Kredit Motor: Mengapa Sebaiknya Tidak Menggunakan Identitas Orang Lain?

Bagi seorang mahasiswa perantau, kebutuhan akan kendaraan bermotor bisa dibilang penting bisa juga tidak. Pertama, Anda mungkin tinggal di dekat kampus sehingga mobilisasi menuju kampus tidak harus didukung dengan memiliki kendaraan bermotor. Kedua, bila tempat tinggal Anda agak berjarak dari kampus dan Anda adalah seorang aktivis kampus, yang mana harus mengurus berbagai macam hal di kampus, bukannya tidak mungkin Anda akan repot ketika tidak memiliki kendaraan bermotor. Dilema ini kemudian ditanggapi dengan berbagai macam cara. Ada yang menyewa kendaraan bermotor ketika membutuhkannya saja tetapi tak sedikit juga yang memutuskan untuk memiliki sendiri dengan pertimbangan mereka membutuhkan kendaraan bermotor dengan sering.

Cara Memperoleh Motor Sendiri

Mengirim Motor Melalui Paket

Mengirim Motor Melalui Paket via heritagemotorcycleshipping.com

 

Bagi Anda para perantau yang berpikir ingin memiliki kendaraan sendiri di tempat rantauan, terdapat dua pilihan. Pilihan pertama, Anda bisa mengirimkan motor yang sudah ada dari rumah. Atau pilihan kedua, membeli sendiri di dealer yang berada di wilayah perantauan. Opsi kedua mungkin lebih dirasa baik karena Anda tidak perlu merepotkan orang rumah untuk berkoordinasi mengirimkan kendaraan bermotor Anda. Apalagi pengiriman ini terbilang cukup memakan waktu dan biaya. Lalu ada juga faktor lain yaitu nomor plat yang tidak sesuai dengan tempat rantauan Anda. Dengan begitu, artinya Anda harus membayar pajak ke daerah asal namun menikmati fasilitas di tempat perantauan. Cukup tidak adil bila intensitas Anda menggunakan fasilitas ini bisa dibilang cukup lama.

Nah bagaimana dengan opsi pertama? Apakah itu jawaban dari pertimbangan hal yang mungkin menjadi pertanyaan di opsi kedua? Mari kita telaah bersama. Ada hal yang harus Anda ketahui dan pertimbangkan sebelum membeli motor di tempat perantauan Anda. Jelas kartu identitas alias KTP yang Anda miliki bukanlah KTP di tempat perantauan, tetapi di daerah asal Anda. Banyak orang menanyakan apakah bisa membeli motor dengan menggunakan KTP daerah. Faktanya, meski jaman sekarang ini sudah hadir e-ktp, yang dikenal telah memiliki sistem yang terintegrasi dan terkoneksi dengan berbagai data lain, namun sistem ini tidak terlalu membantu Anda yang ingin membeli motor dengan KTP daerah. Inilah yang disayangkan, meski e-ktp sudah ada, namun hal tersebut tetap tidak membantu Anda untuk bisa membeli kendaraan bermotor di wilayah yang tidak sama dengan wilayah pada KTP daerah. Alasan yang melatar belakangi adalah sebagai berikut:

  1. Dealer motor hanya diperbolehkan mengurus keperluan pembelian kendaraan bermotor baru (biasanya mengurus STNK) di Kantor Samsat yang wilayahnya sesuai dengan wilayah KTP pembeli.
  2. Untuk urusan BPKB pun sama juga, dealer hanya diperbolehkan mengurus pada Kantor Polda setempat yang beralamat di wilayah yang sama pada KTP pembeli.
  3. Perpanjangan STNK pun harus dilakukan juga di Kantor Samsat yang alamatnya sesuai dengan wilayah KTP pembeli.
  4. Ada tambahan biaya yang cukup banyak untuk pengurusan lintas wilayah.

Membeli Motor di Daerah Rantauan

Membeli Motor

Membeli Motor via powerbiking.co.uk

 

Nah meski begitu, terdapat beberapa solusi yang bisa Anda lakukan terkait dengan pembelian kendaraan bermotor khususnya sepeda motor di wilayah perantauan Anda sebagai berikut:

  1. Anda membeli kendaraan bermotor baru di wilayah yang sesuai dengan KTP. Memang tidak ideal namun opsi pertama ini paling patuh terhadap aturan yang berlaku. Sama juga untuk perpanjangan STNK setiap tahun Anda perlu memperpanjang di Kantor Samsat yang wilayahnya sama dengan wilayah yang tercantum pada KTP Anda.
  2. Karena kebutuhan kendaraan bermotor ini mungkin hanya sementara ketika Anda berada di wilayah perantauan dan mungkin tidak akan terpakai setelah urusan Anda (bekerja atau sekolah) di wilayah perantauan selesai, lebih baik membeli motor bekas yang telah memiliki STNK dan BPKB.
  3. Bila Anda tidak ingin membeli motor bekas karena menyadari tidak bisa mengecek kinerja mesin yang pernah dipakai orang tersebut, Anda bisa juga membeli motor baru dengan menggunakan KTP milik kerabat atau keluarga Anda yang mempunyai KTP setempat.
  4. Kalau Anda mau sedikit ribet, Anda bisa melakukan pembelian kendaraan bermotor di dealer yang ada di wilayah yang tercantum pada KTP Anda kemudian mengirimkan kendaraan tersebut melalui jasa pengiriman ke tempat perantauan Anda sekarang. Tetapi perlu diingat bahwa jelas opsi ini akan memakan biaya tambahan yang cukup tinggi, belum lagi perpanjangan STNK tetap harus dilakukan di Kantor Samsat yang daerahnya sesuai dengan wilayah KTP Anda.
  5. Opsi terakhir adalah mengganti alamat KTP daerah Anda menjadi KTP di tempat perantauan Anda tinggal saat ini sehingga Anda bisa melakukan pembelian kendaraan bermotor di dealer yang berada di tempat perantauan Anda. Opsi ini juga akan mempermudah Anda dalam urusan perpanjangan STNK atau mengurus BPKB karena tidak harus membayar di kantor yang berada di wilayah KTP daerah Anda.

Itulah beberapa opsi yang bisa Anda gunakan terkait dengan pembelian motor baru apabila Anda hanya mempunyai KTP daerah, bukan KTP tempat perantauan. Yang perlu diperhatikan adalah opsi nomor 3 yang menyatakan pembelian kendaraan bermotor menggunakan nama orang lain.

Baca Juga: Mau Kredit Motor Bekas? Ini Untung Dan Ruginya

Membeli Motor dengan Identitas Orang Lain

Membeli Motor

Membeli Motor Menggunakan Identitas Orang Lain via thenextweb.com

 

Ada hal-hal yang harus Anda perhatikan dan waspadai. Beberapa alasan yang melatar belakangi orang untuk membeli kendaraan menggunakan identitas orang lain adalah sebagai berikut:

  1. Anda tidak memiliki KTP tempat Anda merantau sekarang padahal pembelian kendaraan bermotor membutuhkan KTP untuk pengurusan STNK dan BPKB sehingga identitas pada KTP menjadi sangat dibutuhkan.
  2. Bisa jadi nama Anda dimasukkan dalam daftar hitam oleh lembaga pembiayaan kendaraan bermotor (mungkin karena masalah terlambat bayar atau track record buruk) sehingga pengajuan kredit untuk membeli kendaraan bermotor pun menjadi lebih susah bahkan tidak mungkin.
  3. Bisa juga terkait dengan ketidakinginan Anda terkena pajak progresif yang cukup mahal karena mungkin di daerah asal Anda telah memiliki beberapa kendaraan bermotor.

Memiliki track record yang buruk dalam pembayaran kredit dan menggunakan nama orang lain untuk kembali melakukan transaksi pembelian kendaraan bermotor merupakan hal sangat tidak disarankan. Hal ini berisiko pada orang yang namanya digunakan untuk pembelian kendaraan bermotor yang bisa jadi justru ikut dicap tidak disiplin dalam pembayaran cicilan angsuran kredit sehingga turut menyulitkannya ketika ia ingin mengajukan kredit kepemilikan kendaraan bermotor menggunakan KTP sendiri. Sehingga akan lebih baik daripada menggunakan KTP orang untuk kredit kendaraan bermotor, Anda harus bekerja lebih keras lagi, menyisihkan sebagian pendapatan untuk membeli kendaraan, dan memiliki pola keuangan yang teratur sehingga tidak perlu lagi Anda kesusahan dalam melakukan transaksi ini.

Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan adalah sebagai berikut:

  1. Anda membutuhkan KTP asli saat memperpanjang STNK. Saat memperpanjang surat ini Anda membutuhkan KTP asli pada nama yang tertera di STNK sehingga Anda sangat bergantung pada kehadiran orang yang Anda pinjam KTP nya demi mendapatkan kendaraan bermotor.
  2. Hati-hati bila Anda berada di posisi orang yang ingin dipinjam KTP dan namanya dalam pembelian motor. Batasi siapa saja yang boleh menggunakan KTP Anda dan harus jelas keperluannya untuk apa. Ada beberapa resiko yang mengintai ketika Anda meminjamkan KTP untuk pembelian kendaraan bermotor, di antaranya:
    1. Dalam pembelian kredit, Anda menjadi pihak yang bertanggung jawab dalam pelunasan angsuran motor. Ini dikarenakan data yang masuk merupakan data Anda, bukan data orang yang meminjam KTP Anda. Risikonya terjadi ketika peminjam KTP Anda terlambat membayar angsuran sehingga yang dihubungi untuk segera membayar angsuran bukannya dia tetapi Anda. Apalagi bila orang tersebut tidak kunjung menyelesaikan angsuran bahkan tiba-tiba hilang membawa pergi kendaraan tersebut, bukannya tidak mungkin Anda yang menjadi sasaran debt collector atau penagih hutang. Selain ancaman teror ini, yang lebih menyakitkan lagi apabila nama Anda menjadi masuk dalam daftar hitam oleh leasing sehingga Anda sendiri menjadi kesusahan ketika ingin mengajukan kredit kepemilikan motor karena track record Anda lah yang dianggap buruk.
    2. Adanya pajak progresif membuat beban bagi Anda setiap tahun. Mengapa? Karena Anda terdaftar memiliki kendaraan tambahan yang sebenarnya bukan Anda yang menikmati fungsinya. Sehingga ketika melakukan pembelian kendaraan bermotor lagi, Anda akan terkena pajak yang cukup tinggi karena dilihat dari kepemilikan kendaraan lainnya sebelum Anda melakukan pembelian kembali.

Baca Juga: Hindari 6 Kesalahan Ini Saat Kredit Motor

Anda Bingung Cari Kredit Motor Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Kredit Motor Terbaik! 

Lebih Baik Ikuti Aturan yang Berlaku

Ulasan dan tips-tips di atas dapat Anda jadikan pelajaran ketika hendak membeli motor. Sebaiknya Anda memilih opsi paling aman, karena risiko Anda akan berurusan dengan hukum semakin kecil. Jika Anda terlalu sering mengakali sistem, hal tersebut dapat membuat Anda terbuai dan semakin sering melakukannya yang berarti Anda akan hidup dalam risiko tinggi. Dengan mengikuti aturan yang berlaku, Anda bisa terhindar dari risiko-risiko tersebut dan bisa membuat hidup Anda lebih mudah ke depannya.

Baca Juga: Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Ajukan Kredit Motor