Kisah Sukses Raline Shah, Wanita Cerdas yang Tak Mengandalkan Kekayaan Keluarganya

Kebanyakan anak yang terlahir di tengah-tengah keluarga kaya raya, tentunya ada pemikiran untuk tidak perlu lagi susah payah bekerja keras mencari rezeki dan meraih impian. Sebab, ada keluarga yang nantinya bisa memenuhi semua kebutuhan hingga keinginannya.

Hal ini tidak bagi artis cantik Raline Shah. Terlahir dari keluarga kaya raya tidak membuat kehidupan Raline berpangku tangan. Mengawali karier dari kontes kecantikan kemudian namanya langsung bersinar di dunia hiburan Indonesia. Tidak hanya berparas cantik, wanita yang sering disapa Raline ini juga dikenal sebagai pribadi yang cerdas, salah satunya ia mampu menguasai beberapa bahasa asing. Wajar jika banyak yang mengidolakan dirinya.

Bagi yang penasaran seperti apa sosok Raline, Cermati.com sudah merangkum ulasannya dari berbagai sumber berikut ini:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Berasal Dari Keluarga Terpandang di Sumatera Utara

View this post on Instagram

A post shared by Raline Shah (@ralineshah) on

Wanita yang memiliki nama lengkap Raline Rahmat Shah ini memulai karier di dunia hiburan melalui ajang pemilihan Putri Sumatera Utara pada 2008. Berhasil keluar menjadi pemenang, Raline berangkat ke Jakarta untuk mewakili provinsi Sumatera Utara di ajang pemilihan Putri Indonesia.

Meskipun tidak menyabet sebagai juara, perempuan kelahiran 4 Maret 1985 ini berhasil masuk sebagai finalis di ajang tersebut. Dari situ, tawaran untuk terjun di dunia hiburan pun berdatangan. Mulai dari menjadi bintang iklan, MC Program hingga bintang film.

Terlahir di Jakarta, anak sulung dari tiga bersaudara ini menghabiskan masa SMP nya di Medan dan setelah lulus langsung pindah ke Singapura melanjutkan sekolahnya. Kemudian pada 2004, di National University of Singapore, Raline berhasil mendapatkan Bachelor of Arts untuk Political Science and New Media & Communication.

Jika menengok dari latar belakang keluarganya, politik memang bukan hal yang asing bagi Raline. Pamannya, Ajib Shah pernah tercatat sebagai Ketua DPRD Sumatera Utara. Musa Rajekshah yang merupakan sepupu Raline juga menjabat sebagai Wakil Gubernur Sumatera Utara.

Bahkan sang ayah, Rahmat Shah merupakan mantan anggota MPR dari Sumatera Utara. Tidak hanya itu, Rahmat juga seorang diplomat, konsulat Kehormatan Turki di Medan dan sekaligus pengusaha terpandang di Sumatera Utara. Tidak heran jika sejak kecil artis yang sempat dikabarkan dekat dengan dengan Fedi Nuril itu sudah hidup berkecukupan.

Baca Juga: Lucinta Luna Makin Tajir, Ini Koleksi Barang Mahal Miliknya

Suka Berbagi dan Penggemar Kain Tradisional

View this post on Instagram

A post shared by Raline Shah (@ralineshah) on

Lahir dari keluarga terpandang tidak berarti jika Raline jadi sosok yang sombong, justru Raline sangat gemar beramal. Hal itu rupanya berkat ajaran dan didikan kedua orang tuanya sejak ia masih kecil. Sang ibu, Rosaline Shah memiliki sebuah yayasan pendidikan yang ditujukan bagi anak-anak dengan disabilitas. Sementara sang ayah adalah ketua Palang Merah Indonesia Sumatera Utara.

Berbagi pun sudah menjadi hal yang biasa bagi Raline. Namun bagi pemain sinetron Jinny Oh Jinny tersebut, berbagi tidak selalu harus materi. Bisa dengan menginspirasi atau berbagi untuk lingkungan sekitar. Dia juga pernah menjadi relawan di Three Little Angels. Dari sanalah Raline kemudian mendirikan Rumah Harapan Indonesia. Lewat rumah singgah tersebut, pembawa acara Kitchen Beib itu ingin menunjukkan jika hal besar bisa dilakukan melalui effort dan biaya kecil.

Selain memiliki jiwa sosial yang tinggi, Raline rupanya merupakan penggemar kain tradisional Indonesia. Melalui tangan-tangan desainer langganannya, pemain film Terpana itu selalu membuat busana yang berasal dari bahan kain tradisional. Baginya, seorang selebritas memiliki peran penting dalam memperkenalkan busana karya Indonesia di kancah internasional.

Raih Banyak Penghargaan

View this post on Instagram

A post shared by Raline Shah (@ralineshah) on

Raline memang dikenal dengan sosok cantik dan juga cerdas. Beberapa bahasa asing, seperti Inggris dan Perancis dikuasainya dengan baik. Tidak heran jika dirinya pernah bekerja di Kedutaan Besar Republik Indonesia sebagai MC for tourism event.

Tidak hanya itu, pada tahun 2004 pemain Polis Evo 2 ini juga pernah memenangkan Gold International Youth Award. Dalam ajang pemilihan Putri Indonesia 2008, Raline juga berhasil membawa pulang gelar sebagai Putri Favorite.

Menyoal seni peran, Raline juga pernah masuk dalam berbagai nominasi penghargaan, di antaranya sebagai Pemeran Pembantu Wanita Terpuji di Festival Film Bandung 2014 untuk perannya sebagai Fatma di 99 Cahaya di Langit Eropa. Sementara dalam dua serial film Surga yang Tak Dirindukan, namanya masuk dalam banyak nominasi sebagai pemeran pembantu maupun pemeran pendukung di beberapa Festival Film. Mulai dari Festival Film Bandung Festival Film Indonesia, dan Indonesia Box Office Movie Awards. Dari berbagai nominasi tersebut, Raline berhasil membawa pulang piala sebagai Pemeran Pembantu Wanita Terpuji di Festival Film Bandung 2015.

Baca Juga: Yuk, Intip Gaya Hidup Maia Estianty yang Semakin Mewah

Punya Banyak Sumber Penghasilan

View this post on Instagram

A post shared by Raline Shah (@ralineshah) on

Menyandang nama Shah yang cukup terpandang di Sumatera Utara tidak lantas membuat Raline bergantung. Dengan kemampuannya sendiri, Raline berhasil meraup banyak pundi-pundi rupiah dari berbagai sumber, yaitu:

1. Aktif di Dunia Seni Peran

Nama Raline Shah melejit di dunia hiburan setelah dirinya tampil menjadi Riani dalam film adaptasi novel bertajuk 5 cm. Ditayangkan pada 2012, film ini terbilang sukses dengan ditonton oleh 2,3 juta orang. Kepopuleran film ini pun turut mengangkat nama Raline di dunia seni peran.

Wajahnya yang menawan dan akting yang apik membuat para Sutradara kembali mempercayakannya untuk bermain film di tahun-tahun berikutnya. Setiap tahun, selalu ada setidaknya satu judul film layar lebar yang dibintangi. Hingga Maret 2019 ini, tercatat ada 9 film yang telah dia bintangi.

2. Menjadi Model Catwalk dan Video Klip

Memiliki tubuh yang ideal dengan tinggi badan 171 cm membuat Raline juga dipercaya untuk membawakan rancangan para desainer di atas catwalk. Dalam beberapa acara pagelaran busana, Raline selalu terlihat memukau mengenakan pakaian karya desainer kenamaan.

Selain itu, Raline juga dipercaya beberapa musisi untuk tampil di Video klip mereka. Artis-artis papan atas seperti Anji, Ungu, Iskandar Widjaja, Andre Hehanusa dan Supernova pernah menggunakan jasanya untuk menjadi model video klip.

3. Bintang Iklan

Paras cantik, kulit putih dan bersih, rambut yang indah dan badan yang tinggi merupakan paket lengkap yang dimiliki Raline. Hal ini membuat tidak hanya membuat para sutradara tertarik, tapi para perusahaan-perusahaan ternama juga turut meliriknya untuk mengajak kerja sama Raline menjadi  bintang iklan. Ada banyak produk kecantikan yang menggunakan jasanya untuk iklan, termasuk juga produk makanan, provider telepon seluler dan telepon genggam.

4. Penyanyi

Rupanya pemain film 99 Cahaya di Langit Eropa ini juga memiliki suara merdu. Bersama dengan Marcell Siahaan, Raline sempat mengeluarkan single berjudul Jadi Milikku. Salah satu Soundtrack film Surga yang Tak Dirindukan yang dimainkan juga dinyanyikan oleh Raline. Kabarnya, Raline juga akan merilis album sebagai bukti keseriusannya.

5. Bisnis

Meraup banyak pundi-pundi dari dunia hiburan tidak membuat Raline untuk hidup berfoya-foya. Memikirkan masa depan yang cerah, dia pun menginvestasikan penghasilannya untuk membuka sebuah bisnis studio fitness yang berfokus pada pilates, studio tersebut diakui Raline memberikan keuntungan yang cukup lumayan. Apalagi, member tetapnya terbilang sudah banyak.

Tidak hanya di dunia olahraga. Artis yang dekat dengan Seungri Big Bang ini  juga menjajal peruntungan di dunia fashion. Bekerja sama dengan sebuah online shop, dia mempromosikan busana desain milik Raline.

6. Komisaris Independen Air Asia

Agustus 2017 nama Raline Shah menghebohkan publik. Hal itu terjadi setelah pihak Air Asia mengumumkan jika Raline adalah Komisaris Independen perusahaan tersebut. Menurut Tony Fernandez, yang merupakan bos perusahaan penerbangan itu, Raline dipilih setelah mendapat persetujuan dari para pemegang saham. Apalagi, sosoknya dianggap berbakat, independen serta cerdas.

Raih Masa Depanmu!

Kesuksesan tidak hanya bisa diraih oleh orang-orang yang berkecukupan saja, tapi kamu yang harus berjuang dari bawah juga bisa meraih sukses hingga tinggi. Hal ini tentunya berkat adanya dorongan yang kuat untuk menggapainya. Selain niat dan dukungan dari orang terdekat, kamu juga harus kerja keras, dan pantang menyerah. Teruslah manfaatkan waktu semaksimal mungkin untuk belajar banyak hal dan ciptakan banyak karya, hingga pada akhirnya akan banyak orang yang mengenal.

Baca Juga: Kisah Ariel Noah dan Popularitasnya yang Tidak Pernah Pudar