Kenapa Asuransi Membuat Masa Depan Makin Cerah? Ini Dia Alasannya

Secara teori, risiko dalam kehidupan yang dihadapi manusia tidak bisa dihilangkan, hanya bisa diminimalkan. Risiko kehidupan baik dari sisi kesehatan maupun jiwa semuanya mengarah pada satu ancaman yaitu mengurangi atau bahkan menghilangkan kemampuan finansial seseorang.

Sebagian orang menyadari perlunya memiliki jaminan finansial dan membeli asuransi untuk mencukupinya. Tetapi ada juga sebagian lainnya yang tidak menyadari betapa perlu dan pentingnya asuransi.

Ada banyak alasan logis yang menjelaskan kenapa asuransi jiwa dan kesehatan itu penting. Salah satunya adalah gambaran risiko dan kondisi riil yang kita hadapi di bawah ini yang bakalan menyadarkan kita pentingnya memiliki asuransi jiwa dan kesehatan:

  • Musibah Datangnya Tak Terduga
  • Biaya Kesehatan Terus Meningkat
  • Kematian Adalah Hal Yang Pasti
  • Dan yang terakhir adalah kita semua pasti akan tua dan disaat usia tua datang kemampuan kita untuk mencari penghasilan atau bekerja akan menurun seiring dengan bertambahnya usia. Ada saatnya nanti kita tidak mampu lagi bekerja dan memperoleh penghasilan. Di situlah kita membutuhkan suatu jaminan finansial supaya tidak menjadi beban generasi berikutnya.

Setelah melihat kondisi di atas, masihkah Anda berfikir bahwa memiliki asuransi itu tidak penting dan membayar premi asuransi seperti ‘membuang uang’, karena manfaatnya tidak langsung terasa. Ini pola pikir terbalik yang harus kita luruskan. Disaat kita tidak “mendapatkan manfaat” alias tidak pernah klaim justru di situ kita mendapatkan anugerah terbesar yang harus kita syukuri, dan disaat seperti itupun asuransi tetap bekerja melindungi kita dari risiko dengan berbagai manfaat seperti ulasan berikut ini:

Ini Dia Manfaat Asuransi untuk Masa Depan yang Lebih Sejahtera

Bagi kehidupan masyarakat modern yang sarat dengan aktivitas dan mobilitas tinggi, asuransi sudah bukan lagi kebutuhan tersier atau sesuatu yang “wah” lagi. Skala prioritasnya sudah bergerak menjadi kebutuhan pokok layaknya sandang dan pangan. Karena jika terjadi risiko pada kondisi kita tidak mendapat proteksi maka kepemilikan kita akan sandang, pangan dan papan sekalipun bisa terancam saat itu juga. Di sini peran penting dan manfaat asuransi untuk masa depan yang bisa Anda rasakan.

Oleh karena itu demi kenyamanan dalam menjalani kehidupan dan merancang masa depan, ada baiknya Anda memahami manfaat asuransi sehingga bisa berperan aktif dalam memanfaatkan produk asuransi untuk menambah produktivitas dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini manfaat asuransi yang bisa Anda dapatkan demi masa depan nantinya:

Baca Juga: Asuransi Unit Link Adalah Pilihan Tepat? Cek Dulu di Sini

1. Asuransi Melindungi Kita dari Masalah di Masa yang Akan Datang

asuransi melindungi
Asuransi Bertujuan untuk Melindungi

Selama ikut program asuransi maka selama itu pula Anda akan mendapatkan proteksi dari risiko baik dari sisi kesehatan maupun jiwa, artinya jika Anda mengalami sakit atau bahkan meninggal dunia pihak asuransi yang akan membiayai hidup atau sakit Anda nantinya, sesuai dengan yang disepakati dalam polis asuransi.

Bahkan enaknya lagi beberapa produk asuransi justru memberikan proteksi untuk masa depan, misalnya saja Anda ikut program asuransi jiwa seumur hidup (whole life insurance), maka peserta program asuransi akan mendapatkan perlindungan asuransi selama hidup peserta asuransi. Kondisi seperti ini kan sangat menguntungkan bagi peserta program maupun keluarganya yang membuat hidup lebih nyaman sehingga produktivitas kerja juga naik pesat.

Jika tidak memiliki asuransi, coba bayangkan saja misalnya Anda sedang sakit dan keadaan keuangan sedang tidak stabil, lantas bagaimana cara membayar biaya rumah sakitnya? Jika membeli asuransi kesehatan, tentunya masalah itu tidak akan menghampiri Anda.

2. Asuransi Membantu Kita Mengelola Keuangan

Asuransi Membantu Mengelola Keuangan
Asuransi Membantu Mengelola Keuangan

Ikut program asuransi ibaratnya mengajarkan kita untuk disiplin dalam mengelola keuangan, salah satunya dengan disiplin menyisihkan uang untuk membayar premi yang akan ditagihkan setiap bulannya.

Semula memang akan terasa berat, namun lama-lama akan terbiasa. Salah satu manfaat yang didapatkan adalah jika suatu saat terjadi risiko atas diri kita sebagai tertanggung, dan membutuhkan uang yang besar, tentu saja asuransi akan sangat membantu untuk mengurangi pengeluaran tidak terduga itu.

Manfaat asuransi untuk masa depan jarang sekali terpikirkan oleh banyak orang Bayangkan jika tidak memiliki perlindungan asuransi untuk keuangan Anda . Berapa besar kerugian yang harus dihadapi?

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

3. Asuransi Bisa digunakan sebagai Tabungan dan Investasi

Asuransi sebagai Media untuk Menabung Hingga Investasi
Asuransi sebagai Media untuk Menabung Hingga Investasi

Saat ini produk asuransi sudah berkembang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang ingin mendapatkan proteksi sekaligus investasi. Produk ini dinamakan unit link yang memiliki fitur proteksi sekaligus sebagai media tabungan dan investasi, yang memberikan imbal balik yang cukup menarik bagi Anda yang tidak mau repot mengambil produk terpisah.

Coba Anda bayangkan jika selama ini premi yang Anda bayarkan ibarat “uang hilang” untuk biaya proteksi, namun dengan adanya produk unit link ini maka premi tersebut bisa memberikan imbal balik hasil investasi yang menarik. Tentu ini merupakan manfaat-manfaat asuransi untuk masa depan yang bisa Anda rasakan. Anda tidak menyadari berapa biaya yang sudah terkumpul dari angsuran premi perbulan demi membiayai masa depan.

4. Meminimalisir Kerugian

Asuransi Membantu Mengurangi Kerugian
Asuransi Membantu Mengurangi Kerugian

Karakteristik dari musibah adalah waktunya tidak terduga, biaya atau kerusakan yang ditimbulkan seringkali kita tidak sanggup menanggungnya sendiri. Contohnya adalah terjadi kecelakaan kerja pada Anda. Salah satu manfaat asuransi untuk masa depan ini adalah untuk meminimalisir kerugian dari suatu musibah yang tidak diinginkan tersebut.

Peserta program asuransi akan nyaman dalam menjalani aktivitas sehari-hari dengan hadirnya asuransi yang dapat dijadikan sebagai jaminan perlindungan untuk masa depan tersebut.

Baca Juga: Hal yang Perlu Diketahui sebelum Memilih Asuransi untuk Keluarga

Jika Tujuan Asuransi dan Kebutuhan Anda Sudah Sama, Mengapa Masih Menunda Ikut Program Asuransi?

Jika dilihat ulasan di atas sebenarnya tujuan asuransi dan kebutuhan setiap orang ada kesamaan. Tujuan yang paling mendasar dari sebuah perusahaan asuransi, yaitu membantu untuk mengatasi masalah yang sedang dialami. Masalah di sini lebih cenderung ke arah musibah, yang memiliki ciri khas datang tiba-tiba dengan tingkat kerugian yang tidak bisa ditangani sendiri, sehingga saat musibah itu datang, semuanya dapat diatasi dengan asuransi tersebut.

Baca Juga: Kesalahan Membeli Asuransi Jiwa yang Banyak Dilakukan