Ketahui 5 Hal Ini Sebelum Beli Foundation di Situs Belanja Online

Kosmetik telah menjadi bagian penting dari sebagian besar masyarakat masa kini untuk menunjang penampilan. Saat ini, perusahaan-perusahaan kosmetik telah meluncurkan beragam produk menarik, baik secara klaimnya maupun kemasannya, yang pastinya menjadi ‘racun’ untuk mencoba produk tersebut.

Misalnya saja foundation atau biasa disebut alas bedak. Produk yang berfungsi untuk meratakan warna kulit, menutupi noda dan garis halus, serta untuk membuat riasan bertahan lebih lama ini sekarang telah hadir dengan berbagai shades, tingkatan coverage, dan hasil akhir. Selain itu, saat ini banyak foundation yang memiliki kualitas bagus dengan harga yang terjangkau, sehingga menjadi produk yang cukup diminati.

Jika berencana untuk membeli foundation di drug store atau counter kosmetik, tentunya tidak akan menemukan kesulitan karena beauty advisor hadir untuk membantu memilih foundation yang sesuai. Namun, bagaimana jika berencana membeli foundation secara online?

Tak perlu khawatir dan jangan bingung, Cermati.com telah merangkum beberapa hal penting yang perlu diketahui sebelum membeli foundation di situs belanja online. Berikut ulasannya:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

foundation
Hal penting sebelum memilih foundation

1. Kenali Jenis Kulit

Pastikan sudah mengetahui jenis kulit sebelum mulai mencari foundation yang sesuai, karena foundation memiliki formula yang berbeda untuk setiap jenis kulit normal, kering, berminyak, sensitif, dan kombinasi.

Baca Juga: Wajib Ditiru, Ini 7 Tips Hemat saat Belanja Make Up

2. Pilih Foundation Sesuai Kebutuhan Kulit

Sebagian foundation mencantumkan kecocokannya untuk kulit tertentu. Umumnya, foundation yang berformula bebas minyak lebih sesuai untuk kulit berminyak, karena tidak membuat kulit semakin mengkilap dan pada umumnya memiliki hasil akhir matte. Untuk kulit kering, pilih foundation yang mengandung pelembab atau umumnya memiliki hasil akhir dewy agar kulit kering bisa terlihat sehat dan lembab.  

Setelah mengetahui jenis foundation yang sesuai, tentukan coverage yang diinginkan, apakah sheer, medium, atau full. Untuk hasil akhir yang terlihat natural, foundation yang memiliki sheer atau medium coverage adalah pilihan yang tepat. Pilih foundation dengan full coverage jika menginginkan hasil akhir yang terlihat bold.

3. Pastikan Sudah Mengetahui Undertone

tone foundation
Pastikan sudah memahami undertone

Pastikan telah mengetahui undertone atau warna dasar kulit untuk menghindari kesalahan dalam memilih shade. Undertone terbagi menjadi tiga, yaitu hangat, dingin, dan netral.

Paula Begoun, seorang penulis buku best-seller tentang skincare dan makeup terkenal memberikan tips untuk menentukan undertone dengan melihat urat nadi, dampak paparan sinar matahari terhadap kulit, dan perhiasan yang sesuai. Urat nadi berwarna kehijauan menunjukkan undertone hangat, sedangkan urat nadi yang berwarna biru keunguan menunjukkan undertone dingin. Undertone netral dapat dilihat dari urat nadi yang berwarna biru kehijauan.

Undertone netral ditandai dengan kulit yang terbakar kemudian menggelap setelah terkena paparan sinar matahari cukup lama. Jika kulit menjadi kemerahan, ini menandakan undertone dingin, sedangkan undertone hangat ditandai dengan kulit yang menjadi lebih gelap.

Perhiasan dengan warna emas terlihat lebih cocok untuk yang memiliki undertone hangat, sedangkan yang memiliki undertone dingin terlihat lebih cocok mengenakan perhiasan berwarna perak. Undertone netral memiliki kecocokan dengan keduanya.

Baca Juga: 10 Brand Make Up Lokal Berkualitas yang Wajib Dipunyai Millenial

4. Cari Rekomendasi

Temukan rekomendasi di internet dengan keywords yang spesifik sesuai kebutuhan foundation yang dicari, misalnya “rekomendasi foundation untuk kulit kombinasi” atau “rekomendasi foundation matte full coverage”. Umumnya, rekomendasi yang muncul disertai dengan ulasan, sehingga memudahkan untuk menentukan merek foundation yang paling sesuai. Setelah menentukan merek, telusuri lebih lanjut shades dari produk tersebut dan tentukan yang cocok sesuai undertone.

Jika sudah menentukan shade yang sesuai, cari ulasan di internet dengan menyebutkan keywords berupa merek produk beserta shade yang diinginkan. Ulasan umumnya turut menyertakan foto atau video hasil pengaplikasian produk. Jika sesuai dengan ekspektasi, merek dan shade produk tersebut bisa dijadikan pegangan ketika memutuskan untuk membeli secara online.

5. Jika Produk Tidak Sesuai Ulasan

Meski telah melihat ulasan produk, tidak sedikit orang yang merasa kecewa karena produk yang datang tidak sesuai dengan ekspektasi dan tidak bisa menukarkannya. Untuk produk foundation, ketidaksesuaian dapat terjadi karena berbagai hal, seperti shade produk dalam foto atau video yang terdapat di ulasan tidak sama dengan aslinya karena faktor pencahayaan dan editing, serta perbedaan warna kulit meski memiliki undertone yang sama.

Meski produk yang datang tidak sesuai, bukan berarti produk tersebut tidak dapat dimanfaatkan. Penerapan make-up hacks tentunya sangat membantu untuk mengatasi masalah seperti ini.

Foundation yang terlalu terang dapat disesuaikan dengan mengaplikasikan bronzer, tetapi jika terlalu gelap, aplikasikan bedak dengan warna yang lebih terang. Jika hasilnya terlalu kering di kulit, pengaplikasian primer yang memberikan kelembaban pada kulit sebelum memakai foundation adalah cara yang tepat. Foundation yang terlalu berminyak dapat diatasi dengan pengaplikasian bedak tabur dengan oil control yang baik.

Pilih Foundation yang Sesuai dengan Budget

Sekarang tidak perlu lagi merasa khawatir untuk membeli foundation secara online. Selain sudah ada beberapa tipsnya, calon pembeli tidak perlu repot-repot datang ke drug store atau counter kosmetik. Cukup dengan memanfaatkan gadget. Selain itu, pembeli juga perlu mamilih merek foundation yang sesuai dengan budget. Manfaatkan juga potongan harga sehingga lebih menguntungkan. Pastikan juga untuk membeli produk yang asli untuk menghindari bahan berbahaya yang dapat merusak kulit.

Baca Juga: 7 Merek Make Up yang Dibanderol dengan Harga Fantastis! Cek Disini