Kenalin Nih LinkAja, Aplikasi Pembayaran QR Code Jagoan BUMN

Tinggal scan kode QR dari ponsel, bayar. Begitu mudahnya pakai aplikasi pembayaran dengan Quick Response (QR) Code untuk beli ini itu di merchant. Kemudahan ini ditawarkan LinkAja, platform hasil kolaborasi dari tujuh Badan Usaha Milik Negara (BUMN).  

LinkAja bukan pemain anyar di bisnis pembayaran elektronik. LinkAja adalah wajah baru dari TCASH, layanan keuangan digital (e-wallet) milik Telkomsel, anak usaha PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk atau Telkom. Selain itu, LinkAja merupakan gabungan dari layanan keuangan elektronik milik PT Bank Mandiri (Persero) Tbk dengan E-Cash, UnikQu dari PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, dan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk dengan merek T-Bank.

Pemilik saham LinkAja bukan hanya Telkomsel (25%), Bank BRI (20%), Bank Mandiri (20%), Bank BNI (20%), tapi masuk di dalamnya PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau Bank BTN (7%), PT Pertamina (Persero) (7%), dan sisanya PT Asuransi Jiwasraya (Persero) (1%).

Perubahan layanan TCASH menjadi LinkAja meluncur pada 22 Februari 2019 dan sudah dimanfaatkan masyarakat sejak 3 Maret 2019. Jadi pengguna layanan pembayaran tiga bank pelat merah tersebut akan dimigrasikan secara bertahap ke LinkAja.

Baca Juga: Ketahui Dompet Digital Asal China, Alipay dan WeChat Pay untuk Turis di RI

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Jenis LinkAja dan Keuntungannya

LinkAja
Jenis LinkAja dan Keuntungannya via linkaja.id

Di aplikasi LinkAja, tersedia dua tipe akun pengguna, yakni tipe layanan Basic Service dan Full Service. Buat kamu yang baru daftar pengguna LinkAja masuk dalam tipe Basic Service.

1. Basic Service

  • Saldo maksimum Rp2 juta
  • Keuntungan: Bisa untuk isi saldo, belanja online, bayar dan beli lewat ponsel (tagihan listrik, air, gas, telepon, internet, beli pulsa, paket data, voucher game), bayar merchant.

2. Full Service

  • Saldo maksimum Rp10 juta
  • Keuntungan: Bisa pakai untuk isi saldo, belanja online, bayar dan beli lewat ponsel, dan bayar merchant, kirim uang (ke sesama pengguna LinkAja atau ATM Himbara lewat nomor ponsel atau rekening), dan tarik saldo
  • Untuk mendapatkan layanan full service LinkAja, kunjungi GraPARI terdekat dengan membawa kartu identitas asli (KTP/SIM/Paspor).

LinkAja nantinya juga dapat digunakan untuk transaksi pembayaran bahan bakar di SPBU Pertamina, beli tiket kereta api dan bus Damri, paket IndiHome, produk asuransi Jiwasraya, produk farmasi Kimia Farma, dan lain sebagainya.

Cara Menggunakan LinkAja

Cara menggunakan LinkAja
Cara Menggunakan LinkAja via linkaja.id

Cara menggunakan LinkAja cukup mudah dengan tiga langkah:

1. Instal aplikasi LinkAja lebih dulu dari ponsel di Play Store dan App Store.

2. Registrasi (daftar) dan buat akun LinkAja dengan mengikuti petunjuk yang disediakan. Lalu klik “Mulai” untuk bisa menggunakan aplikasi LinkAja

3. Jangan lupa isi saldo akun LinkAja untuk dapat menikmati kemudahan bertransaksi.

Isi Saldo LinkAja:

  • Lewat rekening bank (ATM Himbara, mobile banking atau internet banking)
  • Toko ritel, seperti Alfamart, Alfamidi, Circle K, Dan+Dan, Family Mart, Indomaret
  • GraPARI, Kantor Pos, Mitra LinkAja (MiLa), dan Suzuya.

Cara Bayar Merchant

LinkAja
Cara Bayar Merchant via linkaja.id

Bayar belanjaan di merchant pakai aplikasi LinkAja bisa dengan dua cara:

1. Bayar dengan TAP (NFC): Gunakan ponsel pintar untuk menggunakan fitur TAP di merchant yang bekerja sama. Klik “LOGO TAP” untuk informasi cara pakainya

2. Bayar dengan SNAP (QR Code): Arahkan kamera ponsel pintar kamu untuk SNAP QR Code di merchant yang menyediakan QR Code. Klik “LOGO SNAP” untuk informasi cara pakainya.

Baca Juga: Simak Cara Daftar Lowongan Kerja BUMN dan Tips Suksesnya

Cara Beli Pulsa atau Kuota Internet

Mau beli pulsa atau paket data termurah semua operator, tinggal buka aplikasi LinkAja. Caranya:

  • Pilih menu beli pulsa atau kuota di aplikasi LinkAja
  • Pilih nomor tujuan pengisian pulsa atau kuota ke nomor sendiri atau orang lain
  • Pilih nominal pulsa atau kuota yang ingin dibeli
  • Masukkan PIN
  • Pembelian pulsa atau kuota kamu berhasil.

Cara Bayar dan Beli di Ponsel

Kamu bisa pakai LinkAja untuk membayar tagihan listrik, air, gas, telepon, internet, maupun membeli pulsa, paket data, voucher game, dan sebagainya. Caranya tinggal pilih transaksi yang mau kamu lakukan, dan ikuti langkah-langkahnya.

Cara Belanja Online

LinkAja
Cara Belanja Online via linkaja.id

Suka belanja online? Enggak perlu lagi ribet, gunakan LinkAja dengan cara:

  • Setelah memilih barang yang diinginkan di website merchant, pilih LinkAja sebagai metode pembayaran
  • Masukkan nomor ponsel, PIN LinkAja untuk menyelesaikan transaksimu
  • Transaksi berhasil. Kamu akan mendapatkan verifikasi SMS bahwa transaksi telah berhasil.

Cara Kirim Uang

Kirim uang di aplikasi LinkAja, langkahnya:

  • Pilih menu kirim uang di aplikasi LinkAja
  • Pilih tujuan transfer ke nomor ponsel sesama pengguna LinkAja atau rekening bank
  • Masukkan nomor ponsel atau nomor rekening tujuan
  • Masukkan PIN LinkAja dan saldo terkirim. Kemudian cek SMS untuk konfirmasi pengiriman.

Untuk mengetahui lebih banyak informasi seputar LinkAja, termasuk promo, daftar merchant, dan pertanyaan migrasi TCASH menjadi LinkAja, akses ke https://www.linkaja.id dan https://www.tcash.id/news/produk-intro-linkaja.

LinkAja Tandingan Go-Pay dan Ovo

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Telkom Indonesia (@telkomindonesia) pada

Kolaborasi tujuh BUMN meluncurkan LinkAja sebagai aplikasi pembayaran berbasis QR Code diharapkan dapat menyamai, bahkan menyaingi dominasi dompet digital milik Go-Jek, Go-Pay dan Ovo milik Grup Lippo yang tengah digandrungi masyarakat, termasuk generasi milenial. Kompetitor lainnya adalah aplikasi DANA di bawah naungan EMTEK Group dan Paytren besutan Yusuf Mansyur.

Bisnis uang elektronik di Indonesia begitu menggiurkan. Berdasarkan data Bank Indonesia (BI), nilai transaksi uang elektronik terus melonjak hingga menyentuh Rp47,2 triliun di tahun 2018. Meningkat hampir empat kali lipat dibanding tahun 2017 sebesar Rp12,35 triliun. Sementara jumlah uang elektronik yang beredar mencapai 167,20 juta di periode Desember 2018. Kemudian naik lagi di periode Januari 2019 menjadi 173,82 juta.

LinkAja yang dikelola perusahaan fintech, PT Fintek Karya Nusantara (Finarya) ini sudah meraih izin resmi dari Bank Indonesia (BI) untuk beroperasi secara penuh sebagai sistem pembayaran uang elektronik. Sayangnya, aplikasi dompet digital tersebut belum mengantongi izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terkait kepemilikan saham dan transaksionalnya.

Beres Tanpa Cash

Beres tanpa cash, itulah jargon LinkAja untuk menarik pengguna sebanyak-banyaknya. Di era serba digital atau industri 4.0 saat ini, sudah enggak zamannya ribet, bawa banyak uang tunai di dompet. Tinggal scan barcode, atau tap ponsel, melakukan transaksi keuangan lebih cepat, aman, dan mudah.

Baca Juga: 9 Pembayaran Unik dan Canggih di Dunia!