Lamaran Kerja Ditolak? Tidak Perlu Bersedih, Stay Positive!

Lamaran Kerja Ditolak
Lamaran Kerja Ditolak

Drama di dunia kerja akan terus berlanjut terutama saat kamu melamar kerja. Sedih, takut, gelisah, dan menangis, hal ini akan kamu rasakan ketika surat lamaran yang tadinya sudah dipersiapkan sebagus mungkin berujung pada kata penolakan.

Jangan putus asa, mungkin keberuntungan belum berpihak kepadamu. Ibaratkan sebuah kompetisi, ada yang menang ada yang kalah. Mungkin dengan mencoba lagi dan lagi, kamu bisa mendapatkan posisi yang sudah lama didambakan. Stay positive dan ingat kalimat motivasi berikut ini.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Kamu bukan satu-satunya orang yang apes, orang lain juga merasakan hal yang sama

Surat penolakan dari perusahaan mungkin membuat hatimu hancur berkeping-keping. Tapi jangan berlarut dalam kesedihan, kamu tidak sendirian karena orang lain juga merasakan hal yang sama persis seperti yang kamu rasakan saat ini. Bangkitlah dari kesedihan dan tersenyum lah untuk mengembalikan energi positif dalam diri, sehingga kamu tetap bersemangat untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

2. Kegagalan membuatmu semakin tangguh dan membangkitkan kerja kerasmu

Jumlah lapangan pekerjaan tidak sebanding dengan jumlah mahasiswa yang lulus dari perguruan tinggi, jadi wajar kalau penolakan itu terjadi. Percaya atau tidak, penolakan tersebut akan membuatmu menjadi pribadi yang lebih tangguh, sehingga kamu bisa lebih realistis menerima apapun yang terjadi dalam hidupmu. Tetap semangat karena kerja kerasmu akan mendatangkan hasil lebih dari yang kamu harapkan.

3. Hindari rasa minder, masih banyak peluang yang bisa kamu coba

Surat lamaran kerja yang ditolak beberapa kali akan membuat seseorang kurang percaya diri saat hendak menjatuhkan surat lamaran baru. Padahal penolakan tersebut bukan karena kamu tidak qualified, tapi mungkin karena kamu belum beruntung saja. Kalau kamu mau mengajukan surat lamaran kerja baru, ajukan secepatnya sebelum deadine pengumpulan berkas expired. Masih banyak peluang yang bisa kamu coba, jadi buang rasa minder jauh-jauh dari dirimu.

Baca Juga: Ini Dia Tren Bekerja di Kantor Modern

4. Minta masukan dari orang sukses agar dirimu semakin termotivasi

Kesuksesan seseorang bisa terciprat jika kamu bergaul dengan orang tersebut. Mengapa tidak coba untuk membangun relasi dengan orang-orang sukses? Kalau kamu punya teman, saudara, atau kakak kelas yang bekerja di perusahaan terkenal, kamu bisa ajak mereka ketemuan untuk membahas hal-hal mengenai rekruitmen kerja. Masukan yang mereka berikan bisa kamu jadikan bahan untuk lebih memperbaiki diri, sehingga kamu tetap termotivasi untuk mengajukan surat lamaran baru.

5. Hasil tidak pernah mengkhianati usaha, tunggu saja tanggal mainnya

Tidak dapat dipungkiri, hidup ini tidak lepas sama yang namanya keberuntungan. Saat dirimu mengalami kegagalan beruntun, jangan putus asa, mungkin belum rezeki-mu untuk bekerja di perusahaan tersebut. Segala usaha yang sudah kamu lakukan pada akhirnya akan membuahkan hasil jika kamu terus mencoba. Kamu tinggal tunggu mainnya saja sampai keberuntungan benar-benar memihak kepadamu.

6. Menggali passion yang dimiliki, siapa tahu keberuntunganmu ada disana

‘Sambil menyelam minum air’ sembari memperbaiki diri untuk lamaran yang akan datang, kamu bisa meluangkan waktumu untuk menggali passion dalam dirimu. Siapa yang tahu kalau passion tersebut lah yang akan membawamu ke gerbang kesuksesan. Jika kamu hobi bermain musik, cobalah memainkan satu atau dua alat musik. Begitu juga dengan kamu yang hobi fotografi, menyanyi, ataupun melukis.

Menggali passion sama dengan mengasah kreatifitas. Dunia kerja tentu akan lebih menyenangkan jika diisi oleh orang-orang qualified dan orang-orang kreatif seperti dirimu. Jika suatu ketika kamu ingin pensiun dari tempat kerja, setidaknya kamu bisa memanfaatkan kreatifitas ini untuk mencari uang dan menghidupi dirimu sendiri serta keluarga.

Baca Juga: Tips Bekerja Bagi Para Freshgraduate

7. Tuhan lagi mempersiapkan yang terbaik, tetap bersyukur dan bersabar

Bagaimanapun juga kamu harus tetap bersyukur atas apapun yang terjadi dalam hidupmu. Kegagalan dan kesuksesan sudah diatur oleh Sang Pencipta. Kamu hanya perlu bersabar dan terus mencoba karena kesempatan baik akan datang di waktu yang tepat. Percayalah!

Persiapkan Diri dengan Baik untuk Langkah Berikutnya

Gagal puluhan kali bukan menjadi alasan untuk tidak mensyukuri hidupmu saat ini. Ingatlah kalau hidupmu adalah anugerah. Syukuri apapun yang terjadi dan persiapkan dirimu sebaik mungkin untuk mencoba hal-hal baru di hari esok.

Baca Juga: Tips Mengatasi Kerugian Bekerja di Rumah