Lagi cari Pinjaman KTA? Pilih-Pilih Dahulu!

Semakin banyaknya bank yang menerbitkan berbagai macam produk perbankan akan semakin banyak juga pilihan yang bisa Anda jadikan pertimbangan. Bukan sebuah rahasia lagi bila banyak bank yang berlomba-lomba untuk membuat berbagai macam produk yang bisa dijual guna mendatangkan banyak keuntungan/laba di dalam bisnis mereka.

Hal tersebut juga menjadi sebuah keuntungan tersendiri bagi para calon nasabah, karena mereka dapat dengan leluasa mempertimbangkan berbagai macam produk yang tersedia dan memilih mana yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka. Hal ini sah-sah saja untuk dilakukan, mengingat sebagai seorang konsumen, kita tentu selalu ingin mendapatkan produk terbaik dengan fitur dan penawaran paling menguntungkan.

Pada dasarnya dalam setiap urusan peminjaman kredit, kedua belah pihak tentu saja memiliki kebutuhan dan kepentingan yang sama, di mana sebagai calon nasabah kita membutuhkkan sejumlah dana, maka di sisi lain pihak bank selaku pemegang dana juga memiliki kepentingan untuk mengeluarkan dana tersebut kepada nasabah dengan tujuan mendapatkan sejumlah laba dari peminjaman tersebut. Untuk itu, kita sebagai calon nasabah juga tidak harus selalu mengambil keputusan dengan cepat, karena di luar sana ada banyak jenis pinjaman dan penawaran menarik yang diberikan oleh berbagai bank kepada para calon nasabahnya.

Salah satu produk perbankan yang memiliki banyak peminat dan selalu dicari adalah pinjaman Kredit Tanpa Agunan (KTA). Produk ini menjadi salah satu primadona di dunia perbankan karena beragam kemudahan yang ditawarkannya, seperti:

  • Proses pengajuan yang mudah dan tidak membutuhkan jaminan.
  • Masa proses pengajuan yang lumayan singkat, hanya butuh beberapa hari saja.
  • Limit yang lumayan besar dan bisa dipilih dan disesuaikan dengan kebutuhan kita sebagai peminjam.
  • Cicilan yang tetap dan tidak mengikuti suku bunga bank yang sedang berlaku.
  • Penggunaan dana yang fleksibel dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan kita.

Berbagai keuntungan di atas menjadi daya jual tersendiri bagi KTA, karena banyak orang yang lebih memilih mengajukan KTA daripada produk pinjaman perbankan lainnya pada saat mereka memerlukan sejumlah dana segar dalam waktu yang cepat. Hal tersebut juga menjadi perhatian khusus dari pihak perbankan yang pada akhirnya menawarkan beragam fitur dan penawaran menguntungkan di dalam produk KTA yang mereka terbitkan.

Persaingan bisnis yang ketat membuat pihak bank memberikan banyak kemudahan dan keuntungan dalam KTA, di antaranya: memberikan suku bunga yang lebih kecil, menghapuskan biaya administrasi di dalam pencairan dana dan bahkan ada yang menawarkan fasilitas Top Up untuk nasabah yang telah menjalani masa cicilan dalam kurun waktu tertentu namun ingin mengajukan kembali pinjaman dalam jumlah yang lebih besar.

Meski demikian, sebagai seorang calon nasabah, tidak ada salahnya bagi kita untuk mencermati setiap hal yang terkait dengan pengajuan KTA yang akan kita lakukan. Beberapa poin di bawah ini patut kita cermati sebagai bahan pertimbangan.

Baca Juga: Plus Minus Produk KTA Paling Terkenal di Indonesia

1. Kredibilitas Bank

Perhatikan Kredibilitas Bank

Perhatikan Kredibilitas Bank via knowyourmobile.com

 

Hal pertama yang menjadi pertimbangan dalam memilih KTA adalah mengenal dengan baik bank yang akan kita jadikan sebagai pilihan peminjaman. Jangan sampai kita melakukan peminjaman pada bank yang tidak memiliki kredibilitas yang baik di dalam bisnis mereka karena hal tersebut menjadi salah satu faktor penting di dalam keunggulan produk yang mereka tawarkan.

Langkah mudah yang dapat kita lakukan untuk hal ini adalah dengan cara melihat reputasi yang dimiliki oleh bank tersebut. Hal ini bisa ditentukan dari banyaknya nasabah yang mereka miliki, mutu layanan perbankan yang mereka berikan, dan bahkan jumlah kantor cabang mereka yang tersebar.

Bank yang besar dan memiliki sejumlah aset dan jaminan dalam kredit mereka tentu saja akan menjadi nilai lebih bagi kita untuk menentukan pilihan, jangan sampai kita mengajukan pinjaman KTA pada sebuah bank yang reputasi dan layanannya buruk di mata masyarakat luas.

2. Batas Kredit

Selalu sesuaikan batas kredit yang kita ajukan dengan jumlah kebutuhan kita dan kemampuan yang miliki di dalam membayar cicilan bulanan. Hal ini akan sangat membantu kita dalam mengatur keuangan dengan baik.

Terkait dengan masalah batas kredit pinjaman yang akan diberikan oleh bank, kita bisa membandingkan antara satu bank dengan yang lainnya karena setiap bank memiliki kebijakan yang berbeda-beda dalam masalah ini.

Rata-rata limit yang ditawarkan oleh bank di dalam produk KTA mereka adalah sebesar Rp5 juta – Rp300 juta, namun sebagaimana seorang calon nasabah, sebaiknya kita mengambil limit yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan bayar kita saja. Jangan sampai kita mengambil KTA dalam jumlah yang sangat besar, di luar kebutuhan dan kemampuan keuangan yang kita miliki karena hal ini akan menyulitkan kita pada saat melakukan pencicilan setiap bulannya.

Pada dasarnya, pihak bank akan membuat keputusan mengenai batas kredit ini dengan cara mengambil pertimbangan dari berbagai hal, seperti: besaran penghasilan yang kita miliki setiap bulannya, atau berdasarkan jumlah perputaran saldo tabungan yang kita miliki selama kurun waktu beberapa bulan terakhir.

Baca Juga: Mau Lunasi Kredit? Wajib Lakukan 5 Hal Berikut Ini

3. Menghitung Beban Biaya dengan Cermat

Hitung Beban Biaya Pinjaman

Hitung Beban Biaya Pinjaman via nationaldebtline.biz

 

Pertimbangkan dan lakukan perbandingan antara beberapa produk KTA yang dikeluarkan oleh beberapa bank yang telah menjadi pilihan awal kita. Ada beberapa biaya yang patut untuk kita cermati dan pertimbangkan, seperti: biaya bunga, biaya provisi, biaya keterlambatan pembayaran (denda), biaya pelunasan awal sebelum masa cicilan selesai (penalti), dan biaya asuransi. Masing-masing bank akan memiliki pertimbangan dan kebijakan khusus mengenai pengenaan biaya-biaya ini, karena itu kita harus jeli dan bisa memilih yang paling efektif bagi kita.

Mengetahui jumlah biaya dan segala kebijakan mengenai hal tersebut bisa membuat kita terhindar dari sejumlah kerugian di masa yang akan datang, contohnya pada saat akan melakukan pencairan dana pinjaman akan terpotong dalam jumlah tertentu atau pada saat akan melakukan pelunasan awal kita juga dikenakan sejumlah penalti oleh pihak bank.

4. Jangka Waktu Pinjaman

Ada beragam jangka waktu pinjaman yang ditawarkan oleh bank di dalam KTA yang mereka tawarkan. Kita bisa mempertimbangkannya sejak awal dan menyesuaikannya dengan kemampuan kita untuk membayar cicilan. Namun satu hal yang patut untuk selalu diingat adalah bahwa semakin lama jangka waktu cicilan yang kita pilih, maka akan semakin besar pula jumlah bunga cicilan yang harus kita tanggung nantinya.

Untuk itu, tidak ada salahnya mengambil jangka waktu cicilan yang tidak terlalu panjang karena hal tersebut akan berbanding lurus dengan jumlah bunga cicilan yang harus kita keluarkan selama masa pinjaman masih berlangsung.

Pertimbangkan juga bila ternyata beberapa bulan ke depan keuangan kita ternyata bisa membaik dan kita memiliki kemampuan bayar yang lebih besar, jadi jangan mengambil jangka waktu pinjaman yang terlalu panjang karena bila melakukan pelunasan sekaligus di awal kita juga akan dikenai sejumlah biaya penalti yang lumayan besar.

5. Syarat dan Waktu Pengajuan KTA

Penuhi Syarat yang Diminta

Penuhi Syarat yang Diminta via ihmoga.org

 

Sebagaimana produk perbankan lainnya, pengajuan KTA juga akan membutuhkan sejumlah syarat yang menjadi kebijakan dari pihak bank penerbit KTA. Penting untuk memenuhi segala persyaratan yang telah ditentukan oleh pihak bank, agar pengajuan KTA yang kita lakukan bisa berjalan dengan lancar dan disetujui oleh mereka.

Pastikan semua ketentuan yang telah ditetapkan dapat terpenuhi dengan lengkap, sebab pengajuan KTA akan sia-sia bila kita tidak melengkapi semua persyaratan yang telah diwajibkan.

6. Fasilitas Tambahan

Ada banyak bank yang menawarkan berbagai fasilitas tambahan di dalam produk KTA mereka, salah satunya adalah fasilitas asuransi yang diberikan tanpa dikenakan sejumlah biaya tambahan.

Hal ini tentu saja akan sangat berguna bila sewaktu-waktu kita mengalami gagal bayar yang diakibatkan oleh kematian atau karena mengalami cacat permanen, di mana sisa cicilan yang kita miliki akan ditanggung sepenuhnya oleh pihak asuransi.

Pertimbangkan dan Pilih dengan Bijak

Bila mengajukan KTA adalah langkah yang harus Anda lakukan dalam mendapatkan sejumlah dana, maka pastikan setiap poin diatas Anda pertimbangkan dengan baik. Cari dan temukan produk KTA yang benar-benar sesuai dan bisa menjadi solusi bagi masalah keuangan yang Anda hadapi.

Baca Juga: Panduan Mengajukan Aplikasi KTA Melalui Cermati.com