Keuntungan Investasi Emas yang Harus Kamu Ketahui

Masyarakat sekarang sudah banyak yang berpikir panjang dan menyiapkan masa depan. Mereka memutuskan untuk menabung atau berinvestasi di masa muda sebagai bekal agar nantinya tidak kesulitan di hari tua.

Ada banyak instrumen investasi yang ada, mulai dari keuangan hingga komoditas. Untuk investasi kategori komoditas, salah satunya yang dinilai memberikan keuntungan cukup menjanjikan adalah emas.

Ada banyak gerai resmi yang menjual logam mulia. Sehingga kualitasnya sudah pasti terjamin alias tidak bukan emas palsu. Ukurannya pun beragam, mulai dari 1 gram, hingga puluhan dan ratusan gram.

Dengan investasi emas, maka ada beberapa keuntungan yang perlu diketahui agar tidak ragu lagi menyimpan dana untuk masa depan dalam bentuk instrumen ini. Lalu apa saja keuntungan investasi emas itu? Berikut ulasannya:

Anda Bingung Cari Produk Kredit Multi Guna Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KMG Terbaik! 

1. Tidak Mengalami Pergeseran atau Perubahan Kualitas

Emas Batangan
Nilai emas tetap tinggi

Investasi emas, dikenal merupakan investasi yang tidak mengenal pergeseran kualitas. Pun dengan nilainya, tidak ada perubahan yang signifikan. Tidak seperti investasi di sektor keuangan, yang pergerakannya cukup dinamis dan drastis.

2. Risiko Investasi Emas Sangat Rendah

Risiko Emas
Risiko investasi emas cukup rendah karena harganya yang relative stabil

Ketika memutuskan berinvestasi, tentu tidak akan sembarangan untuk memilih instrumen investasi, bukan? Nah, jenis investasi apa yang akan diambil dan seperti apa investasi yang cocok dengan pendapatan itu harus dipikirkan dengan matang.

Apalagi mengenai risiko yang harus ditanggung atau dialami ketika berinvestasi. Tentu saja tidak boleh sembarangan yang akhirnya menimbulkan masalah. Nah, investasi emas ini memiliki risiko rendah, tidak seperti investasi pada saham. Jika pemula, investasi emas ini relatif disarankan.

Baca Juga: Mau Investasi Logam Mulia? Ini Dia Jenis-Jenis Pajak Emas yang Harus Diketahui

3. Tidak Menimbulkan Biaya-biaya Tambahan

Biaya
Tidak ada biaya-biaya tambahan pada investasi emas

Emas merupakan logam mulia yang semakin lama justru semakin langka. Fakta ini bisa dimanfaatkan untuk menjadikan emas sebagai instrumen investasi. Semakin lama Anda mengelola investasi emas, maka harga yang didapatkan berpotensi semakin naik.

Kendati ada pergerakan penurunan, namun penurunannya pun masih dalam jumlah yang sangat wajar, dan tidak mermerlukan waktu yang lama pasti akan mengalami kenaikan lagi.

4. Emas Juga Bisa Diubah Bentuknya Sesuai Keinginan

Emas Perhiasan
Emas perhiasan memberikan daya tarik tersendiri sebagai instrumen investasi

Logam mulia yang satu ini juga memiliki fleksibilitas yang tinggi karena bisa dibentuk sesuai keinginan, seperti menjadi emas perhiasan, berbagai peralatan rumah tangga, hiasan dinding, dan masih banyak lagi. Nah, kendati sudah diubah menjadi bentuk lain, ketika dijual lagi, nilainya tetap tinggi selama jumlah karatnya juga masih banyak.

Baca Juga: Ini 8 Alasan Investasi Reksa Dana Lebih Baik dari Emas

5. Dana untuk Investasi Emas bisa Kecil

Rupiah
Tidak harus punya banyak uang untuk investasi emas

Tidak harus punya uang puluhan juta atau ratusan juta rupiah terlebih dahulu untuk bisa memiliki investasi. Dana yang dibutuhkan untuk melakukan investasi di logam mulia tidaklah harus besar. Sebab rata-rata harga yang dijual di Butik Emas atau di Antam hanya kisaran Rp600-an ribu per gram dan sekitar Rp2-3 jutaan saja per 5 gramnya.

Oeh karena itu, investasi di logam mulia ini relatif cukup terjangkau bagi siapa saja. Kamu bisa menyisihkan sebagian penghasilan per bulannya untuk mencicil pembelian logam mulia. Sebab sudah banyak butik emas yang menawarkan pembelian dengan cara mencicil. Mudah, bukan?

Investasi Emas: Kalau Bukan Sekarang, Kapan Lagi?

Jangan menunda-nunda melakukan investasi untuk masa depan yang lebih baik. Sebab investasi tidak melulu tentang merogoh kocek yang banyak. Kamu bisa berinvestasi di logam mulia yang harganya cukup terjangkau dan memiliki tingkat risiko yang rendah. Apalagi, emas memang dianggap berharga dimanapun berada. Untuk itulah, emas ini relatif sangat bernilai. Jadi, keuntungan itulah yang membuat banyak investor memilih emas untuk dijadikan investasi utama yang menguntungkan dan untuk jangka panjang.

Baca Juga: Mengenal Perbandingan Investasi Emas dan Perak