Layanan Penting dari Produk KPR yang Sering Tidak Diperhatikan

Rumah merupakan salah satu kebutuhan utama manusia selain makanan dan pakaian. Tapi, dibanding dua kebutuhan lain tersebut, rumah bisa dibilang adalah yang paling sulit untuk dimiliki. Alasannya, karena harga jualnya yang melonjak tinggi saat ini. Di mana, harga rumah di pusat kota sekarang sudah menginjak harga lebih dari Rp1 miliar, bahkan di daerah pinggiran pun sudah berada di kisaran Rp200 juta-Rp500 jutaan, bahkan ada yang lebih mahal lagi, tergantung daerahnya.

Untuk mengatasi itu, Kredit Pemilikan Rumah (KPR) adalah solusi tepat untuk membeli rumah ketika Anda belum mempunyai cukup dana untuk membeli secara cash. Sayangnya, masih banyak orang yang hanya mencari produk KPR dengan hanya memperhatikan nama besar bank saja. Padahal ada banyak produk KPR yang memiliki fitur khusus yang bisa memberikan keuntungan lebih banyak ketika digunakan.

Nah, mau tahu apa saja fitur-fitur khusus tersebut? Ini dia ulasannya:

1. Bunga KPR Rendah dan Masa Fixed Rate

Bunga Bank

Bunga KPR via blogspot.com

Setiap bank tentu memberikan biaya bunga pada setiap produk KPR mereka. Masalahnya, seberapa besar bunga yang diberikan? Mengingat hal ini akan sangat berpengaruh pada besar kecilnya cicilan yang harus dibayar. Karena itu, cari produk KPR yang memberi bunga relatif kecil dibanding produk lainnya. Dengan membayar cicilan yang lebih kecil, tentu akan semakin meringankan pengeluaran yang harus dilakukan.

Selain itu, perhatikan juga masa suku bunga fixed-nya, suku bunga fixed adalah yang dipatok pada nilai tertentu, tidak berubah (sama) dalam jangka waktu tertentu. Pada umumnya, fixed rate hanya berlaku antara 1 sampai 2 tahun, namun kalau menemukan produk KPR yang menawarkan masa suku bunga fixed lebih panjang, maka itu layak dipertimbangkan

2. Bebas Biaya Administrasi

Dalam pengajuan KPR, biasanya Anda akan dikenakan biaya administrasi. Meski ini umum dilakukan, tapi tetap saja akan memberikan masalah tersendiri, karena dalam pembelian rumah Anda masih perlu mengeluarkan banyak biaya lain seperti untuk pengurusan sertifikat rumah, notaris, bahkan sampai masalah renovasi. Nah, untuk itu, cari tahu dulu, apakah produk KPR yang Anda inginkan itu membebankan biaya administrasi atau tidak.

Baca Juga: 8 Tips Hemat Membangun Rumah Sendiri

3. Plafon Pinjaman Tinggi

Kita tidak selalu ingin membeli rumah berharga murah di daerah pinggiran, mungkin saja dengan alasan tertentu suatu hari Anda ingin membeli rumah bagus yang berada di pusat kota. Mengingat harganya yang mahal, tentu Anda butuh pinjaman KPR yang memberikan plafon tinggi. Padahal umumnya, bank hanya memberikan plafon sampai Rp1 miliar.

Dengan pinjaman yang bisa melebihi nilai tersebut, tentu kesempatan untuk memiliki rumah impian berharga mahal menjadi lebih besar.

4. Bisa Cepat Dicairkan

Uang Muka

Uang Cepat Diterima via blogspot.com

Pada umumnya bank membutuhkan waktu minimal 2 minggu untuk memproses pengajuan KPR. Namun, terkadang ada bank yang menawarkan pinjaman KPR bisa cair hanya dalam waktu singkat. Salah satu bank yang menawarkan layanan ini adalah Bank Tabungan Negara (BTN) melalui produk KPR BTN Platinum.

Produk ini mempunyai keunggulan bisa dicairkan dalam waktu 7 hari saja. Jadi, siapkan segala persyaratan dan dokumennya agar proses pengajuan bisa berjalan dengan lancar.

Baca Juga: 12 Biaya Kartu Kredit yang Perlu Anda Ketahui

5. Masa Tenor Panjang

Banyak yang menganggap semakin lama kita mengutang kepada bank, maka akan semakin sulit juga kita lepas dari masalah keuangan. Sebenarnya, utang bukanlah sebuah masalah, tapi bagaimana Anda mengatur utang itulah yang akan membuat utang itu bisa menjadi masalah atau tidak. Padahal, masa tenor yang panjang berguna untuk membuat cicilan semakin ringan sehingga tidak menyulitkan keuangan Anda.

Jadi, tidak benar jika masa tenor yang panjang itu akan memberi banyak masalah, karena semuanya kembali kepada Anda, apakah bisa mengatur keuangan dengan baik atau tidak.

6. Bebas Denda Pelunasan Awal

Pada saat sedang dalam masa KPR, bisa saja kita mendapat atau memiliki rezeki berlimpah sehingga ingin melunasi cicilan lebih cepat. Namun, hal itu tidak bisa sembarangan dilakukan, karena  bank biasanya akan memberikan denda yang terkadang nilainya cukup besar.

Karena itu, sebelum mengajukan KPR, cek apakah produk KPR itu memberikan layanan bebas denda pelunasan awal atau tidak. Jika tidak, tentunya itu produk KPR itu memiliki nilai plus yang layak untuk dipertimbangkan untuk digunakan

Anda Bingung Cari Produk KPR Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KPR Terbaik! 

Cek Dulu Fiturnya Sebelum Digunakan

Produk KPR memang akan memberi Anda manfaat ketika ingin membeli rumah impian. Tapi alangkah baiknya jika Anda lebih teliti lagi dalam melihat berbagai fitur yang dimilikinya, karena ada banyak produk KPR yang layak untuk digunakan karena memiliki keunggulan-keunggulan seperti yang disebutkan dalam poin-poin di atas.

Untuk semakin memudahkan Anda, manfaatkan situs cermati.com untuk melihat berbagai produk KPR yang memiliki keunggulan itu dan lakukan pengajuannya secara online.

Baca Juga: Perbedaan Membeli KPR Rumah Baru dan Rumah Bekas