Liburan Ke Medan? 8 Tempat Wisata Ini Jangan Sampai Terlewatkan!

Sebagai kota terbesar nomor 4 di Indonesia, Kota Medan hadir dengan berbagai tempat wisata menarik yang siap memanjakan seluruh wisatawan yang sedang liburan ke Medan.

Jika Kota Medan masuk dalam your next bucket list to go, jangan lupa kunjungi tempat-tempat wisata berikut. Mulai dari pemandangan alam, pantai, danau hingga tempat makan, semuanya lengkap ada di Medan!

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Danau Toba

Danau Toba

Siapa lagi yang tidak kenal dengan Danau Toba? Danau terbesar di Asia Tenggara ini menawarkan pemandangan yang sangat indah. Untuk menyaksikan keindahan Danau Toba yang sesungguhnya, berkunjung lah ke Desa Tongging yang jaraknya tidak jauh dengan lokasi danau.

Meskipun Danau Toba sudah sangat populer, tetapi pihak pengelola tidak memungut biaya sepeser pun bagi pengunjung yang berwisata ke Danau Toba. Kecuali biaya parkir sepeda motor dan mobil yang masing-masing dikenakan biaya Rp 2.000 dan Rp 5.000.

2. Air Terjun Sipiso-Piso

Air Terjun Sipiso-Piso

Tidak jauh dari objek wisata Danau Toba, Anda dapat menemukan air terjun yang cantik bernama Air Terjun Sipiso-Piso. Air terjun yang memiliki ketinggian 120 meter ini tampak sangat elok bila dipandang dari bawah.

Biaya tiket masuk ke Air Terjun Sipiso-Piso dibanderol seharga Rp10.000 per wisatawan. Untuk bisa sampai ke sini, sebaiknya gunakan sepeda motor agar Anda dan keluarga terhindar dari kemacetan.

Baca Juga: 5 Destinasi Wisata Dunia yang Jarang Terdengar, Tetapi Menyimpan Sejuta Keindahan

3. Taman Labirin

Taman Labirin Medan

Taman Labirin Medan via trivindo.com

Sebelum matahari tenggelam, jangan lupa menginjakkan kaki ke Taman Labirin yang lokasinya tidak jauh dari Danau Toba. Sesuai dengan namanya, taman ini mirip sekali dengan bentuk sebuah labirin lengkap dengan sekat-sekat di setiap sudut taman. Di pintu keluar taman, Anda akan mendapati sebuah tugu air mancur yang memiliki air yang sangat melimpah.

Harga tiket masuk Taman Labirin berbeda-beda tergantung dari jenis kendaraan yang Anda gunakan. Bagi pejalan kaki, harga tiket masuk sebesar Rp 50.000. Sedangkan untuk sepeda motor dan mobil masing-masing harus membayar Rp 85.000 dan Rp 250.000.

4. Masjid Raya Medan

Masjid Raya Medan

Di Kota Medan sendiri, Anda dapat menemukan bangunan tua yang masih berdiri kokoh bernama Masjid Raya Medan. Masjid ini dibangun pada tahun 1999 dan mendapat nuansa dimasa penjajahan Belanda. Selain Belanda, Masjid Raya Medan juga mendapat perpaduan dari budaya Turki, Arab dan Andalusia, sehingga bangunannya terlihat sangat arsitektural.

Berkunjung ke Masjid Raya tidak dikenakan biaya apapun alias gratis. Tetapi ingat, Anda perlu memilih jam berkunjung yang tepat karena Masjid Raya Medan biasanya sangat ramai dikunjungi oleh para wisatawan dari luar kota.

5. Permandian Aek Manik

Pemandian Aek Manik
Pemandian Aek Manik via travelingyuk.com

Jika Anda pernah mendengar nama tempat wisata Kebun Teh Sidamanik, persis didekat itulah tempat permandian air ini berada. Kondisi air disini sangat jernih dan segar, cocok bagi Anda yang ingin melepas rasa letih setelah seharian mengelilingi Kota Pematang Siantar.

Dengan membayar Rp 7.000 saja, Anda bisa berenang sepuasnya dari pagi sampai sore. Sayangnya, harga tiket masuk dapat berubah-ubah terutama saat musim liburan tiba.

6. Mickey Holiday

Mickey Holiday
Mickey Holiday via skycrappercity.com

Dengan menempuh perjalanan sekitar 2 – 3 jam dari Kota Medan, Anda dapat sampai ke Mickey Holiday, sebuah wahana permainan favorit bagi anak-anak dan orang dewasa. Ada lebih dari 30 jenis wahana permainan yang dapat Anda coba disini. Mulai dari paint ball, raffling hingga kora-kora yang memicu adrenalin.

Harga tiket masuk sebesar Rp 100.000 per orang. Harga tiket ini sewaktu-waktu dapat naik seiring dengan meningkatnya jumlah permintaan pengunjung.

Baca Juga: ‘Instagramable’ Banget, Tempat Wisata Jawa Barat ini seperti di Eropa!

7. Graha Maria Annai Velangkanni

Graha Maria Annai Velangkanni

Graha Maria Annai Velangkanni via trover.com

Salah satu wisata rohani bagi umat Kristiani yang ada di Medan yaitu Graha Maria Annai Velangkanni. Bangunan gereja terlihat sangat unik, ditambah dominasi corak berwarna biru di sepanjang dinding bangunan.

Jika Anda berkunjung kesini, jangan lupa untuk membawa pulang sebotol air suci yang bisa didapat dari keran yang ada di belakang bangunan gereja ya! Air suci ini sifatnya cuma-cuma, jadi Anda dapat mengambil sebanyak-banyaknya.

8. Tip Top Medan

Tip Top Medan
Tip Top Medan via Flickr.com

Tip Top Medan adalah salah satu tempat kuliner legendaris yang tidak boleh Anda lewatkan saat liburan ke Medan. Bagi Anda yang ingin menyantap ikan goreng, kari, rendang dan pancake cokelat yang lezat, berkunjunglah kemari.

Harga makanan di Tip Top Medan juga sangat terjangkau. Dengan bermodal Rp 50.000 saja, Anda dapat menikmati dua hingga tiga kuliner khas Kota Medan yang menggoyang lidah.

Persiapkan Liburan Jauh-Jauh Hari

Masih banyak spot-spot menarik di Kota Medan yang bisa Anda kunjungi saat liburan. Yang penting kencangkan budget dan siapkan liburan jauh-jauh hari sebelumnya, terutama jika Anda datang dari luar Pulau Sumatera.

Baca Juga: Tempat Wisata di Jakarta yang Hits dan Perlu Kamu Cek Sekarang Juga