Lagi Zamannya Investasi Mobil Antik, Catat Cara Memilih dan Merawatnya!

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menambah harta kekayaan di masa depan. Selain menabung dan membuka bisnis, tak sedikit orang yang sudah mulai terjun di dunia investasi. Mereka percaya dengan investasi, bukan hanya menambah jumlah harta yang dimilikinya saja, tapi juga membuat kondisi finansial yang sangat baik.

Banyak instrumen investasi yang dijajali masyarakat, mulai dari saham, reksadana, properti, p2p lending dan lainnya. Namun, ada jenis investasi lainnya yang sekarang ini mulai digandrungi banyak orang terutama kalangan artis, yakni investasi mobil antik. Banyaknya ragam keunikan dan semakin sulit dicari inilah yang membuat harga mobil antik bisa melambung tinggi setiap waktunya.

Kebayang bukan kalau Anda mulai investasi mobil antik dari sekarang, berapa banyak uang yang akan didapatkan suatu hari nanti? Sebelum itu, sebaiknya simak ulasan berikut ini menyoal cara memilih hingga merawat mobil antik.

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

Cara Memilih Mobil Antik

Jangan asal memilih dan membeli mobil anti tanpa adanya pertimbangan terlebih dahulu. Mobil yang sudah berusia puluhan tahun lamanya bukan berarti sudah termasuk kategori mobil klasik yang memiliki harga jual yang tinggi dan bisa dijadikan sebagai investasi. Ada beberapa aspek yang perlu dipertimbangkan agar tidak salah memilih mobil antik untuk investasi.

1. Pilih Berdasarkan Tujuan Investasi

Jangan langsung membeli mobil antik bila belum mengetahui tujuan investasi yang dilakukan. Dengan mengetahui tujuannya sejak awal, maka Anda akan lebih mudah mengetahui dan menyusun strategi hingga akhirnya tujuan tersebut dicapai. Biasanya tujuan orang melakukan investasi mobil antik selain untuk menambah jumlah harta di masa mendatang, mobil antik ini juga sebagai dana pendidikan anak, dana pensiun dan sebagainya.

2. Beli yang Disuka

Segala sesuatu yang dilakukan berdasarkan kesukaan atau passion pastinya akan membuahkan hasil yang baik. Sebab, dengan kesukaan pastinya Anda akan melakukannya dengan sangat baik. Ini juga berlaku dalam memilih mobil antik. Ketika memilih mobil yang disuka, maka tak bisa dipungkiri hasil investasi di luar ekspektasi. Cobalah ingat kembali apakah pada masa kecil memiliki keinginan membeli mobil yang unik atau memang sejak kecil sudah mengoleksi miniatur mobil klasik.

3. Merek Mobil

Tak bisa dipungkiri kalau sebuah merek menjadi hal pertama yang harus dipertimbangkan calon pembeli apakah produk tersebut memliki kualitas yang bagus atau tidak. Intinya hampir semua orang memiliki anggapan yang sama bahwa semakin terkenal merek tersebut maka akan semakin bagus juga kualitas produknya dan tentunya harga jual juga akan semakin tinggi. Untuk itu, sebelum membeli sebaiknya lakukan riset terlebih dahulu atau bisa tanyakan langsung kepada saudara atau kerabat dekat yang paham otomotif dan juga terjun di mobil antik.

Baca Juga: Investasi Unik yang Tidak Disangka Bernilai Tinggi Ketimbang Deposito

4. Pilih yang Edisi Khusus

Mempertimbangkan merek saja tidak cukup, agar nilai investasinya semakin tinggi maka lihat juga keunikan pada mobil tersebut. Pilihlah mobil yang menurut Anda paling unik. Biasanya para pelaku investasi mobil antik akan memilih mobil yang diproduksi dalam edisi khusus atau limited edition.

Ini sudah pasti memiliki banyak keunikan yang menonjol dan pasarannya tidak banyak karena biasanya hanya diproduksi dalam kuantitas yang terbatas. Dengan begitu, akan membuat harga jual kembali bisa lebih tinggi.

5. Perhatikan Rekam Jejaknya

Namanya mobil antik, pastinya sudah dipakai sebelumnya. Maka sangat dianjurkan mengecek dan perhatikan interior, eksterior, jarak tempuh, dan kondisi mesin. Jangan lupa bandingkan secara detail dan pilihlah yang paling terbaik agar bisa mendapatkan hasil investasi yang jauh lebih tinggi pada jangka panjang.

Tipe Mobil Antik yang Akan Mahal di Masa Mendatang

Dikutip dari kompas.com terdapat empat tipe mobil yang berpotensi menjadi klasik, mahal dan bisa dijadikan investasi, di antaranya:

1. Mobil Langka

mobil antik
Mobil langka

Harga: Rp40 Juta – Miliaran Rupiah

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika ingin memilih mobil langka sebagai investasi, yaitu lihat keberadaan pasaran mobil tersebut di Indonesia apakah tergolong sedikit yang memilikinya atau bahkan sama sekali tidak ada yang memilikinya? Kemudian, coba pandangi bentuk body mobilnya, apakah bisa menarik perhatian banyak orang ketika melintas dijalan? Kedua hal ini yang menjadikan mobil tersebut memiliki potensi jadi mobil sangat antik yang memiliki nilai harga jual yang tinggi di masa yang akan datang.

2. Mobil Station Wagon

stasion wagon
Stasion Wagon

Harga: Rp45 juta – Rp1 miliar

Tipe station wagon adalah bentuk mobil berbasis sedan yang atap bagian belakangnya dibuat panjang sampai ke atas bagasi. Hal ini membuat ruang bagasi menyatu dengan ruang penumpang. Jika pada umumnya, sedan memiliki tiga pilar yaitu A, B, C, maka station wagon memiliki empat pilar hingga D pada ujung belakangnya. Tipe mobil ini memiliki dua ragam, yaitu ada yang empat pintu ataupun dua pintu yang biasa disebut juga hatchback.

3. CBU

ferari
Ferarri 

Harga: Rp50 juta – Rp6 miliar

CBU atau Completely Build Up merupakan tipe kendaraan yang keseluruhannya didatangkan dari luar negeri kemudian dijual di Indonesia, seperti halnya Ferrari yang dikirim langsung dari Italia. Mobil dengan model yang seperti akan manjadi langka dan klasik di masa yang akan datang, sebab secara bertahap Indonesia akan memproduksi mobil sendiri. Ini sudah menjadi keputusan berdasarkan kebijakan pemerintah.

4. Model Dua Pintu

audi
Model dua pintu

Harga: Rp50 juta – Rp6 miliar

Biasanya mobil yang didesain khusus seperti dua pintu ini tidak diproduksi dalam jumlah yang banyak alias hanya terbatas. Sesuai dengan prinsip dagang, semakin banyak orang yang mencari keberadaan mobil tersebut, namun kuantitasnya tidak memenuhi pasar, maka akan dipastikan harga mobil ini akan melambung sangat tinggi.

Cara Merawat Mobil Antik

Ketika sudah memutuskan mencoba investasi mobil antik, maka Anda juga harus menyiapkan tenaga dan jumlah uang yang ekstra untuk melakukan perawatannya. Ini dilakukan agar nilai jual semakin tinggi. Berikut perawatan mobil antik yang harus dilakukan:

1. Pilih Oli yang Terbaik

Oli dalam kendaran menjadi komponen utama yang benar-benar harus diperhatikan karena semua kinerja mesin akan bergantung pada oli yang dipakai. Pilihlah oli yang terbaik dan sesuai dengan mobil antik tersebut. Jangan lupa juga sering mengganti oli tersebut agar keadaan mesin tetap baik.

2. Rutin Periksa ke Bengkel

Periksa secara berkala ke bengkel terbaik atau bengkel khusus mobil antik mulai dari kabel-kabel hingga komponen kaki-kaki mobil seperti sumbu roda, bagian dari sistem kemudi mobil, pes dan lainnya. Bila kondisinya terlihat sudah tidak baik, maka segeralah ganti dengan yang baru. Jangan menunda waktu agar kerusakan tidak merembet ke komponen yang lain.

3. Jaga Kebersihan

Kotornya mobil juga bisa menimbulkan kerusakan pada mobil. Misalnya saja debu atau kotoran yang lama menempel pada cat mobil, bila dibiarkan maka akan membuat kerak pada cat. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, jagalah keberihan mobil antik Anda secara keseluruhan mulai dari bagian dalam hingga luar. Paling tidak lakukan pengecekan kebersihan seminggu sekali.

Baca Juga: Jangan Samakan Menabung dengan Investasi, Ini Hal yang Perlu Diketahui

4. Gunakan Pelindung Mobil

Lindungi juga mobil antik dengan menggunakan body cover. Ini sangat berguna untuk menghindari adanya gangguan yang membuat body mobil dan lainnya menjadi rusak. Mungkin bisa saja karena binatang, debu, atau tangan-tangan jahil dan lainnya. Selain itu, selimut mobil tersebut dapat menjaga cat pada body mobil dari terik matahari dan hujan.

5. Gabung di Komunitas

Agar dalam merawat mobil antik menjadi maksimal, tak ada salahnya juga bergabung di berbagai komunitas mobil antik. Dengan begitu, Anda bisa menambah wawasan dari berbagai teman yang memang sudah ahli dalam bidangnya. Kegiatan ini juga mempermudah Anda ketika ingin menjual mobil tersebut.

6. Jangan Lupa Asuransikan Mobilnya

Asuransi juga menjadi hal yang penting dalam merawat mobil antik Anda. Pastikan bandingkan terlebih dahulu dari beberapa layanan penyedia jasa asuransi mobil agar mendapatkan asuransi yang terbaik.

Pertimbangkan dengan Matang

Walau investasi mobil antik ini menghasilkan harga jual yang sangat menggiurkan tapi Anda juga harus mengingat bahwa melakukan investasi mobil antik ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit mulai dari harga beli hingga perawatannya. Sebelum itu, sebagai calon investor yang cerdas juga harus mempertimbangkannya dengan sangat matang dari berbagai aspek. Jangan sampai hanya mengikuti tren investasi mobil antik saja tapi Anda sendiri tidak memiliki kesiapan.

Baca Juga: Tips Investasi Pemula Sesuai dengan Usia