KPR Mandiri: Macam Produk dan Keunggulannya

Memiliki rumah memang menjadi dambaan dan impian setiap orang. Apalagi saat ini harga rumah yang kian tinggi membuat impian memiliki rumah harus diperjuangkan dengan sangat keras. Namun untungnya sekarang telah ada sebuah fasilitas kredit dari perbankan yang bernama KPR (Kredit Kepemilikan Rumah). Dengan adanya KPR ini, tentu saja akan membuat masyarakat akan lebih dimudahkan untuk memiliki rumah impian mereka. Salah satu perbankan yang menyediakan fasilitas kredit KPR di Indonesia adalah Bank Mandiri. Seperti apakah kredit KPR Bank Mandiri ini sebenarnya? Berikut ulasannya.

Apa itu KPR Mandiri?

Bak Mandiri - Mandiri KPR

Bank Mandiri via jakartakita.com

 

Sebelum membahas lebih detail tentang bagaimana menghitung kredit rumah dengan KPR Mandiri, alangkah baiknya kita perlu mengetahui seluk beluk KPR Mandiri itu sendiri. KPR Mandiri atau Mandiri KPR sendiri adalah kredit pemilikan rumah yang disediakan oleh Bank Mandiri yang diberikan kepada perorangan untuk keperluan pembelian rumah tinggal, apartemen, ruko atau rukan yang dijual melalui developer atau non developer.

Macam Produk KPR Mandiri

Produk KPR - KPR Mandiri

Layanan KPR via yourcorner.com.au

 

Dengan memilih Mandiri KPR, maka Anda akan memiliki beragam fitur dan keunggulan yang dapat dipilih sesuai kebutuhan Anda. Beberapa macam produk dari KPR Mandiri tersebut diantaranya adalah:

1. Mandiri KPR Duo

Fitur dan keunggulan pertama dari KPR Mandiri adalah Mandiri KPR Duo. Mandiri KPR Duo adalah fasilitas Mandiri KPR yang dipergunakan untuk pembelian rumah tinggal, apartemen atau ruko dengan kondisi baru di proyek developer sekaligus pembelian mobil, motor, furniture atau home appliances.

2. Mandiri KPR Take Over

Mandiri KPR Take Over merupakan fitur dan keunggulan dari KPR Mandiri berikutnya yang merupakan fasilitas Mandiri KPR yang dipergunakan untuk pemindahan fasilitas kredit sejenis dari bank lain dan dapatkan dana tambahan untuk berbagai keperluan konsumtif.

3. Mandiri KPR Flexible

Selanjutnya, fitur dan keunggulan dari KPR Mandiri adalah Mandiri KPR Flexible. Fitur Mandiri KPR Flexible sendiri adalah fasilitas Mandiri KPR yang dipergunakan untuk keperluan pembelian rumah tinggal, ruko, rukan atau apartemen dengan sistem pembayaran angsuran yang fleksibel yaitu tersedianya rekening flexible (revolving) selama jangka waktu tertentu atas sebagian tertentu dari limit kredit yang diperoleh.

4. Mandiri KPR Angsuran Berjenjang

Terakhir, fitur dan keunggulan KPR Mandiri bernama Mandiri KPR Angsuran Berjenjang. Mandiri KPR Angsuran Berjenjang adalah fasilitas Mandiri KPR yang diperuntukkan hanya bagi karyawan atau pegawai untuk keperluan pembelian rumah yang memberikan keringanan berupa penundaan pembayaran sebagian angsuran pokok sampai tahun ke-3, sehingga pada tahun ke-4 angsuran kembali normal.

Baca Juga: Mau Investasi Properti? Ini Dia Manfaat dan kelemahannya

Keuntungan Mandiri KPR

Keuntungan KPR - Mandiri KPR

Keuntungan yang Didapat via printcart.com

 

Selain empat fitur dan keunggulan yang ada pada Mandiri KPR yang bisa Anda dapatkan, dengan bergabung pada Mandiri KPR, Anda juga dapat mendapatkan beberapa keuntungan seperti :

  • Suku bunga kompetitif.
  • Proses cepat dan mudah.
  • Uang muka ringan.
  • Jangka waktu fleksibel hingga 15 tahun.
  • Bank Mandiri telah bekerjasama dengan lebih dari 700 proyek developer di seluruh Indonesia dan tersedia berbagai program menarik untuk di proyek-proyek tersebut.

Persyaratan Pengajuan Mandiri KPR

Syarat dan Kondisi - Mandiri KPR

Syarat yang Mesti Dipenuhi via jgpestcontrol.co.uk

 

  1. Warga Negara Indonesia (WNI) dan berdomisili di Indonesia.
  2. Umur minimal 21 tahun, pada saat kredit berakhir maksimal 55 tahun (pegawai) dan maksimal 60 tahun (profesional/wiraswasta)
  3. Memiliki Pekerjaan dan Penghasilan Tetap sebagai pegawai tetap/wiraswasta/profesional dengan masa kerja/usaha minimal 1 tahun (pegawai) atau 2 tahun (profesional/wiraswasta)
  4. Syarat Dokumen umum yang perlu disiapkan pegawai, profesional dan wiraswasta yaitu fotocopy KTP, fotocopy surat nikah/cerai, fotocopy kartu keluarga, fotocopy rekening listrik dan koran dalam tiga bulan terkahir, fotocopy NPWP pribadi, fotocopy dokumen kepemilikan agunan (SHM/SHBG dan PBB) serta formulir asli permohonan KPR Mandiri.
  5. Syarat dokumen khusus bagi pegawai adalah asli slip gaji terakhir/ Surat keterangan penghasilan dan surat keterangan jabatan
  6. Syarat dokumen khusus bagi profesional adalah copy neraca laba rugi/informasi keuangan terakhir dan copy ijin-ijin praktik profesi.
  7. Syarat dokumen khusus bagi para wiraswasta adalah copy neraca laba rugi/informasi keuangan terakhir dan juga copy akta Pendirian Perusahaan dan izin-izin usaha

Suku Bunga dan Biaya KPR Mandiri

Suku Bunga - KPR Mandiri

Suku Bunga KPR Mandiri via australiannationalreview.com

 

Untuk suku bunga KPR Mandiri adalah Eksisting13.25% p.a eff (floating). Sedangkan biaya yang perlu ditanggung untuk pengajuan KPR Mandiri adalah biaya provisi, administrasi, premi asuransi (jiwa dan kerugian), biaya taksasi agunan, biaya notaris, biaya balik nama dan juga biaya pengikatan agunan. Untuk lebih lengkapnya Anda bisa membandingkan produk-produk KPR dari Bank Mandiri di sini.

Jangka Waktu Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Mandiri

Masa Tenor - KPR Mandiri

Jangka Waktu Pinjaman via emicalculator.ne

 

Dalam proses KPR Mandiri ada hal terkait jangka waktu yang perlu Anda perhatikan. Jangka waktu KPR Mandiri ini biasanya maksimal 15 tahun. Tetapi nilai KPR Mandiri ini akan sangat tergantung dengan usia Anda saat ini. Biasanya Bank mandiri akan mematok usia kreditur pada akhir masa pinjaman di usia 60 tahun atau sesuai dengan masa pensiun dan faktor lainnya yang mempengaruhi nilai kredit dan jangka waktu biasanya disesuaikan dengan analisa kredit atas kemampuan Anda untuk mencicil tiap bulannya.

Baca Juga: Simulasi KPR Bagi Masyarakat Berpenghasilan di Bawah 5 Juta

Menghitung KPR Bank Mandiri

Mengitung KPR - KPR Mandiri

Menghitung Cicilan via floridagreenhomebrokers.com

 

Hal terakhir yang perlu Anda perhatikan saat mengambil KPR Mandiri adalah penghitungan KPR Mandiri dengan tabel KPR Mandiri. Mengapa demikian? Ini karena dengan menggunakan tabel ini Anda akan diberikan gambaran kira-kira seberapa besar kemapuan Anda untuk mencicil sesuai dengan penghasilan yang Anda peroleh tiap bulan dari gaji atau bisnis lainnya. Tabel KPR Mandiri ini sangat mudah digunakan, dimana Anda hanya merubah berapa tingkat suku bunga efektif yang berlaku saat ini dan memasukkan nilai plafon kredit sesuai dengan harga rumah yang rencananya akan dibeli. Secara umum tabel KPR Mandiri ini bisa Anda gunakan untuk menghitung nilai angsuran per bulan.

Hal terpenting yang juga perlu Anda ingat bahwa nilai beban kredit yang Anda tanggung setiap bulannya harus sesuai dengan kemampuan dan tidak memberatkan cashflow rutin bulanan Anda. Itulah beberapa informasi terkait seluk beluk KPR Mandiri dan penghitungan dengan tabek KPR Mandiri. Maka untuk Anda yang memang akan mengambil KPR Mandiri alangkah baiknya Anda memperhatikan beberapa hal yang telah dijelaskan di atas.

Anda Bingung Cari Produk KPR Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KPR Terbaik! 

Tertarik menggunakan?

Nah, sekarang sudah tahu kan keunggulan dari produk-produk KPR Bank Mandiri. Apakah Anda tertarik mengajukannya untuk mendapat pinjaman pembelian rumah impian Anda? Jawabannya tentu tergantung Anda sendiri. Namun, bagi yang masih ragu untuk mengambilnya, cobalah untuk membandingkannya di cermati.com. Dan temukan produk KPR yang sesuai dengan kebutuhan Anda