Konsisten dengan Mimpi, Jadi Kunci Kesuksesan Isyana Sarasvati

Isyana Sarasvati mulai dikenal luas masyarakat sejak muncul di media sosial meng-cover berbagai lagu. Namanya semakin dikenal saat membawakan single Keep Being You pada 2014. Tidak lama setelah mengeluarkan single, Isyana langsung melemparkan album yang laris manis dipasaran pada 2015.

Tidak hanya album laris di pasaran, berbagai penghargaan juga berhasil diraih tidak lama kemudian. Meski baru dikenal masyarakat Indonesia pada 2014, karir Isyana di dunia musik ternyata sudah lama dimulai tetapi bukan dari dunia tarik suara.

Penasaran seperti apa perjalanan karir Isyana sampai bisa terkenal seperti sekarang? ini dia fakta-fakta dari berbagai sumber tentang penyanyi cantik Isyana untuk kalian:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Terbiasa dengan Musik Sejak Kecil

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Isyana Sarasvati (@isyanasarasvati) pada

Memiliki kemampuan mengagumkan di dunia musik bukan datang begitu saja dalam kehidupan Isyana. Selain memang bakat dan adanya darah musik di dalam tubuhnya, sejak kecil pelantun tembang Kau Adalah ini juga sudah terpapar musik.

Sang ibu yang merupakan seorang guru musik klasik sudah mulai mengenalkannya sejak Isyana masih berada dalam kandungan. Berbagai musik klasik sering diperdengarkan. Saat usianya empat tahun, pengenalan terhadap musik itu semakin intens dilakukan. Berbagai jenis alat musik pun diajarkan pada adik kandung Rara Sekar ini. Mulai dari elektone, piano, biola, flute  hingga saksofon. Semua bisa dimainkan. Kecintaan Isyana terhadap dunia musik, terutama klasik terus berkembang.

Dari sejak saat itu pun, Isyana langsung mantap jika saat dewasa nanti dirinya akan memilih karir di dunia musik. Hal itu sudah diungkapkan dara kelahiran Bandung 2 Mei 1993 tersebut sejak kelas 1 SD. Di saat teman-temannya masih memiliki cita-cita umum seperti menjadi polisi, dokter atau astronot, Isyana sudah memutuskan untuk menjadi seorang komposer.

Pada usia itu, bakat lulusan Nanyang Academy of Fine Art ini juga sudah terlihat jelas. Di umur yang masih belia, Isyana sudah bisa menciptakan lagu untuk dia nyanyikan sendiri. Tentu saja melihat bakat putri bungsunya itu, pasangan Sapta Dwikardana dan Luana Marpanda memberikan dukungan secara penuh. Tetapi mereka tidak pernah memaksakan akan menjadi apa ketika dirinya sudah dewasa. Semua murni keinginan dan impian Isyana sendiri.

Dukungan dari kedua orang tua itu pun membuat Isyana semakin bertekad untuk merealisasikan cita-citanya. Keinginannya begitu kuat untuk bisa melanjutkan pendidikan di sekolah musik. Isyana sendiri tidak pernah merasa puas untuk belajar musik. Berbagai cara dia lakukan untuk mengasah kemampuan, termasuk rajin mengikuti audisi.

Di bangku SMP, kemampuan Isyana dalam bermusik semakin terlihat. Berbagai lomba yang dia ikuti berhasil dimenangkan. Diantaranya kompetisi piano, kompetisi vokal di Singapura dan Indonesia, serta menjadi nominasi dari berbagai kompetisi musik lain.

Namun di masa kecil, Isyana ternyata merupakan sosok yang terbilang tertutup. Waktunya lebih banyak dihabiskan untuk musik. Bersosialisasi bukan  menjadi keahliannya kala itu. Televisi juga tidak pernah jadi teman. Seolah memang hidupnya hanya untuk bermusik. Apalagi sewaktu kecil, Isyana lebih banyak menghabiskan waktu di Belgia karena kedua orang tuanya yang melanjutkan pendidikan di sana. Bahasa Belanda jadi lebih familiar di lidahnya dibanding Indonesia.

Mendapatkan Beasiswa Sekolah Musik di Singapura

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Isyana Sarasvati (@isyanasarasvati) pada

Beranjak ke bangku SMA, keinginan Isyana untuk bisa meneruskan ke sekolah musik semakin dekat. Lulus audisi Nanyang Academy of Fine Art (NAFA) yang berada di Singapura, dia lantas mendapat beasiswa untuk menempuh pendidikan di sana. Meski saat itu masih belum lulus, Isyana sudah bisa melanjutkan tanpa perlu menamatkan SMA.

Bungsu dua bersaudara ini pun merasa sangat senang. Bukan hanya karena bisa melanjutkan pendidikan di sekolah musik seperti mimpinya. Tetapi juga karena dia tidak perlu mengikuti ujian nasional untuk menyelesaikan SMA.

Selama menempuh pendidikan di NAFA, Isyana belajar tentang komposisi musik dan juga pipe organ. Selain kuliah, pelantun tembang Winter Song ini juga menjadi guru les selama berada di sana. Selain mengasah kemampuan, juga sekalian untuk menambah uang saku. Pada 2013, dia pun berhasil lulus dengan gelar diploma dan predikat cumlaude.

Prestasi cemerlang yang ditunjukkan Isyana saat berada di NAFA membuat dirinya kembali mendapat tawaran beasiswa. Kali ini, tawaran itu datang dari Inggris. Di Royal College of Music Isyana kembali berhasil lulus dengan menyandang predikat cum laude.

Baca Juga: Perjalanan Karier Friderica Widyasari, dari Artis Jadi Srikandi Pasar Modal

Langsung Melejit Sejak Single Pertama

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Isyana Sarasvati (@isyanasarasvati) pada

Menghabiskan banyak waktu menyelesaikan pendidikan di luar negeri, Isyana baru memulai karir di blantika musik Indonesia pada 2013. Namun namanya sudah mulai dikenal publik saat mengiringi sang kakak, Rara Sekar Larasati mengcover lagu di Youtube pada 2012. Saat itu kolaborasi keduanya mendapat tanggapan positif. Isyana pun jadi kepincut untuk ikutan mengcover lagu.

Beberapa lagu yang sempat dicover oleh dara cantik  berusia 24 tahun itu diantaranya adalah Hummigbird milik Katy Perry, I Will Fly milik Ten 2 Five dan Rock With You dari Michael Jackson. Semua lagu itu pun dibawakan sesuai dengan karakter dan vokal Isyana.

Setelah melakukan beberapa cover lagu milik orang lain, akhirnya Single pertama berjudul Keep Being You diluncurkan Oktober 2014. Suara merdu dan lirik yang ear catching membuat Isyana menjadi idola baru di kalangan penggemar musik Indonesia. Lima bulan kemudian single kedua kembali dirilis. Seperti single pertama, lagu berjudul Tetap Dalam Jiwa  ini pun sukses di pasaran. Bahkan lebih populer dibanding yang pertama. Pada Oktober 2015, album perdana bertajuk Explore! yang sudah dinantikan Isyana selama setahun resmi diluncurkan.

Di album pertama ini, Isyana tidak hanya unjuk gigi soal kemampuan bernyanyi, tetapi juga soal menulis lagu. Sebab, dari sepuluh lagu yang ada di dalamnya, Isyana terlibat dalam pembuatan sembilan lagu. Hanya satu lagu saja yang diterima Isyana tanpa ikut campur membuatnya. Yakni Kau Adalah yang dinyanyikan duet bersama Rayi Putra.

Bermodalkan dua single dan satu album tersebut, nama Isyana langsung meroket. Dia pun disejajarkan dengan para penyanyi wanita solo yang tengah beken saat itu, Raisa Andriana. Berkat single dan album tersebut, Isyana juga meraih berbagai penghargaan musik di Indonesia. Selang setahun setelahnya, pelantun tembang Mimpi ini  mengeluarkan album Explore! Special Edition. Di dalam album ini, Isyana mengaransemen ulang beberapa lagu lawasnya dan menambahkan satu lagu baru hasil ciptaannya.

Pada tahun 2017, album kedua milik pemain film Milly & Mamet ini kembali diluncurkan. Jika inspirasi lagu dari album pertama berasal dari khayalan dan curhatan, album bertajuk Paradox ini diangkat dari pengalaman pribadinya. Lirik yang ditulis pun mengandung emosi yang didapat dari pengalaman dan mencerminkan kepribadian seorang Isyana Sarasvati. Di album yang resmi dilaunching pada September 2017 ini, Isyana juga semakin menunjukkan kemampuannya dalam membuat lagu.

Sepuluh lagu yang ada di dalamnya pun merupakan hasil karya pribadinya. Bahkan, satu lagu bertajuk Sekali Lagi yang juga menjadi soundtrack film Critical Eleven ini, Isyana memproduserinya sendiri. Sedangkan beberapa lagu lainnya, pembuatannya dibantu oleh produser asal Swedia.

Selain semua lagu merupakan hasil ciptaannya, hal istimewa lain di album ini adalah adanya kolaborasi antara dirinya dengan Raisa. Sejak kemunculannya, Isyana memang sering dibandingkan dengan istri Hamish Daud tersebut. Sebab, keduanya sama-sama cantik dan bertalenta. Melalui duet itu pun mereka seolah menjawab perbandingan yang selama ini beredar di masyarakat.

Melalui lagu Anganku Anganmu yang juga menjadi single andalan di Album ini, dua solois cantik itu ingin menunjukkan tentang kekuatan perempuan. Selain dengan single tersebut, melalui sebuah Showcase, Isyana dan Raisa juga memberikan kejutan lain kepada para penggemar.

Melebarkan Sayap Jadi Bintang Iklan dan Pemain Film

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Isyana Sarasvati (@isyanasarasvati) pada

Melambungnya nama Isyana di dunia tarik suara tentu membuat dirinya juga dilirik untuk menjadi bintang iklan. Apalagi parasnya begitu rupawan dan memiliki penggemar di kalangan muda mudi yang cukup banyak. Mulai dari perusahaan makanan, produk kecantikan, hingga brand gadget terkenal pun menggandengnya untuk menjadi bintang/model  iklan yang mereka buat. Beberapa diantaranya bahkan menunjuk Isyana untuk menjadi brand ambassador.

Selain dunia iklan, pelantun tembang  Winter Song ini juga merambah dunia seni peran. Sejak kemunculan namanya di blantika musik tanah air, Isyana sebenarnya sudah banyak mendapatkan tawaran untuk bermain sinetron. Tetapi semuanya dia tolak. Sebab, jika dirinya terjun menjadi pemain sinetron, waktunya untuk bermusik akan banyak berkurang.

Namun pada tahun 2018, dia mendapat tawaran dari Ernest Prakasa untuk turut terlibat dalam film buatannya, Milly dan Mamet. Kali ini, bukan hanya sebagai pengisi soundtrack, tetapi juga turut andil menjadi pemain. Sekilas membaca karakter yang akan dimainkan, Isyana pun setuju untuk memerannkanya.

Ini merupakan debut perdananya dalam dunia seni peran. Film pertama yang menunjukkan kemampuan Isyana dalam berakting. Tidak memiliki latar belakang dalam dunia seni peran, tentu membuat Isyana perlu melakukan take beberapa kali meski hanya mendapatkan peran kecil. Meski begitu, pemeran Rika ini mengaku senang bisa terlibat.

Meraih Banyak Penghargaan di Dunia Musik

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Isyana Sarasvati (@isyanasarasvati) pada

Selain populer dan cantik, Isyana juga menorehkan banyak prestasi di dunia musik. Bahkan sebelum menorehkan namanya menjadi penyanyi solo wanita di Indonesia, bungsu dua bersaudara ini sudah mengantongi berbagai penghargaan.

Diumurnya yang baru menginjak sembilan tahun, Isyana berhasil membawa pulang gelar juara dalam Festival Electone se Jawa Barat. Dia juga berkesempatan menjadi salah satu penampil di Yamaha Electone Concours (YEC) di Tokyo Jepang pada 2012. Isyana menjadi salah satu dari 15 komposer elektone dunia yang terpilih. Bahkan dalam ajang Grand Prix Asia Pasific Electone Festival, dirinya berhasil menyabet tiga kali juara pada 2005, 2008 dan 2011.

Gelar juara juga diraih Isyana saat mengikuti 6th Tan Ngiang Kaw/Tan Ngiang Ann Memorial Vocal Competition di Singapura pada 2012. Di tahun berikutnya, dara 25 tahun ini juga menyabet juara pertama kategori profesional di Kompetisi Vokal Nasional Tembang Puitik Ananda Sukarlan.

Prestasi itu pun semakin bertambah saat dirinya memulai karir musik di tanah air. Sejak kemunculannya dengan single Keep Being You, berbagai penghargaan musik bergengsi tanah Air juga membanjirinya. Melalui single Tetap Dalam Jiwa, Isyana berhasil memboyong penghargaan sebagai Pendatang Baru Terbaik Terbaik oleh Anugerah Musik Indonesia pada 2015. Diajang yang sama, dia juga membawa pulang penghargaan sebagai Best Soul/R&B Male/Female Solo Artist.

Aplikasi musik iTunes Indonesia juga menghadiahinya gelar artis pendatang baru terbaik di tahun tersebut. Bahkan pada tahun 2016, Pemerintah memberinya penghargaan Anugerah Kekayaan Intelektual Nasional di bidang Hak Cipta dan Hak Terkait.

Baca Juga: Daftar Artis Thailand Tercantik dengan Bayaran Termahal

Menjadi Inspirasi untuk Bagi Para Pengejar Mimpi di Usia Muda

Masih muda, cantik dan penuh prestasi. Tidak salah jika hal ini bisa menjadi inspirasi bagi kawula muda yang masih berusaha meraih mimpi. Konsisten dengan mimpi yang ingin diraih akan memudahkan untuk membuatnya menjadi realita. Untuk Kamu para milenials, jangan pernah menyerah untuk selalu berusaha meraih mimpi ya. Semangat terus!

Baca Juga: 8 Artis Ini Makin Tajir Berkat Investasi Saham