Kiat Sukses Mengajukan KTA, Lakukan Ini Agar Aplikasi Anda Cepat Disetujui

Kredit Tanpa Agunan (KTA) menjadi salah satu produk perbankan yang populer dan kerap menjadi solusi praktis kebutuhan dana mendesak. Tapi banyak orang mengeluh proses untuk mendapatkan persetujuan KTA dari bank itu sulit. Padahal, mendapatkan persetujuan KTA dari bank itu mudah asalkan kita memahami apa saja hal penting yang harus diperhatikan dan hal yang harus dihindari.  

Benarkah pengajuan KTA itu gampang? Bagaimana caranya agar pengajuan KTA sekali proses bisa langsung disetujui pihak? Ya, proses pengajuan KTA itu mudah dan cepat. Kuncinya ialah kenali faktor yang menjadi tolak ukur penilaian bank dalam melakukan analisis kredit.

Pertama, administrasi data, Anda harus melengkapi dokumen persyaratan pengajuan KTA dengan benar. Kedua, jadilah nasabah yang bisa dipercaya oleh bank.

Dua hal sederhana di atas menjadi poin penting untuk diperhatikan sebab bank akan sangat berhati-hati dalam memberikan pinjaman ke nasabahnya. Dalam melakukan analisa kredit, bank akan menggunakan cek rekam jejak riwayat keuangan yang Anda miliki, seperti dengan melakukan cek antar bank melalui fasilitas Sistem Informasi Debitur (SID) atau sering dikenal dengan BI Checking.

Agar pengajuan KTA Anda lancar dan sukses, hindari kegagalan pengajuan KTA dengan cara ini:

1. Gunakan Kartu Kredit dengan Baik

Kartu Kredit via earlyretirementahead.com

Pahami fungsi kartu kredit dalam kesuksesan pengajuan KTA. Saat ini, kartu kredit menjadi salah satu persyaratan pokok dokumen pengajuan KTA yang harus dipenuhi. Mayoritas perbankan mempersyaratkan kepemilikan kartu kredit untuk pengajuan produk KTA-nya. Masih minim produk KTA yang tidak menggunakan persyaratan kepemilikan kartu kredit.

Tips: Jika Anda saat ini pengguna kartu kredit, Anda harus mulai bijak mengatur penggunaan kartu kredit Anda. Hal yang penting adalah pastikan penggunaan kartu kredit tidak lebih dari 80% limit kartu. Cara Anda menggunakan kartu kredit dapat mempengaruhi penilaian pinjaman yang Anda ajukan.

Usahakan untuk membayar tagihan atau cicilan kartu kredit Anda tepat waktu. Bangunlah sikap disiplin menggunakan kartu kredit dengan baik untuk kebaikan Anda sendiri mulai hari ini.

2. Perbaiki Catatan Rekening

Salah satu pertimbangan penting pihak Bank untuk menyetujui atau tidaknya aplikasi KTA yang Anda ajukan adalah catatan rekening bank Anda. Khusus karyawan, dokumen penting yang wajib diperhatikan adalah slip gaji dan riwayat rekening koran tabungan Anda.

Penghasilan menjadi tolak ukur pihak bank dalam mengevaluasi pinjaman tanpa agunan ini. Ada syarat umum, mayoritas KTA bank mewajibkan Anda memiliki penghasilan rutin Rp2-3 juta perbulan.

Tips: Bank akan menilai catatan rekening bank Anda dengan melihat aktivitas keuangan Anda selama kurun waktu minimal 3-6 bulan terakhir. Oleh sebab itu, selalu perhatikan catatan rekening bank Anda, perbaiki catatan rekening bank Anda dengan cara menabung. Mulailah untuk mengelola gaji dengan baik agar uang di rekening tabungan Anda tidak minus.

Lalu, jika saat ini penghasilan Anda diberikan dengan sistem bayar tunai, bukan dalam bentuk payroll ke rekening bank. Anda bisa rutin menyetorkannya dulu uang tersebut ke bank agar Anda memiliki catatan rekening bank.  Usahakan catatan rekening tersebut menunjukkan pemasukan sekitar minimal 3-6 bulan terakhir.

Baca Juga: Mengenal KTA Syariah untuk Memenuhi Kebutuhan Anda

3. Jaga Posisi Hutang Lancar

Bayar Hutang Anda Tepat Waktu via treasurytoday.com 

Usahakan agar pembayaran tagihan utang-utang yang masih menjadi tagihan Anda agar tidak sampai macet. Bank dapat mengetahui status utang Anda di bank lain dengan melakukan BI Checking. Pastikan bahwa hal-hal terkait dengan tagihan Anda tersebut selalu lancar, ini penting karena bagi pihak Bank riwayat pembayar hutang Anda menjadi salah satu faktor penentu persetujuan kredit.

Tips: Jangan meremehkan hal-hal kecil seperti sering terlambat membayar tagihan kartu kredit, atau Anda ingat memiliki utang ke bank dan belum melunasinya. Jika Anda memiliki tagihan hutang yang belum lunas, Anda wajib melunasinya terlebih dahulu sebelum mengajukan KTA.

4. Gunakan Data yang  Sebenarnya

Jujur adalah kunci kelancaran memperoleh KTA dengan mudah. Hindarilah menyembunyikan informasi, pastikan bahwa data yang Anda masukkan ke dalam formulir aplikasi KTA benar-benar sesuai dengan aslinya. Pihak bank tentu akan tidak menyetujui pengajuan KTA Anda jika ditemukan data-data palsu.

Tips: Isi semua data-data yang diperlukan dengan jujur, sesuai dengan kondisi dan kemampuan Anda.  Jangan berlebihan dan jangan berbohong, sesuaikan dengan bukti dan dokumen pendukung yang memadai.

5. Atur Proporsi Cicilan

Hitung Kemampuan Mencicil Hutang via navut.com

Besar kemungkinan bank akan menolak permohonan pinjaman bila total cicilan utang Anda, melebihi sepertiga dari penghasilan setiap bulan. Pihak bank tak ingin Anda kesulitan membayar kebutuhan lain dan terpaksa mengambil porsi yang seharusnya digunakan untuk membayar cicilan utang. Artinya, bila saat ini total cicilan utang Anda sudah mencapai 30% dari penghasilan, kurangi dulu porsi cicilan utang tersebut.

Sebagai contoh, jika penghasilan Anda saat ini adalah Rp3 juta per bulan. Maka usahakan agar jumlah cicilan yang sedang Anda jalani, ditambah jumlah cicilan yang baru akan diajukan, tidak melebihi Rp1 juta.

Tips: Lakukan hitungan sederhana terhadap keuangan Anda.Berapa pemasukan dan pengeluaran Anda per bulan. Berapa besar dana yang Anda butuhkan dan berapa kesanggupan Anda untuk mencicil dana KTA per bulannya. Sesuaikan semuanya dengan kondisi keuangan Anda agar Anda tidak terjebak kredit macet yang membuat hidup Anda stres dan tidak bahagia.

Baca Juga: Mengenal Jenis Pinjaman Berdasarkan Jangka Waktu dan Penggunaannya

6. Mudah Dihubungi Pihak Bank

Kesuksesan aplikasi KTA Anda juga dipengaruhi dari nomor kontak yang Anda berikan kepada bank. Usahakan untuk memberikan nomor telepon yang selalu Anda gunakan, sehingga bank mudah menghubungi Anda guna memverifikasi data-data yang Anda berikan.

Tips: Pastikan nomor handphone yang Anda berikan masih aktif. Beritahu pihak bank jika Anda ingin dihubungi untuk jam-jam tertentu. Jangan sampai aplikasi Anda gagal gara-gara Anda sulit dihubungi oleh pihak bank.

Bijak Memilih Produk KTA

Pihak bank sangat ketat dalam menyeleksi kriteria nasabah dan kelengkapan dokumen. KTA merupakan salah produk perbankan yang didesain untuk menjadi salah satu solusi keuangan cepat. Oleh sebab itu, pilih produk KTA dengan bijak dan sesuaikan dana pinjaman dengan kebutuhan Anda.

Pastikan kemampuan Anda dalam melunasi hutang tidak berbanding terbalik dengan kebutuhan yang Anda miliki agar kredit yang cair nantinya tidak malah menambah beban keuangan Anda.

Baca Juga: 3 Solusi Jitu Jika Pembayaran Kredit Anda Macet