Keren! Sukses di Usia Muda dan Go International, Begini Kisah Cinta Laura Menggapai Impiannya

"Mana hujan gak ada ojek, becek." Masih ingat dengan dialog ini? Ya kalimat itu dipopulerkan oleh aktris cantik Cinta Laura Kiehl. Tak hanya berbakat, Cinta Laura dikenal publik sebagai selebriti muda berprestasi yang kaya raya.

Punya banyak penggemar, artis kelahiran Quakenbrück, Jerman, 17 Agustus 1993 ini sukses berkiprah di industri hiburan Indonesia. Bahkan kini, sepak terjangnya sudah merambah ke kancah perfilman Amerika Serikat. 

Aktif sejak tahun 2007, Cinta telah mengantongi total kekayaan hingga Rp 8,75 miliar di usia yang masih sangat muda. Cinta yang aksen dan logat bicaranya sangat khas ini telah sukses sebagai model, penari, dan aktris yang merangkap penyanyi.

Wanita blasteran Indonesia Jerman ini mulai dikenal sejak membintangi sinetron Cinderella (Apakah Cinta Hanyalah Mimpi?). SCTV Awards lantas memberinya penghargaan Aktris Ngetop di tahun 2007.

Selain seni peran, dunia tarik suara pun ditekuninya hingga meledak di pasaran. Bahkan lagu-lagu Cinta yang kini telah go international itu telah banyak yang laris manis dan mencapai plakat platinum. Bagaimana kisah perjalanan karir putri dari pasangan Herdiana, S.H. dan Michael Kiehl ini?

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Tawaran Main Sinetron Hingga Kursus Bahasa Indonesia

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Cinta Laura Kiehl (@claurakiehl) pada

Cinta terjun ke dunia hiburan sebagai model. Masih usia belia (13 tahun), ia berhasil menjadi salah satu finalis dan menang di Top Model 2006. Sanjay Maulani yang merupakan casting direktur dari MD Entertainment, menjadi salah satu juri dari ajang pemilihan model itu. Hal ini membuat Cinta langsung mendapat tawaran bermain sinetron. 

Cinta pun lantas didapuk untuk menjadi pemeran utama sinetron Cinderella (Apakah Cinta Hanyalah Mimpi?) yang diproduksi oleh MD Entertainment. Tawaran untuk langsung bermain sinetron tentu disambut baik oleh Cinta. Namun yang menjadi tantangan, Cinta yang lahir dan tumbuh di Jerman saat itu belum lancar berbahasa Indonesia.

Alhasil Cinta tak hanya berlatih akting pada empat bulan pertama syuting, tapi juga mengikuti kursus Bahasa Indonesia. Namun perjuangan kerasnya berbuah manis. Sinetron perdananya pun sukses besar.

Baca Juga: Cerita Pevita Pearce, Total dan Professional Jadi Artis Hingga Sukses Berbisnis 

Menjajal Tarik Suara dan Penjualan Platinum

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Cinta Laura Kiehl (@claurakiehl) pada

Saat Cinta membintangi sinetron Upik Abu dan Laura, ia juga mulai menjajal dunia tarik suara. Soundtrack sinetron tersebut—You Say Aku; dinyanyikan langsung olehnya.

Tak hanya eksis di layar kaca, Cinta Laura pun terjun bermain di layar lebar. Film perdananya yang berjudul Oh Baby diproduksi oleh MD Pictures (2008). Dua soundtrack film ini juga dinyanyikan oleh Cinta, yakni Oh Baby dan We Can Do It

Sejak saat itu, ia pun semakin mengasah kemampuan olah vokalnya. Berduet dengan Duo Maia, Cinta mengeluarkan lagu berjudul Pengkhianat Cinta (2009). Di tahun yang sama, Cinta juga berkolaborasi dengan Afgan untuk lagu Let’s Get The Beat (OST. Beat Hits). 

Single Cinta Atau Uang, Shoot Me dan Guardian Angel untuk album studio pertamanya yang diberi judul self titled juga mendulang sukses. Laris manis, albumnya terjual lebih dari sejuta keping CD

Lagu-lagunya menduduki peringkat teratas di sejumlah tangga lagu radio serta televisi nasional. Album ini juga berhasil meraih multi platinum awards karena meledak di pasaran. Sementara itu, lagu Cinta Atau Uang menjadi soundtrack film Seleb Kota Jogja (SKJ) yang juga dimainkan olehnya.

Tahun 2011, Cinta menggandeng penyanyi Guy Sebastian dari Australia untuk lagu Who's That Girl. Cinta kemudian kembali merilis album musik keduanya—Hollywood Dreams (2012). Sejumlah single berjudul Tulalit dan All of My Life membuat album keduanya kembali ludes terjual lebih dari sejuta kopi.

Single terbaru darinya ialah Vida yang sudah diluncurkan di pertengahan tahun 2019 ini. Sedangkan single lainnya yang bertajuk Calientè dijadwalkan rilis di akhir tahun ini.

Membintangi Banyak Film

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Cinta Laura Kiehl (@claurakiehl) pada

Cantik dan berotak encer, Cinta juga menorehkan sejumlah prestasi selama menekuni seni peran. Bakat aktingnya yang cemerlang terus diasahnya hingga berkembang dan go international.

Setelah bermain film Oh Baby (2008), Cinta lalu membintangi Seleb Kota Jogja/ SKJ (2010), After the Dark/ The Philosopher (2013). Film ini tak hanya diputar di bioskop Hollywood tapi juga seluruh dunia.

Kemudian memasuki tahun 2015, Cinta kembali tampil memerankan tokoh bernama Kimmy dalam film The Wallflower (2015). Di tahun 2017, nama Cinta Laura Kiehl sudah dikenal secara internasional dalam sejumlah judul film seperti Goodnight, The Ninth Passenger, T.A.R dan Resident Evil Vendetta.

Cinta juga menjadi bintang di film Nanny Surveillance (tayang di Netflix), S.C.O.B, Gotham City Sirens, Crazy for The Boys dan Target di tahun 2018. Kemudian di tahun 2019, ia bermain dalam film horror MatiAnak.

Dalam sejumlah wawancara bersama awak media, Cinta mengakui tantangan sulitnya meniti karir sebagai aktris di Amerika. Ia membandingkan dengan kemudahan karirnya di Indonesia. 

Di Negeri Paman Sam, kondisi lapangan lebih kompetitif. Meski di Tanah Air sudah terkenal, namun Cinta (juga aktor dan aktris lainnya) tetap harus menjalani casting agar bisa bermain dalam sebuah film.

Talent diwajibkan lulus audisi untuk memerankan suatu tokoh dalam film. Terkecuali jika aktor atau aktris yang ditawarkan sudah sekelas senior dan kawakan seperti Bradley Cooper serta Leonardo DiCaprio.

Raih Gelar 2 Sarjana dan Lulus Cum Laude

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Cinta Laura Kiehl (@claurakiehl) pada

Sudah 8 tahun berlalu sejak Cinta pindah ke Amerika. Sejak lulus dari Jakarta International School dengan nilai A, Cinta melanjutkan studinya ke Columbia University, New York, Amerika Serikat.

Selain meniti karir, di sana ia juga berhasil meraih dua gelar sarjana sekaligus. Semua dilakukannya dalam waktu singkat, yakni selama tiga tahun. Ia pun lulus dengan gelar kehormatan (cum laude).

Di sela-sela liburan kuliahnya, ia menyempatkan diri untuk tampil di sejumlah program acara TV, terutama di Yuk Keep Smile, Trans TV.

Baca Juga: Menekuni Bakatnya Sejak Kecil Antarkan Raisa Andriana Jadi Penyanyi Papan Atas. Ini Kisah Inspiratifnya!

 

Penghargaan dan Pencapaian Prestasi

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Cinta Laura Kiehl (@claurakiehl) pada

Selain meraup banyak pundi-pundi uang dari menjadi bintang iklan dan brand ambassador, Cinta telah mencetak banyak penghargaan dan pencapaian prestasi.

Tahun 2007, ia memenangkan Top Model 2007, Aktris Ngetop dari SCTV Awards 2007, Majalah Gadis Breakthrough Awards hingga Aktris Terbaik dari Tabloid Gaul 2008.

Ia juga mendapat penghargaan dari Majalah Trax, Tabloid Bintang, Majalah Teen, Majalah Gadis dan Majalah Hai. Selain itu, I-Gossip memberikannya anugerah Artis Paling Berpengaruh. Sementara Indonesia Kids Choice Awards 2008 memberikannya predikat Aktris Terfavorit.

Di tahun 2010, Cinta memenangkan Icon Dance Off AXN dari AXN Asia. Ia juga menyabet Indonesian Star Wannabe Award. Di tahun 2011, Cinta kembali memenangkan Icon Remaja Sukses (Be A Champion In Your Life) dari Champion Teens

Masih di tahun yang sama, Anugerah Musik Indonesia 2011 menganugerahkannya Karya Produksi Dance/ Dance Electronic Terbaik untuk lagu Cinta Atau Uang

Dan yang terbaru, Cinta memenangkan Best Actress 2019 untuk perannya dalam film horror pendek berjudul Goodnight. Film yang disutradarai oleh George E. Heras ini juga menang sebagai Best Horror 2019 dalam ajang Official Latino Film and Arts Festival ke-5. Ajang bergengsi tersebut dilangsungkan di California, Amerika Serikat.

Kiat Sukses Berkarir dari Cinta Laura

Selain menjadi bintang film, sinetron, iklan dan penyanyi dengan pendapatan dan royalti yang besar, Cinta juga mendapat penghasilan dari jasa endorsement. Untuk sekali unggah di media sosialnya saja, konon ia memasang harga mulai dari Rp 10 juta. 

Dalam beberapa kesempatan, ia membagikan kiat suksesnya agar percaya diri dalam membangun karir yang sukses. Pertama, bersedialah untuk bekerja keras. Seberapa besar pun target yang Kamu miliki pasti akan tercapai jika usahamu total dan kerja keras. Kedua, milikilah kerendahan hati untuk terus belajar, bahkan meski sudah ada banyak hal yang Kamu capai dan diketahui.

Di Indonesia, karir Cinta terbilang sudah gemilang. Namun saat membangun karirnya di Amerika, ia pun harus bersedia memulai semuanya dari bawah lagi. Bagi Kamu yang ingin sesukses Cinta, taktiknya bisa banget Kamu coba. Milikilah kegigihan yang serupa demi pencapaian impian di masa depan.

Baca Juga: Cerita Raffi Ahmad dari Sukses Meniti Karir Hingga Gurita Bisnisnya yang Bikin Tajir Melintir