Kuliner Surabaya yang Terkenal Enak, Rasanya Nendang Banget

Bicara soal kuliner, Indonesia mungkin juaranya. Keanekaragaman suku, adat istiadat, budaya, agama, melahirkan pula aneka kuliner yang memanjakan lidah di setiap daerah. Ada yang menonjolkan citarasa manis, pedas, gurih, dan lainnya. Begitupun dengan Surabaya, Jawa Timur yang memiliki ragam kuliner nan lezat.

Berkunjung ke Surabaya, kamu tidak hanya akan mendapati berbagai tempat wisata menarik dan bersejarah. Tapi juga wisata kuliner, menjajal makanan khas Kota Pahlawan. Sebut saja rujak cingur, lontong balap, sego pecel, rawon, dan masih banyak lainnya. Kuliner-kuliner tersebut dijamin bikin ketagihan.

Berikut deretan kuliner Surabaya yang wajib kamu coba bila sedang jalan-jalan di Kota Surabaya:

Baca Juga: Tempat Makan di Bogor yang Enak, Murah, dan Cocok untuk Keluarga

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

1. Lontong Kupang Artomoro

Namanya unik, Lontong Kupang Artomoro. Meski membawa nama Kupang, tapi kuliner ini bukan berasal dari Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), tapi dari Surabaya. Lontong Kupang Artomoro ini sudah terkenal karena rasanya begitu nikmat. Tekstur kupang (sejenis kerang berukuran sangat kecil yang hanya ditemukan di Surabaya) ini memang sedikit aneh, bahkan banyak orang menyebutnya mirip pasir. Namun saat memasukkan kupang ke dalam mulut dan ‘digoyang,’ rasanya pecah, lezat tiada duanya.

2. Kepiting Cak Gundul 1992

Kalau kamu penggemar hidangan laut, Kepiting Cak Gundul 1992 wajib dikunjungi, tepatnya di Jalan Raya Kupang Indah, Surabaya. Sesuai namanya, restoran ini berdiri sejak tahun 1992. Itu berarti usianya sudah 26 tahun. Restoran tersebut menyajikan berbagai olahan hasil tangkapan laut, terutama kepiting. Kamu bisa memilih ukuran kepiting untuk disantap beserta sausnya. Saking terkenalnya, Kepiting Cak Gundul 1992 sudah membuka cabang di beberapa kota di Indonesia, seperti Jakarta.

3. Nasi Udang Bu Rudy

Pernah dengar atau membeli oleh-oleh sambal Bu Rudy? Inilah jajanan yang sudah tenar seantero negeri. Lokasinya di Jalan Dharmahusada, Surabaya bukan hanya menyajikan sambal khas yang pedas, tapi juga menawarkan menu makanan paling hits nasi udang dan nasi empal. Tentunya disajikan dengan sambal khas tersebut. Ketenaran dari sambal Bu Rudy ini bahkan mengalahkan udangnya yang dijual terpisah. Tertarik mencoba?

4. Sate Klopo Ondomehen

Sate Klopo merupakan salah satu panganan cukup unik. Sate ini beda dengan sate ayam atau kambing yang ada di Jakarta. Ciri khasnya menggunakan kelapa yang telah disangrai, kemudian dibalut pada sate sebelum dibakar. Salah satu kuliner sate klopo yang termasyur di Surabaya adalah Sate Klopo Ondomehen. Menawarkan berbagai jenis sate, mulai dari sate daging sapi, ayam, udang, usus, hingga sum-sum. Rasa gurih pada sate ini menjadi daya tarik wisatawan maupun warga setempat untuk menikmati kelezatan Sate Klopo Ondomehen.

5. Rujak Cingur Ahmad Jais

Rujak cingur merupakan kuliner khas Surabaya yang sudah sangat populer. Kalau biasanya rujak isinya buah-buahan, beda dengan rujak cingur. Rujak cingur Surabaya berisikan sayur mayur dan ini nih paling unik, irisan hidung sapi yang sudah direbut sangat empuk. Irisan hidung sapi ini saat penyajian mirip kikil sapi. Jadi kalau sudah disantap, rasanya enak, pedas, dan kenyal. Untuk menyantap hidangan ini di Surabaya, datang saja ke kedai Rujak Cingur Ahmad Jais. Rujak cingur yang dijual disajikan dengan sambal khusus yang pastinya bisa bikin kamu ketagihan.

6. Tahu Campur Kalasan

Tahu Campur Kalasan berada di Jalan Kalasan, Surabaya. Menyajikan panganan olahan tahu yang dicampur dengan potongan daging, selada, dan jeroan sapi . Kemudian dibalut dengan bumbu kental yang khas. Jadi kalau bertandang ke Kota Pahlawan, sempatkan mampir dan mencoba Tahu Campur Kalasan ya.

7. Rawon Setan Mbak Endang

Kuliner khas Surabaya lainnya adalah rawon. Makanan berkuah yang berisikan daging. Kuahnya hitam pekat karena menggunakan bumbu kluwak. Jika ingin rawon yang rasanya sangat pedas, datang saja ke Rawon Setan Mbak Endang. Kedainya buka saat matahari sudah terbenam, karena itu dinamakan rawon setan. Sajian rawon di kedai tersebut isinya potongan daging besar dengan kuah hitam gurih, dan sambal yang pedas.

8. Lontong Balap Garuda

Kalau di Kota Solo terdapat Stasiun Solo Balapan, maka di Surabaya punya kuliner Lontong Balap. Dinamakan lontong balap karena tingkah laku para penjualnya. Pedagang lontong balap biasanya menggunakan pikulan. Namun karena bobot pikulannya berat, pedagang ini begitu tergesa-gesa. Dari situlah asal muasal nama lontong balap. Makanan ini terdiri dari lontong, potongan tahu goreng, tauge, lento (makanan berbahan dasar kacang-kacangan). Kemudian disiram dengan kuah bercitarasa khas. Salah satu lokasi favorit untuk menyantap sajian ini adalah Lontong Balap Garuda.

9. Pecel Semanggi

Pecel merupakan salah satu makanan khas dari Jawa Timur. Terdiri dari sayur mayur, lalu disiram dengan bumbu kacang akan membuat lidah kamu bergoyang. Salah satu kuliner pecel yang legendaris dari Kota Surabaya adalah pecel yang berbahan dasar daun semanggi sehingga disebut Pecel Semanggi. Sayangnya, makanan ini sudah jarang ditemui.

Baca Juga: 5 Tips Memilih Kartu Kredit Bagi Pemula

10. Nasi Goreng Jancuk

Nasi Goreng Jancuk Surabaya via kabarwisata.com
Nasi Goreng Jancuk Surabaya via kabarwisata.com

Nasi Goreng Jancuk biasanya disajikan dengan porsi besar. Kamu bisa melahapnya bersama teman atau keluarga. Nasi goreng yang satu ini juga bercitarasa pedas, jadi sangat cocok buat kamu yang doyan makan pedas. Saking pedas citarasa Nasi Goreng Jancuk, konon katanya membuat kamu ingin mengumpat.

11. Ice Cream Zangrandi

Jakarta punya kedai Es Krim Ragusa, di Surabaya ada kedai Ice Cream Zangrandi. Kedai ini sudah berdiri sejak tahun 1933 atau 85 tahun silam. Kedai es krim tersebut sudah berdiri sejak masa kolonial Belanda dan cocok dikunjungi buat kamu yang ingin belajar sejarah.

12. Pecel Rawon Warung Pojok Moro Seneng

Apa jadinya ya kalau pecel dan rawon bersatu? Rasanya makin lezat atau malah aneh? Kalau penasaran, singgah deh di Pecel Rawon Warung Pojok Moro Seneng di Jalan Pucang Anom, Surabaya. Kedai ini akan menjawab rasa penasaran kamu dengan mencicipi perpaduan nasi pecel, lalu disiram dengan kuah rawon.

13. Nasi Krawu Mbuk Su

Nasi Krawu identik disantap pagi hari. Makanan ini berasal dari wilayah Gresik, Jawa Timur. Nasi putih yang disajikan dengan semur daging sapi, jeroan sapi, serundeng, ditambah dengan sambal terasi. Salah satu kedai nasi krawu yang terkenal adalah Nasi Krawu Mbuk Su. Kamu bisa menemukan tempat makan ini di daerah Gubeng, Surabaya.

14. Tahu Tek

Tahu Tek Surabaya sudah terkenal sampai ke Ibu Kota. Makanan ini berisi tahu goreng, tauge, taburan seledri, dan disiram dengan bumbu petis. Konon nama tahu tek ini berasal dari cara penyajiannya yang menggunakan gunting, tidak dengan pisau untuk memotong bahan-bahan makanan tersebut menjadi ukuran kecil. Suara tek-tek yang ditimbulkan saat menggunakan gunting menginspirasi nama panganan ini.

15. Nasi Cumi Waspada

Tempat makan Nasi Cumi Waspada berada di Jalan Waspada, Surabaya. Lokasinya cukup terkenal karena rasanya yang enak dan harga yang murah. Kedai ini menyediakan berbagai macam kombinasi nasi dan cumi sampai rawon cumi.

16. Warung Bebek Tugu Pahlawan

Sesuai dengan namanya, tempat makan Warung Bebek Tugu Pahlawan berada di dekat Tugu Pahlawan, Surabaya. Lokasi ini cukup terkenal dan melegenda. Warung ini menyediakan olahan bebek yang disajikan dengan nasi hangat. Makin seru karena menyantapnya persis di bawah tenda. Tapi jangan salah, walaupun cuma warung tenda, Warung Bebek Tugu Pahlawan selalu ramai pengunjung yang datang sejak warung buka pukul 6 sore.

17. Sego Sambel Mak Yeye

Sego Sambel Mak Yeye via goodindonesianfood.com
Sego Sambel Mak Yeye via goodindonesianfood.com

Sego Sambal Mak Yeye adalah salah satu kuliner pilihan yang bisa kamu nikmati di malam hari. Para pengunjung yang datang ingin menikmati kelezatan dari masakan sederhana plus sambal merah khas Mak Yeye. Di tempat ini, kamu bisa menikmati iwak pe yang merupakan panganan dari ikan pari dan ditemani sambal merah yang khas.

18. Warung Bu Kris

Warung Bu Kris sudah tidak asing bagi warga Surabaya. Meski labelnya warung, Warung Bu Kris sudah memiliki cabang restoran di seluruh penjuru nusantara. Di Warung Bu Kris, kamu bisa menyantap olahan makanan yang dipenyet dengan sambal.

19. Mie Pecun

Duh namanya ngeri ya, Mie Pecun. Sama seperti Nasi Goreng Jancuk, kamu akan disuguhi kuliner pedas yang dapat membuat Anda ingin mengumpat. Namun tingkat kepedasan dari menu yang disajikan dapat dipilih sesuai dengan seleramu.

20. Soto Ayam Lamongan Cak Har

Walaupun berasal dari Lamongan, kuliner yang satu ini wajib dicoba kalau kamu berkunjung ke kota Surabaya. Soto Ayam Lamongan Cak Har yang berada di Jalan Dr. Ir. H. Soekarno ini memiliki berbagai macam varian dengan rasa yang menggugah selera. Kamu dapat memilih soto, mulai dari daging sapi, ayam, ceker ayam, hingga jeroan.

Rencanakan Liburan dari Sekarang

Surabaya merupakan salah satu contoh betapa kayanya Indonesia dengan ragam kuliner maupun tempat wisata menarik. Di daerah lain pun tak kalah indah dan memanjakan lidah dengan wisata kulinernya. Kalau kamu tertarik menjelajah nusantara, rencanakan perjalananmu dari sekarang. Menabung, susun daftar tempat-tempat yang ingin disambangi, dan pesan tiket lewat promo-promo kartu kredit. Dengan begitu, liburan aman tanpa bikin kantong jebol.

Baca Juga: 8 Tempat Wisata Banyuwangi Paling Hits dan Instagramable