Makin Mudah, Ini Cara Bayar PBB di Indomaret, Tokopedia dan Traveloka

PBB atau Pajak Bumi dan Bangunan merupakan pungutan biaya pajak atas tanah dan bangunan atas adanya keuntungan berdasarkan kedudukan sosial ekonomi bagi seseorang atau badan yang memiliki suatu hak atasnya atau memperoleh manfaat dari padanya.

Objek yang termasuk PBB mulai dari tempat tinggal, tempat usaha, gedung bertingkat, Mal atau tempat perbelanjaan lainnya, kebun, tanah, tambang, sawah, pagar rumah atau kantor yang sangat mewah, kolam renang dan masih banyak lainnya. Sementara itu ada beberapa objek tanah dan bangunan yang dibebaskan oleh pajak, yaitu untuk kepentingan umum. Misalnya saja, bangunan atau sarana pendidikan, bagunan ibadah, kesehatan, lahan pemakaman dan sebagainya.

Setiap wajib pajak akan melakukan kewajibannya membayar PBB ini setiap tahunnya. Nah, jika biasanya wajib pajak membayar PBB dengan cara konvensional seperti mengantre di kantor pajak, kantor pos, serta bank-bank pilihan, kini wajib pajak bisa lebih lega karena bisa membayar PBB melalui online, yaitu melalui Tokopedia, Traveloka dan Indomaret.

Ini tentunya kebijakan baru dari Pemerintah Indonesia dengan tujuan masyarakat tidak perlu lagi capek-capek mengantre lama. Bukan hanya itu saja, dengan cara pembayaran yang praktis ini juga dapat menghemat waktu dan tenaga para wajib pajak.

Bagi Anda yang penasaran bagaimana cara pembayaran PBB lewat Tokopedia, Traveloka dan Indomaret, simak ulasan berikut ini yang telah dirangkum Cermati.com dari berbagai sumber, berikut ini.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Bayar PBB Lewat Tokopedia

pbb tokopedia
Bayar PBB lewat tokopedia

Dengan adanya kerja sama antara Pemeritah dan Tokopedia ini juga bertujuan agar tak ada lagi masyarakat yang terlambat membayar PBB atau bahkan lupa. Jadi, dengan Tokopedia, masyarakat tak hanya ingat belanja saja, tapi juga ingat bayar PBB.

Tambahnya lagi, di tokopedia tak hanya bayar PBB saja, tapi wajib pajak di seluruh Indonesia juga bisa mengecek nominal tagihan dengan mudah. Selain itu, masyarakat juga dimanjakan lagi dengan banyaknya pilihan metode pembayaran mulai dari debit ATM/bank, kartu kredit, internet banking, pembayaran instan, Virtual Account, OVO dan gerai atau minimarket terdekat.

Lalu bagaimana tahapan yang harus dilalui wajib pajak saat bayar PBB melalui tokopedia?

  1. Kunjungin laman tokopedia.com
  2. Arahkan ke Top-Up & Tagihan
  3. Klik titik tiga atau Lainnya
  4. Klik Pajak PBB
  5. Pilih wilayah pajak PBB
  6. Masukan Nomor Objek Pajak yang berjumlah 18 digit
  7. Pilih tahun pembayaran
  8. Klik “Bayar”
  9. Akan muncul Detail Pembayaran Pajak
  10. Pilih metode pembayaran
  11. Lakukan transaksi hingga selesai
  12. Anda akan mendapatkan Bukti Pembayaran melalui email yang sudah didaftarkan pada tokopedia

Tips: Tokopedia merupakan salah satu e-commerce yang sering memberikan promo cashback yang jumlahnya lumayan besar. Ini bisa kamu manfaatkan saat ingin membayar pajak PBB di tokopedia, sehingga bisa mengehemat keuangan Anda. Tak ada salahnya sering cek pesan tokopedia, agar promo cashback tak terlewatkan.

Baca Juga: Ini Cara Ikut Penghapusan Sanksi Pajak Kendaraan dan PBB

Bayar PBB Lewat Traveloka

pbb traveloka
Bayar pbb lewat traveloka

Dengan hadirnya kerjasama antara Pemerintah dan traveloka dalam membayar pajak PBB ini bertujuan untuk memberikan kemudahan akses pembayaran bagi masyarakat yang belum memiliki rekening bank.

Adapun ragam metode pembayaran yang tersedia di traveloka, mulai dari PayLater atau cicilan tanpa kartu kredit, saldo UANGKU, debit instan alias menggunakan kartu debit di traveloka, dan kartu saya yang merupakan kartu kredit yang Anda miliki.

Berikut ini terdapat tahapan yang perlu wajib pajak perhatikan bila ingin membayar pajak PBB melalui traveloka, antara lain:

  1. Bagi yang belum memiliki aplikasi traveloka, sebaiknya unduh terlebih dahulu
  2. Kemudian, buka aplikasi traveloka
  3. Pastikan aplikasi traveloka dengan versi 3.10 ke atas, jika tidak segera lakukan update
  4. Pilih Bills & Top-up pada halaman utama
  5. Klik ikon PBB
  6. Tentukan wilayah bangunan Anda
  7. Masukkan Nomor Objek Pajak (NOP)
  8. Pilih tahun pembayaran
  9. Akan muncul jumlah tagihan
  10. Lanjutkan transaksi pembayaran sesuai dengan metode yang dipilih
  11. Bukti pembayaran akan dikirimkan langsug ke email yang terdaftar

Tips: Manfaatkan fitur promo yang diberikan Traveloka saat membayar tagihan PBB. Sebab, promo yang diberikan lumayan untuk mengehemat pengeluaran Anda. Promo tersebut berupa diskon yang nilainya mencapai Rp300 ribu. Namun, sayangnya Anda perlu memperhatika syarat dan ketentuan yang berlaku.

Baca Juga: Hore! Beli Rumah dan Apartemen Mewah Hanya Bayar PPh 1%

Bayar PBB Lewat Indomaret

indomaret
Bayar PBB lewat indomaret

Sebenarnya, pembayaran PBB lewat gerai Indomaret ini sudah diresmikan pada 2017 lalu oleh Djarot Syaiful Hidayat yang saat itu menjadi Gubernur DKI Jakarta. Namun, masih banyak masyarakat yang belum menyadari akan hal ini. Maka dari itu, Pemerintah menyuarakannya lagi agar masyarakat yang tahu semakin meluas.

Bagi wajib pajak yang ingin membayar PBB lewat Indomaret perlu diingat, bahwa tak semua wajib pajak bisa memilih cara ini. Sebab hanya wajib pajak yang memiliki tagihan di bawah Rp5 juta saja yang bisa bayar PBB di Indomaret. Sementara wajib pajak yang memiliki tagihan PBB lebih dari Rp5 juta harus menempuh cara lain seperti melalui bank.

Berikut cara mudah yang perlu diperhatikan wajib pajak ketika membyar PBB di Indomaret, yaitu:

  1. Langsug datang ke kasir Indomaret, kemudian beritahukan nomor objek besar tagihan
  2. Selanjutnya, kasir menginput nomor tersebut dan akan memberitahukan kepada Anda nominal tagihan PBB yang harus dibayarkan
  3. Anda bisa memilih pembayaran dengan cara tunai atau debit
  4. Setelah pembayaran selesai, simpan struk dengan baik

Tips: Sebaikya sebelum berangkat ke gerai Indomaret, Anda sudah memutuskan pembayaran PBB tersebut dilakukan dengan tunai atau debit. Jika tunai, sebaiknya siapkan uang dengan jumlah yang sesuai atau tak ada salahnya juga lebihkan nominalnya sedikit.

Misal, jika total tagihan Rp1,5 juta maka, lebihkan menjadi Rp1.550.000 atau Rp1,6 juta. Selain itu, pisahkan uang tersebut di dompet lain agar tidak menjadi satu dengan uang harian. Hal ini tentunya mempercepat proses pembayaran, sehingga tidak perlu mengantre terlalu lama.

Sementara jika memilih pembayaran PBB di Indomaret melalui debit, Anda perlu memastikan saldo tercukupi. Selain itu, ada hal paling penting lainnya, yaitu waspada ketika menginput PIN saat melakukan transaksi. Jangan sampai ada orang lain yang mengetahuinya. Lebih amannya, tutupi dengan tangan satunya lagi.

Kemudahan yang Berujung Taat Bayar Pajak

Meski metode baru pembayaran pajak PBB melalui tokopedia, traveloka dan indomaret ini baru tersedia di Pulau Jawa, pemerintah akan mengjangkau wilayah lain secara bertahap. Pemerintah berharap dengan menghadirkan ragam kemudahan bayar pajak PBB,  masyarakat bisa belajar untuk menjadi warga negara Indonesia yang baik dengan taat membayar pajak, sehingga terhindar dari sanksi denda.

Baca Juga: Pengertian IMB dan SPPT PBB Yang Harus Diketahui Sebelum Membangun Rumah