Ketahui Pentingnya Asuransi untuk Hewan Peliharaan, Benefit dan Cara Klaimnya

Tidak hanya orang tersayang saja yang bisa kamu lindungi pakai asuransi saat ini, hewan tersayang juga bisa. Melihat dari banyaknya orang yang memiliki hewan peliharaan saat ini membuat banyak perusahaan asuransi pun ikut meluncurkan juga produk asuransi hewan peliharaan untuk para pecinta binatang.

Tidak hanya diperuntukan untuk hewan peliharaan pada umumnya seperti kucing atau anjing ternyata ada beberapa produk asuransi hewan yang juga diperuntukan untuk hewan peliharaan yang eksotis seperti ular atau jenis hewan melata lain.

Manfaat Membeli Asuransi untuk Hewan Peliharaan

Jika kamu sudah menganggap hewan peliharaan seperti bagian dari keluarga sendiri, artinya hewan peliharaan kamu juga berhak mendapatkan asuransi khusus untuk mereka. Ini dia manfaat yang bisa kamu rasakan dari asuransi hewan peliharaan untuk kamu dan si peliharaan:

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

1. Perawatan kesehatan untuk hewan peliharaan

Sama seperti asuransi pada umumnya, asuransi untuk hewan pun bisa menanggung biaya perawatan kesehatan untuk hewan peliharaan kamu yang sedang sakit atau mengalami kecelakaan. Baik untuk periode yang lama atau sebentar.

2.Penanggungan biaya atas kematian hewan peliharaan

Asuransi akan menanggung pengurusan biaya penguburan hewan peliharaan yang telah mati karena masalah kesehatan atau kecelakaan.

3. Asuransi terhadap pencurian hewan peliharaan

Sama seperti ketika hewan meninggal dunia, pemilih hewan pemeliharaan akan mendapatkan santunan ketika hewan yang dipelihara hilang dicuri.

4. Menanggung biaya medis untuk yang terluka oleh hewan peliharaan

Seberapa jinak pun hewan peliharaan mereka masih memiliki insting liar yang biasa muncul ketika mereka merasa terancam atau tidak nyaman. Dan insting itu biasanya membuat mereka menyerang orang-orang sekitar mereka bahkan majikan sendiri, terutama jika hewan yang dipelihara adalah jenis hewan eksotis.

Asuransi kesehatan memberikan fasilitas dengan menanggung biaya medis untuk orang-orang yang tidak sengaja dilukai atau diserang oleh hewan peliharaan.

5. Asuransi untuk properti yang dirusak oleh hewan peliharaan

Hewan peliharaan seperti anjing dengan ras Eropa biasanya berukuran besar dan memiliki energi yang besar juga dan jika tidak dibuang energinya seperti diajak berjalan-jalan sore atau bermain ada kemungkinan dia akan sangat aktif dirumah dan bisa merusak barang-barang diruma atau ditempat umum lainnya.

Perusahaan asuransi peliharaan  pun memberikan fasilitas penggantian biaya untuk barang yang rusak karena hewa peliharaan.

6. Biaya pengurusan hewan peliharaan di asrama atau penitipan hewan

Asuransi akan menanggung biaya perawatan hewan peliharaan yang ditinggal oleh majikan yang harus bepergian agak lama dan tidak bisa membawa hewan peliharaan atau untuk majikan yang sedang sakit keras dan harus dirawat beberapa hari dirumah sakit dan tidak bisa dan tidak ada yang mengurus hewan peliharaan mereka.

Baca Juga: Tinggal di Daerah Rawan Bencana? Lindungi Rumah Anda dengan Asuransi Gempa Bumi

Polis Asuransi untuk Hewan Peliharaan

Polis Asuransi Hewan

Banyak yang salah mengerti terhadap pengertian sebenarnya asuransi untuk hewan peliharaan. Asuransi hewan peliharaan merupakan variasi dari sebuah asuransi jiwa/kesehatan untuk manusia. Tapi asuransi hewan peliharaan sebenarnya adalah turunan dari sebuah asuransi properti yang dimodifikasi sesuai kebutuhan pemilik hewan peliharaan.

Ada 2 jenis polis yang ada pada sebuah produk asuransi untuk hewan peliharaan:

  • Nonlife time/tidak seumur hidup

Asuransi hewan dengan polis seperti ini adalah untuk para pemilik hewan peliharaan yang hanya ingin menggunakannya pada periode waktu tertentu. Asuransi dengan polis seperti ini akan menanggung seluruh hal yang dialami oleh hewan peliharaan pada saat itu.

Biasanya asuransi ini dipakai untuk para pemeliharaan hewan yang mengembak biakan hewan untuk kembali dijual atau ditawarkan untuk diadopsi kembali ke orang lain.

  • Lifetime/seumur hidup

Asuransi hewan dengan polis seperti ini akan melindungi hewan pada kondisi yang tengah berlangsung sampai seumur hidup. Asuransi dengan polis inilah yang biasanya menawarkan fasilitas penguburan terhadap hewan peliharaan yang meninggal dunia.

Dua penjelasan polis diatas adalah dirangkum secara umum dari beberapa perusahaan asuransi, tapi untuk lebih jelasnya kamu harus bertanya kepada perusahaan atau agen asuransinya.

Jenis-Jenis Hewan Peliharaan yang Bisa Diasuransikan

Hewan yang Dilindungi oleh Asuransi Hewan Peliharaan

 

Biasanya jenis hewan yang biasanya bisa dipelihara dibanyak rumah adalah anjing, kucing, ikan dan burung hias. Tapi selain itu ada beberapa jenis hewan eksotis yang bisa diizinkan untuk dipelihara dan bisa diasuransikan. Berikut adalah daftar jenis hewa eksotis yang bisa diasuransikan:

  • Parrots dan burung besar lainnya (tidak termasuk burung pemangsa)
  • Kura-kura (semua spesies)
  • Terrapins dan Turtles
  • Kelinci
  • Guinea Babi dan mamalia kecil lainnya yang tidak berbahaya
  • Kadal dari berbagai varietas, seperti tokek, iguana dan anoles
  • Ular (ular yang membatasi, tidak berbisa)
  • Burung kecil seperti sejoli, parkit dan cockatiels
  • Mamalia kecil eksotis seperti African Pygmy Hedgehog
  • Burung pemangsa
  • Binatang mamalia berukuran sedang eksotis, seperti Kambing Pygmy atau Kune-Kune Pig

Hewan-hewan eksotis yang dikira masuk kategori hewan langka yang dilindungi harus memiliki surat izin dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam yang membuktikan bahwa kamu tidak mendapatkan hewan tersebut secara illegal.

Perusahaan Asuransi yang Menawarkan Produk Asuransi Hewan Peliharaan di Indonesia

Di Indonesia sendiri sebenarnya belum banyak perusahaan asuransi yang menawarkan produk asuransi untuk hewan peliharaan. Walaupun belum banyak, tapi tidak sulit kok untuk ditemukan. Ini dia beberapa perusahaan asuransi yang memiliki produk asuransi untuk hewan peliharaan di Indonesia:

  • Simasnet Pet Simas Insurtech
  • Figo Pet Insurance
  • Jagain.com

Semuanya bisa di apply secara online. Kisaran biaya yang harus dikeluarkan untuk asuransi hewan peliharan biasanya minima Rp200 ribu.

Baca Juga: Umat Non-Muslim Juga Bisa Merasakan Manfaat Asuransi Syariah, Cek Yuk!

Cara Klaim Asuransi untuk Hewan Peliharaan

Klaim asuransi hewan peliharaan

Sistem yang banyak digunakan oleh perusahaan asuransi untuk menaggung biaya dari klaim yang diajukan adalah reimbursment. Jadi para pemilik hewan harus menanggung biaya perawatan medis terlebih dahulu sebelum mengajukan klaim, membawa bukti baru reimbrusment akan cair.

Nah, ini dia beberapa cara yang bisa bantu kamu klaim uang kamu ke asuransi hewan peliharaan:

  1. Minta bantuan dari Dokter Hewan
  2. Klaim langsung ke perusahaan asuransi
  3. Menghubungi agen asuransi yang menawarkan asuransi
  4. Menelpon langsung firma asuransi hewan
  5. Mengisi formulir klaim secara online (jika ada)

Kurangi Biaya Perawatan Medis Hewan Peliharaan dengan Asuransi

Seperti membesarkan seorang anak, memelihara hewan pun membutuhkan biaya yang cukup banyak. Mulai dari perawatan kesehatannya sampai biaya medis jika hewan mengalami penyakit dan situasi tidak terduga lainnya. Dengan memiliki asuransi hewan setidaknya ada beberapa biaya yang bisa ditanggung oleh asuransi hewan peliharaan yang bisa meringankan beban biaya majikan jika terjadi apa-apa dengan hewan peliharaan.

Baca Juga: Ibadah ke Tanah Suci Lebih Nyaman dengan Asuransi Haji