Keuntungan Menabung di Digital Banking

Sejak dulu orang lebih banyak memilih untuk menabung di Bank dengan alasan karena lebih aman. Jadi mereka bisa langsung datang ke Bank, menulis identitas, nominal uang, dan nomor rekening kemudian menyetor sejumlah uang ke Teller. Ketika sudah menabung maka penyetor akan diberikan buku tabungan dan bukti bahwa uang tersebut sudah ditabung di rekeningnya.

Sekarang ini dengan semakin berkembangnya teknologi, lebih memudahkan kita dalam hal apa saja termasuk menabung. Oleh karenanya, Bank meluncurkan cara baru dalam menabung dan bertransaksi lewat digital banking.

Digital banking di rancang oleh Bank agar memudahkan nasabah dalam melakukan berbagai transaksi tanpa perlu datang langsung ke Bank. Inovasi ini dilakukan karena jika orang-orang ingin melakukan transaksi tertentu seperti menabung, maka harus terlebih dahulu mendatangi kantor Bank terdekat.

Dengan hadirnya digital banking ini, maka nasabah tidak perlu repot-repot ke Bank langsung atau bahkan mengantre di Bank, karena semua transaksi dapat dilakukan lewat smartphone Anda.

Lalu bagaimana jika ingin membuka rekening baru? Apakah juga bisa dilakukan lewat digital banking? Nah, pertanyaan yang banyak ditanyakan oleh para nasabah yang baru saja akan membuka rekening baru di Bank.

Fasilitas yang diberikan oleh Bank lewat digital banking ini, Anda juga dapat membuka rekening baru lewat digital banking. Jelas, dengan kemudahan ini maka nasabah lebih mudah membuka rekening baru lewat digital banking.

Lalu, mana yang lebih untung dari kedua ini? Lewat digital banking atau langsung di bank konvensional? Nah, untuk menjawab rasa penasaran Anda, ada baiknya Anda bisa membaca informasi berikut ini.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Bank Konvensional, Bank Syariah, dan Digital Banking

bank

Walaupun Bank sudah dari dulu ada, namun masih ada beberapa yang belum mengetahui apa itu bank konvensional bank syariah, dan digital banking.

Baik, untuk lebih jelas mengetahuinya. Bank Konvensional adalah bank yang kegiatannya dijalankan menurut kesepakatan bersama antara pihak bank dan juga nasabah. Bedanya dengan Bank Syariah adalah bank yang menjalankan kegiatannya sesuai dengan prinsip syariah.

Dalam pelaksanaannya, baik itu Bank Konvensional dan Bank Syariah sama-sama menerapkan undang-undang perbankan yang berlaku di Indonesia. Dan untuk perbankan syariah juga menerapkan asas-asas transaksi sesuai dengan prinsip syariah.

Sementara digital banking adalah bagian dari Bank Konvensional, bedanya dari layanan yang disediakan bank konvensional, yaitu lewat sarana digital milik Bank.

Otoritas Jasa Keuangan menyatakan bahwa digital banking merupakan layanan bank yang dilakukan lewat sarana elektronik atau digital yang dikelola oleh Bank, sehingga dengan layanan ini diharapkan akan lebih memudahkan calon nasabah dalam bertransaksi dan calon nasabah dapat melakukan transaksi secara mandiri.

Cara menggunakan digital banking ini, Anda hanya perlu memasang aplikasi yang diluncurkan oleh pihak Bank pada smartphone Anda, kemudian Anda dapat melakukan berbagai transaksi serta kebutuhan perbankan lainnya dengan cara yang lebih praktis.

Dengan begitu, tingkat efisiensi serta kenyamanan dari kegiatan perbankan ini akan meningkat tajam dengan bantuan teknologi digital banking.

Baca Juga: Manfaat Memiliki Rekening Tabungan dan Jumlah Idealnya

Perbedaan Digital Banking dan Bank Konvensional dari Segi Keuntungan

tabungan digital

Setelah Anda sudah mengetahui seluruh informasi diatas, maka pada pembahasan berikutnya perbedaan digital banking dan bank konvensional dari segi keuntungan. Kira-kira dari keduanya ini lebih untung yang mana ya?

Digital Banking Memberikan Bunga Sampai 5%, Sedangkan Bank Konvensional Memberikan Bunga 1%

Walaupun banyak yang menabung di Bank Konvensional sampai saat ini, nyatanya masih banyak yang mengeluhkan dari tingkat bunga yang diberikan Bank Konvensional. Sementara itu bunga tersebut tidak bisa tutupi biaya yang dipotong oleh Bank Konvensional seperti biaya administrasi, biaya pajak yang menjadi tanggungan bagi nasabah.

Perlu Anda ketahui, Bank Konvensional menawarkan bunga tabungan kurang dari 1% per tahun. Oleh sebab itu, banyak nasabah yang mengeluhkan bunga yang didapatkan ini karena kecil. Sementara digital banking menawarkan bunga sebesar 5% per tahun lebih tinggi dari Bank Konvensional.

1. Digital Banking Seluruh Biaya Administrasi Gratis, Sedangkan Bank Konvensional 10 Ribu Sampai 20 Ribu.

Bank konvensional umumnya memberlakukan biaya administrasi sebesar 10 Ribu sampai dengan 20 Ribu per bulan. Belum lagi ada biaya-biaya lainnya seperti biaya penutupan dan saldo minimum yang harus ada di rekening tabungan.

Lain halnya dengan digital banking, karena digital banking ini seluruh biaya administrasi gratis. Nah, ini menjadi keunggulan dari digital banking, karena biasanya untuk rekening tabungan ada biaya administrasi dan biaya lainnya.

Dengan layanan digital banking, bukan hanya biaya administrasinya saja yang gratis, bahkan baya penutupan dan biaya pembukaan rekening juga diberikan secara gratis. Selain itu, tidak ada minimal saldo yang harus ada di rekening Anda, jadi Anda juga bisa mengambil uang dengan batas minimal 50 Ribu.

2. Digital Banking Tidak Ada Biaya Transfer, Bank Konvensional Dikenakan Biaya 6.500 Rupiah

Salah satu keunggulan dari layanan digital banking ini adalah biaya transfer antar bank yang gratis. Dengan begitu, ini menjadi keuntungan bagi nasabah ketika akan mentransfer uang ke rekening lain, karena tidak ada biaya administrasi.

Sementara itu, Bank Konvensional memberlakukan biaya administrasi sebesar 6.500 Rupiah sebagai biaya transfer antar bank. 

3. Digital Banking Tarik Tunai di ATM Lain Gratis, Sedangkan Bank Konvensional Dikenakan Biaya 6.500 Rupiah

Penetapan biaya apabila menarik tunai di ATM lain atau ATM Bersama masih diberlakukan Bank Konvensional. Karenanya banyak yang memilih menarik di Bank tersebut agar tidak dikenakan biaya. Namun, bagaimana jika keadaan mendadak dan tidak tersedia ATM bank Anda? Tentu akan menyulitkan.

Digital banking memberikan kemudahan bagi nasabah, karena tidak ada tarik tunai di ATM bersama atau ATM lain, karena dengan digital banking ini ada jatah penarikannya dan hanya akan ditarik saat penting saja. Kemudian penarikannya juga gratis dan tidak ada biaya apapun.

Baca Juga: Inilah Kelebihan dan Kekurangan Menabung di Bank

Praktis dan Mudah

Dengan adanya fasilitas digital banking baik pihak bank dan nasabah sama-sama mendapatkan kemudahan dan keuntungan. Selain itu dengan digital banking tingkat efisiensi dalam segala aktivitas perbankan juga lebih tinggi. Semoga dengan informasi ini dapat menambah informasi serta pengetahuan baru bagi Anda seputar digital banking yang bisa Anda terapkan.

Baca Juga: Menabung Rp1 Juta Per Bulan Tak Lagi Mustahil, Ikuti 6 Cara Ini!