Lindungi Aset Anda Dengan Asuransi Rumah

Bagi sebagian besar orang, rumah adalah aset paling penting dalam menjalani kehidupan. Tidak hanya harga bangunannya yang mahal, melainkan juga tanah dan berbagai perabotan yang ada di dalamnya. Namun demikian, ironisnya, masih banyak orang yang tidak terlalu peduli dengan asuransi rumah mereka. Padahal, bahaya yang mengancam rumah beserta aset berharga di dalamnya dapat terjadi kapan pun dan tidak dapat diduga-duga. Apakah Anda bisa menjamin rumah Anda dapat bertahan selamanya? Ada kejadian yang diluar dugaan yang bisa saja terjadi misalnya, kebakaran, kebanjiran, pencurian, hingga kejatuhan pesawat terbang.

Untuk itulah, Anda perlu mempertimbangkan untuk memiliki asuransi. Anda tidak boleh hanya terpaku pada asuransi ketika rumah sedang dikredit saja. Namun, Anda juga perlu melanjutkan asuransi setelah melunasi rumah Anda. Inilah yang seringkali luput dari kepedulian orang terhadap aset mereka sendiri. Hal ini disebabkan pengetahuan tentang asuransi rumah belum populer di masyarakat. Masih banyak orang yang berpikir bahwa asuransi rumah adalah hal yang sia-sia. Selain itu, ada pula anggapan bahwa perusahaan asuransi hanya mengincar premi dan pada akhirnya tidak akan menanggung apabila terjadi apa-apa.

Mengasuransikan rumah berarti mengalihkan segala resiko dan beban finansial kepada perusahaan asuransi. Tentu saja, kehilangan rumah sama saja kehilangan aset paling berharga jika tidak ada yang menanggung biaya perbaikannya. Untuk itu, daftarkanlah rumah Anda untuk diasuransikan. Akan tetapi, sebelumnya, Anda perlu mempelajari apa saja yang ditanggung oleh perusahaan asuransi dan langkah-langkah apa saja yang perlu Anda tempuh untuk memulainya.

Baca juga: Tips Membeli Rumah Pertama

Apa Saja Yang Ditanggung Oleh Asuransi Rumah?

Asuransi rumah memproteksi Anda dengan memberikan ganti rugi kepada Anda, sebagai pemilik rumah. Adapun ganti rugi tersebut berupa, perbaikan total dan pembangunan kembali, apabila terjadi masalah dengan rumah Anda. Untuk asuransi rumah dasar disesuaikan dengan Polis Standar Asuransi Kebakaran Indonesia mencakup segala resiko-resiko umum, seperti kebakaran, petir, ledakan, asap, dan kejatuhan pesawat terbang. Tentu saja, Anda dapat memperpanjang polis atau menambahkan penjaminan menyesuaikan dengan pertimbangan dan kekhawatiran Anda. Anda bisa menambahkan kerusakan rumah dari kerusuhan atau huru-hara, tanah longsor, banjir, atau pencurian.

Namun demikian, perusahaan asuransi biasanya tidak memproteksi semuanya. Ada beberapa pengecualian kerusakan rumah yang tidak dijamin, seperti perang atau kerusakan yang disengaja oleh pemilik properti. Selain itu, dilihat dari bentuk bangunan, biasanya perusahaan asuransi juga tidak menerima bangunan berupa kayu atau rumah tradisional untuk dapat diasuransikan. Apa saja yang mesti dilakukan?

Riset dan Pelajari Seluk Beluk Rumah Anda

 

Pelajari Seluk Beluk Rumah Via expertbeacon.com

Pertama-tama, lakukanlah riset dan pelajari seluk beluk rumah Anda. Hal itu berhubungan dengan jumlah asuransi yang Anda butuhkan. Tidak lucu jika rumah Anda berada di dataran tinggi, tetapi Anda mendaftarkan asuransi untuk benjir. Untuk itulah, Anda perlu mempelajari dan mencari tahu. Anda perlu tahu berapa besar pertanggungjawaban yang Anda inginkan secara mendetail.


Cari Tahu Berapa Nilai Valuasi Rumah Anda Dipasaran

Nilai Valuasi Rumah Via pakarinvestasi.com

Kemudian, Anda perlu tahu berapa nilai valuasi rumah Anda di pasaran. Misalnya saja, jika terjadi bencana dan rumah Anda perlu dibangun ulang, Anda perlu tahu berapa biaya yang diperlukan untuk menyelesaikannya. Tidak hanya bangunan, namun Anda juga perlu memperhitungkan hingga perabotan yang ada di rumah tersebut. Untuk membantu Anda, gunakanlah jasa kontraktor rumah. Ia akan melakukan evaluasi dan melakukan perhitungan.

Ambilah keuntungan dari polis asuransi Anda. Biasanya, polis asuransi memberikan diskon besar apabila Anda membeli beberapa polis sekaligus. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan diskon dengan meningkatkan jumlah tanggungan sendiri (deductibles). Jadi Anda membayar pengeluaran setelah itu perusahaan asuransi akan mengurus sisanya.

Kredibilitas Perusahaan Asuransi Yang Anda Pilih

Untuk perusahaan asuransinya sendiri, Anda perlu mencari tahu apakah perusahaan tersebut kredibel dan mampu untuk menanggung semua biaya yang ada. Biasanya, perusahaan yang besar dan terkenal bisa Anda percayai. Untuk dapat meyakinkan diri Anda, mintalah referensi dari kerabat atau pun sanak keluarga.

Pelajari Dengan Detail Perjanjian  Yang Tertulis

Pelajari Perjanjian Tertulis Via ibm-binus-5p.blogspot.com

Saat Anda mendapatkan perjanjian tertulis, harap baca baik-baik dan pelajari hingga mendetail. Segala bentuk kerusakan yang terjadi pada rumah Anda nasibnya berada di tangan Anda. Jika Anda luput untuk menguasai isi dari perjanjian tertulis, klaim Anda bisa saja nantinya tidak dapat dikabulkan.

Baca juga: Lima Trik Memilih KPR yang Cocok untuk Anda

 

Lakukan Perlindungan Sejak Dini Bagi Rumah Anda

Mengingat betapa pentingnya tempat tinggal bagi setiap orang. Sudah sepatutnya Anda melakukan perlindungan sejak dini rumah Anda, melalui Asuransi Rumah. Karena yang dapat dilakukan Asuransi Rumah tidak hanya semata memberi perlindungan secara fisik, melainkan juga secara non fisik atau finansial. Terakhir lakukan dan pilihlah dengan bijak Asuransi  bagi rumah Anda