Kuasai 5 Skill ini Jika Ingin Karir Menanjak

 Menjadi biasa-biasa saja tidaklah dianjurkan jika Anda sudah berada dalam dunia kerja. Di dalam dunia kerja, sangatlah penuh persaingan yang mau tak mau menuntut Anda untuk selalu belajar dan menjadi lebih baik.

Hanya orang yang memiliki kemampuan dan nilai lebih lah yang akan bertahan dan diperhitungkan. Untuk mewujudkannya, Anda bisa mengintip beberapa kemampuan yang baik untuk Anda miliki agar mampu bersaing dan menanjak karier Anda:

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

1. Cakap Berkomunikasi

pintar berkomunikasi
Pintar Berkomunikasi

Kemampuan berkomunikasi, baik verbal maupun non verbal sangatlah penting dan dibutuhkan oleh perusahaan. Berkomunikasi dengan baik berarti Anda mampu mengutarakan ide dan pikiran dengan kata-kata, intonasi, serta bahasa tubuh yang tepat.

Bila Anda sudah menguasainya, maka perusahaan akan memberikan penilaian lebih pada Anda karena dianggap mampu membantu perusahaan dalam memperluas networking dan mempertahankan kerjasama dengan klien. Dengan demikian, tentunya posisi Anda di perusahaan akan diperhitungkan juga dipertahankan.

2. Problem-solving Skills

memecahkan masalah
Pintar Memecahkan Masalah

Jika ingin dipertahankan perusahaan, pastikan Anda memiliki skill ini. Kemampuan untuk memecahkan masalah sangatlah penting dalam dunia kerja. Berbagai rumit dan pelik pastinya akan menemani perjalanan karier Anda.

Dalam setiap masalah ataupun kasus yang dihadapkan kepada Anda, cobalah untuk selalu berkontribusi memecahkannya. Dalam menemukan solusi, jeli lah melihat akar permasalahan, kreatif mencari solusi, dan jadilah pantang menyerah.

3. Berinisiatif Tinggi

inisiatif tinggi
Memiliki Inisiatif yang Tinggi

Kemampuan berinisiatif sering sekali diabaikan dan tidak mendapat perhatian. Padahal, inisiatif merupakan karakter dasar yang perlu dimiliki dan dikembangkan. Orang dengan inisiatif tinggi menunjukkan semangat dan kualitas hidup yang baik.

Akan banyak peluang yang datang jika Anda memiliki inisiatif yang tinggi, dan juga akan menunjukkan kemampuan Anda dalam menangani situasi secara spontan. Kebanyakan perusahaan akan menyukai pekerja yang berinisiatif tinggi karena menunjukkan kepedulian dan kebijaksanaan pekerjanya dalam bertindak.

Baca Juga: Pilihan Bisnis Online yang Tepat untuk Wanita Karir

4. Melek Digital

melek teknologi
Tahu dengan Tren Digital saat ini 

Di era yang serba teknologi sekarang ini, kemampuan untuk mengoperasikan komputer dan alat digital lainnya sangatlah penting. Anda akan mendapat nilai lebih dari perusahaan jika Anda tidak hanya sekedar “bisa” mengoperasikannya, namun “mahir” dan “menguasai”.

Banyak pekerjaan yang menuntut kemampuan Anda mengoperasikan berbagai software maupun aplikasi untuk mendukung kinerja Anda di perusahaan. Adapun skill yang sekarang umumnya wajib dikuasai adalah skill Photoshop, CorelDraw, Video Editor, Software Statistik, dan lainnya.

6. Etos Kerja

etos kerja yang tinggi
Kualitas Kerja yang Baik

Di balik semua skill di atas, etos kerja juga sangat penting untuk dibangun. Dengan memiliki etos kerja, akan menunjukkan totalitas kepribadian Anda dalam bekerja maupun dalam berhubungan dengan rekan kerja Anda.

Memiliki etos kerja yang baik akan menunjukkkan bahwa Anda adalah pekerja yang idel, yakni memiliki orientasi ke depan, menghargai waktu, bertanggung jawab, dan memiliki persaingan yang sehat. Selalu tunjukkan bahwa Anda memiliki etos kerja sehingga layak dipertahankan.

Baca Juga: Tingkatkan 5 Kemampuan Ini untuk Mendukung Kesuksesan Karir

Kejujuran adalah Modal Utama

Semua skill ataupun kemampuan di atas tidaklah berarti jika Anda tidak jujur dalam bekerja. Ingatlah bahwa kejujuran adalah modal utama anda meraih sukses dalam bekerja. Latihlah diri Anda untuk bersikap jujur baik dalam hal-hal kecil hingga hal besar dalam pekerjaan Anda. Dari kejujuran lah maka terbangun sebuah kepercayaan. Tanpa kejujuran, jangankan untuk mendapatkan karier menanjak, kepercayaan perusahaan pun tak akan mampu Anda dapat.

Baca Juga: 10 Tips Menjadi Wanita Karir yang Sukses di Masa Depan