Layanan Streaming Film Netflix Merambah Indonesia

Nama Neflix beberapa bulan terakhir semakin booming di Indonesia karena layanan film berbasis streaming tersebut kini telah hadir dan bisa diakses oleh seluruh pengguna yang berada di tanah air. Netflix merupakan layanan streaming berbayar yang paling populer di internet. Layanan tersebut memungkinkan siapa saja, termasuk Anda, menonton berbagai jenis film dan acara serial TV melalui berbagai perangkat seperti komputer, televisi, bahkan di ponsel pintar Anda.

Perkembangan Netflix Hingga Hadir di Indonesia

Reed Hastings

Reed Hastings Mengkonfirmasi Kehadiran Netflix di Indonesia via meedia.de

 

Kehadiran Netflix di Indonesia dipastikan dalam pernyataan CEO Co-Founder dan CEO Netflix, Reed Hastings, dalam sambutan pada ajang Consumer Electronics Show (CES) 2016 di Las Vegas, AS, 6-9 Januari 2016. Sebelum pernyataan Hastings tersebut, layanan Netflix hanya bisa dinikmati di 60 negara. Netflix ternyata sudah bisa ditonton di sejumlah negara Asia, seperti Singapura, Taiwan, Hongkong, dan Korea Selatan. Artinya, Netflix baru melayani pelanggan Indonesia. Saat ini Netflix sudah tersedia di 190 negara, termasuk Indonesia.

Target Netflix pada 2016 sangat ambisius. Hingga akhir tahun nanti, layanan yang dibentuk pada 1997 itu bisa dinikmati di 200 negara. Cina menjadi bidikan paling serius. Dikutip dari Reuters, Hastings mengakui sangat sabar agar pemerintah di negeri Tirai Bambu tersebut bisa mengizinkan Netflix dinikmati warga Cina. Mengapa? Cina merupakan negara yang memiliki 25% pengguna broadband (internet pita lebar) rumahan di seluruh dunia yang jumlahnya mencapai sekitar 540 juta pengguna.

Ternyata strategi ekspansi global dilakukan Netflix karena pertumbuhan pelanggan di Amerika melambat. Data terakhir, pengguna internet pita lebar rumahan di Amerika hanya 100 juta orang. Berbeda jauh dengan pelanggan Cina. Bila Netflix bisa diakses di 200 negara hingga akhir tahun ini, mereka menargetkan mulai bisa meraup untung pada 2017.

Apa sih Netflix? Bila diibaratkan, Netflix adalah sebuah toko yang menjual film, tetapi menawarkan film digital di dunia maya bukan dalam bentuk fisik. Netflix juga bersih dari iklan sehingga serupa dengan televisi berbayar (TV Kabel), namun Anda bisa menentukan sendiri konten yang ingin dinikmati tanpa menunggu jadwal penanyangan.

Ternyata ada layanan serupa mirip Netflix di Filipina dan Malaysia, yakni iFlix dan HOOQ. HOOQ fokus pada pasar lokal Filipina. Sedangkan iFlix menjangkau lebih luas yakni di Filipina dan Malaysia. Apa beda Netflix dengan iFlix dan HOOQ atau layanan streaming lain yaitu Google Play Movies? Ini jawabannya. Netflix adalah pelopor layanan sewa film online. Netflix mengakomodasi arsip film paling lengkap dengan wilayah pengoperasian terbanyak.

Di Indonesia tersedia tiga jenis layanan Netflix yaitu Basic, Standard, dan Premium.  Basic adalah paket termurah, yakni hanya Rp109 ribu per bulan, paket Standard Rp139 ribu, dan paket Premium Rp169 ribu. Perbedaan ketiga paket ini terdapat pada kualitas resolusi gambar dari film dan jumlah perangkat yang digunakan untuk menggunakan akun Netflix secara bersamaan. Pengguna yang berlangganan Paket Premium atau paket teratas bisa menikmati film dengan kualitas hingga Ultra HD. Akun pengguna Paket Premium bisa digunakan langsung secara bersamaan pada 4 perangkat sekaligus.

Meski sudah bisa diakses di Indonesia, layanan Netflix diperkirakan hanya dinikmati segelintir orang. Jumlah pelanggannya masih kecil dan niche. Sama dengan pelanggan di luar negeri, Netflix bisa dinikmati orang yang menggemari film dan serial barat, terbiasa menggunakan koneksi broadband serta memiliki kartu kredit. Namun, seiring keseriusan sejumlah operator meningkatkan koneksi 4G LTE dan meningkatnya jumlah pelanggan 4G LTE, jumlah pelanggan Netflix diprediksi terus meningkat.

Baca Juga: Cara Membuat Kartu Kredit Pertama, Apa yang Mesti Diperhatikan?

Tips Berlangganan Netflix

Netflix Dapat Dinikmati di Semua Perangkat

Netflix Dapat Dinikmati di Semua Perangkat via techradar.com

 

Siapkan Bandwith Internet Kapasitas Besar

Layanan Netflix membutuhkan bandwidth internet yang cukup besar dan banyak. Semakin tinggi kualitas gambar pada film yang ditonton, maka kuota internet yang dipakai harus makin besar. Dalam situs resminya, Netflix menyatakan, perkiraan paket internet yang dipakai untuk menonton satu film adalah 300 MB per jam. Itu dengan catatan untuk kualitas video paling rendah atau di bawah Standar Definition (SD). Untuk menonton film dengan kualitas video SD, kapasitas bandwidth internet mencapai 700 MB hingga 1 GB per jamnya.

Bagi pelanggan yang ingin merasakan sensasi menonton satu film berkualitas HD, paket data yang wajib disediakan sebesar 3 GB per jam. Umumnya sebuah film berdurasi dua jam, sehingga membutuhkan bandwidth internet sekitar 6 GB. Kemudian untuk menonton film dengan kualitas gambar tertinggi, Ultra  HD, pelanggan harus menyiapkan internet sebesar 7 GB per jam.

Memilih Paket Internet

Kabar baiknya, saat ini Netflix masih membuka layanan promo. Pelanggan bisa mendaftar dan menikmati layanan gratis hingga 7 Februari 2016. Pendaftaran bisa dilakukan di laman netflix.com/id. Bila berminat menikmati layanan Netflix, maka gunakan paket internet dengan skema unlimited, bukan skema kuota yang terbatasi. Perusahaan yang memberikan layanan internet fixed broadband unlimited di Indonesia sudah mumpuni, seperti Firstmedia, Biznet, dan MyRepublic. Ketiga perusahaan ini menggunakan kabel optik.

Paket-paket tersebut bisa dinikmati dengan biaya kisaran Rp200 ribu hingga Rp400 ribu per bulan. Ada yang paket di bawah Rp200 ribu? Smartfren memberikan paket unlimited dengan harga promosi Rp75 ribu per bulan atau hingga April 2016. Padahal, tarif normal mencapai Rp300 ribu per bulan.

Bagaimana kalau tetap menggunakan paket internet berkuota? Boleh-boleh saja. Asalkan pelanggan Netflix tidak komplain terhadap skema yang diberikan atau tiba-tiba kuota internet mendadak habis.

Baca Juga: 10 Cara Menghemat Kuota Internet yang Ampuh

Cara Mendaftar Menjadi Pelanggan Netflix

Daftar Netflix Melalui Perangkat Pribadi Anda

Daftar Netflix Melalui Perangkat Pribadi Anda via netflixupdate.com

 

Sebelum menikmati film atau serial TV streaming di Netflix, pengguna harus melakukan registrasi terlebih dahulu. Hanya butuh beberapa menit. Berikut tahapan registrasinya:

  • Buka Situs Netflix
    Situs Netflix Indonesia bisa dibuka melalui alamat website www.netflix.com/id

  • Buat Akun Baru
    Untuk membuat akun baru, Anda diminta mengisi form yang terdiri atas alamat email dan password yang akan digunakan. Setelah diisi, klik tombol Register di sebelah bawah. Jika Anda ingin mengurangi akun daring, Anda juga bisa membuat akun dengan akun Facebook Anda.

  • Daftar di Kolom Akun
    Klik tombol Start Your Free Month di bagian kiri untuk membuat akun baru. Bila sudah memiliki akun Netflix, tinggal melakukan Sign In melalui tombol di sebelah kanan atas. Menariknya, seluruh langganan hadir dengan masa percobaan selama sebulan. Jika masa percobaan berakhir, Anda akan diminta memasukkan informasi pembayaran. Namun jika Anda membatalkan keanggotaan pada bulan pertama, Anda tidak akan dikenai biaya.

  • Pilih Paket Berlangganan
    Netflix menyediakan tiga paket berlangganan yaitu Basic, Standard, dan Premium. Perbedaan dari ketiganya adalah resolusi video dan jumlah perangkat yang bisa dipakai secara bersamaan seperti dijelaskan di atas. Dengan paket langganan Premium, Anda bisa berbagi informasi login Netflix Anda dengan teman dan keluarga. Mereka bisa menonton bersamaan dengan Anda. Hal ini sebenarnya dilarang oleh Netflix, namun sangat umum dilakukan.

    Perlu diperhatikan. Tidak semua konten tersedia dalam kualitas HD, dan hanya ada sangat sedikit konten tersedia dalam kualitas Ultra HD. Setelah memilih paket, klik tombol biru Continue di sebelah bawah. Jika ingin berlangganan layanan pengiriman DVD Netflix di AS, kunjungi dvd.netflix.com. Proses pendaftarannya serupa dengan pendaftaran layanan streaming.

  • Pilihan Pembayaran
    Tahap selanjutnya adalah memasukkan detil pilihan pembayaran yakni dengan kartu kredit. Kartu kredit yang bisa digunakan adalah Visa, Master Card, dan American Express. Anda wajib memasukkan nomor kartu kredit yang benar, karena Netflix akan menagih setelah periode percobaan selesai. Selain kartu kredit di atas, Anda juga bisa menggunakan PayPal untuk membayar.

    Untuk layanan penyewaan DVD, Anda harus memasukkan alamat pengiriman dengan benar agar bisa menerima DVD. Setelah mengisi detil pembayaran, beri tanda centang di kolom Terms of Use dan klik tombol Start Membership di bawahnya.

  • Pilih Jenis Film yang Disukai
    Netflix akan meminta pengguna untuk memilih tiga jenis fim yang disukai. Pilihan ini untuk memudahkan Netflix memberikan rekomendasi film-film yang layak ditonton sesuai pilihan Anda tadi.

  • Mulai Menonton
    Setelah selesai, maka Netflix akan menampilkan rekomendasi film-film di browser, pilih yang Anda sukai dan mulai menonton. Anda juga bisa mencari film yang ingin ditonton dengan memasukkan kata kunci judul film atau artisnya, melalui kolom SearchSelain bisa ditonton melalui PC/laptop, film-film di Netflix juga bisa ditonton melalui aplikasi di gadget smartphone/tablet.

  • Memilih Teks/Subtitle
    Anda juga bisa memilih teks/subtitle pembicaraan dari film atau serial TV yang ditonton dengan menekan icon yang ada di sebelah kanan bawah video. Suara percakapan juga bisa diganti. Sayangnya baik pilihan subtitle dan audio belum tersedia dalam Bahasa Indonesia.

"Netflix and Chill"

Netflix memang sudah sangat terkenal di negara-negara besar seperti Amerika. Salah satu hal yang membuatnya begitu populer adalah sebuah istilah yang sangat viral di internet yaitu "Netflix and chill." Ucapan tersebut memiliki arti "mari menonton Netflix sambil bersantai." Kini Anda bisa menonton film favorit Anda tanpa harus menunggu jadwal tayang yang merepotkan. Di mana pun dan kapan pun, Anda dapat bersantai sambil menonton film kesayangan.

Baca Juga: Kartu Kredit Virtual: Pengertian dan Manfaat yang Diberikan