Kiat Sukses Berjualan Produk UKM saat Perayaan Ulang Tahun Jakarta

Menjelang pertengahan tahun merupakan saat-saat yang ditunggu oleh banyak warga ibu kota, di mana pada saat tersebut kota Jakarta akan merayakan ulang tahunnya. Hal ini menjadi perhatian khusus bagi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, karena sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, akan ada banyak gelaran event yang dilaksanakan untuk memeriahkan momen tersebut. Salah satu agenda wajib yang dilaksanakan adalah menggelar Festival Jakarta Great Sale (FJGS).

Biasanya FJGS akan berlangsung kurang lebih selama sebulan, di mana pada kurun waktu tersebut diharapkan terjadi banyak transaksi pembelanjaan yang dilakukan oleh para pengunjung. Beragam penawaran menarik akan bisa ditemui di sana, beragam produk dan juga keuntungan berbelanja. Bukan sekedar agenda tahunan saja, FJGS merupakan wadah yang tepat untuk bertemunya para pelaku usaha yang akan memasarkan dan memperluas jaringan usaha mereka. Inilah kesempatan besar bagi para pengusaha yang ingin mengembangkan brand serta melihat secara langsung respon masyarakat luas terhadap beragam produk yang mereka hasilkan. Bukan hanya beragam produk yang dihasilkan dalam lingkup usaha yang besar saja, namun beragam produk yang dihasilkan lewat Usaha Kecil Menengah (UKM) juga memiliki kesempatan yang sama dalam gelaran ini.    

Peluang Produk UKM dalam Perayaan Ulang Tahun Jakarta

Ulang Tahun Jakarta

Ulang Tahun Jakarta via mowmowlagi.com

 

 

Bukan hal yang mudah untuk membawa sebuah produk menjadi dikenal secara luas oleh masyarakat, akan ada banyak usaha dan juga biaya yang dibutuhkan untuk hal tersebut, misalnya dengan melakukan pemasaran secara massal atau dengan menggencarkan promosi di berbagai media.

Kedua hal tersebut di atas, tentu akan membutuhkan sejumlah biaya yang sangat besar, dan ini adalah salah satu hambatan bagi mereka yang bergerak di bidang UKM. Meski terbilang menghasilkan, namun pada kenyataannya geliat UKM tidaklah selalu menjanjikan dan memberi banyak keuntungan. Demi menyiasati berbagai macam biaya yang tinggi dalam pemasaran, maka mengikuti berbagai pameran adalah salah satu solusinya.

Momen tahunan yang digelar Pemprov DKI Jakarta adalah salah satu peluang bagi pelaku UKM untuk bisa memasarkan produk mereka secara luas dan mendapatkan angka penjualan yang tinggi. Wajar saja bila hal ini dianggap sebagai sebuah peluang emas, sebab pengunjung yang datang ke event tersebut bukan hanya penduduk Jakarta saja, namun akan ada banyak pengunjung dari luar kota dan bahkan dari luar negeri juga. Ulang tahun Jakarta adalah salah satu event yang digelar bertepatan dengan masa liburan sekolah yang panjang, jadi ada banyak sekali kemungkinan jumlah pengunjung dan juga transaksi yang terjadi berada pada titik yang tertinggi.

Hal seperti ini tentu harus menjadi sebuah kesempatan yang sangat baik bagi mereka yang bergelut di bidang UKM, di mana ada banyak peluang untuk memperkenalkan produk dan juga menciptakan peluang pemasaran secara luas. Di sana mereka bisa bertemu dengan banyak orang, yang mungkin saja bisa memberi peluang perluasan usaha dan juga pemasaran produk yang mereka hasilkan, hal ini tentu akan sangat baik untuk perkembangan usaha di masa yang akan datang.

Baca Juga: Mau Bisnis Pulsa? Ini Dia Tips Suksesnya

Tips Sukses Berjualan Produk UKM

Pameran UKM

Pameran UKM via teropongbisnis.com

 

Ketika ada sebuah momen yang tepat, maka selaku produsen berbagai produk UKM yang pintar, seharusnya telah memiliki berbagai persiapan matang dalam memanfaatkan momen tersebut dengan sebaik-baiknya. Ini akan sangat penting dalam memaksimalkan angka penjualan selama perayaan ulang tahun Jakarta tersebut berlangsung, sebab akan sia-sia saja jika selaku produsen kita tidak memiliki kesiapan yang maksimal dalam hal ini. Besarnya event ulang tahun Jakarta, tentu akan berbanding lurus dengan besarnya jumlah peserta UKM yang akan memasarkan produk mereka di sana, karena itu lakukan persiapan dengan matang. Beberapa poin di bawah ini bisa dijadikan sebagai tips dalam berjualan produk UKM di ulang tahun Jakarta:

1. Siapkan Produk Terbaik

Ini adalah hal utama yang wajib untuk diperhatikan, ketika akan mengikuti sebuah pameran jangan lupa untuk selalu mempersiapkan beragam produk terbaik selama pameran tersebut berlangsung. Buat perhitungan dan pastikan jumlah produksi mencukupi untuk dipasarkan selama masa pameran berlangsung, jangan sampai produk habis di tengah-tengah pameran. Kejadian seperti ini akan sangat mengganggu, terutama jika ternyata proses produksi membutuhkan waktu yang lama dan tempat produksi berada jauh di luar Jakarta (daerah).

2. Bawa Produk yang Lengkap

Saat mengikuti sebuah pameran, akan sangat baik jika membawa produk yang lengkap dan juga cukup banyak jenisnya. Namun jika hal ini terasa terlalu berat dan tidak memungkinkan, maka tidak ada salahnya membawa beragam produk yang bisa mewakili keseluruhan hasil produksi. Pilih jenis produk yang memang kira-kira memiliki peluang penjualan yang paling bagus, sehingga pameran tersebut benar-benar bisa mendatangkan keuntungan.

3. Buat Produk Baru

Pemeran adalah salah satu momen terbaik untuk memasarkan produk-produk yang baru, karena itu jangan ragu-ragu untuk memanfaatkan hal tersebut secara maksimal. Buat produk baru yang secara khusus memang diperuntukkan bagi pameran tersebut, sehingga orang akan lebih tertarik dan juga mudah dalam mengambil keputusan untuk membeli, sebab produk tersebut belum dijual di stand yang lainnya.

Baca Juga: Cara Mudah Mendapatkan Pinjaman Tunai untuk Bisnis

4. Kemas dengan Unik

Jangan sepelekan kemasan, orang-orang selalu suka dengan barang unik dan manfaatkan hal tersebut dengan cara membuat berbagai kemasan yang cantik dan akan membuat mereka tergoda untuk membeli. Pandangan pertama adalah hal yang memegang peranan penting bagi terjadinya sebuah transaksi, karena itu gunakan momen tersebut untuk menawan mata pengunjung.

5. Buat Stand yang Menarik

Jangan lewatkan untuk menampilkan yang terbaik selama masa pameran, salah satunya dengan membuat stand yang menarik dan cantik. Meski sederhana, buatlah stand terlihat unik dan juga nyaman bagi pengunjung. Pilih warna-warna yang tepat sebagai hiasan dan tata produk dengan rapi dan menarik, sehingga pengunjung merasa tertarik untuk mampir dan melakukan transaksi.

6. Berikan Penawaran Khusus

Memberikan penawaran khusus / diskon adalah salah satu strategi pemasaran yang bagus untuk dilakukan pada masa pemeran. Selain hal tersebut, voucher pembelian barang berikutnya juga bisa dicoba, ini akan membuat pengunjung lebih tertarik untuk membeli produk kembali.

Rencanakan dengan Matang

Mengikuti pameran dalam perayaan ulang tahun Jakarta, tentu akan membawa peluang yang sangat besar dalam peningkatan penjualan produk. Namun ini bukanlah sebuah hal yang mudah, terutama bagi pelaku UKM yang berasal dari luar kota. Rencanakan dengan matang dan pastikan produk serta berbagai hal pendukung lainnya benar-benar siap untuk mengikuti gelaran tersebut. Bukan hanya produk saja, namun besaran biaya yang dibutuhkan juga patut menjadi bahan pertimbangan.

Baca Juga: Ciri-ciri Bisnis MLM yang Baik dan Sehat