Kredit Multiguna dengan Jaminan Deposito, Apa Keuntungannya?

Bagi sebagian besar orang, ke bank akan lebih efektif daripada mengajukan kredit tanpa agunan. Bukan hanya masalah limit kredit yang didapatkan bisa lebih besar saja, namun suku bunga yang jauh lebih rendah adalah salah satu pertimbangan khusus dalam hal ini. Kredit multiguna memiliki masa pelunasan yang jauh lebih panjang, sehingga bisa dimanfaatkan dengan lebih efisien dan maksimal.

Namun sebagaimana kita tahu, pengajuan kredit multiguna tentu harus dibarengi dengan pengajuan jaminan juga. Inilah yang seringkali membuat orang berpikir panjang dalam mengajukan pinjaman ini ke bank, sebab tidak semua orang mau mengambil risiko terhadap aset yang mereka miliki, terutama aset yang memiliki nilai yang besar bagi mereka.

Ada banyak orang yang enggan menjaminkan rumah atau tanah yang mereka miliki secara turun temurun, di mana aset tersebut tentu telah memiliki sejumlah kenangan yang sangat berharga bagi semua anggota keluarga, sehingga akan sangat berisiko jika dijaminkan.

Atau bahkan di sisi lain, ada banyak orang yang tidak memiliki sejumlah aset yang bisa dijaminkan untuk mengajukan kredit multiguna, maka tidak memungkinkan bagi mereka mengambil pinjaman jangka panjang tersebut dari bank.

Baca Juga: Cara Menghitung Bunga Deposito, Seperti Apa Rumusnya?

Deposito Sebagai Jaminan

Menggunakan Deposito Sebagai Jaminan Pinjaman

Menggunakan Deposito Sebagai Jaminan Pinjaman via canstar.com 

Beberapa kendala terkait dengan aset yang bisa dijadikan jaminan kredit multiguna tentu membuat pihak bank memutar otak untuk mencari solusinya. Sejumlah dana yang dimiliki oleh bank harus dicairkan kepada masyarakat agar bank bisa memiliki penghasilan dari hal tersebut, maka sangat wajar jika pihak bank memikirkan berbagai cara untuk bisa mencairkan dana tersebut.

Belakangan ini beberapa bank telah memungkinkan pengajuan deposito sebagai jaminan dalam mendapatkan kredit multiguna. Hal ini tentu menjadi kabar baik bagi para nasabah yang selama ini kesulitan dalam mengajukan pinjaman tersebut.

Pengajuan deposito sebagai jaminan kredit pada umumnya haruslah deposito yang berada di bank yang sama, artinya deposito tersebut berada pada sebuah bank yang sama dengan bank yang akan dijadikan sebagai sumber kredit multiguna yang akan diajukan. Dengan begitu, bank menjadi lebih mudah dalam melakukan berbagai verifikasi terhadap data-data nasabah yang bersangkutan.

Meski tidak semua bank menerima deposito sebagai jaminan kredit, namun beberapa bank nasional telah memungkinkan hal tersebut, sehingga nasabah bisa memiliki beberapa bank yang dapat dijadikan sebagai pilihan. Pengajuan deposito sebagai jaminan kredit akan memberikan beberapa keuntungan, seperti:

 
  • Resiko yang Kecil

Meski tidak memiliki niat buruk dalam mengajukan pinjaman ke bank, namun tindakan ini tentu selalu mengandung risiko bagi nasabah, terutama jika mereka mengajukan aset tertentu sebagai jaminan atas pengajuan kredit tersebut.

Jika sewaktu-waktu nasabah mengalami gagal bayar, maka bisa saja aset tersebut diambil alih atau bahkan dilelang oleh pihak bank selaku pemberi pinjaman. Hal seperti ini tentu membuat sebagian orang enggan dan tidak bersedia mengajukan aset mereka sebagai jaminan kredit multiguna.

Namun akan sangat berbeda halnya dengan pengajuan deposito sebagai jaminannya, sebab deposito adalah sejumlah dana yang memang pada dasarnya dijadikan sebagai dana investasi/simpanan oleh nasabah yang bersangkutan. Nasabah tidak akan mengambil sejumlah risiko yang besar, sebagaimana ketika mengajukan aset sebagai jaminan kredit tersebut.

Deposito mengandung sejumlah risiko yang lebih kecil jika dibandingkan dengan aset lainnya seperti properti atau                    kendaraan yang bisa saja didapatkan dengan sebuah proses yang sangat panjang atau bahkan warisan bagi nasabah                tersebut.

Baca Juga: Gadai Sertifikat Rumah Anda untuk Dapat Pinjaman Hingga 500 Juta

  • Proses yang Cepat

Pada umumnya, pengajuan deposito sebagai jaminan kredit haruslah deposito yang berasal dari bank yang sama dengan tempat kredit tersebut akan diajukan. Dengan begitu, proses pengajuan kredit akan berlangsung dengan cukup cepat, di mana pihak bank hanya akan membutuhkan beberapa hari saja untuk melakukan proses verifikasi terhadap data-data yang diajukan sebab mereka telah memiliki sebagian besar data tersebut sebelumnya.

Akan sangat berbeda jika yang diajukan sebagai jaminan adalah sejumlah aset lainnya seperti rumah atau sebidang tanah, maka pihak bank akan membutuhkan waktu yang jauh lebih lama karena bank harus melakukan proses appraisal terhadap aset tersebut.

Proses ini dimaksudkan untuk melihat dan mengetahui dengan jelas mengenai taksiran nilai dari aset yang diajukan tersebut. Di dalam praktiknya, proses appraisal akan membutuhkan sejumlah waktu yang cukup lama, sehingga pencairan dana akan lebih lama dari pada pengajuan deposito sebagai jaminannya.

  • Plafon Kredit yang Tepat

Biasanya pengajuan deposito sebagai jaminan kredit multiguna, akan memudahkan nasabah dalam melihat besaran dana pinjaman yang bisa mereka dapatkan. Jumlah ini akan ditentukan berdasarkan jumlah/nilai deposito yang akan dijaminkan tersebut.

Pada umumnya, pihak bank akan memberikan besaran pinjaman antara 70%-90% dari total nilai deposito yang dijaminkan, dengan begitu sejak awal nasabah bisa dengan mudah memiliki gambaran yang jelas mengenai besaran pinjaman yang bisa mereka bawa pulang.

Hal tersebut juga bisa mempermudah nasabah dalam memutuskan berapa dana yang mereka butuhkan dan berapa dana yang akan mereka ajukan sebagai pinjaman ke bank.

  • Suku Bunga Pinjaman yang Rendah

Pertimbangan suku bunga kredit yang terbilang rendah juga menjadi salah satu alasan pentingnya mengajukan jaminan dalam mendapatkan kredit multiguna.

Bank menjanjikan suku bunga yang lebih rendah dengan syarat pengajuan jaminan, dan nasabah bisa memanfaatkan hal tersebut dengan baik, sebab bagaimanapun sejumlah bunga pinjaman ini akan sangat berpengaruh pada besaran utang yang akan timbul nantinya, jadi sangat penting untuk mendapatkan pinjaman kredit dengan suku bunga paling rendah.

Anda Bingung Cari Produk Kredit Multi Guna Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KMG Terbaik! 

Ajukan dan Dapatkan Keuntungannya

Jangan berpikir bahwa kredit multiguna begitu sulit untuk didapatkan, dengan jaminan deposito sekarang hal tersebut tentu menjadi lebih mudah untuk diakses. Proses yang mudah dan juga sejumlah syarat yang ringan bisa dijadikan sebagai nilai lebih dari pinjaman ini. 

Namun selalu ingat bahwa semua bentuk pinjaman adalah utang, karena itu sangat penting untuk mempertimbangkan pengajuan kredit multiguna sejak awal. Ajukan dan gunakan kredit multiguna dengan tepat, dan yang tak kalah pentingnya adalah lakukan pelunasan tepat waktu agar deposito tetap aman dan tidak berpindah tangan.

Baca Juga: Dapatkan Pinjaman Hingga Miliaran Rupiah dengan Kredit Multiguna