Lebaran Telah Berakhir, Ongkos Mudik Kemarin Berapa Ya?

Tidak terasa lebaran sudah lewat 1 bulan yang lalu, tapi suasana lebaran mungkin masih terngiang dalam ingatan. Lebaran juga identik dengan bertemu banyak sanak saudara dan mengunjungi kampung halaman. Tradisi mudik ke kampung halaman menjadi hal yang paling ditunggu, saat lebaran tiba.

Untuk pergi mudik, terkadang kita harus menyiapkan budget khusus selama perjalanan. Tidak jarang, budget yang disiapkan cukup besar, mengingat harga kebutuhan jelang lebaran menjadi naik.

Apakah Anda masih ingat selama massa mudik bulan lalu, berapakah pengeluaran yang sudah dilakukan? Jika perkiraan Anda budgetnya cukup besar dan membuat boros, sebaiknya Anda mulai perbaiki hal tersebut dengan membuat anggaran mudik khusus. Sebelum pergi mudik, sebaiknya Anda dan keluarga berdiskusi masalah keuangan dan anggaran mudik, agar keuangan lebih terkendali.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Bagaimana memperhitungkan anggaran untuk mudik, agar keuangan lebih teratur, berikut ulasanya:

menghitung biaya

Memperhitungkan dan Mengatur Biaya untuk Mudik dan Hari Raya

1. Biaya Bahan Bakar

Katakanlah jika Anda menggunakan mobil keluarga dengan kapasitas mesin 1000 cc. sedikitnya, anggarkan biaya bahan bakar dari daerah asal Anda ke tujuan mudik  sebesar Rp250.000 (pulang pergi). Setelah sampai di kampung halaman, umumnya kegiatan saat lebaran akan banyak dihabiskan diluar rumah. Untuk kegiatan silahturahmi ini, setidaknya anggarkan sebesar Rp250.000.

Baca Juga: Tips Lebaran Tetap Asyik Meski Tanpa THR

2. Biaya Makan dan Oleh-Oleh Keluarga Inti

Selama perjalanan mudik, kita dan keluarga tentu memerlukan asupan makanan. Agar tidak terlalu boros, anggarkan sebesar Rp200.000 untuk makan keluarga. Kemudian, tradisi membawa oleh-oleh untuk keluarga di kampung halaman, buat anggaran sebesar Rp500.000. budget untuk oleh-oleh memang cukup besar, tapi dengan membuat anggaran khusus, pengeluaran akan lebih efektif.

3. Uang untuk Ibu Mertua dan Keponakan

Karena berkunjung ke kampung halaman hanya bisa dilakukan setahun sekali, tidak ada salahnya kita memberi uang titipan untuk ibu mertua. Anggarkan sebesar Rp500.000 untuk masing-masing ibu mertua Anda dan pasangan. Selain itu, jika ingin memberi uang THR untuk para ponakan , anggarkan sebesar Rp50.000 /15 orang.

4. Biaya Hidup di Kampung Halaman

Walaupun lebaran berada di kampung halaman, tapi Anda dan keluarga tetap harus memenuhi kebutuhan sehari-hari. Anggarkan sebesar Rp1.000.000 untuk biaya hidup selama 7 hari, di kampung halaman Anda.

5. Biaya Wisata dan Oleh-Oleh untuk Teman

Lebaran adalah momen yang tepat untuk berwisata ke tempat favorit. Tidak cukup hanya berwisata, mungkin di sana kita akan makan dan harus mentraktir teman atau saudara. Untuk itu, anggarkan sebesar Rp1.000.000 agar kegiatan wisata maksimal dan sesuai keadaan keuangan Anda. Berikan oleh-oleh untuk teman yang biasanya bertanya, “mana oleh-oleh kampung halaman”? dan anggarkan sebesar Rp400.000 untuk pengeluaran tersebut.

Total pengeluaran ongkos mudik dengan illustrasi di atas sebesar Rp5.350.000. untuk pergi mudik ke kampung halaman, ongkos mudik mencapai angka 5 jutaan lebih. Coba Anda lihat keadaan keuangan sekarang ini, apakah memenuhi pengeluaran tersebut?

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Jadi Resolusi Keuangan Lebaran Anda

Perhitungkan dengan Matang

Setiap pengeluaran sebaiknya memang diperhitungkan secara matang. Membuat anggaran keuangan, adalah salah satu cara agar kita bisa memperhitungkan dengan benar dan tepat. Jadikan anggaran mudik setiap tahun sebagai dasar untuk menentukan anggaran mudik tahun berikutnya.

Baca Juga: 4 Tips Cerdas Mengatur Keuangan untuk Mudik