. Tak jarang orang jadi merasa menyerah dan berpikiran “pulang syukur enggak pulang juga enggak apa-apa”. Artinya, hanya menunggu keajaiban siapa tahu sewaktu-waktu menemukan tiket yang bisa dibeli, atau apa saja yang penting bisa mudik.

Baca Juga: 5 Tips Agar Mudik Naik Pesawat Jadi Murah

Jangan Menyerah, Tetap Bisa Mudik dengan Cara ini

Lebaran
Merayakan Hari Raya Idul Fitri bersama keluarga

Kendati seberapa pun sulitnya mencari tiket untuk mudik Lebaran, dan berkali-kali melihat aplikasi penjualan tiket kereta api selalu tertulis fully booked, serta harga tiket pesawat yang semakin tidak ramah di kantong, tetap saja, jangan pernah putus asa.

Tidak ada yang mustahil. Anda tetap bisa mudik Lebaran ke kampung halaman dan berkumpul bersama keluarga tercinta nantinya. Lalu, bagaimana cara agar tetap bisa mudik meski kehabisan tiket? Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan tiket mudik dengan harga yang masih ramah di kantong dan aman bagi keuangan.

Syaratnya, Anda harus benar-benar sabar melakukannya. Berikut langkah yang bisa Anda lakukan saat kehabisan tiket mudik Lebaran:

1. Rajin Cek Situs Resmi KAI

Situs KAI
Contoh situs resmi PT Kereta Api Indonesia (Persero)

Bila Anda penggemar transportasi kereta api, mudik menggunakan moda ini seolah menjadi suatu keharusan. Tapi kita semua tahu, tiket kereta api di momen-momen hari besar merupakan suatu kelangkaan bila tidak tepat dengan jadwal pembeliannya.

Bahkan, untuk rute atau tujuan tertentu, begitu penjualan tiket Lebaran dibuka, bisa langsung ludes terjual. Tapi, jangan patah arang dulu, karena bukan tidak mungkin Anda masih bisa menemukan tiket mudik kereta api mendekati Lebaran.

Asalkan Anda rajin mengecek tiket melalui situs resmi PT. Kereta Api Indonesia (KAI) di https://kai.id/, bukan hal mustahil Anda bisa menemukan tiket mudik ke kota tujuan. Sebab, ada kemungkinan kebijakan penambahan rangkaian kereta untuk mudik Lebaran oleh KAI, atau ternyata ada penumpang lain yang membatalkan pesanan tiketnya, sehingga Anda pun bisa langsung membelinya.

2. Sering Cek Situs Penjualan Tiket Online (E-Commerce)

Pesan Tiket Online
Rajin-rajinlah mencari tiket di e-commerce

Usaha memang harus terus dilakukan untuk bisa mendapatkan tiket mudik dengan harga murah. Berikutnya, Anda juga bisa sering-sering membuka situs penjualan tiket online (e-commerce) lainnya. Ada banyak e-commerce yang menyediakan penjualan tiket secara online.

Anda bisa sesering mungkin membuka e-commerce yang menjual tiket kereta api atau tiket pesawat, seperti Tokopedia, Traveloka, Tiket.com, Bukalapak, dan lainnya. Siapa tahu mereka sedang mengadakan promo dan Anda mendapatkan tiket pesawat murah untuk mudik atau ada pembatalan maupun perubahan jadwal tiket kereta api dari penumpang lainnya.

Baca Juga: Ini Asuransi yang Cocok untuk Mobil Pribadi saat Mudik Lebaran

3. Unggah atau Download Aplikasi Penjualan Tiket

Aplikasi Tiket Online
Unduh aplikasi agen penjual tiket online atau dari maskapai penerbangan sebanyak-banyaknya

Dengan mengunggah aplikasi-aplikasi penjual tiket online atau dari maskapai penerbangan yang melayani penjualan tiket ini, akan semakin memudahkan Anda melakukan pengecekan tiket yang available dan melakukan pemesanan tiket kapan saja dengan cepat.

Dengan memiliki aplikasi tersebut, ketika ada tiket yang siap dijual, Anda bisa dengan mudah memesannya dan tidak khawatir saat berebut tiket dengan orang lain karena data Anda sudah tersimpan dalam aplikasi tersebut. Sehingga Anda bisa dengan cepat melanjutkan ke transaksi pembayaran.

4. Cari Tiket Secara Random

Cari Tiket
Cari tiket kapan saja dan di mana saja Anda berada

Mencari atau mengecek tiket secara acak (random) ini juga penting dilakukan. Sebab, kita tidak pernah tahu kapan ada tiket yang available dan kapan ada tiket dengan harga murah. Sebab bisa saja sewaktu-waktu orang membatalkan atau mengubah jadwal tiket yang sudah dipesannya, atau ada promo penjualan tiket murah.

Oleh karena itu, sering-seringlah mengecek penjualan tiket secara random. Siapa tahu memang rezeki Anda menemukan tiket mudik dengan harga terjangkau tersebut sesuai dengan jadwal keberangkatan yang diinginkan. Anda bisa cek kapan saja, bisa pagi, menjelang siang, menjelang sore, malam, dini hari, dan lainnya, atau kapan pun Anda ingat di sela-sela jam kerja atau jam istirahat, maupun waktu senggang di rumah.

5. Ikuti Mudik Gratis

Mudik Gratis
Program mudik gratis via kemenhub.go.id

Cara berikutnya adalah Anda bisa mengikuti program mudik gratis yang diadakan oleh intansi-instansi pemerintah maupun program dari perusahaan tertentu yang menyelenggaran mudik gratis. Anda hanya harus banyak cari informasi mengenai mudik gratis ini dan mempersiapkan persyaratannya.

Mudik gratis banyak diselenggarakan oleh perusahaan-perusahaan BUMN, maupun perusahaan swasta. Cari tahu mengenai mudik gratis ini dan jangan lewatkan kesempatannya. Perhatikan dengan seksama kapan pendaftaran mudik gratis itu dibuka.

6. Cari Tumpangan ke Teman

Mudik Lebaran
Ilustrasi mudik Lebaran

Jika memang tiket mudik ini benar-benar mustahil diperoleh. Jangan putus harapan. Masih ada cara lain untuk tetap bisa mudik Lebaran ke kampung halaman. Anda bisa tanya ke teman-teman Anda barangkali ada yang mudik dengan mobil pribadi dan kebetulan searah dengan kota tujuan Anda.

Anda bisa numpang di mobil teman Anda itu, tentu tidak dengan tangan kosong. Anda bisa membayar sebagian ongkos perjalanan untuk bensin. Dan yang terpenting adalah Anda harus membicarakannya baik-baik dengan teman Anda berapa biaya yang perlu dikeluarkan untuk tumpangan mudik tersebut.

Banyak Cara untuk Mudik Lebaran ke Kampung Halaman

Bila Anda merasa kehabisan tiket untuk pulang ke kampung halaman merayakan Lebaran bersama keluarga besar, tak perlu panik lagi bila Anda benar-benar terus mengupayakannya dengan cara-cara di atas. Satu hal yang harus selalu diingat, bahwa tidak ada upaya yang mengkhianati hasil. Segala sesuatu bisa diraih dengan terus berusaha dan melakukannya dengan pantang menyerah. Jadi, kehabisan tiket mudik tak lagi jadi alasan untuk tidak merayakan Lebaran di kampung halaman lagi, bukan?

Baca Juga: Benda Yang Wajib Ada Saat Mudik Menggunakan Mobil