Makin Pintar Soal Produk Keuangan Modern di Indonesia Fintech Summit dan Expo 2019

Pada tanggal 23-24 September 2019 OJK (Otoritas Jasa Keuangan), Bank Indonesia dan Asosiasi Fintech Indonesia menyelenggarakan Indonesia Fintech Summit & Expo 2019 di Jakarta Convention Centre (JCC) yang bertema “Innovation for Inclusion”. Pelaksanaan pameran Fintech terbesar di Indonesia tahun 2019 ini pun juga didukung Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) dan Asosiasi Fintech Syariah Indonesia (AFSI).

Dikutip dari press release OJK, Kepala Grup Inovasi Keuangan Digital OJK Triyono Gani mengatakan bahwa tujuan dari event ini tidak hanya menunjukkan dukungan pemerintah terhadap perkembangan Fintech di Indonesia tapi juga untuk meyakinkan bahwa selain pemerintah, lembaga produk dan layanan keuangan berbasis teknologi itu sendiri turut memiliki konsistensi dan mengedepankan perlindungan terhadap konsumen.

Melalui event ini Bank Indonesia sebagai Regulator turut memberikan dukungan penuh terhadap terselenggaranya pameran Fintech ini. Dilansir dari CNBC, Pungky Purnomo selaku Direktur Eksekutif Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia (BI) mengharapkan terselenggaranya acara ini bisa membuat masyarakat Indonesia untuk lebih teredukasi dan memahami perkembangan industri fintech, khususnya di sektor sistem pembayaran digital dengan berbagai variasi produk dan layanannya.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Hal Menarik dari Indonesia Fintech Summit dan Expo 2019 yang Kamu Wajib Tahu

Indonesia Fintech Summit dan Expo 2019
Indonesia Fintech Summit dan Expo 2019 via elshinta.com

1. Dihadiri Oleh Lebih dari 100 Perusahaan Fintech

Tidak salah jika event Indonesia Fintech Summit dan Expo 2019 menjadi event dan pameran keuangan yang terbesar untuk tahun 2019.

 Acara ini dihadiri oleh lebih dari 100 perusahaan fintech yang diwakili beberapa sektor fintech yang ada di Indonesia, yaitu fintech pinjaman online (fintech p2p lending), sistem pembayaran digital (digital payment), wealth management, inovasi keuangan digital (fintech pendukung pasar, market aggregator, dan lain-lain), insuretech dan fintech Syariah.

Selain itu, event ini juga membuka kesempatan bagi siapa saja dari masyarakat untuk bisa mengikuti event ini secara gratis. Pendaftaran gratis ini mampu menghadirkan kurang lebih 20.000 peserta yang hadir selama 2 hari event ini berlangsung.

Baca Juga: Jangan Cuma Pakai Layanannya Aja, Ketahui Juga Ulasan Perusahaan Fintech di Sini!

2. Perilisan dan Sosialisasi QRIS

Bersamaan dengan terselenggaranya event keuangan ini Bank Indonesia (BI) juga ikut meluncurkan standaridisasi QR Code (QRIS) untuk sistem pembayaran Indonesia. QRIS ini nantinya akan digunakan oleh perbankan dan fintech pembayaran.

QRIS adalah program standar QR Code untuk pembayaran melalui aplikasi uang elektronik server based, dompet elektronik, atau mobile banking. QRIS disusun oleh BI dan ASPI (Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia), yang menggunakan standar internasional EMV Co, yakni lembaga yang menyusun standar internasional QR Code untuk sistem pembayaran.

Jadi, tujuan adanya QRIS ini tidak lain agar pembayaran digital jadi lebih mudah bagi masyarakat dan dapat diawasi oleh regulator dari satu pintu.

3. Sajian Program Edukasi Keuangan Menarik Gratis

Di event ini,  terdapat pemberian edukasi dan pemahaman mengenai produk dan layanan fintech kepada masyarakat dari berbagai lapisan, mahasiswa, media dan segmen lainnya, program literasi keuangan akan dikemas ke dalam berbagai format dan membahas berbagai topik penting, seperti:

  1. Payment system: Solusi Pembayaran dan Perlindungan Konsumen
  2. Pemahaman Dasar Mengenai Fintech P2P Lending;
  3. Peran Agen Fintech dalam Meningkatkan Inklusi Keuangan
  4. Peluncuran AFTECH Handbook for Personal Finance: Tips and Tricks on Smart Financial Planning

Dengan program edukasi di event ini, masyarakat jadi mengetahui lebih dalam tentang produk keuangan, syarat dan tata cara pengajuannya lalu cara membedakan lembaga produk dan layanan fintech yang legal dan ilegal.

Baca Juga: Sama-sama Beri Pinjaman Online, Ini Bedanya Fintech Lending Ilegal dan Legal

Tidak Perlu Khawatir Menggunakan Produk Layanan dan Keuangan Modern

Event Indonesia Fintech Summit dan Expo 2019 ini merupakan serangkaian usaha baik dari pemerintah dan perusahaan fintech untuk membuat masyarakat tidak takut untuk memanfaatkan produk keuangan berbasis teknologi demi peningkatan kualitas hidup.

Jika digunakan secara bijak dengan asupan informasi dan pengetahuan yang cukup mengenai produk layanan dan keuangan modern ini, siapa saja bisa memanfaatkan produk layanan dan keuangan berbasis teknologi, terutama untuk masyarakat yang tidak bisa mengakses bank untuk tetap bisa mengakses produk keuangan modern ini secara aman dan nyaman.

Baca Juga: Cara Transfer Uang Tanpa Rekening Bank, Gunakan Go-Pay, OVO, atau Dompet Digital Lainnya