Lakukan Hal Ini Ketika Anda Sedang Menganggur

Menganggur memang hal yang menyebalkan untuk beberapa orang. Ketika sedang menganggur yang dilakukan hanya mengirim aplikasi lamaran kerja ke berbagai perusahaan yang sedang membuka lowongan pekerjaan dan kemudian hanya menunggu mendapatkan panggilan dari salah satu lamaran kerja yang dikirim.

Tahukah Andan bahwa membuang-buang waktu hanya dengan menunggu panggilan dari perusahaan tempat Anda mengirim surat lamaran. Sebaiknya tidak hanya diam menunggu hal tersebut karena hanya akan mengalami kerugian dalam waktu yang sudah terbuang-buang hanya untuk menunggu hal tersebut. Maka apa yang harus dilakukan ketika sedang menganggur?

1. Cari Kerja Sampingan

cari kerja sambilang

Cari Kerja Sambilan via netdna-cdn.com

 

Apa itu kerja sambilan? Kerja sambilan itu adalah kerja yang tidak penuh. Umumnya pekerja penuh bekerja 40 jam perminggu di kantor. Jika pekerja sambilan itu tergantung dari tawaran yang diperlukan oleh pembuka pekerjaan. Bahkan pekerjaan ini bisa kalian kerjakan dari rumah. Ini penting untuk yang sedang menganggur cobalah untuk mencari pekerjaan sambilan yang memang sesuai dengan skill.

Sebenarnya pekerjaan sambilan ini cocok untuk siapa saja. Bahkan tak jarang orang yang sudah memiliki pekerjaan pun tetap mencari pekerjaan sambilan untuk menambah penghasilan mereka. Para pekerja sambilan ini biasa di sebut freelance atau pekerja lepas. Walaupun ini adalah pekerjaan sambilan jangan diremehkan untuk urusan bayarannya.

Jika Anda seorang yang mempunyai basic IT maka banyak sekali pekerjaan sambilan yang bisa Anda ambil. Gajinya pun tidak sedikit. Untuk yang bisa membuat aplikasi-aplikasi banyak sekali dicari oleh orang-orang yang baru membuat usaha. Untuk bayaran 1 aplikasi yang Anda buat bisa di hargai jutaan. Harga yang besar bukan? Jadi disarankan untuk mencari pekerjaan sambilan yang memang itu adalah keahlian Anda. Ini bisa menjadi batu loncatan.

Jadi tidak ingin membuang-buang waktu Anda dengan percuma dan tidak punya keahlian khusus, bisa memulai dengan menjadi seorang content writer. Itu adalah hal yang paling mudah untuk dikerjakan, asalkan Anda niat.

Baca Juga : 7 Jenis Pekerjaan Freelance Terpopuler

2. Perbaiki CV

CV yang baik bisa menjadi senjata utama untuk mendapatkan pekerjaan. Kenapa CV harus diperbaiki? CV itu memberikan kesan pertama Anda di mata perusahaan. CV yang menarik pasti akan dibaca oleh perusahaan. Bayangkan saja jika ada ratusan CV yang sama ataupun standar saja tapi punya Anda yang paling beda dan menonjol.

Perusahaan tentu akan membaca CV Anda terlebih dahulu. CV juga menunjukkan kepribadian. Disarankan ketika membuat CV cobalah dengan memuat CV dengan tata letak yang bagus dan rapi. Karena dari situ perusahaan menilai apakah orang yang membuat CV ini mempunyai skill atau tidak untuk bekerja di perusahaan ini.

3. Kontak Teman Anda

kontak teman

Kontak Teman Anda via studentstudios.co.uk

 

Penting untuk menjaga kontak dengan teman Anda. Selain untuk bersilaturahmi dapat juga untuk membantu Anda yang sedang menganggur. Siapa tau ada teman yang mempunyai lowongan pekerjaan. Menjaga kontak dengan teman juga memudahkan Anda untuk bekerja sama jika ingin membuka usaha bersama.

4. Kembangkan Hobi

Siapa yang menyangka bahwa hobi bisa menjadi sumber pundi-pundi uang? Penting sekali pada saat Anda sedang menganggur untuk memperdalam hobi yang Anda punya. Misalnya saja Anda hobi fotografi, coba lah memulai memfoto objek-objek yang menarik, siapa tahu hasil jepretan Anda itu bernilai tinggi.

Jika punya hobi bernyanyi, cobalah untuk membuat cover lagu-lagu kesukaan lalu upload video cover ke akun YouTube. Banyak sekali orang yang mendapatkan uang lewat YouTube. Ini buka rahasia lagi, karena YouTube sudah menjadi tren saat ini.

Jika Anda hobi menulis cobalah untuk membuat blog sendiri. Jika tulisan Anda banyak disukai maka blog akan penuh pengunjung dan memungkinkan blog dipasang iklan tentu itu bisa menjadi pundi-pundi Rupiah.

Baca Juga : 6 Cara Mengubah Hobi Menjadi Peluang Bisnis

Tetap Produktif

Walaupun sedang menganggur bukan berarti Anda hanya bermalas-malasan saja dirumah tanpa melakukan hal yang bermanfaat. Justru manfaatkan waktu kosong Anda untuk melakukan hal-hal yang tidak sempat dilakukan ketika nanti Anda sudah bekerja, seperti berolahraga atau mencoba banyak hal lainnya.

Baca Juga : Mau Kerja Online? Cari Lowongan Kerja Freelance Di Situs Ini