Liburan Sendiri vs Grup, Mana yang Lebih Baik?

Menikmati liburan dan bepergian ke tempat yang telah lama diinginkan tentu akan menjadi sebuah hal yang sangat menyenangkan dan ditunggu oleh banyak orang. Apakah Anda juga demikian?

Berlibur menjadi sebuah hal yang “wajib” bagi sebagian besar orang, sebab dengan begitu mereka dapat melupakan sejenak beban pikiran dari berbagai rutinitas sehari-hari. Liburan memberikan banyak waktu untuk melakukan berbagai hal yang belum sempat dilakukan selama ini, seperti mendatangi tempat-tempat yang selama ini belum sempat dikunjungi. Liburan dapat dilakukan bersama keluarga, teman-teman atau sendiri tergantung dari keinginan Anda.

Saat akan berlibur, Anda pasti memiliki rencana dan tujuan khusus untuk perjalanan tersebut. Oleh karena itu, sangat penting untuk mempertimbangkan apakah berlibur akan dilakukan sendiri atau bersama orang lain. Kedua pilihan di atas tentu akan memberikan efek yang berbeda pada perjalanan liburan Anda.

Anda  mungkin akan kebingungan memilih satu di antara kedua hal tersebut, terutama jika Anda belum pernah menjalani salah satu di antara keduanya. Simak beberapa poin di bawah ini untuk gambaran yang akan Anda temukan ketika akan melakukan liburan sendiri atau bersama orang lain:

1. Biaya

logo biaya

Logo Biaya via vibiznews.com

 

Liburan sendiri:

Ketika Anda memutuskan untuk berlibur sendiri, maka besaran biayanya  mungkin akan jauh lebih besar, terutama jika Anda berlibur menggunakan layanan dari sebuah agen travel. Saat menuju bandara atau tempat-tempat wisata yang akan Anda tuju, maka Anda akan membayar sendiri taksi ataupun sarana transportasi lainnya yang biasanya lumayan mahal. Selain itu, Anda juga akan menginap dan membayar kamar hotel sendiri.

Liburan bersama grup:

Berlibur bersama grup akan membuat Anda lebih hemat dari segi biaya. Jika Anda dan grup memutuskan untuk menggunakan jasa agen travel dan mengambil paket tour tertentu, maka biaya yang harus Anda keluarkan biasanya akan jauh lebih murah. Anda juga tidak perlu memikirkan berbagai sarana transportasi selama liburan, dan juga biaya tiket masuk tempat wisata, karena biasanya telah termasuk di dalam biaya yang akan kalian bayarkan kepada agen travel.

Bahkan jika kalian berlibur tanpa menggunakan jasa agen travel sekalipun dan menyiapkan segala sesuatunya sendiri tetap bisa lebih hemat jika dibandingkan dengan berlibur sendiri saja. Anda bisa berbagai biaya transportasi, biaya menginap, dan berbagai biaya lainnya yang akan kalian keluarkan selama liburan.

Baca juga: 7 Tips Liburan Hemat dan Menyenangkan

2. Akomodasi

Liburan sendiri:

Tentu akan sangat penting memikirkan penginapan yang akan Anda gunakan selama liburan, sebab ini akan mempengaruhi kualitas liburan Anda. Saat bepergian sendiri, maka Anda akan bebas menentukan sendiri dan memilih hotel yang sesuai dengan keinginan Anda. Jika budget Anda mencukupi, Anda bisa memilih hotel terbaik dan paling nyaman di tempat tujuan Anda.

Namun, hal ini akan menjadi sebuah masalah jika ternyata Anda hanya memiliki sejumlah dana yang kecil untuk berlibur. Mungkin saja Anda akan menemukan kesulitan untuk menyewa sebuah kamar hotel yang Murah, terutama jika Anda berlibur ke tempat-tempat wisata yang cukup ramai dikunjungi, dimana orang dan mematok sejumlah tarif yang mahal untuk penginapan. Artinya, bisa saja Anda akan kesulitan menemukan hotel yang sesuai dengan keuangan Anda yang pas-pasan.

Liburan bersama grup:

Berlibur bersama, artinya Anda akan membayar biaya hotel bersama-sama juga, sehingga Anda tidak akan mengeluarkan sejumlah biaya sendiri yang cukup banyak untuk hal ini. Tapi saat berlibur bersama grup, Anda tidak akan bisa menentukan sendiri tempat penginapan yang akan kalian gunakan, sebab biasanya hal ini akan ditentukan oleh suara terbanyak.

Jadi, bisa saja Anda menginap di hotel yang kurang Anda sukai, jika suara terbanyak tidak sesuai dengan suara Anda tentunya. Berlibur bersama-sama juga bisa membuat Anda kesulitan untuk mendapatkan sejumlah kamar hotel dengan mudah, terutama jika bepergian dalam jumlah yang lumayan banyak, terutama di saat  musim liburan. 

3. Transportasi

logo tranportasi

Logo Tranportasi via informasitips.com

 

Liburan sendiri:

Anda akan lebih mudah menentukan dan memilih jenis transportasi yang akan Anda gunakan untuk berlibur, ini akan terasa menyenangkan. Tetapi dalam beberapa kondisi, Anda juga akan dibebani dengan sejumlah biaya transportasi yang mahal, terutama ketika berada di tempat-tempat wisata tertentu.

Jika ternyata di sana tidak ada transportasi umum, artinya Anda akan mengeluarkan sejumlah biaya sendiri untuk menyewa dan menggunakan alat transportasi tersebut, misalnya: jeep untuk menyusuri kaki gunung, perahu untuk menikmati laut. Tentu saja biaya ini akan menguras kantong Anda, sebab biayanya yang cukup mahal.

Berlibur dengan grup:

Bepergian bersama terkadang lebih mudah, seperti lebih mudah menemukan alat transportasi. Anda juga bisa berbagi biaya transportasi yang akan kalian gunakan selama liburan, jumlahnya akan jauh lebih ringan jika dibandingkan dengan saat Anda bepergian sendiri. Namun ini bisa menjadi hal yang menjengkelkan, sebab semua transportasi yang akan kalian gunakan tentu akan diputuskan secara bersama-sama.

Baca juga: 5 Tips Menghemat Biaya Tranportasi

4. Waktu

Liburan sendiri

Akan sangat menyenangkan bila Anda bisa mengatur waktu sendiri, termasuk waktu keberangkatan Anda berlibur. Saat berlibur sendiri, Anda akan memiliki kebebasan untuk menikmati liburan Anda dan mengatur segala sesuatunya sesuai dengan keinginan Anda. Anda bisa mengubah rencana sesuka hati Anda dan bahkan membatalkan berbagai kegiatan yang telah Anda rencanakan sejak awal. Tidak akan ada yang keberatan dan merasa dirugikan akan hal tersebut, Anda bisa mengatur jadwal keberangkatan dan juga kepulangan Anda sendiri dengan bebas.

Liburan bersama grup:

Hal di atas tidak akan terjadi ketika Anda berlibur bersama grup, sebab Anda juga harus mendengarkan pendapat dan keinginan orang lain selain diri Anda sendiri. Keberangkatan harus disesuaikan dengan jadwal semua orang yang akan berangkat, artinya akan sangat sulit untuk melakukan perubahan dalam hal tersebut, termasuk dengan kepulangannya juga.

Selain hal tersebut, semua jadwal dan rute perjalanan juga akan diputuskan secara bersama-sama, di mana biasanya suara terbanyaklah yang akan digunakan dalam hal ini. Sangat sulit atau bahkan tidak mungkin untuk mengubah jadwal atau rute wisata yang telah ditentukan, termasuk agenda perjalanan yang telah disusun sejak awal.

5. Makan

logo makanan

Logo Makan via foodisneverenough.files.wordpress.com

 

Liburan sendiri:

Anda bisa bebas memilih dan menemukan makanan apa saja yang Anda sukai selama liburan. Saat akan makan di tempat yang sangat ramai, Anda akan lebih  mudah melakukannya sebab bisa saja menunggu pengunjung yang hampir selesai atau bahkan ikut bergabung di meja lainnya. Namun Anda tidak memiliki kesempatan untuk mencicipi berbagai jenis makanan sekaligus, karena selain masalah biaya, pesanan makanan yang terlalu banyak dan tidak akan habis juga patut dipertimbangkan.

Berlibur bersama grup:

Makan menjadi lebih hemat dan bahkan ke Anda bisa mencicipi beberapa jenis makanan sekaligus bersama dengan teman-teman Anda. Pergi ramai-ramai bisa saja membuat kalian kesulitan mendapatkan tempat duduk, terutama di tempat-tempat makan yang memang terkenal dan selalu ramai dengan pengunjung. Anda juga tidak bisa memilih sendiri tempat makan yang akan Anda kunjungi, sebab hal ini akan mempertimbangkan selera makan beberapa orang sekaligus, dan biasanya suara terbanyaklah yang akan dipilih.

6. Kesan yang didapat

Liburan sendiri:

Saat berlibur sendiri, tentu Anda akan memiliki tujuan dan juga harapan tersendiri atas kegiatan tersebut. Jika Anda mengharapkan sebuah ketenangan dan juga kesempatan untuk menyendiri, maka Anda bisa menemukan hal tersebut dengan lebih pasti, sebab tak seorangpun teman yang akan mengganggu semua aktivitas liburan Anda. Namun jika Anda berharap menemukan keseruan dan juga kegembiraan di saat liburan, maka mungkin saja Anda tidak bisa menemukan hal tersebut saat bepergian sendiri, terutama jika Anda memilih tempat yang sepi dan jauh dari ramainya pengunjung.

Liburan bersama grup:

Berlibur bersama dengan teman-teman akan membuat Anda lebih gembira dan menikmati keseruan yang berbeda, bahkan jika kalian mendatangi tempat wisata yang membosankan sekalipun. Anda bisa mengenal teman-teman Anda lebih dekat lagi dan berbagi banyak hal bersama dengan mereka.

Pilih yang Paling Anda Inginkan

Berlibur menjadi hal yang menyenangkan dan ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Saat akan berlibur bersama dengan grup ataupun teman, selalu pertimbangkan tujuan liburan yang akan Anda lakukan tersebut. Jangan sampai Anda berlibur dengan tidak menikmati liburan itu sendiri. Rencanakan dengan matang dan pilih cara berlibur yang paling Anda inginkan.

Baca juga: Liburan Itu Penting! Ini Dia 7 Alasannya