Kredit Mobil Bekas, Ini Tahapan yang Mesti Dilewati

Memiliki mobil memang sudah dambaan banyak orang. Kendaraan beroda empat ini memang telah menjadi favorit bagi banyak orang untuk bepergian karena faktor transportasi umum yang masih jauh dari rasa nyaman. Maka tak ayal bila kemudian jalanan saat ini dipenuhi banyak kendaraan pribadi ini.

Mobil yang masih merupakan kategori barang mahal dan kebutuhan tersier di Indonesia ini kini ternyata tak menjadi kendala yang serius lagi bagi beberapa orang yang ingin memilikinya. Pasalnya kini dengan cara mengajukan kredit di tempat pembiayaan seseorang bisa dengan cepat memiliki mobil yang diinginkan dan dibutuhkannya. Jika kredit mobil baru masih dirasa mahal maka ada solusi berikutnya yaitu kredit mobil bekas.

Banyak orang memang masih memiliki kendala dalam membeli mobil secara tunai. Namun dengan adanya fasilitas kredit mobil bekas yang disediakan lembaga pembiayaan ini maka Anda akan dimudahkan untuk mendapatkan kendaraan dengan harga dan cicilan yang murah. Namun saat mengajukan kredit ini Anda harus berhati-hati.

Pasalnya, dengan semakin banyaknya lembaga pembiayaan kredit yang ada, beberapa kasus penipuan pernah terjadi dan bukan tidak mungkin akan menimpa Anda. Maka dari itu memilih lembaga pembiayaan yang terpercaya dan memiliki kredibilitas baik merupakan salah satu tips ampuh untuk mendapatkan kredit mobil bekas yang aman.

Namun apakah hanya dengan mendapatkan tempat leasing yang baik ini Anda sudah cukup nyaman? Tentu saja tidak, ada beberapa hal dari kredit mobil bekas yang penting untuk Anda perhatikan seperti kemudahan dan harga. Jika pengajuan Anda harus dilalui dengan sangat rumit ditambah lagi dengan bunga yang tinggi, tentu saja hal ini akan membuat Anda kesal.

Maka dari itulah cobalah untuk juga memperhitungkan faktor kemudahan dan harga yang ditawarkan pihak leasing. Untuk membahasnya lebih jauh tentang cara mengajukan kredit mobil bekas yang aman, mudah dan murah ini maka cobalah perhatikan cara-cara berikut ini.

1. Membeli dari Perorangan atau Dealer Mobil Bekas

Membeli Melalui Perorangan Atau Dealer

Membeli Dari Perorangan Atau Delaer Mobil Bekas via drivedevelopment.co.uk

Cara atau tips pertama untuk mengajukan kredit mobil bekas yang aman, mudah dan murah adalah dengan menentukan sumber mobil bekas yang Anda dapatkan. Sumber atau mobil bekas yang ada memang akan menentukan harga yang Anda dapat. Jika Anda mendapatkan mobil dari pembeli langsung tentu Anda akan mendapatkan harga yang lebih murah dan juga pengajuan akan jauh lebih mudah daripada Anda mengajukannya dari dealer atau leasing.

Apalagi jika Anda membelinya dari orang yang Anda kenal baik, tentu hal ini akan semakin membuat Anda berpeluang mendapat harga dan cicilan murah serta pengajuan yang lebih mudah. Namun jika Anda mengajukannya dari dealer atau leasing tentu Anda diwajibkan untuk menyerahkan dan memenuhi beberapa persyaratan.

Setelah persyaratan selesai dipenuhi, Anda juga harus bersiap dengan angsuran yang tinggi. Hal ini dikarenakan kredit mobil bekas di dealer membuat Anda harus menanggung beberapa biaya tambahan seperti biaya fidusia, biaya asuransi dan juga biaya provisi.

2. Siapkan Uang Muka atau Down Payment

Uang Muka Mobil  Uang Muka Pembayaran Mobil via micarroideal.com

Saat akan mengajukan pembelian mobil bekas secara kredit terutama di dealer, Anda tentu akan diwajibkan membayar uang muka (down payment). Uang muka (down payment) ini akan Anda jumpai di beberapa dealer atau leasing dengan beragam harga. Agar tetap menjaga keamanan tentu Anda tidak boleh tergiur dengan tawaran uang muka yang sangat murah.

Namun lebih lanjut tentang hal ini Anda tentu harus sudah bersiap untuk uang muka yang akan Anda bayarkan saat akan mengajukan pembelian kredit mobil bekas. Jangan sampai semua permasalahan administrasi sudah lengkap dan komplit, Anda malah belum siap dengan uang muka Anda. Tentu hal ini akan menghambat Anda untuk segera memiliki mobil yang Anda butuhkan.

Baca Juga : 5 Kesalahan Umum Saat Membeli Mobil Bekas

3. Pilih Leasing Terpercaya

Pilih Leasing Yang Terpercaya

Pilih Leasing Yang Terpercaya via driverslane.com

Jika Anda mengajukan kredit di dealer atau leasing maka Anda harus memilih dealer atau leasing ini dengan hati-hati. Dealer dan leasing yang memberikan layanan pembelian mobil bekas secara kredit ini memang sudah banyak jumlahnya.

Maka dari itu pilihlah dealer atau leasing uang memberikan kemudahan dalam pengajuan dan pembayaran angsuran. Jangan lupa juga untuk memilih dealer atau leasing yang juga kredibel dan sudah terpercaya untuk menghidari dari adanya penipuan.

4. Siapkan Syarat-Syarat Yang Dibutuhkan

Dokumenn Yang Dibutuhkan

Dokumen Yang Dibutuhkan via www.cloudfront.net

Setelah semuanya sudah siap, tahap terakhir dalam pengajuan kredit mobil bekas ini adalah menyiapkan syarat-syarat yang dibutuhkan. Meskipun beberapa dealer atau leasing ini menetapkan persyaratan yang bisa berbeda-beda namun secara umum syarat-syarat untuk mengajukan kredit mobil bekas adalah fotocopy KTP, KK/surat nikah, surat keterangan domisili, rekening listrik terakhir, slip gaji, dan lain sebagainya.

Baca Juga : Tips Agar Kredit Mobil Anda Disetujui

Test Drive dan Periksa Kondisi Mobil Bekas yang Ingin Anda Beli

Hal terakhir yang harus Anda lakukan adalah melakukan Tes Drive dan periksa kondisi mobil yang akan Anda beli. Dimulai dari bagian eksterior mobil, interior, mesin serta aksesoris mobil merupakan hal-hal yang perlu Anda cek dengan serius. Terutama terkait bagian mesin, Anda harus tak kenal kompromi untuk memastikan mesin dalam kondisi baik.

Mesin memang sesuatu yang mutlak bagi sebuah kendaraan. Meskipun ini mobil bekas, namun bukan tidak mungkin Anda bisa mendapatkan mobil dengan mesin yang bagus. Maka jika Anda bisa mendapatkan mesin bagus pada mobil bekas yang Anda kredit, keuntungan pun akan bisa Anda peroleh.

Untuk mengetahui bagus tidaknya mesin mobil, maka mau tidak mau Anda harus melakukan tes drive. Jangan lupa ajaklah pemilik mobil saat melakukan tes drive ini untuk Anda tanyakan seputar mobil yang akan Anda kredit ini. Sembari melakukan test drive Anda bisa menanyakan kelengkapan surat-surat mobilnya.

Percuma saja bila mesin dan kondisi mobil bagus tanpa ditunjang adanya surat-surat kendaraan yang lengkap. Jika Anda sudah melakukan test drive dan merasa nyaman dengan mesin dan performa mobil serta surat-suratnya juga lengkap, maka Anda tidak perlu ragu untuk segera membelinya. Jadi, siap mengajukan kredit mobil bekas?

Baca Juga : Perhatikan 5 Hal Penting Ini Sebelum Kredit Mobil