Liburan Berkesan dan Murah untuk Para Kpopers Sejati

Salah satu mimpi seorang Kpopers pasti bisa mengunjungi Korea Selatan, tempat oppa-oppa dan grup idola mereka berasal. Kebanyakan dari mereka datang berlibur ke Korea Selatan bukan karena mereka tertarik dengan keindahan tempat wisata milik negara ginseng tersebut, tapi karena ingin mengunjungi tempat-tempat yang pernah didatangi oleh para artis Korea Selatan favorit mereka.

Seperti para pecinta drama Korea yang ingin pergi ke Hutan Pinus di Pulau Nami di Korea Selatan karena adegan-adegan romantis yang berhasil terekam dengan indah di drama romantis terbaik sepanjang masa Korea, Winter Sonata atau menulis nama mereka dan pasangan di gembok cinta untuk di letakan di Namsan Tower seperti drama dari aktor terkenal Kim Soo Hyun dengan Jun Ji Hyun di drama My Love Who Came From The Star.

Tren memparodikan adegan yang sama dengan drama favorit di lokasi yang sama berhasil menjadi populer dikalangan pecinta drama atau musik Korea. Kamu yang ngaku Kpopers tapi belum ke Korea Selatan tidak mau juga menambah feed instagram kamu dengan berbagai foto tempat indah dan seru yang sering didatangi idolamu?

Ini dia kumpulan tempat wisata untuk para Kpopers dan pecinta drama Korea yang bisa banget dijadikan rekomendasi ’goal’s traveling’ kamu nanti ke Korea:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Gedung – Gedung Agensi Artis-Artis Korea

Pasti para Kpopers sejati pasti sudah tau dong, bahwa industri Kpop di dominasi oleh para artis yang dinaungi oleh agensi-agensi besar. Nah kamu para kpopers yang ngebet pengen ketemu artis idola bisa nih mengunjungi salah satu gedung agensi besar di Korea Selatan, seperti beberapa agensi besar berikut ini:

  • SM Entertainment

SM Town Coex Atrium
SM Town Coex Atrium (SM Entertainment)

Merupakan salah satu dari 3 Agensi terbesar di Korea Selatan yang menaungi artis-artis populer seperti TVXQ, Super Junior, Girls Generation, Shinee, Exo, Red Velvet dan NCT. Alamatnya, Gangnam-gu, Apgujeong-2dong, 521.

  • Pledis Entertainment

Gedung Pledis Entertainment

Gedung Pledis Entertainment via herlittleguiltypleasures.blogspot.co.id

Sedang menjadi sorotan karena prestasi artis-artisnya, Pledis menaungi trending idols seperti NU’EST, Seventeen, AfterSchool, Pristin dan Han Dong Geun. Alamatnya, Seoul, Gangnam-gu, Nonhyeon-dong, 243-17, #301.

  • JYP Entertainment

Gedung JYP Entertainment
Gedung JYP Entertainment via jtbc.com

Bisa dikatakan gedung JYP Entertainment adalah yang paling iconic dari semua gedung agensi besar di Korea Selatan dan menaungi beberapa grup idol populer seperti Wonder Girls, 2PM, Miss A, Got7, Twice dan StrayKids. Alamatnya, Seoul, Gangnam-gu, Cheongdam-dong, 123-50.

  • YG Entertainment

Kalau agensi ini adalah satu-satunya agensi kpop terbesar yang artis-artisnya justru banyak mengusung genre musik Hip-Hop seperti Bigbang, 2NE1, iKON, Winner dan Blackpink. Alamatnya, Seoul, Mapo-gu, Hapjeong-dong, 397-5.

  • Cube Entertainment

Cube Entertainment juga merupakan salah satu agensi besar yang menaungi banyak idol terkenal seperti BTOB, CLC, Hyuna, Pentagon dan Yoon Seon Ho. Alamatnya, Seoul, Gangnam-gu, Cheongdam-dong, 125-6, 3rd Floor.

2. Lokasi Syuting Drama-Drama Terkenal Korea

Drama Korea yang populer tidak hanya melejitkan nama para aktor dan aktrisnya, tapi juga lokasi mereka melakukan syuting, terutama adegan-adegan paling berkesan di drama tersebut. Telah banyak dijadikan daftar tujuan wisata populer oleh banyak travel agency untuk Korea Selatan, ini dia daftarnya:

  • Namsan Tower

Namsan Tower
Namsan Tower, Lokasi Syuting untuk Drama-Drama Korea Romantis

Sebelum banyak dijadikan lokasi syuting drama-drama populer, Namsan Tower telah menjadi destinasi wisata yang cukup terkenal. Untuk para pecinta drama Boy Before Flower dan My Love From The Star, wajib datang kesini dan ikutan menggantung gembok cinta kamu di tembok Namsan Tower. Alamatnya, Seoul, Yongsan-gu, Namsangongwon-gil, 105.

  • Suncheon Open Film Set

Suncheon Open Film Set
Suncheon Open Film Set via thereshegoesagain.org

Tidak cuman dijadikan lokasi drama, tapi juga film. Suncheon Open Film Set ini menggambarkan suasana korea pada tahun 70’an – 90’an. Variety Show terkenal Running Man juga pernah loh melakukan syuting disini. Alamatnya, Jeollanam-do, Suncheon-si,  Biryegol-gil, 24.

  • The First Shop of Coffe Prince (Coffe Prince)

Kamu pasti tau dong drama Korea Coffe Prince yang di perankan oleh Gong Yoo dan Yoon Eun Hye ini. Berlatar belakang kisah cinta yang terjadi di sebuah cafe. Nah ternyata cafenya itu benar-benar nyata dengan nama yang sama yaitu Coffe Prince. Alamatnya, Seoul, Mapo-gu, Seogyo-dong, 337-2.

  • Taebaek City

Siapa yang tidak tahu drama paling ‘hot’ 2016 Descendants of The Sun. Meski sudah 2 tahun berlalu, drama yang diperankan oleh Song Joon Ki dan Song Hye Kyo ini masih banyak membekas di para pecinta drama Korea. Lokasi Pertambangan Taebaek City menjadi salah satu lokasi dari drama populer ini. Alamatnya, Gangwon-do, Taebaek-si, Tonggol-gil, 112.

  • Pantai Jumunjin

Kepopuleran drama Goblin, Gong Yoo ini telah berhasil juga mempopulekan tebing batu di pantai terkenal provinsi Gangwon, Korea Selatan ini berhasil viral karena adegan antara Ji Eun Tak dan Kim Shin berpegangan tangan di breakwater pantai Jumunjin. Kamu juga bisa memparodikan adegan yang sama dengan pasangan. Alamatnya, Gangwon-do, Gangneung-si, Haean-ro, 1609.

Baca Juga: Ini Dia 10 Idol Terkaya di Korea Tahun Ini, Siapa Biasmu?

3. Cafe Para Artis Kpop

Banyak artis korea yang tidak hanya sukses menjadi idol tapi juga sebagai pebisnis. Dan memiliki sebuah cafe adalah pilihan paling populer diantara para idol-idol tersebut. Kalau idola favorit kamu salah satunya, tentu wajib banget dong mengunjungi cafenya sebagai seorang fans. Kalau kamu beruntung bisa saja kamu dilayani langsung oleh mereka. Ini dia beberapa cafe dari para idol populer:

  • Monsant Aewol Cafe (Big Bang G-Dragon)

Monsant Aewol Cafe Milik G-Dragon
Monsant Aewol Cafe Milik G-Dragon via dezeen.com

Kalo tujuan liburan Korea Selatan kamu adalah mengunjungi pulau Jeju, jangan lupa mampi ke cafe milik leader dari grup idol terkenal Big Bang, G-Dragon. Cafe ini akan memberikan kamu kesempatan memandangi indahnya laut Jeju, ditemani dengan berbagai menu makanan lezat khas cafe ini. Alamatnya, Jeju-d, Cheju, Aewol-eup, Aewolbukseo-gil, 56-1.

  • Mause and Rabbit (Super Junior Yesung)

mouse and rabbit
Mouse and Rabbit via mysugarcoffee.blogspot.co.id

Cafe lucu yang dia jalankan bersama adiknya (Kim Jong Jin) ini berhasil terkenal berkat kepopuleran grupnya sendiri (Super Junior). Memiliki suasana yang nyaman dengan konsep ruangan ala cafe-cafe di Eropa, cafe ini pun menjadi salah satu ‘hotplace’ di Seoul. Alamatnya,
Seoul, Gwangjin-gu, Hwayang-dong, Mouse Rabbit 5-14, 05017.

  • AND Here (Big Bang Seungri)

Tidak hanya dikenal sebagai idol, Big Bang Seungri juga dikenal sebagai pebisnis yang sukses. Cafe ‘AND Here’ ini adalah salah satu bisnis kuliner yang telah dijalankan oleh Seungri dam ibunya. Alamatnya, Seoul, Jongno-gu, Dongsung-gil, 90, 03085, (Jongno-gu, Dongsung-dong 31-14).

  • Kamong Cafe (EXO Kai)

Cafe ini dijalankan oleh kakak perempuan dari salah satu member grup idol populer Exo Kai. Jadi jika kamu ingin bertemu langsung Kai atau member Exo yang lain bisa kunjungi cafe ini, kali saja kamu beruntung dan akhirnya jadi fans yang sukses bertemu idolanya deh. Alamatnya, Seoul, Seocho-Gu, Seocho-dong, 356.

  • The Min’s Cafe (Changmin 2AM)

Pemilik cafe ini adalah member grup idol ballad Changmin 2AM. Keunikan dari cafe ini adalah mereka memiliki menu minuman spesial untuk musim panas dan dingin. Telah banyak artis Korea yang telah mampir ke cafe ini, dan bisa saja saat kamu berkunjung, Changmin oppa yang langsung melayani kamu. Alamatnya, Seoul 112,  Gangnam-gu,  Apgujeong-ro, 1st floor, 06018  330.

Selain tempat-tempat di atas, ada lagi beberapa tempat wisata yang wajib kamu kunjungi selama kamu berlibur ke negara ginseng ini. Tempat-tempat ini akan membuat kamu lebih memahami gaya hidup, budaya dan sejarah dari masyarakat Korea, jadi liburan kamu tidak cuman seru tapi juga memberikan kamu ilmu baru. Ini dia daftar tempat-tempatnya:

Hongdae Street

  • Hongdae Street, disini kamu bisa berbelanja, makan di cafe-cafe lucu atau mencicipi banyak jajanan khas dari Korea Selatan.

Bukchon Hanok Village

  • Bukchon Hanok Village, adalah tempat dimana kamu melihat bagaimana rumah-rumah dan suasana kota di Korea pada jaman dulu.

Gyeongbokgung Royal Place

  • Gyeongbokgung Royal Place, adalah salah satu bangunan yang telah berdiri dari jaman Dinasti Joseon (Kerajaan Pertama di Korea Selatan)

Korean Spa and Sauna

  • Korea Spa and Sauna, tempat ini pasti selalu ada disetiap kota yang kamu kunjungi di Korea, bahkan kamu juga bisa menginap disana.

Han gang park

  • Han gang Park, dengan pemandangan indah sungai Hanggangnya saat matahari terbenam.

Gwanghwamun Square

  • Gwanghwamun Square, dengan patung besar salah satu raja paling dicintai di Korea, King Sejong.

Cheonggyechon Stream
via cityclock.org

  • Cheonggyechon Stream, yang instagramable banget.

Baca Juga: 7 Bisnis Online yang Cocok untuk Para Kpopers

Liburan Lebih Hemat dengan Kartu Kredit

Namanya juga kamu pergi ke negara orang, tentunya kamu harus lebih teliti dan matang dalam mempersiapkan budget liburan kamu. Hindari pengeluaran berlebihan, ingat kamu liburan untuk bersenang-senang bukan untuk menambah stress. Gunakan kartu kredit khusus untuk traveling yang bisa memotong pengeluaran liburan menjadi lebih hemat. Manfaatkan promo tiket penerbangan dan penginapan dengan kartu kredit kamu. Selain itu kartu kredit akan membuat kamu lebih nyaman dalam berlibur tanpa perlu takut kehabisan uang cash.

Susun Jadwal Liburan sesuai dengan Impian Liburan Korea Kamu

Jika kamu tidak bisa mengunjungi semua tempat rekomendasi di atas, coba kamu susun kembali jadwal liburan kamu dan prioritaskan tempat yang paling ingin kunjungi. Kamu bisa pilih 1 atau 2 tempat pada setiap kategori untuk 1 hari perjalanan. Dan jika ingin meraih lebih banyak lagi tempat, pilih lah tempat-tempat yang lokasinya saling berdekatan. Selain menghemat waktu kamu bisa menghemat budget juga.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Baru yang Wajib Masuk “List” Destinasi Favorit para Backpacker Traveller