Ketahui Hal Berikut Ini sebelum Tarik Tunai dari Kartu Kredit

loader

Selain dinilai praktis dan mudah untuk diakses, banyaknya dana dalam kartu kredit juga menjadi pendorong bagi nasabah untuk beralih ke sistem tarik tunai kredit. Anda pasti berpikir lebih praktis untuk menarik kapan pun dan dimana pun. Namun, tahukah Anda bahwa sistem transaksi seperti ini justru dapat merugikan Anda?

Dibalik semua keunggulan yang ditawarkan, sistem transaksi ini tetap membebankan berbagai syarat dan ketentuan yang mengharuskan nasabah untuk mematuhinya. Misalnya, bunga saat tarik tunai. Tidak seperti menarik uang di kartu debit, menarik uang di kartu kredit akan dikenakan beban bunga.

Oleh karena itu, Anda disarankan untuk selalu awas dan memperhatikan hal-hal berikut guna menghindari kerugian dari transaksi tarik tunai kredit di masa depan.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Akan Dikenakan Bunga Sekitar 4%

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, menarik uang di kartu kredit tidak sama dengan menarik uang di kartu debit. Ada bunga yang dikenakan untuk setiap uang yang ditarik. Ini karena uang yang ditarik bukanlah uang tabungan Anda, melainkan uang bank yang dipinjamkan. Besaran bunga yang dikenakan tiap bank penerbit kartu kredit bervariasi, umumnya berkisar sekitar 4-6%.

Baca Juga: Tergiur Cicilan 0 % Kartu Kredit? Ketahui Dulu Informasi Penting Ini Terlebih Dahulu

2. Pelunasan yang Tepat Waktu dengan Sistem Full Payment

Seperti melunasi utang kredit pada umumnya, dalam transaksi tarik tunai kredit, Anda juga disarankan untuk melunasi utang tepat waktu. Keterlambatan pembayaran utang selain dapat menyebabkan nasabah dikejar-kejar debt collector, juga dapat membuat kartu kredit diblokir oleh debitur. Oleh karena itu, selalu pastikan untuk melunasi utang kredit tepat waktu.

Selanjutnya, membayar tagihan dengan sistem full payment berarti membayar lunas tanpa ada beban bunga yang harus dibayar di masa depan. Oleh sebab itu, sistem pembayaran seperti ini sangat dianjurkan bagi para nasabah pengguna tarik tunai kredit. Tujuannya tentu saja agar tidak terlilit utang akibat bunga pembayaran minimum payment yang membengkak.

3. Kemampuan Bayar Cicilan

Kemampuan nasabah untuk menyesuaikan daya bayar dengan jumlah tarik tunai kredit yang dilakukan sangat diperlukan. Di dalam tarik tunai kredit, bunga suatu tagihan akan dikalikan dengan nominal limit yang dipilih. Sehingga, semakin besar limit yang dimiliki seorang nasabah, semakin besar pula total tagihan yang harus dibayarkannya nanti.

Diperlukan kesadaran ekstra untuk memahami bahwa dana yang dihasilkan melalui tarik tunai kredit itu tidak seperti tarik tunai dari tabungan. Pada hakikatnya, sistem kredit memberikan uang yang bukan milik nasabah. Sehingga, nasabah harus membayar uang jasa kepada debitur.

4. Penggunaan Tarik Tunai Hanya saat Terdesak dan Pengutamaan Tabungan

Tips ketiga ini adalah tips yang dapat Anda gunakan kala tarik tunai kredit dirasa merugikan. Dengan menggunakan tarik tunai kredit pada saat terdesak saja, nasabah diharap tidak asal menarik uang di kartu kredit kapan pun ia mau.

Selanjutnya nasabah dianjurkan untuk mulai belajar untuk mengalokasikan sebagian dari gaji atau uang yang didapatkan untuk dana darurat, menggantikan tarik tunai kredit. Tujuannya agar Anda tidak perlu membayar bunga dan atau biaya jasa dari pinjaman yang dilakukan.

5. Batasan Nilai Tarik Tunai Kredit

Setiap bank memiliki kewenangan untuk membatasi nilai maksimal tarik tunai kredit. Batas maksimal yang diberikan oleh bank tersebut pada umumnya berkisar pada 70% dari limit tarik tunai yang telah disetujui. Tujuan dari pembatasan itu sendiri adalah agar nasabah terhindar dari godaan untuk melakukan tarik tunai kredit dalam jumlah yang besar.

Sebenarnya, pembatasan ini secara tidak langsung dapat Anda manfaatkan untuk mengerem penarikan yang berlebihan. Sayangnya, sebagian orang justru mengeluhkan hal ini sebab mereka merasa mampu membayar tagihan beserta bunga dan biaya lainnya yang cenderung tinggi.

Baca Juga: 6 Tips Ampuh Pengajuan Kartu Kredit Supaya Disetujui

Perhatikan Bunga dalam Setiap Tarik Tunai Kartu Kredit

Tarik tunai kredit memang memiliki banyak keuntungan. Mulai dari kepraktisan berbelanja hingga banyaknya uang yang dapat diambil dalam satu waktu. Namun, penarikan tunai kredit haruslah dibarengi dengan sikap yang bijak. Besarnya bunga dan biaya lainnya adalah taruhannya jika Anda tidak mampu menggunakan penarikan tunai kredit sesuai kebutuhan.

Baca Juga: 3 Cara Membuat Kartu Kredit Zaman Now, Dijamin Cepat!