Kisah Para Tokoh-Tokoh Bangsa Modern yang Rela Melepas Gaji Tinggi Demi Membangun Bangsa

Mungkin bagi sebagian besar orang, memiliki gaji yang tinggi merupakan sebuah kesuksesan dalam dunia kerja. Dengan gaji tinggi serta posisi yang teratas dalam sebuah perusahaan, menjadi impian tersendiri. Bahkan tidak jarang jika banyak orang yang menargetkan hal tersebut dalam berkarier.

Namun, tidak semua orang memiliki prinsip tersebut, ada sebagian kecil yang tidak menargetkan gaji tinggi di dalam pekerjaannya. Bahkan beberapa diantaranya rela untuk mengesampingkan gaji yang tinggi demi melakukan hal-hal yang dapat memberikan nilai positif, terutama bagi Bangsa dan Negaranya.

Jika dahulu terdapat kisah-kisah pahlawan yang rela berjuang demi kemerdekaan Indonesia. Saat ini kisah-kisah tokoh bangsa ini mungkin dapat dijadikan panutan karena rela melepas karier dan gaji yang tinggi demi membangun Bangsa Indonesia.

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

1. B.J Habibie

B.J. Habibie
B.J. Habibie via bisnissulawesi.com

B.J Habibie merupakan salah satu tokoh Bangsa Indonesia yang patut ditiru. Kisahnya yang rela meninggalkan jabatan tinggi bahkan menjadi warga Negara kehormatan di Jerman untuk kembali lagi pulang ke tanah air di era Soeharto patut untuk dijadikan panutan.

B.J Habibie merupakan lulusan RWTH Achen yang ada di Jerman Barat, yang merupakan studi untuk teknik penerbangan khususnya konstruksi pesawat terbang. Karena kemampuan otaknya yang cemerlang dan prestasinya yang tinggi, kariernya cukup menanjak bahkan sempat menjadi Vice President dan Direktur Teknologi MBB pada tahun 1973-1978.

Namun, pada tahun 1978, Habibie diminta kembali pulang ke tanah air atas permintaan Soeharto untuk menjabat penasehat pemerintahan pada bidang teknologi pesawat terbang serta teknologi tinggi. Dan pada tahun 1978 diangkat menjaid Menristek. Habibie rela melepaskan karier nya di Jerman untuk fokus membangun industry pesawat terbang di Indonesia. Bahkan Habibie juga sempat menolak tawaran untuk menjadi warga Negara kehormatan di Jerman dan memilih setia menjadi WNI.

Baca Juga: 8 Kisah Inspiratif Pengusaha Sukses Indonesia

2. Sri Mulyani Indrawati

sri mulyani
Sri Mulyani via financeasia.com

Sri Mulayni merupakan wanita sekaligus orang Indonesia yang pertama kali menjadi Direktur Pelaksana Bank Dunia pada tahun 2010. Namun saat terjadi perombakan kabinet jilid II, Presiden Joko Widodo meminta Sri Mulyani untuk kembali lagi ke tanah air dan menjabat sebagai Menteri Keuangan.  Atas permintaan tersebut, Sri Mulyani rela untuk hijrah ke Jakarta dari Washington DC bahkan meninggalkan gaji yang begitu tinggi hingga 250 juta/bulan.

Jumlah pendapatan yang Beliau terima saat bekerja menjadi bank Dunia tentunya masih jauh dibandingkan pendapatan yang diterimanya ketika menjabat Menteri Keuangan. Namun hal tersebut tidak menyulutkan keinginannya untuk berbakti kepada Bangsa Indonesia.

3. Martha Tilaar

Martha Tilaar via ciputrauceo.net
Martha Tilaar via ciputrauceo.net

Sosok Martha Tilaar memang tidak asing lagi di dalam dunia kecantikan di Indonesia. Namanya begitu lekat dengan brand Sariayu, yang merupakan kosmetik asli dari Indonesia. Beliau hijrah ke Amerika karena mengikuti suaminya, yaitu Dr. Henry A. Rudolf Tilaar. Disana beliau belajar lebih dalam mengenai kecantikan bahkan bekerja di Campes Beauty Salon, Universitas Indiana kurang lebih selama 3 tahun.

Bahkan Martha sendiri tidak segan untuk pergi ke Negara-negara di Eropa untuk belajar tentang ramuan kecantikan. Setelah itu beliau kembali lagi ke Indonesia dan mendirikan Martha Griya Salon yang mana memperkenalkan tentang perawatan tradisonal yang kini berkembang pesat dan populer sebagai PT. Sari Ayu.

4. Arcandra Tahar

Arcandra Tahar
Arcandra Tahar via imcnews.id

Arcandra Tahar adalah salah satu ahli kilang lepas pantai (offshore), bahkan beliau pernah menjabat sebagai Presiden Direktur Petroneering yang ada di Houston, perusahaan pengembangan teknologi dan engineering. Dengan pengalamannya hingga 14 tahun pada bidang offshore dan hidrodinamika, beliau memang cukup populer di bidangnya. Bahkan gaji rata-rata yang didapatkan dari jabatan Presiden Direktur dapat mencapai 1,77 Milliar Rupiah setiap tahunnya.

Namun, karena permintaan Presiden Jokowi, beliau kembali lagi ke tanah air dan menjabat sebagai Menteri ESDM yang mungkin gajinya berada di bawah dari nilai tersebut.

5. Iwan Setiawan

Iwan Setiawan 9 Summer 10 Autumns
Iwan Setiawan via adenursaadah. com

Berhasil meniti karier hingga 10 tahun di New York, Iwan Setiawan kembali lagi ke tanah airnya Indonesia untuk membangun kampung halamannya yang ada di Kota Malang. Iwan Setiawan merupakan penulis Novel “9 Summer 10 Autumns”. Iwan Setiawan sendiri adalah lulus terbaik Departemen Statistika dan bekerja selama 3 tahun di Nielsen dan Danareksa Research sebagai salah satu data analisis.

Bahkan beliau juga pernah menjabat sebagai Senior Manager Operations di Amerika. Namun setelah 10 tahun berkarier di Amerika, Iwan Setiawan kembali lagi ke Kota Malang dan membangun kembali kampung halamnnya di Kota Malang. Bahkan beliau juga menuliskan kisahnya dalam novel best seller “9 Summer 10 Autumns”

Baca Juga: 8 Orang Wanita Inspiratif di Dunia

Gaji dan Status Tinggi Bukanlah Patokan Kesuksesan

Banyak orang yang mungkin berpikri jika memiliki gaji dan status yang tinggi adalah standar dari kesuksesan dalam kehidupan. Namun yang lebih penting adalah bagaimana hal yang kita lakukan dapat memberikan dampak positif, tidak hanya bagi diri sendiri namun juga demi Bangsa dan tanah air.

Baca Juga: Quote Orang Sukses Ini Bisa Membuat Hidup 2018 Lebih Baik