Kenapa Memilih Investasi Emas untuk Biaya Pendidikan Anak? Ini Alasannya

Mempersiapkan dana pendidikan anak akan menjadi salah satu prioritas utama di dalam keuangan Anda. Hal ini cukup masuk akal, mengingat kenaikan dana pendidikan ini akan cukup besar setiap tahunnya. Jadi, sangat wajar jika Anda mengantisipasi hal tersebut sejak jauh-jauh hari.

Mahalnya dana pendidikan anak menjadi alasan sebagian besar orang untuk mempersiapkan kebutuhan tersebut sejak awal. Bahkan, saat anak-anak mereka baru saja dilahirkan. Lalu, bagaimana dengan Anda? Kapan Anda akan mempersiapkan dana pendidikan tersebut untuk buah hati?

Untuk menyiasati angka kenaikan dana pendidikan yang cukup tinggi ini, melakukan investasi adalah salah satu pilihan yang tepat. Cara ini akan membantu Anda untuk bisa menjamin kecukupan dana tersebut pada masa yang akan datang.

Berbeda halnya dengan ketika Anda menaruhnya di dalam rekening tabungan biasa, sejumlah dana tersebut kemungkinan akan habis tergerus inflasi, yang nilainya tidak lagi sesuai dengan kebutuhan biaya pendidikan anak pada masa yang akan datang.

Hal ini tentu akan berakibat fatal, bahkan bisa saja pendidikan anak menjadi terganggu akibat biaya pendidikan yang tidak memadai tersebut. Jangan sampai masa depan anak menjadi taruhannya hanya karena Anda salah menangani dan mempersiapkan dana pendidikan sejak awal.

Lakukan investasi yang tepat pada instrumen yang paling tepat sehingga dana pendidikan anak dapat disiapkan dengan sebaik mungkin sejak sekarang.

Baca Juga: Investasi Emas: Pilih Emas Perhiasan atau Batangan

Pilih Instrumen Investasi yang Tepat

Investasi Emas
Ilustrasi Investasi yang Bertumbuh via shutterstock.com

Anda tentu paham bahwa saat ini terdapat sejumlah instrumen investasi yang dapat dijadikan sebagai pilihan untuk mempersiapkan dana pendidikan anak pada masa yang akan datang. Namun, penting bagi Anda untuk memilih instrumen yang paling tepat dan menguntungkan. Investasi tersebut dapat memberi keuntungan dan mencukupi kebutuhan dana pendidikan anak pada masa yang akan datang.

Berinvestasi dalam bentuk emas dapat Anda jadikan sebagai pertimbangan. Mengingat instrumen ini memberikan imbal hasil yang sangat menjanjikan. Nilainya dapat mengalahkan tingkat inflasi yang terjadi setiap tahunnya. Anda dapat melakukan investasi emas dalam bentuk yang paling sesuai untuk Anda. Sebab investasi ini bisa Anda pilih dalam bentuk emas batangan ataupun perhiasan.

Berikut ini adalah beberapa hal yang menjadi alasan mengapa investasi emas layak menjadi pilihan yang tepat sebagai dana pendidikan anak pada masa depan.

1. Proses yang Mudah dan Cepat

Emas berbeda dengan bentuk investasi lainnya yang pada umumnya akan membutuhkan proses yang panjang dan rumit ketika Anda berniat untuk membelinya. Sebab investasi yang satu ini begitu praktis dan hanya membutuhkan proses yang singkat.

Baik itu dalam bentuk emas batangan ataupun perhiasan, Anda dapat membelinya dengan mudah dan cepat di toko perhiasan ataupun butik emas resmi yang menjual emas batangan. Anda juga tidak akan mengalami kesulitan ketika berniat untuk menjualnya kembali. Sebab Anda bisa melakukan hal ini setiap saat. Kedua proses tersebut bahkan bisa Anda lakukan dalam waktu yang sangat singkat.

Bukan hanya itu saja, saat ini Anda bahkan bisa melakukan investasi emas dalam bentuk tabungan emas. Anda menyimpan emas tersebut dalam bentuk rekening tabungan emas yang disediakan pihak bank ataupun Pegadaian. Hal ini akan mempermudah Anda dalam melakukan investasi dana pendidikan tersebut. Dan nominal setoran yang dipatok untuk tabungan emas ini terbilang sangat kecil.

2. Tahan terhadap Inflasi

Kenaikan nilai emas setiap tahunnya cukup untuk mengatasi kenaikan nilai inflasi. Merujuk pada data inflasi tahunan di Indonesia, setiap tahun inflasi di Indonesia sekitar 5 persen. Sementara persentase rata-rata kenaikan emas tiap tahun sekitar 10-20 persen. Itu artinya kenaikan emas tiap tahun lebih tinggi ketimbang inflasi.

Dengan berinvestasi di emas, dana pendidikan tersebut tetap efektif dan sesuai dengan kebutuhan pendidikan anak pada masa yang akan datang. Harganya juga terbilang stabil dan cenderung mengalami kenaikan setiap tahunnya. Hal ini membuat investasi ini dapat memberi keuntungan yang cukup maksimal.

Risiko dalam Investasi Emas

Harga Emas Terbaru
Ilustrasi Harga Emas Turun via shutterstock.com

Walaupun harganya terbilang cukup stabil dan bahkan mengalami kenaikan setiap tahunnya, bukan berarti emas tidak memiliki risiko penurunan harga. Hal ini bisa saja terjadi setiap waktu meskipun selama ini terbilang sangat jarang terjadi.

Namun, hal-hal seperti ini tetap patut menjadi bahan pertimbangan Anda agar memiliki gambaran risiko yang jelas atas investasi yang dilakukan nanti. Selain hal tersebut, investasi emas dalam bentuk perhiasan dan batangan juga memiliki beberapa risiko lainnya, antara lain:

1. Berisiko Hilang

Jika menyimpan sendiri emas batangan atau perhiasan yang Anda miliki, Anda juga memiliki risiko yang cukup besar terhadap berbagai tindakan kejahatan yang mungkin saja terjadi setiap saat. Emas tersebut bisa saja hilang dan mengakibatkan sejumlah kerugian bagi Anda. Dengan begitu, investasi dana pendidikan anak akan gagal dan tidak sesuai dengan rencana awal.

Untuk mengantisipasi hal ini, pilihan untuk menggunakan safety box di bank dapat jadi pertimbangan. Mungkin hal ini akan membutuhkan sejumlah biaya tambahan, tetapi akan sebanding dengan tingkat keamanan yang Anda dapatkan.

Selain penggunaan safety box, melakukan investasi emas dalam bentuk tabungan emas juga bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan. Anda tidak perlu membawa pulang emas tersebut ke rumah dan menyimpannya sendiri. Bank atau Pegadaian akan menyimpan emas dengan aman hingga waktunya nanti Anda membutuhkannya sebagai dana pendidikan anak.

2. Perbedaan Harga yang Besar

Antara emas batangan dan perhiasan terdapat beberapa perbedaan yang memengaruhi harganya. Umumnya harga emas perhiasan jika dijual kembali cenderung turun. Dari kadar kemurniannya, emas batangan masih lebih baik ketimbang emas perhiasan. Perlu diketahui kadar karat emas perhiasan kurang dari 24 karat.

Jika mengacu pada data tersebut, pilihan untuk berinvestasi dalam bentuk emas batangan tentu menjadi hal yang paling tepat. Harga jual baliknya yang lebih baik daripada emas perhiasan dan kadar kemurniannya yang lebih tinggi menjadi keuntungan tersendiri dari kepemilikan emas batangan.

Siapkan dalam Jumlah yang Tepat

Uang dompet
Persiapkan Uang Anda via shutterstock.com

Penting bagi Anda untuk mempersiapkan dana pendidikan anak dalam jumlah yang tepat. Jumlah dana tersebut tidak akan kurang ketika akan digunakan pada masa yang akan datang. Anda tentu tidak ingin mengalami masalah kekurangan dana bagi pendidikan anak, bukan?

Lakukan perhitungan awal yang tepat sehingga bisa menemukan besaran dana yang akan digunakan pada masa yang akan datang oleh anak. Dapatkan informasi yang akurat mengenai perkiraan dana pendidikan ini agar Anda mudah untuk menyesuaikannya dengan investasi yang akan dilakukan nanti.

Contoh:

Jika saat ini anak masih duduk di kelas 2 SD dan Anda sedang mempersiapkan dana pendidikan anak tersebut untuk melanjutkan pendidikan ke SMP yang perkiraan jumlahnya mencapai Rp30 juta pada empat tahun yang akan datang. Dengan asumsi harga emas saat ini adalah Rp500 ribu/gram, perhitungan dana pendidikannya:

Dana pendidikan masuk SMP sebesar Rp30 juta setara dengan emas seberat 60 gram. Dengan waktu selama empat tahun ke depan, setiap tahunnya Anda wajib mengumpulkan emas seberat 15 gram (dengan asumsi harga emas Rp500 ribu/gram). Artinya, setiap bulannya Anda harus melakukan investasi emas seberat 1,25 gram atau setara dengan Rp 625 ribu.

Baca Juga: 3 Fakta Mengejutkan Seputar Investasi Emas

Hitung dengan Cermat Sejak Awal

Saat berinvestasi untuk dana pendidikan anak, Anda wajib melakukan perhitungan yang cermat sejak awal. Mengingat dana ini memang baru akan digunakan pada masa yang akan datang.

Ketahui besaran dana pendidikan yang akan dibutuhkan anak pada masa yang akan datang sehingga Anda dapat mempersiapkannya dalam jumlah yang tepat. Pertimbangkan untuk berinvestasi dalam bentuk emas batangan. Sebab nilainya jauh lebih tinggi daripada emas dalam bentuk perhiasan.

Baca Juga: Kupas Tuntas Cara Investasi Emas di Pegadaian