Kenapa Menaikkan Limit Kartu Kredit Itu Penting? Ini Jawabannya

Salah satu tragedi yang paling ditakuti oleh para pengguna kartu kredit adalah ketika kartu tersebut sudah mencapai batas akhir atau lebih dikenal dengan istilah over limit. Hal ini seringkali terjadi pada pengguna kartu kredit ketika melakukan transaksi melalui mesin EDC kartu kredit. Jika kartu kredit sudah over limit, maka secara otomatis kartu tersebut sudah tidak bisa digunakan kembali hingga tagihan kartu kredit dibayar lunas terlebih dahulu oleh penggunanya. Sistem penggunaan kartu kredit memang akan efektif dan berfungsi selama jumlah saldo maksimum dalam kartu kredit belum digunakan sepenuhnya. Jika terjadi pengeluaran berlebih dari saldo maksimum kartu, maka akan terjadi over limit pada kartu kredit tersebut dan tentu akan mengakibatkan dia menjadi tidak berfungsi.

Besar nominal kartu kredit sendiri tergantung pada jenis kartu kredit yang digunakan, di mana biasanya terdiri dari kartu platinum, gold, dan silver. Jika sudah terjadi over limit pada kartu kredit, akan ada dua kemungkinan yang akan Anda dihadapi. Kemungkinan pertama adalah adanya biaya overlimit yang harus ditanggung pengguna kartu kredit. Ada beberapa jenis kartu yang masih memberikan toleransi overlimit pada pengguna kartu, dengan catatan ada pembayaran denda overlimit yang harus Anda ditanggung. Hal ini tentu perlu diwaspadai karena denda tersebut bisa bernilai sangat besar. Sementara itu, kemungkinan kedua adalah adanya penolakan transaksi sehingga kartu kredit Anda sudah tidak bisa digunakan lagi. Jadi, dapat dikatakan bahwa limit atau batas maksimum kartu merupakan rambu penting bagi pengguna kartu kredit.

Namun, besaran nominal pada kartu kredit ini bersifat dinamis, di mana pengguna juga bisa memperkecil limit atau bahkan memperbesar limit maksimum pada kartu kreditnya. Jadi, limit maksimum pada kartu kredit ini bukanlah harga mati untuk pengguna kartu. Meskipun begitu, ada beberapa alasan yang mengharuskan Anda untuk meningkatkan limit kartu kredit. Apa saja? Ini dia diantaranya:

1. Untuk Menghadapi Situasi Darurat

Keadaan Darurat

Untuk Keadaan Darurat via thedentalcentrelondon.com

 

Seorang pakar keuangan bernama Safir Senduk mengatakan bahwa dana cadangan pada kartu kredit itu sangat penting, dan hendaknya besaran nilainya mencapai 10 kali biaya bulanan. Besar limit maksimum kartu kredit ini tentu dapat disesuaikan dengan keperluan dana cadangan, sehingga pengguna kartu tak perlu lagi menjual aset-aset yang lain jika memang tengah menghadapi situasi darurat yang membutuhkan dana besar dengan waktu terbatas.

2. Solusi Mengatasi Peningkatan Tagihan Bulanan

Tagihan Bulanan

Tidak Perlu Lagi Pusing Bayar Tagihan Bulanan via chrisnoessel.com

 

Kehadiran kartu kredit tentu akan memberikan kemudahan tersendiri bagi penggunanya dalam melakukan transaksi pembayaran. Begitu pula dalam membayar tagihan bulanan, seperti listrik, PLN, dan lain-lain yang transaksinya akan sangat mudah jika dilakukan via kartu kredit. Untuk mengatasi tagihan bulanan yang membengkak, maka meningkatkan limit kartu bisa menjadi solusi terbaik yang dapat dipilih.

3. Memudahkan Perjalanan Travel

jalan Travel

Jalan-Jalan Semakin Mudah via americanpregnancy.org

 

Dalam melakukan perjalanan atau travelling, apalagi ke luar negeri, tentu akan sangat repot jika Anda harus membawa uang tunai kemana-mana. Untuk itu, dengan menggunakan kartu kredit travel dan meningkatkan limit kartu tersebut, Anda akan mendapat kemudahan dalam transaksi seperti berbelanja, melakukan pembelian tiket pesawat, dan lain-lain.

4. Untuk Modal Berbisnis

Modal Usaha

Bisa Dijadikan Modal Usaha via centerwaralaba.com

 

Bagi beberapa orang yang punya jiwa pebisnis sejat, kehadiran kartu kredit bisa dijadikan modal dalam berbisnis. Pebisnis biasanya membeli suatu barang dengan jumlah banyak, untuk kemudian dijual kembali. Untuk itu, batas limit kartu menjadi penting untuk ditingkatkan, mengingat transaksi pembelian yang pasti akan meningkat jika terjadi peningkatan penjualan.

Nah setelah anda memiliki argumen kuat diatas sehingga butuh kenaikan limit kartu apa yang harus anda lakukan? Apakah semua keinginan nasabah untuk naik plafon akan disetujui bank penerbit kartu kredit? Tentu saja tidak. Tapi ada cara khusus yang harus Anda lakukan supaya kenaikan limit kartu menjadi kenyataan. Simak tips ringan dan mudah untuk menaikkan limit kartu kredit berikut ini:

1. Coba Pancing dengan Kartu Kredit Lain

Kartu kredit

Jadikan Kartu kredit Lain Untuk Menaikkan Limit Kartu Kredit via applebyarganbright.com

 

Kenaikan plafon kartu kredit bisa diakali dengan jurus mengajukan kartu kredit lain. Istilahnya Anda apply kartu kredit baru dengan modal kartu kredit sebelumnya dengan tujuan untuk mendapatkan tambahan limit. Misalnya saja Anda sudah punya kartu kredit BCA tetapi limitnya tetap segitu saja meski sudah digunakan selama 5 tahun. Coba saja pakai referensi BCA untuk mengajukan kartu kredit lain, katakanlah kartu kredit Bank Mandiri dengan limit di atas BCA.

Dengan cara seperti ini ada kemungkinan bank akan memberikan limit yang sama atau diatasnya. Anda tidak perlu khawatir, pakai saja kedua kartu kredit tersebut dan coba perhatikan dalam beberapa bulan ke depan. Apakah limit kartu kredit akan dinaikkan oleh bank lama Anda? Atau tidak? Jika tidak mau ribet dengan banyak tagihan, kartu kredit yang plafonnya rendah bisa Anda tutup saja. Jurus ini berlaku untuk semua bank penerbit kartu kredit. Pokoknya Anda sudah punya kartu kredit A, Anda gunakan A untuk apply kartu kredit B, C, D, E, F, G, dan seterusnya. Siapa yang memberikan kredit limit paling tinggi, Anda pilih kartu kredit tersebut dan gunakan terus.

Baca Juga: Cara Membuat Kartu Kredit Pertama, Apa yang Mesti Diperhatikan?

2. Gunakan Kartu Kredit di Atas 1 Tahun

Menggunakan Kartu kredit

Gunakan Kartu Kredit Anda Minimal 1 Tahun via huffpost.com

 

Loyalitas nasabah menjadi pertimbangan penting bank dalam menaikkan limit kartu kredit. Untuk bisa menarik minat bank mengucurkan kredit limit yang semakin besar, bank tentu harus bisa memastikan bahwa kita adalah nasabah loyal, salah satu parameternya adalah dengan menggunakan kartu kredit di atas 1 tahun. Dalam waktu 1 tahun ini bank akan menganalisa statistik pola penggunaan kartu kredit kita, perputaran uang kita, pola pembayaran, dan sebagainya. Jika Anda dianggap loyal, maka limit kartu akan dinaikkan dengan berbagai benefit lainnya.

Baca Juga: Peraturan Bank Indonesia Tentang Kepemilikan dan Limit Kartu Kredit

3. Gunakan Limit Kartu Kredit Sampai Batas Maksimum dan Bayar Tagihan Full Payment

Transaksi Kartu Kredit

Transaksi Sampai Limit via coindesk.com

 

Penggunaan limit kartu secara maksimal sangat menguntungkan bagi bank. Jika ini sering dilakukan, maka bank pasti akan menaikkan limit kartu kredit nasabahnya. Setidaknya gunakan kartu kredit Anda setiap bulan minimum di atas 60% dari limit atau di atas 80%. Namun jangan lupa untuk setiap pemakaian kartu kredit Anda harus melunasinya dengan full payment sehingga memberi kesan bahwa limit anda memang kurang dan butuh dinaikkan.

Uraian di atas disatu sisi memang mengajari nasabah untuk berlaku konsumtif, namun jika dikelola dengan baik maka sebenarya banyak benefit yang bisa dimanfaatkan pemegang kartu kredit.

Tetap Hati-Hati dalam Menggunakan Kartu Kredit

Nah, sekarang sudah tahu kan kenapa meningkatkan limit kartu kredit itu penting dan bagaimana cara meningkatkannya. Meskipun begitu, jangan menganggap mendapat limit kartu kredit besar sebagai bonus agar bisa belanja lebih banyak. Justru disanalah letak perangkap dari kartu kredit, di mana Anda bisa menggunakannya secara tidak terkontrol sehingga tagihan yang akan datang akan sangat banyak. Jadi, tetaplah bijak ya!

Baca Juga: Secured Credit Card, Kartu kredit dengan Persyaratan Mudah