Kisah Ariel Noah dan Popularitasnya yang Tidak Pernah Pudar

Tampan dan berkharisma. Dua kata itu mungkin cocok untuk menggambarkan sosok Ariel Noah di mata para penggemarnya, khususnya kalangan perempuan. Meski sudah jarang tampil wara-wiri manggung di televisi, para penggemar setia tidak pernah beranjak dari sisinya. Mereka terus memberikan dukungan dan menantikan karya Ariel bersama Band Noah selanjutnya.

Sosok Ariel sendiri dikenal sebagai seorang penyanyi dengan suara khas yang sering dikategorikan seksi. Tidak hanya soal suara, kemampuan menulis lagu musisi satu ini juga tidak bisa diremehkan. Karyanya selalu berhasil membuat hati para pendengar lagunya meleleh karena sangat romantis dan puitis.

Bagi yang penasaran dengan sosok Ariel Noah, tidak perlu bingung. Cermati.com sudah merangkumkannya menjadi satu dari berbagai sumber. Yuk, simak ulasannya berikut ini:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Awal Bermusik dari Band SMP Sampai Jadi “Peterpan”

View this post on Instagram

A post shared by Ariel Noah (@ariel_inst) on

Pria bernama asli Nazril Ilham ini lahir di Pangkalan Brandan Langkat, Sumatera Utara pada 16 September 1981. Sejak kecil, kecintaan Ariel akan dunia musik memang sudah terlihat. Di bangku SMP, dia membentuk sebuah band bernama Pepermint bersama teman-temannya. Sayangnya, band tersebut hanya bertahan selama 7 bulan. Sejak saat itu, anak ketiga pasangan Nazrul Irphan dan Darlina Darwis itu beberapa kali membuat band baru yang juga tidak berumur panjang.

Awal karir Ariel masuk dunia rekaman sebenarnya dimulai dari Topi, salah satu band bentukannya yang bubar karena salah satu personilnya mundur. Dari band itu dia bertemu dengan Mohammad Kautsar Hikmat alias Uki dan Andika Naliputra Wirahardja atau yang dikenal dengan Andika The Titans. Mereka bertiga selalu bersama yang kemudian membentuk band baru yang diberi nama Peterpan. Sejak itu, mereka mulai manggung dari kafe ke kafe di daerah Bandung.

Nasib mujur membawa mereka bertemu dengan Noey, seorang produser. Berbekal penampilan dan vokal Ariel yang khas, Noey yang juga merupakan mantan personil Java Jive ini tertarik memasukkan lagu mereka dalam album kompilasi “Kisah 2002 Malam”. Akhirnya, album tersebut dirilis pada Juli 2002 dan lagu Mimpi yang Sempurna karya Peterpan berhasil menjadi andalan di album tersebut. Jalan menuju dunia rekaman pun terbuka lebar.

2. Mendapat Label Band Papan atas dari Karya Musik Terbaik

View this post on Instagram

A post shared by Ariel Noah (@ariel_inst) on

Tidak sampai satu tahun, album Peterpan bertajuk Taman Langit dirilis dan lagi-lagi berhasil memenangkan hati pecinta musik Indonesia. Sebanyak 650 ribu kopi berhasil terjual. Penghargaan Multi Platinum pun mereka dapatkan dan menjadikan Peterpan masuk dalam jajaran band papan atas. Tidak hanya Peterpan, keberhasilan itu juga mengangkat nama Ariel sebab memiliki parasnya yang tampan dan suara berkarakter menjadikan ia sebagai salah satu sosok idola baru di blantika musik Indonesia. Apalagi, lagu-lagu buatannya juga mengandung lirik yang sangat dalam dan mampu melelehkan hati para perempuan.

Bersama Peterpan, berbagai prestasi juga berhasil diraih, di antaranya:

- Menggelar Konser di 6 provinsi dalam waktu 24 jam berhasil mencatatkan diri di Museum Rekor Indonesia (MURI) pada 18 Juli 2004.

- Album Bintang Di Surga juga berhasil menembus angka penjualan 2 juta kopi dalam kurun waktu 6 bulan. Bahkan total akhir menembus angka 3 juta kopi.

- Anugerah Musik Indonesia (AMI) 2005, mendapatkan 11 nominasi dengan membawa pulang 7 penghargaan.

- Ajang MTV Asia Aid yang berlangsung di Bangkok, Peterpan terpilih menjadi artis favorit Indonesia.

- Album ketiga mereka OST Alexandria berhasil terjual 1 juta kopi.

Sayangnya setelah semua kesuksesan yang berhasil diraih, dua personil Peterpan Indra dan Andika hengkang dan membentuk grup baru. Nama Peterpan tidak lagi bisa digunakan Ariel untuk bandnya. Sebuah nama baru pun digunakan dan akhirnya resmi berganti nama menjadi Noah pada 2012. Bersama Noah pun terus mengembangkan karirnya.

Tidak hanya dalam dunia musik, mereka juga melebarkan sayap dengan merilis buku dan juga film. Di buku bertajuk 6903 Mil itu Noah menceritakan kesuksesan konser di 2 benua 5 negara yang baru mereka selesaikan. Sedangkan film Noah: Awal Semula menceritakan tentang jungkir balik perjalanan musik mereka. Pada tahun 2015, Noah juga sukses menggelar tur ke Amerika.

Ariel sendiri juga beberapa kali terlibat menjadi juri di ajang pencarian bakat. Dia juga sempat menjadi salah satu aktor dalam film Sang Pemimpi yang diadaptasi dari novel dengan judul serupa. Beberapa produk juga sempat memintanya untuk menjadi bintang iklan.

Baca Juga: Menguak Fakta Hamish Daud, Suami Raisa yang Ganteng dan Sukses

3. Sempat Terjerat Kasus

View this post on Instagram

A post shared by Ariel Noah (@ariel_inst) on

Meski karir musiknya terbilang sukses dan bergelimang harta, hidup Ariel tidak selamanya mulus. Pada 2010, Ariel terjerat kasus karena video pribadinya bersama Luna Maya dan Cut Tari tersebar di dunia Maya. Tepat pada 31 Januari 2011, sidang putusan Ariel akhirnya dibacakan di Pengadilan Negeri Bandung. Jaksa menjatuhkan hukuman kurungan 3,5 tahun dan denda Rp 350 Juta. Sempat mengajukan kasasi, permohonan Ariel tidak diterima oleh Mahkamah Agung. Mau tidak mau, karir musik Ariel di panggung hiburan harus terhenti.

Meski begitu, pesona Ariel di mata penggemarnya tidak pernah pudar. Terbukti, begitu keluar dari penjara, masyarakat bisa kembali menerima karyanya dengan baik. Bahkan Ariel bersama band Noah langsung memutuskan untuk melakukan tur ke dua benua lima negara dalam satu hari. Hal ini tentunya untuk mendobrak kembali nama Noah di hati masyarakat Indonesia maupun luar negeri yang menggemari Noah khususnya Ariel.

4. Jadi Pujaan Banyak Perempuan

View this post on Instagram

A post shared by Ariel Noah (@ariel_inst) on

Kharisma Ariel Noah tidak hanya membuat para fansnya bertekuk lutut. Artis cantik tanah air pun tidak luput dari magnet pesona pelantun Ada Apa Denganmu ini. Sejumlah artis papan atas Indonesia sempat dikabarkan dekat dengannya. Berikut beberapa deretan artis yang pernah terungkap sebagai kekasih Ariel.

Luna Maya, Dekat sejak tahun 2004, Luna dan Ariel mengalami hubungan pasang surut. Beberapa perempuan pun sempat dikabarkan hadir selama mereka menjalin hubungan.

Sarah Amalia, sosok wanita satu-satunya yang berhasil menyandang status sebagai istri Ariel hingga saat ini. Keduanya resmi menikah pada Januari 2005 dan memiliki seorang anak perempuan bernama Alleia Anata Irham. Sayangnya, pernikahan mereka harus berakhir pada 2008.

Andara Early, sempat menjadi perbincangan hangat di kalangan para fans. Kehamilannya yang kala itu masih bersuami dituding hasil hubungan gelapnya dengan Ariel yang juga masih suami Sarah Amelia. Apalagi, sang suami yang kemudian menceraikannya, Ferry Martawidjaja mengaku jika anak yang dilahirkan Andhara bukanlah anaknya. Melainkan anak seorang artis yang tengah naik daun saat itu. Meski tidak menyebut nama, banyak spekulasi yang menyebut jika anak tersebut adalah buah hati Ariel.

Aura Kasih, dikabarkan dekat dengan Ariel pada 2009. Padahal saat itu, Ariel diketahui kembali dekat dengan Luna usai bercerai dengan Sarah. Namun kala itu, Aura mengaku jika dirinya dekat dengan Ariel sebatas seorang teman saja.

Cut Tari, Kabar kedekatan keduanya sebenarnya tidak pernah muncul di publik. Apalagi, kala itu Cut Tari masih berstatus sebagai istri orang. Tetapi saat video pribadi Ariel bersama dirinya menyebar di internet, masyarakat baru mengetahui jika dua entertain ini pernah dekat.

Sophia Latjuba, menjadi pelabuhan hati Ariel selanjutnya. Sempat memilih menjalin kasih secara diam-diam, akhirnya kedua pasangan kekasih ini mengaku menjalin hubungan kepada publik. Perbedaan usia 11 tahun pun tidak menjadi halangan. Kemesraan mereka juga selalu menjadi perhatian bagi para fans. Bahkan digadang-gadang hubungan itu akan berlanjut sampai ke jenjang pernikahan. Tapi, hubungan mereka juga kandas pada awal 2018.

Pevita Pearce, kabar kedekatan Pevita Pearce dan Ariel sudah berhembus sejak pertengahan tahun 2018. Namun kala itu Pevita mengaku jika berita yang tersebar hanya berlebihan. Meski begitu keduanya sering kedapatan tengah jalan bareng dan hingga saat ini belum ada konfirmasi kejelasan mengenai hubungan keduanya. 

5. Punya Aset Mahal dari Sumber Penghasilannya

View this post on Instagram

A post shared by Ariel Noah (@ariel_inst) on

Menjadi salah satu seleb papan atas, tentu saja kekayaan Ariel tidak bisa diremehkan. Apalagi, sumber penghasilan Ariel bukan hanya dari menyanyi bersama Noah. Pria yang pernah kuliah di jurusan Arsitektur itu juga memiliki sumber penghasilan yang lain, di antaranya dari honor menjadi pemain film dan juri di ajang pencarian bakat.

Selain itu, kemampuannya dalam menghasilkan lagu-lagu berkualitas juga menjadikannya seorang pencipta lagu. Sebagian besar lagu-lagu Peterpan atau Noah juga merupakan hasil karya Ariel sendiri. Tentu saja sebagai seorang pencipta lagu ayah dari ini mendapatkan royalti. Kalau menghitung banyaknya lagu yang sudah diciptakannya, nggak kebayang jumlah royalti yang masuk ke rekeningnya.

Selain di dunia hiburan dan seni, rupanya Ariel juga melebarkan sayap penghasilannya ke dunia bisnis, khususnya Fashion. Sepatu dengan brand ARL pun menjadi sumber tambahan pundi-pundi bagi Ariel. Berbahan kanvas dan kulit, sepatu ini dibandrol mulai dari Rp 300 ribuan.

Dengan banyaknya sumber penghasilan dan pundi-pundi yang masuk ke rekening Ariel, wajar jika barang-barang yang dimilikinya tidak sembarangan. Diketahui jika Ariel memiliki aset rumah mewah yang terletak di Jakarta dan Bandung. Ada juga aset lain yang berharga fantastis yaitu motor gede (moge) kesayangannya BMW R Nine T seharga Rp600 jutaan dan kamera-kamera canggih yang sering digunakan Ariel juga berharga puluhan juta rupiah. Belum lagi, koleksi action figure yang mencapai jutaan rupiah perbuahnya. 

Baca Juga: Yuk, Intip Gaya Hidup Maia Estianty yang Semakin Mewah

Cepat Bangkit dan Meraih Sukses Apapun yang Terjadi

Setiap kehidupan pasti akan mengalami pasang surut atau roda perputaran. Ini sama halnya dengan kehidupan Ariel. Meskipun sempat jatuh dan terpuruk di puncak karirnya, tapi Ariel mampu untuk cepat bangkit dan kembali meraih kesuksesan. Janganlah berlama-lama terpuruk karena tidak ada gunanya untuk kelangsungan hidup. Lebih baik cepat bangkit kembali dan kejar kesuksesan di masa mendatang. Hal ini tentunya bisa dijadikan sebagai contoh buat kamu meraih sukses. Tetap semangat, jangan menyerah dan yakinlah kalau kamu bisa menggapai sukses!

Baca Juga: Roy Kiyoshi, Si Indigo Beken Ini Ternyata Punya Masa Lalu Pahit