Lebih Untung Mana, Kartu Kredit atau Kartu Debit?

Antara kartu kredit dan kartu debit, keduanya sama-sama berfungsi sebagai alat pembayaran non tunai. Namun ada hal yang mendasar antara kartu kredit dan kartu debit tersebut.

Jika kartu kredit, bisa digunakan dengan limit tertentu yang diberikan oleh bank untuk berutang/kredit, sehingga kita akan menerima tagihan setiap bulannya sesuai jumlah kredit yang dipakai.

Sedangkan kartu debit, juga bisa digunakan untuk pembayaran, tapi bukan merupakan transaksi kredit, yang artinya bisa untuk membayar asalkan masih terdapat saldo yang mencukupi dan tidak akan ada sejumlah tagihan setiap bulannya. Karena dana yang tersimpan dalam kartu debit itu adalah uang yang memang sudah tersimpan sebelumnya.

Akan tetapi, jika ditanya lebih untung mana antara kartu kredit dan kartu debit? Jawabnya adalah tergantung dengan kebutuhan Anda. Namun, secara garis besar penggunaan kartu kredit ternyata jauh lebih memberikan keuntungan ketimbang kartu debit. Kenapa?

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Proteksi dari Bank Penerbit Kartu

Kartu Kredit
Proteksi kartu dari bank penerbit

Karena sistem dari kartu kredit adalah pinjaman uang di awal, maka bank akan melindungi uang yang dipinjamkannya. Sehingga kartu kredit memiliki banyak perlindungan bagi penggunanya lebih kuat lagi ketimbang kartu debit. Pun demikian, bukan berarti perlindungan kartu debit ini tidak lebih baik juga. Keduanya sama-sama diproteksi oleh pihak perbankan penerbit kartu.

2. Kartu Kredit Memberikan Perlindungan Pengembalian Produk

Pengembalian Produk
Pengembalian produk yang tidak sesuai

Dengan kartu kredit, biasanya beberapa bank penerbit kartu akan memberikan waktu kepada nasabahnya apabila produk yang dibelinya itu tidak sesuai. Umumnya, bank penerbit kartu kredit itu akan memberikan tenggat waktu hingga maksimal 90 hari dari waktu pembelian produk.

Baca Juga: Transaksi Kartu Kredit Kena Biaya 3%? Ini Cara Melaporkannya!

3. Kartu Kredit Bisa Memperpanjang Garansi Produk

Garansi Produk
Garansi produk dari transaksi menggunakan kartu kredit

Beberapa kartu kredit juga memberikan penawaran lebih yang tidak bisa ditemukan pada kartu debit. Keunggulan tersebut adalah perpanjangan garansi produk di luar garansi yang diberikan oleh penjual produk tersebut. Sehingga Anda dapat mengganti atau melakukan klaim apabila barang rusak di luar dari waktu garansi produk yang dibeli.

4. Perlindungan Hukum Kartu Kredit Lebih Kuat

Kartu Kredit
Perlindungan hukum kartu kredit

Salah satu keuntungan lebih lainnya menggunakan kartu kredit dibanding kartu debit adalah perlindungan hukum yang lebih. Saat bertransaksi dengan kartu kredit, dapat lebih terlindungi secara hukum apabila terjadi permasalahan. Misal, terjadi kesalahan dalam bertransaksi online dan terjadi pembatalan, maka kartu kredit akan jauh lebih kuat secara hukum serta dapat menarik pembayaran kembali dibandingkan dengan kartu debit.

Untuk urusan klaim, saat menggunakan kartu kredit juga akan lebih mudah dibandingkan bila menggunakan kartu debit. Kendati demikian, menggunakan kartu debit memang akan mengurangi beban tagihan bulanan dan lebih mengontrol diri dalam berbelanja ketimbang kartu kredit.

5. Penyalahgunaan Kartu Kredit Tidak Akan Menguras Uang

Dompet Hilang
Ilustrasi dompet yang hilang

Apabila terjadi kehilangan, risiko yang lebih besar adalah pada kartu debit. Betapa tidak, jika si penemu berhasil membobol PIN ATM, maka semua dana bisa saja habis terkuras dan tidak bisa dikembalikan. Sebab dana itu adalah dana yang memang sudah tersedia sebelumnya di kartu debit tersebut.

Sementara itu, bila menggunakan kartu kredit, maka kalaupun kartu itu berhasil digunakan untuk bertransaksi oleh orang lain, namun jumlah transaksinya akan terbatas sesuai dengan jumlah limit yang diberikan bank. Kartu kredit maupun kartu debit, proses pemblokiran sama-sama bisa dengan cepat dilakukan dan diproses bank penerbit kartu.

Baca Juga: 5 Transaksi Menguntungkan Hanya dengan Menggunakan Kartu Kredit

6. Keamanan Transaksi Online Terjamin

Belanja Online
Ilustrasi belanja online menggunakan kartu kredit

Keuntungan lebih yang ditawarkan kartu kredit adalah jaminan keamanan saat melakukan transaksi online. Apabila produk yang dikirim tidak sesuai, maka pembatalan transaksi mudah dilakukan. Hal ini berbeda dengan transaksi online dengan pembayaran kartu debit, maka jumlah transaksi terbut akan langsung terdebit dan dilakukan pembayaran pada saat itu juga.

Pada transaksi kartu kredit, akan terdapat waktu tunda untuk setiap pembayarannya. Sehingga proses transaksi benar-benar akan berhasil sepenuhnya ketika barang diterima penjual. Maka, jelas bahwa kartu kredit memberikan keamanan lebih saat bertransaksi online.

Pilih Kartu Kredit atau Kartu Debit, Sesuaikan Dengan Kebutuhan Anda

Apapun jenis kartu yang Anda gunakan untuk bertransaksi, baik itu kartu debit maupun kartu kredit, tentunya akan memberikan manfaat lebih apabila menerapkan kewaspadaan pada diri untuk selalu berhati-hati menyimpan dan menggunakannya. Akan tetapi, satu hal yang perlu diingat, kartu kredit memerlukan jeda waktu saat bertransaksi online, maka kartu ini relatif memberikan keamanan yang lebih. Maka, Anda bisa pertimbangkan penggunaan kartu debit untuk bertransaksi dan dibawa kemanapun Anda pergi.

Baca Juga: Sering Bertransaksi Online? Simak Tips Aman Transaksi Internet Banking