Kenapa Anda Wajib Memiliki Kartu Kredit? Ini Dia Alasannya

Meski kartu kredit memiliki kegunaan utama sebagai alat pembayaran non-tunai, ada sejumlah kalangan yang menganggap kartu kredit sebagai pernyataan gaya hidup modern dan sekadar memajangnya di dalam dompet untuk menekankan gaya hidupnya tersebut, yang sebenarnya sah-sah saja. Namun ada pula sebagian orang yang merasa belum perlu memiliki kartu kredit karena beranggapan dirinya belum membutuhkannya. Apakah Anda termasuk yang terakhir ini?

Sebenarnya ada sejumlah alasan yang mendasari kenapa Anda wajib memiliki kartu kredit. Kartu kredit dapat memberikan manfaat yang lebih apabila alasan Anda memiliki kartu kredit tersebut tepat. Jika Anda ingin mengetahui kapan saat yang tepat bagi Anda untuk memiliki kartu kredit, silakan simak alasan yang mewajibkan Anda memiliki kartu kredit di bawah ini.

1. Kartu Kredit Lebih Menguntungkan untuk Transaksi di Tempat

Transaksi di Tempat Lebih Menguntungkan dengan Kartu Kredit

Transaksi di Tempat Lebih Menguntungkan dengan Kartu Kredit via alliantcreditunion.org

 

Ada sejumlah keuntungan yang bisa Anda peroleh apabila menggunakan kartu kredit sebagai alat pembayaran, terutama jika Anda selalu membayar tagihannya tepat waktu setiap bulannya. Beberapa hal yang lebih menguntungkan apabila Anda memakai kartu kredit dalam proses pembayarannya antara lain:

  • Belanja Bulanan
    Bila Anda memiliki kebiasaan untuk berbelanja kebutuhan pokok yang kurang lebih sama secara rutin setiap bulannya, penggunaan kartu kredit sebagai alat pembayaran dapat memberi keuntungan lebih bagi Anda, tentunya apabila Anda selalu berbelanja bulanan di supermarket atau hypermarket yang menerima pembayaran dengan kartu kredit.

    Banyak supermarket atau hypermarket yang bekerjasama dengan kartu kredit tertentu atau menjalin kerjasama co-branding dengan penerbit kartu kredit tertentu. Keuntungan yang ditawarkan bisa berupa diskon, harga promo untuk produk tertentu, hingga cashback dan cicilan tanpa bunga atau bunga nol persen. Jadi, memiliki kartu kredit untuk keperluan ini akan menguntungkan bagi Anda karena justru menghemat pengeluaran Anda.
  • Berbelanja Barang Elektronik
    Sama seperti belanja bulanan, berbelanja barang elektronik juga lebih menguntungkan apabila menggunakan kartu kredit karena adanya berbagai tawaran dari pihak penerbit kartu kredit maupun peritel elektronik besar seperti potongan harga, cashback, dan cicilan tanpa bunga atau nol persen. Pembelanjaan barang elektronik yang biasanya tidak murah harganya akan terasa lebih ringan apabila pembayarannya dilakukan dengan kartu kredit yang menawarkan hal-hal tersebut.

2. Sering Bepergian dengan Pesawat

Apabila Anda rutin atau sering melakukan perjalanan dengan menggunakan pesawat, baik di dalam negeri maupun ke luar negeri maka ini bisa menjadi satu alasan bagi Anda untuk memiliki kartu kredit karena pembelian tiket pesawat lebih menguntungkan apabila menggunakan kartu kredit. Sejumlah maskapai penerbangan bekerjasama dengan penerbit kartu kredit tertentu secara berkala menawarkan harga promo atau potongan harga yang cukup menggiurkan, bisa dalam bentuk tiket saja ataupun paket wisata lengkap. Atau kadang ada maskapai penerbangan yang menawarkan promo beli dua gratis satu tiket atau sejenis itu, yang tentunya membuat harga per tiket menjadi jauh lebih murah. Selain itu, jika Anda melakukan pembelian tiket pesawat dengan menggunakan kartu kredit, biasanya Anda akan mendapatkan asuransi perjalanan dalam satu paket yang disediakan oleh penerbit  kartu kredit tersebut.

Sejumlah penerbit kartu kredit juga mengeluarkan kartu kredit co-brand bekerjasama dengan maskapai penerbangan tertentu. Dengan kartu kredit co-brand tersebut, Anda akan mendapatkan poin frequent flyer atau mileage setiap kali Anda terbang dengan maskapai penerbangan tersebut, yang dapat dikumpulkan dan ditukar dengan harga khusus untuk tiket pesawat atau bahkan terbang gratis ke tujuan-tujuan tertentu.

Lebih jauh lagi, kartu kredit jenis tertentu menawarkan fasilitas ruang tunggu eksekutif (executive lounge) yang dapat Anda nikmati sebagai pemegangnya.

3. Sering Bepergian ke Luar Negeri

Memudahkan Perjalanan Anda ke Luar Negeri

Memudahkan Perjalanan Anda ke Luar Negeri via img.com

 

Bagi Anda yang sering bepergian ke luar negeri, misalnya karena tuntutan pekerjaan, salah satu keuntungan memiliki kartu kredit adalah dapat diterima sebagai alat pembayaran di hampir semua tempat di seluruh dunia sehingga Anda tidak perlu repot-repot membawa banyak uang tunai yang tentunya lebih berisiko. Berbagai toko yang memajang logo Visa atau MasterCard biasanya akan menerima kartu kredit Anda sebagai alat pembayaran.

Jadi, jika Anda merasa sering melakukan perjalanan ke luar negeri, itu bisa menjadi salah satu alasan bagi Anda untuk memiliki kartu kredit.

4. Sering Menginap di Hotel

Jika Anda sering bepergian jauh untuk keperluan bisnis maupun berwisata, Anda berkemungkinan besar akan menginap di hotel, dan ini juga merupakan satu alasan mengapa Anda sebaiknya memiliki kartu kredit. Pemesanan kamar hotel dengan kartu kredit tertentu, khususnya apabila Anda melakukan pemesanan tersebut secara online, akan lebih menguntungkan karena adanya berbagai penawaran promo dan diskon.

Selain melakukan reservasi kamar hotel secara online, pemesanan kamar secara langsung di suatu hotel, terutama hotel berbintang, biasanya mengharuskan Anda untuk membayar dengan kartu kredit atau menyerahkan deposit dalam jumlah tertentu. Jadi dalam hal ini, memiliki kartu kredit sudah menjadi suatu keharusan.

Baca Juga: 4 Manfaat Anak Memiliki Kartu Kredit

5. Sering Berbelanja Online

Memberikan Banyak Keuntungan Saat Belanja Online

Memberikan Banyak Keuntungan Saat Belanja Online via alluremedia.com

 

Aktivitas berbelanja di dunia maya ini juga menjadi salah satu alasan mengapa Anda wajib memiliki kartu kredit, terutama apabila Anda sering membeli produk di situs atau toko online yang berbasis di luar negeri karena biasanya situs asing tidak menerima pembayaran melalui transfer atau dengan menggunakan kartu debit.

Selain berbelanja di situs asing, saat ini hampir semua situs belanja online menempatkan pembayaran melalui kartu kredit sebagai prioritas, di antaranya dengan menawarkan bunga rendah atau cicilan nol persen apabila Anda membayar dengan kartu kredit tertentu.

6. Sering Membayar Tagihan Rutin

Jika Anda memiliki kesibukan yang luar biasa padat sehingga membuat Anda sering lupa membayar berbagai macam tagihan rutin seperti telepon, listrik, air, atau televisi berlangganan, maka kartu kredit bisa menjadi dewa penolong bagi Anda. Anda dapat memanfaatkan fasilitas pembayaran berbagai tagihan bulanan yang ditawarkan oleh kartu kredit Anda, dan semua tagihan rutin Anda tersebut akan dibayarkan oleh kartu kredit Anda tepat pada waktunya. Dengan adanya fasilitas pembayaran tagihan otomatis yang rata-rata ditawarkan kartu kredit tersebut, Anda sangat dimudahkan karena Anda hanya perlu mengingat satu tanggal saja untuk melakukan pembayaran, yakni tanggal jatuh tempo pembayaran tagihan kartu kredit Anda.

Baca Juga: Kondisi Keuangan Anda Sehat? Begini Cara Mengetahuinya

7. Memiliki Penghasilan Lebih dari Cukup

Menawarkan Beragam Manfaat

Menawarkan Beragam Manfaat via wordpress.com

 

Apabila Anda merasa memiliki penghasilan yang lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari Anda dan keluarga, tidak ada salahnya Anda memiliki kartu kredit untuk memetik berbagai manfaat yang ditawarkannya. Namun ini dengan catatan Anda benar-benar membutuhkan manfaat tersebut. Karena kartu kredit rata-rata akan mengharuskan Anda membayar iuran, entah bulanan atau tahunan, meski tidak digunakan, Anda harus siap menyisihkan sebagian penghasilan Anda untuk membayarnya. Dengan penghasilan yang berlebih, tentunya ini tidak akan menjadi masalah bagi Anda.

8. Baik dalam Mengelola Keuangan

Apabila Anda tergolong orang yang selalu mengelola keuangan Anda dengan baik, selain tentunya memiliki penghasilan lebih dari cukup seperti yang telah disebutkan dalam poin sebelumnya, maka tidak ada salahnya Anda memiliki kartu kredit. Memiliki kartu kredit membutuhkan tanggung jawab dan kedisiplinan yang tinggi, dan jika keuangan Anda terkelola dengan baik, itu antara lain menunjukkan bahwa Anda akan cukup bertanggung jawab untuk membayar tagihan kartu kredit Anda setiap bulannya. Kartu kredit tidak akan ada gunanya apabila kondisi keuangan Anda kacau-balau dan dibebani oleh banyak utang, yang dengan memiliki kartu kredit hanya akan semakin memperburuk kondisi keuangan Anda.

Pastikan Alasannya, Petik Manfaatnya

Jadi memang ada sejumlah hal yang lebih menguntungkan apabila Anda memiliki kartu kredit, seperti yang telah diuraikan di atas. Dengan berbagai keuntungan yang ditawarkan, maka Anda dapat memetik manfaat dari kartu kredit, dengan catatan Anda sudah memastikan ada alasan yang tepat bagi Anda untuk memiliki kartu kredit tersebut.

Apabila Anda sudah memastikan alasan yang mengharuskan Anda memiliki kartu kredit seperti yang telah disebutkan di atas, dan Anda menggunakan kartu kredit tersebut dengan tepat dan bijak, maka niscaya hanya manfaatlah yang akan Anda petik. Selamat bertransaksi dengan kartu kredit.

Baca Juga: 3 Produk Bank yang Cocok Dimiliki Oleh Wanita