Kuy Liburan ke Korea Selatan, Mumpung Gratis Biaya Visa hingga Akhir 2019

Cermati.com, Jakarta - Lagi buka Instagram, muncul paket open trip seminggu ke Korea Selatan (Korsel) cuma Rp8 jutaan. Nongol lagi flash sale penerbangan Jakarta-Seoul (PP) seharga Rp4 jutaan. Duh, bikin mupeng banget.

Hasrat buat plesiran ke Negeri Gingseng untuk liburan akhir tahun ini atau awal tahun depan makin membuncah. Sudah terbayang bisa mengunjungi tempat lokasi syuting drama Korea yang terkenal, Gyeongbokgung Palace atau Istana Gyeongbok, Namsan Seoul Tower, Nami Island, Myeongdong Shopping & Food Street, dan objek wisata menarik lainnya.

Syukur-syukur bonusnya bisa berpapasan dengan artis K-Pop idola lagi sileweran di jalan. Kan lumayan bisa foto bareng buat dipamerin di medsos atau pas pulang ke Jakarta.

Ya, Korsel kini menjadi salah satu destinasi liburan favorit orang ASEAN, termasuk Indonesia. Semua tak terlepas dari pengaruh K-Pop dan K-Drama. 

Jika kamu sudah punya rencana terbang ke Korsel tahun ini, sungguh beruntung. Pasalnya pemerintah setempat memberlakukan bebas biaya visa untuk Warga Negara Indonesia (WNI) dan negara ASEAN lain. Mau tahu seperti apa kebijakan tersebut? Berikut penjelasannya.

Baca Juga: Visa Schengen: Pengertian, Cara Membuat, dan Biayanya

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Biaya Visa Korsel Gratis Selama 3 Bulan

Korea Selatan
Bikin visa Korsel gratis selama 3 bulan

Jarang-jarang nih gratis biaya visa ke luar negeri. Mumpung ada, yuk manfaatkan. Dikutip dari keterangan resmi Kedutaan Besar Republik Korea untuk Indonesia, pemerintah Korsel memberikan bebas biaya visa kepada warga ASEAN, termasuk Indonesia.

Jadi orang Indonesia dan negara-negara di Asia Tenggara yang mau mengunjungi Korsel mendapat pembebasan biaya pengajuan visa. Adapun negara ASEAN lain di luar Indonesia, yaitu Singapura, Malaysia, Thailand, Kamboja, Vietnam, Filipina, Brunei Darussalam, Laos, serta Myanmar.

  • Bebas biaya visa berlaku untuk pengajuan visa mulai 1 Oktober hingga 31 Desember 2019.

Duta Besar Republik Korea untuk Indonesia, H.E Kim Changbeom mengungkapkan, minat orang Indonesia mengunjungi Korsel semakin meningkat setiap tahunnya. Data tahun 2018 menunjukkan, Kedubes Republik Korea untuk Indonesia telah menerbitkan total 157.924 visa. Berdasarkan jumlah tersebut, terjadi kenaikan sebanyak 15% setiap tahun.

“Program bebas biaya visa ini diharapkan dapat memberikan kesempatan dan pengalaman bagi banyak warga indonesia yang ingin menikmati keindahan alam dan kebudayaan Korea,” kata Changbeom, seperti dikutip Cermati.com.

Hanya Berlaku untuk Visa C-3

Korea Selatan
Hanya berlaku untuk visa C-3 atau single entry

Bebas biaya visa Korsel punya beberapa ketentuan, antara lain:

1. Hanya berlaku untuk visa C-3 dan single entry (klasifikasi visa C-3). Visa C-3 berlaku untuk kunjungan singkat atau satu kali kunjungan selama 30 hari, maksimum 90 hari

2. Selama periode 1 Oktober-31 Desember 2019, pengajuan visa C-3 memang tidak dipungut biaya sebesar USD40 atau setara Rp560.000 (kurs Rp14.000 per USD). Tapi pemohon tetap dikenakan biaya administrasi pendaftaran di Korea Visa Application Center (KVAC) sebesar Rp196.000

3. Masa berlaku visa adalah 3 bulan setelah tanggal penerbitan. Kalau mengajukan tanggal 1 Oktober 2019, lalu terbit tanggal 7 Oktober 2019 misalnya, berarti kedaluwarsa tanggal 7 Desember 2019. Visa dapat digunakan untuk mengunjungi Korsel sesuai tanggal rencana keberangkatan.

Baca Juga: Liburan ke Thailand dengan Gaji UMR? Bisa Kok, Ini Caranya

Cara Buat Visa Korsel

Korea Selatan
Cara buat visa Korsel

Buat kamu yang ingin mengurus atau mengajukan sendiri visa Korsel tanpa perantara, seperti agen perjalanan, ketahui dulu syarat dan tahapan membuat visa Korsel.

Syarat dokumen yang harus dipenuhi untuk bikin visa Korsel:

1. Isi formulir aplikasi visa dengan lengkap

  • Unduh di sini untuk mendapatkan formulir aplikasi visa

2. Paspor asli dan fotokopi paspor (paspor lama jika ada)

  • Jika sudah pernah mengunjungi Amerika Serikat atau negara OECD, lampirkan fotokopi visa negara tersebut. Selain visa negara OECD, tidak perlu melampirkan fotokopi visa

3. Surat keterangan kerja atau surat keterangan mahasiswa (asli)

  • Pelajar/mahasiswa: Surat keterangan mahasiswa/pelajar dalam bahasa Inggris
  • Karyawan: Surat keterangan kerja dalam bahasa Inggris
  • Wiraswasta: Fotokopi Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP).

4. Dokumen keuangan

  • Rekening koran, bukti potong SPT pajak atau slip gaji
  • Pelajar/mahasiswa: wajib melampirkan rekening koran orangtua
  • Ibu rumah tangga atau yang tidak bekerja dan tidak punya rekening koran pribadi, wajib lampirkan rekening koran suami atau istri.

5. Fotokopi kartu keluarga (KK).

Apabila ada seseorang atau perusahaan yang mengundang kamu untuk datang ke Korsel, pembuatan visa wajib melampirkan tambahan dokumen, yaitu:

1. Surat undangan, fotokopi SIUP perusahaan pengundang, surat jaminan, fotokopi identitas si pengundang

2. Tujuan untuk belajar, lampirkan Certificate of Admission.

3. Tujuan dengan waktu tinggal lebih dari 90 hari, lampirkan Certificate of Health dari RS yang telah ditunjuk Kedubes Korea

Oh ya, dokumen-dokumen di atas wajib disusun sesuai urutan dan disteples dengan rapi. Tiket pesawat dan reservasi tempat menginap bukan persyaratan dan tidak perlu dilampirkan.

Begini cara membuat visa Korsel:

1. Pemohon dapat langsung mengajukan visa di Korea Visa Application Center (KVAC)

  • Lokasinya di Lotte Shopping Avenue, Jalan Prof. DR. Satrio No. 3-5, Jakarta Selatan
  • Jam operasional: 09.00-15.00 WIB
  • Nomor telepon: 021-3950-4000.

2. Pilih jenis visa yang dibutuhkan. Kalau mau bebas biaya visa sebesar USD40, pilih visa C-3 atau single visa.

3. Serahkan dokumen persyaratan ke petugas, termasuk formulir aplikasi yang sudah kamu unduh sebelumnya

4. Lakukan pembayaran

5. Status visa kamu bisa dicek secara online di sini

6. Proses mulai dari pengajuan hingga penerbitan visa jenis Single Visa (C-3 dan lainnya) selama 6 hari kerja (tidak termasuk tanggal pengajuan). Untuk Multiple Visa dan Group Visa, prosesnya memakan waktu 2 hari kerja (tidak termasuk tanggal pengajuan)

7. Ambil visa di KVAC mulai pukul 10.00-16.00 WIB

8. Selesai.

Lindungi Diri dari Berbagai Risiko dengan Asuransi Perjalanan

Mau liburan ke Korsel akhir tahun ini sebetulnya gak masalah kalau sudah ada dananya. Entah itu dari hasil menabung ataupun investasi. Buat yang ingin plesiran di awal tahun depan, masih ada waktu. Rencanakan liburanmu dengan matang, kumpulkan duit sedari sekarang.

Jangan lupa, ajukan asuransi perjalanan untuk melindungi perjalananmu dari berbagai risiko, seperti kecelakaan, kehilangan bagasi, ketinggalan pesawat, meninggal dunia, dan risiko lainnya. Lumayan kan bikin visa bebas biaya, uangnya bisa buat beli asuransi perjalanan.

Baca Juga: Cara Memilih Kartu Kredit Travel yang Cocok dengan Kebutuhanmu