Kenali ATM Lebih Jauh: Jenis, Jaringan, dan Biaya yang Dikenakan

Menggunakan fasilitas kartu Anjungan Tunai Mandiri/Automated Teller Machine (ATM) yang diterbitkan pihak bank tentu sudah menjadi salah satu hal yang begitu familiar bagi hampir semua orang, khususnya yang memiliki tabungan di bank. Kartu ATM telah menjadi kebutuhan bagi sebagian besar orang sehingga penggunaannya terbilang sangat tinggi atau mungkin menjadi yang paling tinggi di antara berbagai macam produk perbankan lainnya.

Bukan hanya sebagai alat penarikan tunai saja, penggunaan kartu ATM telah memungkinkan untuk berbagai kepentingan lainnya. Hal ini tentu akan sangat memudahkan nasabah dalam mengelola keuangan dan memenuhi berbagai kebutuhan yang memerlukan transaksi keuangan. Bahkan, penggunaan kartu ATM bisa mengefisienkan berbagai urusan yang akan membuang waktu dan tenaga, seperti:

  • Penarikan tunai melalui mesin ATM yang membuat nasabah tidak lagi membutuhkan sejumlah waktu untuk mengantre dan melakukannya di teller
  • Transfer dana ke bank yang sama atau bank yang berbeda. Aktivitas ini bahkan bisa dilakukan secara online dan real time sehingga akan sangat membantu nasabah dalam memenuhi berbagai kebutuhan pengiriman uang.
  • Melakukan cek saldo.
  • Membeli tiket, seperti tiket pesawat dan kereta api.
  • Membeli pulsa.
  • Membayar berbagai macam tagihan dengan mudah, seperti tagihan listrik, air, TV kabel, iuran BPJS, dan uang sekolah/kuliah.

Semua kemudahan tersebut bisa dinikmati nasabah hanya dengan mendatangi mesin ATM dan melakukan berbagai transaksi keuangan yang mereka butuhkan di sana. Sangat mudah, bukan?

Baca Juga: Kenali Bedanya Transfer Uang Secara Kliring, RTGS, dan Real Time

Jenis-Jenis ATM

Jenis-Jenis ATM

Kartu ATM via blogarama.com

Keberadaan mesin ATM tentu ikut serta dalam mendukung kemudahan masyarakat dalam mengakses berbagai fasilitas perbankan. Saat ini mesin ATM tidak lagi sulit ditemukan. Sebab secara khusus pihak perbankan memang sangat gencar untuk mengupayakan dan selalu menambah jumlah mesin-mesin tersebut.

Dengan begitu, para nasabah bisa mengaksesnya dengan lebih cepat dan mudah. Hampir di semua wilayah pertokoan bisa ditemukan mesin ATM. Nasabah pun tak akan kesulitan lagi untuk menemukan dan mengakses fasilitas perbankan yang satu ini.

Hingga saat ini setidaknya terdapat tiga jenis mesin ATM di Indonesia yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan transaksi keuangan, di antaranya:

1. ATM Tarik Tunai

Jenis mesin ATM yang paling awam dan mudah ditemukan. Bukan hanya di wilayah perkotaan saja, penggunaan mesin ATM tarik tunai telah mencapai wilayah pelosok/pedesaan. Tentunya tergantung pada keberadaan banknya di sana. Umumnya yang sering ditemukan adalah BRI dan BPD di wilayah tersebut. Mesin ATM tarik tunai memungkinkan untuk melakukan hampir semua transaksi keuangan, seperti transfer, pembelian pulsa, penarikan tunai, pembayaran tagihan, dan juga yang lainnya.

2. ATM Non-Tunai

Sebagaimana namanya, sudah bisa dipastikan jika mesin ATM yang satu ini tidak akan bisa digunakan untuk transaksi penarikan tunai. Namun, melalui mesin ini, kita bisa melakukan transaksi keuangan lainnya, seperti pembayaran tagihan, transfer, cek saldo, dan pembelian voucher listrik serta yang lainnya.

3. ATM Setor Tunai

Lewat mesin ATM setor tunai, nasabah dapat melakukan penyetoran langsung sejumlah dana ke nomor rekeningnya sehingga tidak perlu antre dan berlama-lama menunggu di depan teller. Ini termasuk mesin ATM yang paling menyenangkan dan cukup membuat nasabah bisa dengan mudah melakukan penyetoran tunai ke rekeningnya.

Baca Juga: Jenis-Jenis Asuransi Tambahan yang Bisa Anda Gunakan

Jaringan dan Biaya yang Dikenakan

Kartu ATM Bank Bersama Prima

Mesin ATM via tears-for-fears.com

Berbagai kemudahan yang diberikan mesin ATM tentunya mengenakan sejumlah biaya yang menjadi kewajiban para nasabah. Hal ini biasanya akan sangat tergantung pada kebijakan yang diterapkan tiap-tiap bank. Beberapa bank membebaskan nasabahnya atas sejumlah biaya penarikan tunai selama hal tersebut dilakukan di jaringan ATM yang sama dan dengan jumlah saldo minimal tertentu yang mereka tetapkan. Hal yang berbeda bisa saja terjadi pada bank lainnya. Sebab setiap bank akan memiliki ketentuan tersendiri mengenai kebijakan ini.

Secara garis besar, bank-bank di Indonesia memiliki kerja sama dan jaringan khusus yang mereka gunakan untuk memudahkan nasabahnya dalam mengakses layanan ATM. Jaringan ini terintegrasi dan terbagi menjadi dua bagian besar, yaitu:

1. Jaringan ATM Bersama

Jaringan ATM Bersama menjadi jaringan ATM terbesar di Indonesia. Jaringan ini beranggotakan 82 bank di Indonesia, antara lain BRI, Bank Danamon, Bank Panin, BNI, dan bank-bank lainnya.

2. Jaringan ATM Prima

Jaringan ATM Prima memiliki anggota sebanyak 57 bank, di antaranya Bank Mandiri, BNI, BCA, BRI, CIMB Niaga, dan beberapa bank lainnya.

Adanya jaringan ATM ini akan memungkinkan para nasabah untuk melakukan berbagai transaksi keuangan di ATM yang tidak sama dengan rekening milik nasabah tersebut. Namun, masih dengan sejumlah biaya transaksi yang cukup rendah. Hal ini tentu akan sangat membantu karena bisa saja seorang nasabah tidak memiliki akses yang dekat ke mesin ATM dari bank yang digunakan olehnya. Atau bisa saja sewaktu-waktu seorang nasabah perlu melakukan sejumlah transaksi keuangan pada saat itu. Sementara di lokasinya berada tidak terdapat mesin ATM dari bank yang digunakan olehnya. Pilihan yang tersedia dan bisa digunakannya ATM Bersama atau Prima.

Berbagai transaksi dengan menggunakan jaringan ATM Bersama dan ATM Prima akan dikenakan biaya sebagai berikut:

  • Untuk biaya transfer sebesar Rp7.500.
  • Untuk biaya cek saldo sebesar Rp4.000.
  • Untuk biaya penarikan tunai sebesar Rp7.500.

Sejumlah biaya tersebut tentu sebanding mengingat kemudahan dan kenyamanan yang bisa didapatkan nasabah dengan keberadaan ATM Bersama atau Prima yang bisa mereka gunakan sepanjang waktu.

Layanan yang Mudah dan Nyaman

Penggunaan kartu ATM pada mesin ATM tentu bukan lagi hal baru bagi sebagian besar pengguna layanan perbankan. Secara khusus, bank memiliki kerjasama dalam jaringan ATM Bersama dan ATM Prima yang memungkinkan berbagai transaksi keuangan bisa diakses dengan mudah. Ketahui besarnya biaya yang ditetapkan. Dan pilihlah jaringan ATM yang sesuai dengan bank Anda sehingga transaksi keuangan berjalan lancar dan nyaman.

Baca Juga: Orang Tua Perlu Tahu, Ini Sistem Pendidikan Anak di Indonesia dan Luar Negeri